Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kontribusi Beserta Konsepnya Secara Lengkap

Pengertian Kontribusi

Menurut Kamus Ilmiah Populer, Dany H. (2006:264) ”Kontribusi diartikan sebagai uang sumbangan atau sokongan.” Sementara menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, Yandianto (2000:282) diartikan: ”Sebagai uang iuran pada perkumpulan, sumbangan.”. Bertitik tolak pada kedua kamus di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa; kontribusi adalah merupakan sumbangan, sokongan atau dukungan terhadap sesuatu kegiatan. Kontribusi berarti individu berusaha meningkatkan efisiensi dan efektifitas hidupnya. Hal ini dilakukan dengan cara menajamkan posisi perannya, sesuatu yang kemudian menjadi bidang spesialis, agar lebih tepat sesuai dengan kompetensi. Kontribusi dapat diberikan dalam berbagai bidang yaitu pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya (Astarhadi, 1995). Dari rumusan pengertian kontribusi yang dikemukakan di atas maka dapat diartikan bahwa kontribusi adalah suatu keterlibatan yang dilakukan oleh seseorang yang kemudian memposisikan dirinya terhadap peran dalam keluarga sehingga memberikan dampak yang kemudian dinilai dari aspek sosial dan aspek ekonomi.



Pengertian Lain Kontribusi
  • Pengertian kontribusi positif adalah kontribusi tersebut membuat sebuah kemajuan, bukan menurunkan ataupun membuat gagal suatu tujuan. 
  • Pengertian kontribusi dalam olahraga berarti sejauh mana setiap pemain / atlet mampu mensukseskan ataupun mencapai tujuan tim secara keseluruhan. Contoh : Trophy Liga Champion yang di dapatkan Barcelona tak terlepas dari peran dan kontribusi Lionel Messi
  •  Pengertian kontribusi dalam pendidikan berarti kontribusi tersebut bisa dipakai untuk kepentingan sains dan ilmu pengetahuan. Contoh : Ilmu psikologi dalam 100 tahun terakhir ini telah banyak berkontribusi mengungkap karakter manusia yang sesungguhnya. 
  • Pengertian kontribusi pajak daerah adalah sejauh mana porsi atau hasil / jumlah dana yang terkumpul dari sektor pajak di suatu daerah dibandingkan dengan jumlah total pendapatan daerah atau juga dapat dibandingkan porsinya dengan APBD ataupun APDB.

Penggunaan kata kontribusi ini banyak digunakan di dalam kalangan masyarakat yang luas, yang dimana tidak hanya dikenal di kalangan tertentu saja. Tetapi dalam penggunaannya, kata kontribusi ini tak selalu merujuk pada benda/uang saja. Namun hal ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah tindakan/perbuatan seseorang, yang dimana jika ditambahkan dengan awalan dan akhiran tertentu maka kontribusi mempunyai arti yang berbeda dari pengertian tersebut di atas.

Berikut ini ada beberapa kalimat yang menggunakan kata kontribusi, yang disertai dengan artinya yaitu :
“ Laki-laki itu menyerahkan sejumlah uang kepada panitia pelaksana acara tersebut, uang itu bermaksud sebagai bentuk kontribusi yang dilakukannya di acara yang akan digelar di beberapa bulan ke depan.”
Dalam hal ini kata kontribusi itu sendiri mempunyai arti yang sebenarnya, yang dimana kata itu digunakan untuk menggambatkan suatu iuran atau sumbangan.
“ Dia melakukan peliputan secara langsung pada berita yang beredar dengan luas di masyarakat dari Jogja, sebagaimana biasanya ia berkontribusi secara langsung pada kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.”
Kata kontribusi di dalam kalimat tersebut memiliki arti sebagai bentuk kerjasama atau yang merujuk pada sebuah tindakan, yang dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk kerjasama pada sebuah perusahaan.
“ Sebagai seorang kontributor yang memiliki tanggung jawab, secara rutin Andra selalu mengirim beragam berita yang bermutu. Baik pada perusahaan maupun pada penerbit majalah tersebut.”
Kata kontributor di kalimat tersebut di atas artinya adalah seseorang yang melakukan atau bekerja sama dengan pihak penerbit. Yang dalam hal ini dihubungkan dengan sebuah bentuk objek, tetapi digunakan dalam bentuk subjek atau pelaku.

Demikian pengertian kontribusi secara umum lengkap. Semoga dapat dipahami dan menambah pengetahuan anda.



Penelusuran terkait
  • Kontribusi adalah brainly
  • Contoh kontribusi kegiatan
  • Kontribusi adalah beserta contohnya
  • Kata lain dari kontribusi
  • Biaya kontribusi adalah
  • Perbedaan kontribusi dan partisipasi
  • Distribusi dan kontribusi
  • Kontribusi dapat kita artikan sebagai

Post a Comment for "Pengertian Kontribusi Beserta Konsepnya Secara Lengkap"