Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop / PC dan Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

Kehilangan file penting di komputer memang bisa membuat Anda panik. Tapi Anda bisa mengatasi itu. Ada banyak sekali cara mengembalikan file yang terhapus. Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa diantaranya.Namun, sebelum kami benar-benar memberikan beberapa alternatif cara backup data terhapus, mari ketahui terlebih dulu apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda tak dapat menemukan file Anda di komputer.

Jadi tutorial kali ini dapat digunakan pada semua media penyimpanan dengan satu syarat harus menggunakan media komputer. Kenapa harus menggunakan komputer untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang? Karena  kita akan memanfaatkan fitur bawaan dari windows yaitu Command Prompt.


Ke Mana Perginya File Saya?

Anda mungkin bingung soal bagaimana bisa file Anda hilang. Entah Anda tak sengaja menghapusnya atau bisa jadi ada serangan virus yang membuat file Anda hilang begitu saja. Kami akan berusaha menjelaskannya. Pada dasarnya kalaupun Anda tak sengaja menghapus data Anda di komputer, file itu tidak pergi ke tempat yang tak jelas.
Misal, Anda menggunakan program Windows. Anda bisa melihat ke keranjang sampah yang biasa disebut juga sebagai Recycle Bin. Seringnya, kalau masih dalam jangka waktu yang tak terlalu lama, Anda masih bisa menemukan file yang di-delete tadi dalam Recycle Bin. Tapi bila Anda sudah tak bisa lagi menemukannya di Recycle Bin, Anda mungkin kebingungan ke mana lagi perginya file Anda. Berikut adalah penjelasan sederhananya!
Jadi, file yang Anda cari itu dipindahkan oleh perangkat komputer Anda ke satu tempat yang itu adalah didalam hardisk Anda. Jadi dengan begitu komputer Anda sebenarnya masih bisa membaca file yang dicari itu. Nah, berikutnya kalau ada file baru yang terhapus permanen di Recycle Bin memakan space hardisk, maka barulah file yang sebelumnya itu benar-benar hilang atau tidak bisa dikembalikan lagi.
Inilah yang bisa jadi harapan Anda, semoga file yang Anda butuhkan itu tidak tersingkir karena keterbatasan space hardisk komputer.


CaraCek file Flashdisk Yang terhapus / Hilang

Ini adalah cara awal untuk mendeteksi apakah file di flashdisk yang terhapus atau hilang disebabkan oleh virus atau bukan, ikuti cara berikut ini.
  1. Tekan tombol Windows pada keyboard lalau tekan huruf E (Windows + E).
  2. Pilih dan klik drive tempat flashdisk jika setelah di klik tidak ada file alias putih semua, kembali lagi ke drive tempat flashdisk Kemudian klik kanan lalu pilih properties.
  3. Lihat pada tab properties jika used spaces nya tidak nol (0) berarti file didalam flashdisk hilang oleh virus.

CaraMengembalikan File Yang Terhapus / Hilang Dengan Membuka Hidden Folder

Langkah pertama ini hanya untuk mengecek apakah file atau data yang ada di flashdisk atau di media penyimapanan yang lain temasuk file atau data yang disembunyikan (hidden) oleh system. Untuk mengetahui cara ceknya ikuti langkah – langkah dibawah ini.
  1. Tekan tombol Windows pada keyboard lalau tekan huruf E (Windows + E).
  2. Klik tab Organize yang ada di pojok kiri atas kemudian pilih Folder and Search Optionts.
    Cara mengembalikan file yang terhapus hilang di flashdisk 1
  3. Klik tab View >> lalu cari dan klik Hidden files and folders >> kemudian pilih Show Hidden Files, Folders and Drives.
    Cara mengembalikan file yang terhapus hilang di flashdisk 2
  4. Klik Apply lalu Ok.
  5. Lihat isi flasdisk, SD card apakah data / file yang disimpan sudah muncul atau belum, Jika belum kita akan menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus / hilang.

 

CaraMengembalikan File Yang Terhapus / Hilang Dengan Menggunakan Command Prompt

  1. Klik Start pada kotak pencarian ketikan “cmd”  tanpa tanda petik lalu enter.
    Cara mengembalikan file yang terhapus hilang di flashdisk 3
  2. Setelah tab cmd (Command Prompt) terbuka Ketikan “CD..” tanpa tanda kutip berkali kali hingga tampil C:>.
  3. Ketikan alamat drive (tempat flasdisk disimpan) yang akan anda cari misal H:> maka ketik saja setelah C:> .. Contoh : C:> H: Nanti akan berubah menjadi H:>.
  4. Setelah berubah,maka ketikan  ATTRIB(spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D  kemudian tekan enter. Catatan: kata (spasi) gunakan spasi pada keyboard anda bukan ditulis/diketik di CMD nya.
    Cara mengembalikan file yang terhapus hilang di flashdisk 4
  5. Dan selamat file / data anda yang tersembunyi oleh virus sudah tampil kembali.

Keterangan ATTRIB *.* -S -H -R /S /D
  • attrib = adalah perintah dalam bahasa dos untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder.
  • -s  = tanda minus (-) maksudnya menghapus dan huruf S artinya file system, jadi maksud dari tanda -s adalah menghapus attribut protected operating system.
  • -h = hampir sama seperti fungsi diatas, tanda -h berfungsi untuk menghapus attribut hidden atau mengubah file yang pada mulanya tersembunyi menjadi terlihat kembali.
  • *.* = Tanda bintang (*) atrinya semua, sehingga yang dimaksud dari perintah ini adalah semua file atau folder yang memiliki semua ekstensi.
  • /s = Artinya memproses semua file pada folder yang sama dengan lokasi file.bat dan juga semua subfolder yang ada didalamnya.
  • /d = memerintahkan untuk memproses folder juga, maksudnya jika kita tidak menuliskan perintah ini maka hanya akan memproses semua file tanpa memproses folder.



CaraMengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Software Gratis Semacam Recuva

Sebenarnya ada banya software gratis lain yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan data yang sudah terhapus dari komputer Anda. Namun kali ini kami akan memberi panduan bagi software yang sudah populer untuk backup yaitu Recuva!
  1. Download Recuva pakai komputer Anda!
  2. Coba klik kanan kemudian tekan/klik terus (tahan) supaya Anda bisa lakukan ‘extract’.
  3. Setelah Anda sudah mengekstraknya, silakan buka folder Recuva yang ada dan pilih opsi yang memang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Recuva.exe ini merupakan file buat komputer yang pakai sistem 32-bit. Sementara itu yang Recuva64.exe buat komputer yang dijalankan dengan sistem 64-bit.
  4. Kemudian, Recuva bisa dibuka lewat Wizard. Ikutilah seluruh langkah-langkah (step) yang diajukan oleh Wizard. Kemudian barulah Anda buka Recuva dengan cara klik opsi bertulisan “Next.”
  5. Jika sudah, Recuva bisa memberikan pilihan soal tipe file yang Anda mau kembalikan, Coba Anda klik opsi bertulisan “All Files”. Nah jika Anda pilih opsi itu maka Anda bisa kembalikan semua jenis file, mulai dari email, foto, video, dan semua jenis yang lain-lainnya.
  6. Klik opsi bertulisan “Next”.
  7. Pada langkah berikutnya, Recuva akan meminta lokasi atau tempat penyimpanan file hilang yang Anda cari. Jika memang Anda lupa, Anda pilih opsi “I am not sure.” Namun, jika Anda ingat tempat penyimpanan sebelumnya, klik opsi “In a specific location” kemudian browse tempat file yang hilang itu. Setelahnya, klik lagi “Next.”
  8. Klik “Start” dan tunggu proses instalasinya yang sedang berlangsung.
  9. Akan muncul menu “Welcome to the Recuva Wizard”, program ini akan membujuk Anda untuk menginstall aplikasi lain bernama CCleaner. Jika memang tidak butuh dan tidak mau install CCleaner atau aplikasi lainnya yang ditawarkan itu, hapus saja semua centang pada kolom yang di menu.
  10. Sekarang coba buka Recuva Wizard dari komputer Anda, lalu pilih jenis file apa yang mau Anda kembalikan nantinya, apakah itu file berupa gambar atau video atau lainnya. Lalu klik “Next”.
  11. Sekarang coba tentukan tempat penyimpanan file yang terhapus itu supaya Anda bisa mempercepat proses pencarian file hilang yang Anda cari.
  12. Kalau sudah yakin tempatnya klik “Next”. Kalau tidak coba klik “I’m Not Sure”. Ini bisa bantu Recuva dalam menyortir file di seluruh lokasi komputer walau ya memang  perlu waktu yang cukup lama.
  13. Untuk memulai proses pencariannya, coba centang di kolom sebelah opsi bertulisan “Enable Deep Scan”, dan klik “Start”. Di sini bakal makan waktu lebih lama lagi, tapi Anda harus bersabar supaya file Anda bisa dicari oleh Recuva.
  14. Kalau sudah muncul semua hasil sortir, pilih saja langsung file mana yang ingin Anda kembalikan. Caranya centang kolom di file-file yang mau dikembalikan. Terakhir coba klik kanan dan pilih opsi bertulisan “Recover Highlited”, akhiri dengan klik opsi bertulisan “Recover”.


CaraMengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan File History (Windows 10)

Cara mengembalikan file yang terhapus selain menggunakan Command Prompt adalah dengan fitur File History. Fasilitas ini hanya ada di sistem operasi Windows 10 dan menggantikan Backup and Restore yang dimiliki Windows 8 dan 7.
Namun, Anda harus sudah melakukan backup agar cara ini dapat berfungsi. Jadi, cara ini dapat Anda lakukan untuk mencegah hilangnya file-file Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya
Pertama, buka menu Settings > Update & Security. Selanjutnya, klik Backup > Add a drive.
Cara mengembalikan file yang terhapus - fitur backup Windows
Setelah tombol Add a drive diklik, akan muncul daftar partisi hard drive maupun penyimpanan eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan backup. Klik partisi atau hard drive eksternal yang Anda pilih.
Cara mengembalikan file yang terhapus - memilih penyimpanan backup
Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa meletakkan backup di dalam partisi yang sama. Jika komputer atau laptop Anda hanya memiliki satu partisi, gunakanlah hard drive eksternal.
Apabila ingin backup dilakukan secara berkala, klik tombol di bawah teks Automatically backup my files.
Cara mengembalikan file yang terhapus - mengaktifkan backup otomatis
Anda juga bisa mengatur interval backup, direktori yang ingin di-backup, dan durasi penyimpanannya dengan meng-klik tombol More options berwarna biru yang ada di bawah tombol tadi.
Cara mengembalikan file yang terhapus - pengaturan backup otomatis
Lalu, bagaimana cara mengembalikan backup yang telah Anda buat? Buka menu search dan ketikkan File History. Kemudian, klik ikonnya.
Cara mengembalikan file yang terhapus - FIle History
Untuk mengembalikan file, folder, atau partisi yang diinginkan, Anda tinggal klik tombol restore berwarna hijau yang ada di bagian bawah window.



Bagaimana mudah bukan untuk diikuti, jadia anda tidak perlu hawatir juga galau jika file di flashdisk ataupun di Sd card hilang. Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk. Semoga bermanfaat.




Penelusuran yang terkait dengan Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Post a Comment for "Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop / PC dan Flashdisk"