Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pencak Silat : Teknik Dasar Pencak Silat dan Manfaat Pencak Silat

source Image : Tempo.co


Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Pencak Silat merupakan gabungan dari berbagai seni bela diri yang ada di Indonesia, seperti Silat Melayu, Silat Minangkabau, dan Silat Betawi.

Dalam Pencak Silat, terdapat banyak teknik dasar seperti gerakan langkah, pukulan, tendangan, dan lemparan. Selain itu, terdapat juga teknik-teknik lanjutan seperti bela diri berkelompok, senjata tradisional, dan ilmu kebatinan.

Dalam Pencak Silat, terdapat banyak istilah-istilah dalam Bahasa Indonesia yang digunakan dalam pengajaran dan pelatihan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jurus: Kombinasi gerakan dalam Pencak Silat.
  2. Langkah: Gerakan kaki yang digunakan dalam Pencak Silat.
  3. Serangan: Teknik menyerang lawan dalam Pencak Silat.
  4. Pertahanan: Teknik bertahan dari serangan lawan dalam Pencak Silat.
  5. Kumite: Pertandingan Pencak Silat.
  6. Guru: Instruktur atau pelatih dalam Pencak Silat.

Pencak Silat merupakan bagian penting dari budaya dan tradisi Indonesia, dan telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai salah satu seni bela diri terbaik di dunia.

 

 Teknik Dasar Pencak Silat


teknik dasar pencak silat


1. Teknik kuda-kuda

Teknik kuda-kuda merupakan teknik dasar pencak silat yang sebaiknya dipelajari pertama kali. Teknik ini dilakukan dengan cara menapakkan kaki agar tubuh menjadi seimbang saat menyerang maupun bertahan. Ada enam jenis kuda-kuda dalam pencak silat, yaitu kuda-kuda depan, kuda-kuda tengah, kuda-kuda belakang, kuda-kuda samping, kuda-kuda silang, serta kuda-kuda depan dan belakang.
 

2. Teknik sikap pasang

Setelah dapat memasang posisi kuda-kuda dengan benar dan baik,  Teknik ini merupakan kombinasi antara teknik kuda-kuda, posisi kaki, dan posisi tangan. Teknik ini memungkinkan posisi tubuh  lebih fleksibel untuk menyerang maupun bertahan.
 

3. Teknik arah

Teknik arah dalam pencak silat merupakan teknik yang berhubungan dengan arah melangkah pemain saat posisi menyerang maupun saat posisi bertahan. Teknik ini juga dikenal dengan delapan penjuru mata angin. Langkah dengan arah tertentu dilakukan sesuai dengan posisi masing-masing pemain dan juga keperluannya.
 

4. Teknik langkah

Teknik langkah dalam pencak silat merupakan gabungan dari gerakan kuda-kuda dengan langkah kaki. Teknik ini dilakukan dengan pemahaman arah yang benar agar tidak salah langkah. Supaya gerakan tidak mudah ditebak oleh lawan, pola langkah dilakukan dengan perubahan injakan kaki dari suatu sudut ke tempat lainnya.

Ada banyak jenis langkah dalam pencak silat, yaitu diantaranya pola langkah lurus, pola langkah zig zag, pola langkah ladam atau huruf U, pola langkah segi tiga, pola langkah huruf S, dan pola langkah segi empat.

 

 5. Teknik Tendangan 

Teknik tendangan merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyerang lawan dengan menggunakan kaki. Namun demikian, tidak jarang tendangan digunakan untuk bertahan dari serangan musuh.

Seperti apa saja sih Grameds jenis-jenis tendangan dalam pencak silat ini? Yuk kita bahas.

  • Tendangan Lurus - Teknik tendangan ini dilakukan ke arah depan menuju sasaran yang menggunakan ujung kaki. Oh ya, pastikan tungkai kaki  lurus dan badan juga tegak ya. Badan menghadap ke lawan dan kaki yang digunakan mengenai lawan adalah bagian pangkal jari kaki.
  • Tendangan Melingkar - Dengan melakukan tendangan menggunakan hentakan punggung kaki, sudah dikatakan melakukan tendangan melingkar. Misalkan saja  melakukan tendangan menggunakan kaki kanan, kaki kiri digunakan untuk kuda-kuda kiri.Kemudian kaki kanan ditendangkan ke arah samping. Bagian tubuh lawan yang ditendang bersentuhan dengan punggung kaki . Agar tubuh  seimbang, posisikan kedua tangan di depan dada. Jangan lupa untuk memastikan adanya hentakan kaki.
  • Tendangan Jejag - Tendangan ini juga dinamakan sebagai tendangan jejeg (di Jawa) atau tendangan gejos. Tendangan ini menjadikan perut lawan sebagai sasaran. Tendangan jejag dilakukan dengan cara mengangkat lutut setinggi-tingginya dan mendorong tungkai ke perut lawan.
  • Tendangan Sabit - Tendangan sabit dilakukan dengan cara menendang perut lawan dengan lintasan melengkung seperti bentuk sabit.
  • Tendangan T - Posisikan tubuh  menyamping dan lakukan tendangan yang lintasannya lurus mengarah ke samping. Lawan akan terkena bagian tajam telapak kaki dan tumit. Ada tiga macam tendangan T, yaitu T jepret, T lompat, dan T gantung.
  • Tendangan Belakang - Lakukan tendangan ini dengan membelakangi lawan. Putar tubuh sambil melakukan tendangan yang mengenai perut atau kepala lawan dengan telapak kaki atau tumit


6. Teknik pukulan

Teknik pukulan merupakan salah satu teknik dasar yang cukup penting dalam pencak silat. Gerakan ini bisa dilakukan baik dalam kondisi menyerang maupun saat bertahan. Ada empat jenis pukulan pada pencak silat, yaitu pukulan lurus, pukulan tegak, pukulan bandul, dan pukulan melingkar.

  • Pukulan lurus dilakukan dengan salah satu tangan untuk memukul ke arah depan dengan sasarah bagian dada lawan.
  • Pukulan tegak dilakukan dengan sasaran bagian bahu atau sendi bahu lawan
  • Pukulan bandul dilakukan dengan mengayunkan salah satu tangan yang berbentuk kepalan ke lawan dengan sasaran ulu hati.
  • Pukulan melingkar dilakukan dengan gerakan melingkar dan sasarannya adalah bagian pinggang lawan


7. Teknik Tangkisan

Teknik tangkisan merupakan suatu teknik dalam pencak silat yang dilakukan untuk bertahan dari serangan lawan. Ada empat jenis teknik tangkisan yaitu tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas, dan tangkisan bawah.

  • Tangkisan dalam dilakukan dengan bagian tangan bergerak dari luar ke dalam sejajar dengan bahu
  • Tangkisan luar dilakukan dengan bagian tangan bergerak dari dalam ke luar sejajar dengan bahu
  • Tangkisan atas bertujuan untuk melindungi kepala dari serangan lawan menggunakan tangan atau siku
  • Tangkisan bawah dilakukan dengan posisi tangan seperti huruf X untuk menangkis serangan lawan dan melindungi bagian kemaluan


8. Teknik Kuncian

Sesuai dengan namanya, teknik kuncian pada pencak silat diartikan sebagai gerakan yang dilakukan untuk mengunci pergerakan lawan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menyasar bagian vital dari tubuh, misalnya leher, pergelangan tangan, atau dagu lawan. Hal ini dilakukan agar lawan tidak berdaya atau tidak bisa bergerak.
 

9. Teknik Guntingan

Gerakan yang diawali dengan menendang kemudian disusul dengan jepitan. Bisa dibayangkan ndak nih kalau teknik tersebut mirip menggunting tubuh lawan? Begitu tergunting, lawan akan mudah untuk dijatuhkan dan dilumpuhkan.
 

10. Teknik Hindaran atau Elakan

Teknik hindaran atau elakan pada pencak silat merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melangkahkan satu kaki di tempat atau berpindah menggunakan kedua kaki. Teknik ini dilakukan dalam posisi bertahan untuk menghindar atau mengelak dari gerakan serangan lawan.
 

11. Sikap Berbaring

Kamu bisa melakukan teknik dasar pencak silat ini ketika ingin bertahan dari serangan lawan dan dalam kondisi terpojok. Adapun beberapa caranya, yakni:

  • Sikap miring. Teknik ini dilakukan dalam posisi tubuh miring dan pandangan lurus sambil menekuk tungkai kaki hingga mendekati dada. Tempatkan salah satu siku tangan di permukaan lantai dan tangan lainnya menopang paha.
  • Sikap terlentang. Teknik ini dilakukan dalam posisi terlentang sambil menekuk satu tungkai kaki dan kaki lainnya diluruskan. Tempatkan salah satu tangan di tanah dengan menekuk siku, dengan tangan lainnya di atas dada.
  • Sikap telungkup. Teknik sikap ini dilakukan sambil telungkup dengan pandangan lurus. Kedua kaki berada dalam posisi lurus dan kedua tangan menyentuh lantai dengan posisi siku menekuk.

 

12. Teknik Kembangan

Teknik kembangan merupakan gerakan tangan dan sikap tubuh pemain pencak silat. Gerakan ini bertujuan agar petarung bisa memperhatikan dan mewaspadai gerakan lawan. Teknik kembangan juga bisa dilakukan agar petarung bisa mencari celah dari pertahanan lawan.

 

Manfaat Pencak Silat

Manfaat yang bisa didapatkan dari seni bela diri pencak silat, antara lain:

  • Melatih kesabaran
  • Melatih mental
  • Melatih konsentrasi
  • Melatih kewaspadaan
  • Melatih kepekaan
  • Melatih kedisiplinan
  • Melatih kontrol
  • Menambah pengetahuan
  • Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar
  • Menambah daya tahan tubuh

 

Penelusuran terkait

Post a Comment for "Pengertian Pencak Silat : Teknik Dasar Pencak Silat dan Manfaat Pencak Silat"