Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Nilai dan Norma dalam Masyarakat

Norma dan nilai dalam masyarakat sangat berperan dalam memberikan stabilitas kehidupan. Coba bayangkan jika suatu daerah tidak terdapat suatu nilai dan norma sosial yang berlaku, pastilah daerah tersebut akan mengalami kekacauan dan pola kehidupannya akan mengalami penyimpangan. Misalnya, di daerah Papua di mana daerah tersebut belum mampu melembagakan suatu norma, akibatnya masyarakat di sana tidak tahu bagaimana cara berpakaian yang sopan di depan umum, bagaimana cara mereka mengikat tali perkawinan yang suci sesuai agama, dan bagaimana mereka bersosialisasi dengan damai.
Peran nilai dan norma secara umum adalah untuk mengatur pola kehidupan masyarakat agar pola perilaku yang ditunjukkan seimbang, tidak merugikan, serta tidak menimbulkan ketidakadilan. Dalam masyarakat yang modern saat ini memang sangat dibutuhkan peran dari nilai dan norma. Hal ini digunakan agar masyarakat modern tidak berlaku sekehendak hatinya. Secara lebih rinci peran nilai dan norma dalam masyarakat adalah:

1.Sebagai petunjuk perilaku yang benar

Nilai dan norma dalam masyarakat menjadi rel dari perilaku yang harus dibuat oleh setiap masyarakat. Perilaku yang kompleks dalam masyarakat akan menimbulkan variasi-variasi dalam pencapaian kebutuhan hidup. Akibatnya masyarakat akan berlaku sekehendak hatinya tanpa memandang kepentingan-kepentingan orang lain, sehingga terjadi ketidakseimbangan yang menimbulkan benturan-benturan antar individu dalam masyarakat menimbulkan konflik sosial. Untuk mengantisipasi hal ini, maka masyarakatmembentuk nilai dan norma agar dijadikan petunjuk dalam perilaku yang sudah disepakati oleh anggota masyarakat.

2.Sebagai pengatur sistem dalam masyarakat
Setiap masyarakat pasti memiliki sistem dalam kehidupannya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sistem ini dibuat untuk memudahkan masyarakat agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi secara normal. Karena sistem adalah serangkaian perilaku yang terstruktur dan sistematis, maka dibentuklah tatanan nilai dan norma. Hal ini dilakukan agar masyarakat terus berjalan pada sistem yang sudah disepakati, sehingga keseimbangan hidup dalam masyarakat tercipta.

3.Sebagai pelindung bagi mereka yang lemah
Masyarakat pada umumnya terdiri dari beberapa komponen yang saling melengkapi. Secara alamiah komponen tersebut tersusun sedemikian rupa yang melembaga pada suatu kehidupan masyarakat. Sehingga variasi dari pola perilaku mengikuti komponen yan terbentuk dan terdiri dari peran dan status dari masyarakat. Karena setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda maka komponen masyarakat tersebut membentuk struktur sosial yang vertikal, akibatnya ada segolongan individu yang menjadi pemimpin maupun menjadi penjahat. Untuk melindungi ketidaknyamanan dari pemimpin yang sewenang-wenang maupun dari penjahat yang merugikan dan meresahkan, maka masyarakat secara kolektif membentuk nilai dan norma.

4.Sebagai Khasanah Budaya Masyarakat
Dalam konteks ini nilai dan norma yang ada di depan masyarakat berperan sebagai etos budaya masyarakat yang memberikan ciri khusus bagi masyarakat tersebut. Bentuk kebudayaan dalam masyarakat memiliki keragaman tersendiri. Keragaman tersebut berasal dari nilai dan norma yang ada dalam masyarakat tersebut.
 


Peran Nilai dan Norma Sosial dalam Sosialisasi

Setidaknya adalah 8 Fungsi yang ada di dalam pembentukan nilai dan norma sosial dalam proses sosialisasi, antara lain;
  1. Alat Motivasi
  2. Harga Sosial
  3. Petunjuk Arah
  4. Alat Solidaritas
  5. Kotrol Sosial
  6. Perlinduangan
  7. Keteraturan Sosial
  8. Integrasi Sosial
Penjelasan mengenai fungsi nilai sosial dan norma sosial dalam sosialisasi dan contohnya, ialah sebagai berikut;

Alat Motivasi

Paran yang ada di dalam nilai dan norma sosial sebagai bentuk sosialisasi ialah untuk memberi semangat pada setiap manusia agar mewujudkan dirinya dalam perilaku sosial. Kodisi ini banyak di latar belakangi dari syarat interaksi sosial yang di dalam terhdap hubungan sosial satu sama lain dalam masyarakat.
Contoh tindakan seperti ini misalnya saja di dalam upaya menecrdaskan anak bangsa. Lembaga pendidikan mewajidkan untuk belajar. Kegiatan belajar akan diberikan penghargaan bagi mereka yang memiliki kemampuan lebih (pintar). Untuk mendapatkan itu semua tentsaja setiap orang akan terdorong melakukan tindakan yang sesuai agar memperoleh apresiasi.

Harga Sosial

Fungsi nilai dan norma sosial yang kedua ialah untuk menciptakan sarana dalam penentuan harga sosial. Dalam kondisi seperti ini nilai-nilai sosial digunakan untuk mengukur penghargaan sosial yang patut diberikan kepada seseorang atau golongan.Contoh wujud impikasi dalam proses pemanfaatan nilai dan norma sosial sebagai harga sosial misalnya saja seorang yang berhasil kuliah di luar negri, maka ia akan memiliki prestise di lingkungan masyarakat yang terbentuk di dalamnya.

Petunjuk Arah

Percaya ataupun tidak peranan yang ada di dalam nilai dan norma sosial ialah mampu menjadi petunjuk arah atau cara berpikir dan bertindak warga masyarakat secara umum diarahkan oleh nilai-nilai sosial yang berlaku. Keadaan ini akan terjadi jika masyarakat melakukan proses sosialisasi yang tepat melaui pembentukan media sosialisasi yang sesuai dengan sasaran.
Contohnya saja prilaku mengenai adanya larangan untuk melakukan pertikaian, tanpa adanya peran nilai dan norma sosial mustahil dapat dihindari akan tetapi dengan konsisten dan terus melakukan penyadaran pada akhirnya masyarakat dapat menghindarinya.

Alat Solidaritas

Peran yang ada di dalam nilai dan norma sosial selanjutnya ialah sebagai alat solidaritas yang berfungsi mendorong masyarakat untuk saling bekerja sama (kooporatif) untuk mencapai sesuatu yang tidak dapat dicapai sendiri. Contoh dalam kasus ini misalnya saja dengan adanya pemahaman bahwa integrasi sosial dalam masyarakat itu penting dalam semua kegiatan bersama, misalnya seperti kegiatan di dalam gotong royong, ronda/siskampling, dan lain sebaginya.

Kontrol Sosial

Peranan selanjutanya dalam nilai dan norma sosial  ialah sebagai kontrol sosial terhadap nilai-nilai yang dapat menjadi acuan bagi setiap tindakan individu, serta interaksi setiap anggota masyarakat yang ada di dalam satu tempat.Fungsi ini sendrii berhubungan erat dengan kaidah sosial yang beraku untuk kesetaraan. Misalnya saja seagai contoh peranan kontrl sosial pada nilai dan norma sosial ini tindakan seperti larangan mabuk-mabukan, memakai narkoba, dan lain sebaginya. 

Benteng Perlindungan

Peranan yang ada di dalam nilai dan norma sosial selanjutnya ialah sebagai benteng perlindungan, karena nilai sosial merupakan tempat perlindungan yang kuat dan aman terhadap ancaman dari luar sehingga masyarakat akan senantiasa menjaga dan mempertahan kan nilai sosialnya.
Contohnya saja dalam kasus ini misalnya tindakan mengenai kebebasan untuk menyampaikan pendapat di depan umum. Tanpa adanya nilai dan norma sosial yang baik mustahil semua kondisi tersebut akan berjalan tanpa adanya konflik, pasti semua kegiatan yang dilakukan akan dianggap sebagai tindakan melanggar hukum.

Keteraturan Sosial

Peran nilai dan norma sosial selanjutnya ialah sebagai pembentuk keteraturan sosial dalam masyarakat. Pengertian ini sejalan bahwa masyarakat mengingkan kedamaian dalam hidupanya, dengan mencipatakan aturan maka semua kondisi tersebut bisa dilakukannya.

Integrasi Sosial

Fungsi nilai dan norma sosial yang terkahir, ialah mampu menciptakan katusan masyarakat tanpa adanya perbedaan yang ada. Baik untuk perbedaan suku, bahasa, ataupun agama. Oleh karena itulah dengan adanya nilai dan norma masyarakat akan menyadari pentingnya hidup bersama-sama.



Peran nilai dan norma dalam interaksi sosial

 Nilai dan norma berperan untuk membatasi perilaku seseorang dan bersosialisasi di masyarakat agar tetap sesuai dengan kebudayaan yang berlaku di dalam masyarakat tertentu

peran nilai :
  1.  memperbaiki sikap yang rusak / tidak sesuai nilai yg ada
  2. untuk mengukur penghargaan sosial yang patut diberikan kepada seseorang atau golongan.
  3. Petunjuk arah atau cara berpikir dalam bermasyarakat
  4.  mendorong masyarakat untuk saling bekerja sama

Peran norma :
pembatas tingkah lalu seseorang supaya tidak keluar dari peraturan-peraturan yang ada



Penelusuran yang terkait dengan Peran Nilai dan Norma dalam Masyarakat

Post a Comment for "Peran Nilai dan Norma dalam Masyarakat"