Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Jenis-Jenis Biografi, Struktur Teks Biografi dan Cara Membuat Biografi

Pengertian Biografi, Ciri, Macam dan Strukturnya (Bahas Lengkap) via: bahasa.foresteract.com

Pengertian Biografi

Pengertian biografi. Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang memiliki arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sendiri dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut dapat lebih dari 1 buku.
Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Lewat biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan juga merupakan sebuah penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya.

Biografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Biografi seringkali bercerita mengenai tokoh sejarah, namun tak jarang juga mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi sekarang ini yang ditulis secara kronologis.

Biografi membutuhkan bahan-bahan utama serta bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda, misalnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya. Bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan sebagainya. Biografi adalah suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.
 
 

Ciri-Ciri Biografi

Terdapat beberapa ciri-ciri dan karakteristik pada tulisan teks biografi. Berikut merupakan ciri-ciri biografi selengkapnya.
  • Memiliki struktur baku dalam penulisannya, meliputi orientasi, peristiwa atau masalah, dan reorientasi.
  • Isi biografi berisi fakta yang terjadi sesuai kenyataan.
  • Gaya bahasanya biasanya disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.
  • Fakta diambil dari peristiwa hidup orang yang dinarasikan.
  • Terdapat kisah menarik dan menginspirasi yang ada pada teks biografi tersebut.
  • Umumnya hanya dibuat untuk tokoh yang dianggap penting dan berpengaruh terhadap kehidupan banyak orang.
  • Mengandung hal-hal yang dapat memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.
4 hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu :
  1. Judul biografi
  2. Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  3. Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  4. Hal yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

Struktur Teks Biografi

Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi.

  1. Orientasi
  2. Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
  3. Peristiwa dan Masalah
  4. Bagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini.
  5. Reorientasi
  6. Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak.
     

Macam-Macam Biografi

Biiografi dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu
  • Biografi Menurut Sisi Penulisnya
Dibagi menjadi dua, yaitu autobiografi dan biografi yang ditulis oleh orang lain. Autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh orang atau orang yang bersangkutan. Sedangkan biografi adalah biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan.
  • Biografi Menurut Isinya
Menurut isinya, biografi dibagi menjadi dua yaitu:
Biografi perjalan hidup: Diskusikan perjalanan hidup karakter yang dibuat lengkap atau singkat.
Biografi perjalanan karier. Diskusikan perjalanan karier karakter dari awal hingga mencapai kesuksesan.



Jenis-Jenis Biografi

Biografi dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok. Sesuai dengan pengertian biografi di atas, adapun beberapa jenis biografi adalah sebagai berikut:

1. Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

  • Authorized Biography, yaitu suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.
  • Unauthorized Biography, yaitu suatu biografi yang penulisannya tidak atas izin dan sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan unauthorized biography dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan telah wafat.

2. Biografi Berdasarkan Isinya

  • Biografi Perjalanan Hidup, yaitu biografi yang isinya tentang perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap berkesan.
  • Biografi Perjalanan Karir, yaitu biografi yang isinya tentang perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini. Atau dapat juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

3. Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas

  • Biografi Politik, yaitu biografi yang isinya tentang kisah hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Meskipun melalui riset, pada umumnya biografi politik mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.
  • Biografi Intelektual, yaitu biografi yang isinya menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual dibuat melalui berbagai riset dan penulisannya menggunakan bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik, yaitu biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisahnya.

4. Biografi Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri, yaitu suatu biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini adalah untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi, yaitu biografi tokoh yang biaya penulisannya dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Jika dilihat dari sisi komersil, biografi seperti tidak akan laku atau harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.


Secara umum, biografi tersusun atas tiga komponen utama berikut ini :
  1. Orientasi
Orientasi merupakan bagian perkenalan dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis biografi biasanya menjelaskan gambaran awal orang yang dikisahkan di dalam biografi tersebut.
  1. Peristiwa / Masalah
Peristiwa atau pun masalah merupakan bagian isi / utama dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis akan menjelaskan mengenai seluruh kejadian dan peristiwa penting yang dialami oleh orang atau pun tokoh yang diceritakan di dalam biografi. Dapat dikatakan, bagian peristiwa / masalah merupakan bagian utama atau pun bagian pokok yang harus ada dalam sebuah biografi.
  1. Reorientasi
Reorientasi merupakan bagian penutup dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis biografi akan memberikan pandangannya terhadap tokoh yang dikisahkannya. Berbeda dengan bagian struktur peristiwa, keberadaan pandangan penulis dalam sebuah biografi bersifat optional (bisa ada bisa juga ditiadakan).


Tujuan Teks Biografi

Tujuan teks biografi berjumlah tuju, seperti yang dipaparkan dibawah ini :
  1. Agar pembaca terinspirasi bahwa untuk meraih prestasi membutuhkan usaha kerja keras, do’a dan tawakal. Usaha yang keras pasti akan mendapatkan hasil yang baik, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.
  2. Memotivasi pembaca untuk lebih giat dalam belajar, bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya dengan sungguh-sungguh, agar menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk orang lain.
  3. Memberikan informasi bahwa setiap manusia baik jabatan tinggi maupun tidak tinggi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan menyadarkan pembaca bahwa mengidolakan tokoh agar tidak berlebihan.
  4. Sebagai contoh atau mengambil hikmahnya. Sehingga hal baik yang dilakukan oleh tokoh dapat dicontoh, dan hal yang tidak baik dapat ditinggalkan.
  5. Agar pembaca menghilangkan kebiasaan-kebiasan yang tidak baik dalam hidupnya, sehingga dapat mengambil pelajaran dalam membaca biografi seorang tokoh.
  6. Menjadi patokan penulis dan pembaca dalam meraih prestasi, setidaknya bias melebihi dari tokoh yang menjadi inspirasi pembaca maupun penulis.
  7. Sebagai wawasan untuk penulis dan pembaca tentang hal-hal yang belum diketahui, sehingga dengan adanya biografi, penulis dan pembaca dapat menyelusuri lebih dalam mengenai hal-hal yang baru didapat.

Biografi Adalah : Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh & Jenis via : Pintarkelas

Cara Membuat Biografi

Berikut ini adalah struktur dalam membuat biografi
  • Latar belakang keluarga
Di sini bercerita tentang keluarganya dalam bentuk kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, apa anak itu, dan memberitahu saudaranya.
  • Latar belakang pendidikan
Berisi pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang beserta tahun dan nama sekolah. Dan itu dimulai dengan paragraf baru
  • Latar Belakang Prestasi
Berisi semua prestasi yang telah diperoleh sejak kecil hingga sekarang.
  • Latar Belakang Pekerjaan
Jika Anda sudah bekerja maka daftarkan itu tetapi jika Anda masih seorang siswa, poin-poin ini dapat dihapus. Tetapi jika itu berhasil, maka jelaskan pekerjaan itu.
  • Latar Belakang Pekerjaan
Ini khusus untuk mereka yang telah bekerja dan lagi untuk siswa, poin-poin ini dapat dihilangkan.



Contoh Biografi

Berikut di bawah ini contoh biografi BJ Habibie masa kecil :
Biografi BJ Habibie diawali dengan masa kecil beliau. BJ Habibie lahir di Pare-Pare pada 25 Juni 1936 dengan nama Bacharuddin Jusuf Habibie. Ayahnya bernama Alwi Abdul Jalil Habibie adalah seorang ahli pertanian dan berasal dari Gorontalo. Sedangkan sang Ibu bernama R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah seorang spesialis mata yang berasal dari Yogyakarta. Habibie adalah anak keempat dari total delapan bersaudara. Habibie juga tumbuh dalam keluarga religius dimana ayah beliau seringkali membacakan ayat suci Al-Qur’an semenjak beliau kecil.
Habibie menyatakan jika ayat suci yang dibacakan ayahnya selalu mampu membuat dirinya tenang. Tak heran jika sang ayah pun kerap membacakan ayat Al-Qur’an untuknya satu sampai dua juz. Kebiasaannya sejak kecil yang sering mendengarkan Al-Qur’an memberikan pengaruh yang positif pada dirinya sehingga ketika Habibie kecil usia 3 tahun, dirinya sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar. Sejak kecil memang Habibie sudah dikenal sebagai anak yang cerdas.


Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian biografi, ciri-ciri, struktur, dan beberapa jenis biografi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Biografi

Post a Comment for "Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Jenis-Jenis Biografi, Struktur Teks Biografi dan Cara Membuat Biografi"