Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Denah Meliputi Pengertian, Fungsi, Jenis dan Unsur-unsurnya Secara Lengkap

Pengertian Denah dan Fungsinya

Denah Adalah suatu tampak atas bangunan yang terpotong secara horizontal setinggi 1meter dari ketinggian level elevasi 0.00 dari sebuah potongan bangunan dengan bagian atas bangunan ditiadakan dibuang/dihilangkan. jadi melihat denah bangunan dilihat dari atas bangunan yang sudah dipotong 1meter dari elevasi 0,00.

sedangkan Denah  juga dapat di pakai oleh seseorang  yang mencari suatu tujuan agar suatu tempat tersebut mudah di temukan. Dalam pengertian yang lain bisa juga denah itu di definisikan gambar yang menunjukan lokasi, letak tata ruang dari suatu tempat ke tempat berikutnnya, dan yang menunjukan tempat ke tempat lain.

Baca Juga: Pengertian Kebutuhan Manusia Meliputi Jenis, Faktor, Alat Pemuas dan Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Fungsi Denah

Seperti halnya peta, pada dasarnya denah dibuat untuk dapat memudahkan penggunanya dalam melacak suatu lokasi. Jika peta memiliki cakupan wilayah yang lebih luas, maka denah hanya mencakupi daerah suatu bangunan saja. Fungsi denah sendiri mencakupi beberapa fungsi seperti :
  1. Fungsi ruang
Dalam hal ini, denan berfungsi untuk menunjukkan posisi setiap ruangan yang ada di dalam suatu bangunan. Dengan menggunakan denah, seseorang dapat dengan mudah mengetahui letak suatu ruangan di dalam sebuah bangunan.
  1. Susunan ruang
Fungsi denah yang kedua adalah susunan ruang. Hampir sama dengan fungsi yang pertama, fungsi susunan ruang pada denah berarti dengan berfungsi untuk menunjukkan susunan ruangan yang ada di dalam bangunan. Dengan melihat denah, pengguna denah dapat dengan mudah mengetahui letak susunan ruangan yang ada di dalam suatu bangunan.
  1. Sirkulasi ruang
Fungsi yang ketiga yaitu sirkulasi ruang berhubungan dengan arus keluar masuk pada sebuah ruangan. Pengertian denah berdasarkan fungsi ini yaitu berupa gambaran yang dapat memudahkan penggunya dalam mobilitas di dalam sebuah gedung ataupun bangunan. Pengguna denah akan dengan mudah mengetahui jalan yang paling cepat untuk menuju sebuah ruangan di dalam bangunan tertentu.
  1. Dimensi ruang
Fungsi dimensi ruang berarti denah berguna untuk menunjukkan dimensi ukuran setiap ruangan yang ada di dalam sebuah gedung atau bangunan. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah akan lebih mudah mengetahui ukuran setiap ruangan yang ada dalam sebuah bangunan.
  1. Letak pintu dan bukaan
Fungsi selanjutnya dari denah adalah fungsi letak pintu dan bukaan. Fungsi ini berguna untuk memudahkan pengguna denah untuk mengetahui letak pintu dan berbagai ventilasi lainnya. hal ini akan sangat berguna ketika terjadi berbagai bencana seperti kebakaran di dalam sebuah gedung. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah akan lebih mudah dalam mencari pintu ataupun ventilasi yang dapat digunakan untuk menyelamatkan diri.
  1. Isi ruang
Fungsi denah berupa isi ruang berhubungan dengan apa yang ada di dalam setiap ruangan yang ada di dalam denah. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah dapat dengan mudah mengetahui apa-apa saja yang ada di dalam sebuah ruangan. Selain itu, pengguna denah juga dapat mengetahui pemilik ataupun pengguna dari sebuah ruangan yang ada di dalam bangunan ataupun gedung.


Jenis-Jenis Denah

Denah dikelompokkan dalam beberapa jenis, untuk informasi lengkapnya silahkan baca pembahasan di bawah ini :

1. Rencana Sederhana

Jenis denah rencana sederhana ini memiliki definisi sebagai sebuah rencana yang dibuat dalam bentuk praktis dan tidak diterbitkan secara resmi. Contoh dari denah jenis ini adalah rencana pembuatan ruang kelas dan tempat duduk mahasiswa.

2. Desain Kompleks

Sedangkan pada jenis denah desain kompleks, umumnya mengacu pada tujuan pembuatan suatu bangunan atau lokasi dengan struktur yang kompleks. Contohnya adalah denah kawasan wisata Baturaden yang dibuat oleh pihak Dinas Pariwisata Banyumas.


DENAH VISUALISASI


Denah Visualisasi (Inggris: visualization) adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia.Visualisasi Gambar Presentasi Gambar presentasi atau gambar arsitektur memang dibuat untuk keperluan showcase. Dan merupakan upaya manusia dalam mendeskripsipkan maksud tertentu menjadi sebuah bentuk informasi yang lebih mudah dipahami. 


Visualisasi merencanakan sebuah ruangan umumnya disajikan dalam bentuk denah dan tampak dinding setiap ruangan. Karna Visualisasi dibuat dan yang dihasilkan dapat membuat suatu pengguna menyadari susunan suatu ruangan sehingga memberikan visualisasi ruangan yang nyata.
  • LAYOUT
Suatu denah yang dilengkapi dengan kawasan lingkungan, jalan, solokan, dan bangunan yang ada di sekitarnya.

  • KAWASAN
Suatu Layout yang luasnya melebihi suatu desa,kecamatan,kota,kabupaten dan wilayah.


SITE PLAN


Suatu tampak atas bangunan yang dilegkapi dengan adannya lingkungan di sekitarnya, conto jalan, taman, mobil dll.

TAMPAK

  • Tampak Adallah : Wujud bangunan secara dua dimensi yang terlihat dari luar bangunan. Tamapk depan, Tampak samping kanan, Tampak samping kiri, Tampak belakang, Tampak atas.
  •    Fungsi gambar tampak antara lain untuk menunjukkan:
  1. Dimensi bangunan
  2. Proporsi
  3. Gaya arsitekture
  4. Warna & material
  5. Estetika
Karna menggambar secara dua dimensi, pada gambar tampak kemungkinan akan ada beberapa bagian bangunan yang ukurannya menjadi tidak sesuai dengan ukuran yang sebenarnya (sesuai skala), yakni garis atau bidang yang tidak sejajar dengan bidang gambar. Untuk arah pandang sendiri tidak tergantung pada suatu patokan yang pasti. 

Bisa jadi tampak gambar bangunan yang dinamai sesuai dengan arah mata angin semisal tampak utara, timur, selatan, barat, atau juga dinamai dengan sesuai view tertentu, seperti suatu tampak dari danau, atou tampak dari jalan raya. Selain yang tadi  bisa juga diberi nama tampak bangunan A, B, atou C, Sesuai dengan keinginan dari sang arsitek yang ditentukan pada denah arsitekture.

POTONGAN

  • Potongan Adallah  : gambar dari suatu bangunan yang dipotong secara vertikal pada sisi bangunan yang ditentukan (tertera pada denah) dan memperlihatkan suatu isi bagian-bagian di dalam bangunan tersebut.
  •         Fungsi Potongan Untuk Menunjukkan:
  1. Struktur bangunan
  2. Dimensi tinggi ruang
Untuk suatu  kriteria penggambaran tanpak, potongan, kurang lebih sama dengan denah. Bagian yang terpotong digaris tebal dengan notasi material bila merupakan gambar kerja.

Ada juga yang disebut potongan ortogonal, yaitu gambar potongan yang berkesan tiga dimensi karena digambar dengan teknik gambar perspektif satu titik lenyap. Letak titiknya sendiri berada di tengah bangunan.


Jadi itulah pengertian denah, tampak, dan potongan dan ada juga pengertian kawasan, dan layout, dan semoga artikel yang saya buat semoga bisa membantu kalian terutama yang ingin mengetahui mulai dari pengertian denah sampai pengertian potongan dan semoga dapat membantu kepada yang kebingungan memilih konsep rumah dan semoga membantu juga kepada yang lagi mengerjakan tugas terutama lagi mencari pengertian tentang denah, tampak dan potongan.
 

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen Meliputi Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Cara Membaca Denah

Adapun cara membaca denah adalah sebagai berikut..
  • Melihat serta juga membaca judul denah
  • Mengamati keterangan berupa simbol pada denah
  • Mengetahui hubungan bagian denah contohnya jalan ataupun bangunan.
  • tuliskan (nama tempat, alamat dll) segala sesuatu yang diketahui pada denah
  • Membaca semua isi dari denah untuk mengetahui jawaban yang terdapat dari berbagai pertanyaan yang diajukan.
Nah sobat semua itulah pengertian dari denah, tampak dan potongan dan terima kasih terutama yang sudah singgah dan berkunjung ke website/blog saya dan semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnnya kepada yang membutuhkan dan bilamana ada suatu pertanyaan bisa tannyakan di kolom komentar atau langsung ke contac yang saya sudah sediakan karna saya selalu update artikel setiap hari terutama mengenai arsitektur, mungkin sekian dulu pembahasan dikali ini dan saya sambung dilain waktu dan tempat, sekian, terima kasih dan saya mohon pamit.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Denah
  • pengertian denah dan peta
  • pengertian denah pondasi
  • pengertian denah existing
  • pengertian denah menurut ahli
  • manfaat denah adalah
  • pengertian potongan
  • pengertian tampak
  • makalah tentang denah

Post a Comment for "Denah Meliputi Pengertian, Fungsi, Jenis dan Unsur-unsurnya Secara Lengkap"