Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bermain Rounders, Sistem Penilaian dan Peraturan dari Permainan Rounders

Rounders adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.
Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.
Permainan ini sangat membutuhkan kerja sama dan kekompakkan para pemain. Aturan-aturan yang ada dalam permainan ini, hampir sama dengan permainan kasti atau permainan kipers. Untuk lebih jelas mengenai sejarah rounders, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 

Sejarah rounders

Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor, dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut dasar-bola oleh John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi permainan ini dalam bahasa Inggris.Tahun berikutnya, buku itu diterbitkan di Boston, Massachusetts. Aturan nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia.
Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943. Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.
Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Kedua ‘New York permainan’ dan sekarang sudah tidak berfungsi versi ‘Massachusetts permainan bisbol, serta softball, berbagi akar sejarah yang sama seperti kasti dan memiliki kemiripan dengan versi GAA dari permainan.
Rounders terkait dengan bisbol Inggris, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.



Cara Bermain Rounders

Dalam setiap permainan olah raga tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda sehingga telah banyak sekali jenis olah raga yang terdapat dalam sebuah negara dan dunia.
Dengan demikian setiap cabang olah raga pastinya memiliki cara dalam permainannya, diantara cara permainan Rounders ini adalah
  • Sebelum permainan di mulai terlebih dahulu di adakan nsemacam undian
  • Masing-masing pemain atau regu mendapat dua kali giliran dalam melakukan pukulan dan menjaga lapangan
  • Pemain tidak di perbolehkan berlari sebelah dalam tiang pembatas
  • Penjaga lapangan segera melakukan pukulan pada saat berlari
  • Seluruh anggota atau regu dapat keluar secara serentak bila seorang penjaga belum mencapai tiang keempat


Peraturan Permainan Rounders

Tidak hanya teknik dasar permainan rounders saja yang harus anda perhatikan melainkan peraturan peraturan permainan juga harus anda perhatikan. Peraturan tersebut harus dipatuhi oleh setiap pemain rounders. Peraturan tersebut dibuat agar permainan rounders dapat berjalan dengan sportif dan baik. Berikut peraturan peraturan permainan rounders:
  • Dalam permainan rounders terdapat dua regu yang terdiri dari 12 orang pemain inti dan 6 orang pemain cadangan.
  • Permainan dimulai dengan cara undian. Tim yang memenangkan undian berhak memilih menjadi pemukul atau penjaga.
  • Setiap pemain pemukul diberikan kesempatan 3 kali memukul. Jika pada pukulan pertama atau kedua dapat berjalan dengan baik maka pemukul tersebut harus langsung berlari menuju base.
  • Urutan pemain untuk memukul sesuai dengan undian yang telah berlaku.
  • Pemukul yang memiliki urutan dibelakang tidak boleh mendahului urutan pemukul yang berada didepannya.
  • Base dalam permainan rounders hanya boleh diisi oleh satu pemain saja. 
  • Pemain pemukul melakukan pukulan bola secara bergantian dan berpindah base secara urut, namun pemukul dapat dimatikan oleh pemain penjaga dengan cara membakar base atau mengetik base.
  • Permainan rounders berjalan selama satu inning, namun apabila pertandingan secara resmi maka rounders berjalan selama 7 inning. Inning merupakan pergantian regu penjaga menjadi regu pemukul atau sebaliknya selama satu kali.
  • Pertukaran tempat dalam permainan rounders terjadi apabila tim penjaga berhasil menangkap bola dari tim pemukul sebanyak 5 kali dan tim penjaga dapat mematikan tim pemukul sebanyak 6 kali.
  • Tim yang mendapatkan poin yang paling banyak dinyatakan sebagai pemenang.
  • Teknik dasar permainan rounders harus dikuasai dengan baik agar permainan berjalan dengan baik.
  • Penentuan nilai rounders apabila setiap base dilewati oleh pemain maka tim tersebut memperoleh satu angka, apabila pemukul berhasil kembali ke posisi awal dengan satu pukulan maka memperoleh 6 poin, dan jika pemukul berhasil dibakar tim penjaga maka tidak memperoleh poin.





Sistem Penilaian Permainan Rounders

Perlu Kamu ketahui bahwa terdapat sistem peniain dalam permainan ini yaitu:
  • Sebelum bola jatuh kearah tanah atau menyusur si pemukul dapat berlari melewati 4 homebase, maka tim tersebut akan memiliki atau mendapatkan angka dalam 1 ronde.
  • Langkah si pemukul bola yang dilakukan secara sempurna tanpa melakukan pukulan bola maka si pemukul tersebut akan mendapatkan poin dalam setengah ronde.


Penelusuran yang terkait dengan Teknik Dasar Permainan Rounders
  • teknik dasar permainan rounders brainly
  • jelaskan dan sebutkan teknik dasar permainan rounders ?
  • berikut ini yang bukan teknik dasar permainan rounders
  • yang termasuk teknik dasar permainan rounders pada tabel di atas ditunjukkan pada nomor
  • peraturan permainan rounders
  • cara bermain rounders
  • permainan rounders setiap regunya berjumlah
  • melempar dan menangkap serta memukul adalah salah satu teknik bermain

Post a Comment for "Cara Bermain Rounders, Sistem Penilaian dan Peraturan dari Permainan Rounders"