Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Workshop, Diskusi, Simposium, Diskusi, Sarasehan, Lokakarya, Konferensi, Seminar dan Contoh


Pengertian Seminar

Seminar adalah suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah dibawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicara dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.

Pembahasan dalam seminar berpangkal pada makalah atau kertas kerja yang telah disusun sebelumnya oleh beberapa pembicara sesuai dengan pokok-pokok bahasan yang diminta oleh sesuatu panitia penyelenggara. Pokok bahasan yang telah ditentukan, akan dinahas oleh pembicara secara teoritis dan dibagi beberapa subpokok bila bahasan masalahnya terlalu luas. Disini terdapat pula moderator yang bertugas memandu jalannya acara dan mencatat pokok-pokok pembicaraan. Pada awal seminar, dapat dibuka dengan dengan suatu pandangan umum oleh moderator sehingga tujuan seminar terarah. Peserta mendengarkan pokok pembicaraan yang disampaikan pembicara. Pe,bahasan dalam seminar membutuhkan waktu yang lebih lama karena sifatnya yang ilmiah. Apabila pembicara tidak dapat mengendalikan diri maka waktu banyak dipergunakan untuk pembahasan yang kurang penting. Setelah pembicara memaparkan permasalahan dapat dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Setelah semua pertanyaan dari peserta seminar dapat terjawab oleh pembicara maka moderator menyimpulkan permasalah tersebut dan menuup seminar dengan permasalahan yang berhasil dipecahkan.

Pengertian Workshop

Workshop sedikit berbeda dengan seminar. Jika di seminar biasanya peserta hanya bertugas sebagai pendengar saja, workshop justru bersifat komunikasi dua arah dan melibatkan para peserta secara lebih aktif. Bentuk dari workshop bisa bermacam-macam, ada workshop untuk praktik dan latihan langsung (misalnya workshop melukis, merangkai bunga, public speaking, desain, menulis, dan lainnya) atau workshop berbentuk diskusi yang lebih intens (misalnya workshop marketing untuk membahas penggunaan media digital sebagai alat pemasaran).
Dari segi skala dan durasi, workshop umumnya terbuka untuk jumlah peserta yang lebih kecil, sehingga kelas bisa dilakukan dengan lebih efektif. Tak jarang juga workshop diselenggarakan hingga berhari-hari lamanya, dengan topik yang lebih spesifik dan sesi praktik yang lebih banyak.

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan dan pendapat antara 2 (dua) orang ataupun lebih, yang bertujuan untuk mencari kesepakatan pendapat. Namun tidak semua kegiatan yang bertukar pikiran disebut dengan diskusi, karena diskusi merupakan suatu proses bertukar pikiran atau gagasan secara terarah sehingga diskusi ini dilakukan jika ada permasalahan yang hendak dicarikan solusinya dan persoalan tersebut dijadikan sebagai bahan diskusi.Biasanya diskusi sering dilakukan dalam bentuk kelompok, Seperti yang tadi sudah di jelaskan diskusi bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan dan untuk mencari keputusan mengenai suatu persoalan yang di bahas dalam diskusi. Dan dalam diskusi biasanya akan terdapat proses tanya jawab.






istilah dari simposium diartikan ialah sebagai suatu kegiatan atau aktivitas mrip rapat atau pertemuan sosial yang di dalamnya itu terdapat aktivitas / kegiatan saling tukar gagasan atau ide-ide dengan secara bebas. Di samping itu. istilah dari simposium juga dapat diartikan ialah sebagai suatu konferensi yang diorganisasikan untuk/dalam mendiskusikan beberapa pokok masalah atau juga beberapa bidang kajian dengan secara khusus.

Selain dari itu, pada jaman sekarang simposium tersebut diartikan ialah sebagai suatu bentuk diskusi dengan tempat duduk yang diatur dengan secara khusus. Di dalam pertemuan diskusi tersebut selalu dihadiri oleh para-para pakar (yakni sebagai pembicara utamannya) serta juga para pakar atau juga ilmuwan lain yang merupakan partisipannya.

Simposium merupakan suatu serangkaian pidato pendek di depan pengunjung dengan seorang pemimpin. Simposium tersebut menampilkan beberapa orang pembicara serta juga mereka mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda serta juga topik yang sama. Dapat juga terjadi,  pada suatu topik persoalan dibagi dari beberapa aspek, setelah itu setiap aspek disoroti dengan tersendiri secara khusus, tidak perlu dariberbagai sudut pandangan.


Pengertian Diskusi

Kata diskusi berasal dari bahas Latin discutio atau discusum yang berarti bertukar pikiran. Dalam bahasa Inggris digunakan kata discussion yang berarti perundingan atau pembicaraan.

Dari segi istilah, diskusi berarti perundingan/bertukar pikiran tentang suatu masalah: untuk memahami, menemukan sebab terjadinya masalah, dan mencari jalan keluarnya. Diskusi ini dapat dilakukan oleh dua-tiga orang, puluhan, dan bahkan ratusan orang.

Diskusi adalah sebuah proses tukar menukar informasi, pendapat, dan unsur unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapatkan pengertian bersama yang lebih jelas, lebih teliti tentang sesuatu atau untuk mempersiapkan dan merampungkan kesimpulan/pernyataan/keputusan. Di dalam diskusi selalu muncul perdebatan. Debat ialah adu argumentasi, adu paham dan kemampuan persuasi untuk memenangkan pemikiran/paham seseorang.

Simposium ( symposium) agak mirip dengan seminar, symposium berasal dari bahasa latin, yang artinya “pertemuan”. Simposium merupakan pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara yang menyampaikan ceramah pendek mengenai aspek yang berbeda tetapi saling berkaitan tentang suatu masalah. Simposium dipimpin oleh seorang ketua yang bertugas mengatur jalannya diskusi. Pendengar bertanya dan para ahli menjawab. Sebuah symposium misalnya untuk membahas masalah “ ancaman free sex terhadap generasi muda”, dihadirkan

pembicara dari berbagai kalangan seperti agamawan, pendidik, pyshikolog, ahli kesehatan. Symposium merumuskan pandangan-pandangan dari pembicara atau peserta, namun tidak ada suatu kesimpulan akhir yang diambil.


Pengertian Sarasehan

Sarasehan adalah suatu aktivitas yang mempertemukan suatu kelompok tertentu untuk mendengarkan pendapat dari seorang ahli. Lazimnya, format pelaksanaan sarasehan adalah dialog interaktif dimana kedua belah pihak (peserta dan pakar) saling mendengar permasalahan dan opini satu sama lain.Karena bentuknya yang berupa dialog interaktif, maka pelaksanaan sarasehan lebih banyak berada dalam situasi yang informal.
Topiknya pun lebih banyak mengambil dari isu yang umum dimana semua orang relatif memahaminya. Sangat kecil kemungkinan bila dialog ini menjadi canggung dan terlalu serius.Peserta yang hadir maupun pembicara yang membagikan gagasannya tak harus dari kalangan akademisi atau instansi  resmi. Semua disesuaikan dengan kebutuhan para peserta. Namun guna memastikan agar tujuan utama sarasehan tercapai, tetap dibutuhkan seorang moderator untuk memandu jalannya dialog.Demikianlah definisi dari berbagai kegiatan yang mencakup seminar, lokakarya, diklat, dll.Meski masing-masing memiliki format pelaksanaan dan berbagai kekhasannya masing-masing, namun semua bermuara pada satu tujuan besar yang sama. Yakni untuk memperluas pemahaman para peserta akan isu tertentu.




Pengertian lokakarya adalah sebuah acara atau pertemuan yang dilakukan oleh para ahli di bidang tertentu yang bertujuan untuk membahas suatu masalah yang terkait dengan keahlian mereka, sekaligus untuk mecari solusi bagi permasalahan tersebut.

Definisi lokakarya bisa saja dianggap sebagai sebuah pertemuan ilmiah kecil yang dilakukan oleh beberapa orang ahli di dalam bidang tertentu, yang mana kegiatan ini dapat dilakukan sebagai sebuah agenda rutin yang pelaksanaannya dilakukan dalam kurun periode tertentu. Di dalam pelaksanaanya lokakarya biasanya akan digelar di suatu tempat tertentu yang kondusif dan tenang, sehingga para pesertanya dapat fokus dan berkonsentrasi terhadap masalah yang sedang dibahas di dalam lokakakrya tersebut.

Contoh lokakarya adalah lokakarya yang dilakukan oleh para guru BP yang membahas masalah penanganan terhadap kenakalan anak-anak sekolah yang duduk di bangku SMU.



Pengertian Konferensi

Konferensi merupakan suatu pertemuan atau perundingan yang memungkinkan bagi seluruh orang yang hadir untuk memahami maupun menyetujui sutu diskursus. Umunya, cara ini ditempuh karena proses komunikasi tertulis tidak dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Ada beberapa jenis konferensi yang umum dilakukan, yaitu: konferensi pers, konferensi kasus, dan konferensi video.Konferensi pers adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi dengan melibatkan pihak media, dalam hal ini wartawan. Informasi yang disampaikan umumnya sangat aktual, penting dan mendesak. Sehingga pelaksanaannya pun kerap mendadak dan terkesan mengagetkan.
 
Sedangkan konferensi kasus diadakan untuk melengkapi proses konseling yang dilakukan dilakukan kepada murid di lingkungan sekolah. Tujuannya adalah untuk menemukan pemecahan masalah bersama.
Berbeda dengan dua penjelasan sebelumnya, konferensi video menekankan pada media yang digunakan untuk melakukan konferensi, yakni dengan pemanfaatan video. Tujuannya adalah agar pihak-pihak yang terlibat dapat turut berbicara meskipun tidak berada di satu tempat yang sama.


 Pengertian Semiloka

Semiloka adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul di suatu tempat untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.Pertemuan atau persidangan biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya



Penelusuran yang terkait dengan Konferensi adalah
  • konferensi adalah brainly
  • contoh konferensi
  • artikel pengertian konferensi
  • pengertian konferensi menurut para ahli
  • macam macam konferensi
  • jenis konferensi
  • konferensi pers
  • kongres adalah

Post a Comment for "Pengertian Workshop, Diskusi, Simposium, Diskusi, Sarasehan, Lokakarya, Konferensi, Seminar dan Contoh"