Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Diagram Dan Jenis-jenisnya Beserta Contohnya

Pengertian dan Definisi Diagram


Secara umum Pengertian Diagram adalah gambar atau grafik yang berisi keterangan dan menjelaskan sarana, prosedur, atau kegiatan yang biasa dijalankan suatu sistem. Diagram juga dapat berarti gambaran (sketsa, buram) yang menggunakan garis dan simbol untuk menerangkan atau memperlihatkan sesuatu. 
Diagram adalah suatu gambaran data yang telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah grafik, garis atau tabel. Diagram merupakan sebuah sarana untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis data dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Isi dari diagram biasanya berupa nominal, skala ataupun data-data statistik.


Pengertian Diagram Menurut Beberapa Ahli

  • PUSTAKA WIDYATAMA - Diagram merupakan bentuk gambar yang menyatakan (berupa) data-data berfungsi menjelaskan , atau menerangkan sesuatu hal
  • SUTARTINI FRANSISKA - Diagram adalah gambar atau grafik berisi keterangan mengenai hal-hal tertentu yang menunjukkan hubungan antara besaran-besaran peubah 
  • RHONDA ABRAMS - Diagram merupakan cara yang baik untuk mengomunikasikan informasi penting atau mengesankan
  • SUPADI, SUJITO, HENDRO YULIANTO, MAAS SHOBIRIN - Diagram adalah alat yang digunakan dalam waktu singkat yang dapat menunjukkan pasangan - pasangan yang berurutan dan hubungan antara pasangan - pasangan



    Contoh-contoh diagram

    Jenis-jenis, dan contoh diagram yang ada dalam statistika seperti:
    • Diagram garis – Diagram garis merupakan diagram yang penyajian datanya  menggunakan  garis. Baik itu garis lurus, kurva ataupun garis putus-putus. Diagram ini biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang diperoleh melalui pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Dalam pengaplikasiannya biasanya menggunakan sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X digunakan menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y digunakan untuk menunjukkan hasil nilai-nilai pengamatan pada suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan hasil pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya tiap kolom dari dua titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis lurus sehingga terciptalah diagram garis atau disebut juga dengan grafik garis..

    Contoh diagram garis


    • Diagram lingkaran– Penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lalu bagian-bagian dari daerah lingkaran, menunjukkan persen data. Untuk membuat diagram lingkaran, pertama-tama terlebih dahulu ditentukannya besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

    Contoh diagram lingkaran


    • Diagram batang – Diagram batang biasanya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk kategori. Untuk menggambar diagram batang, diperlukan sumbu datar dan sumbu tegak yang saling berpotongan. Terdapat dua macam diagram batang, yaitu diagram batang vertikal dan diagram batang horizontal.

    Contoh diagram batang

    • Diagram batang daun – Diagram batang daun merupakan diagram yang penyajian datanya memakai tabel yang telah dikelompokkan dengan kolom batang dan kolom daun. Dalam diagram ini, data yang telah didapatkan dikelompokkan dan diurutkan dari ukuran yang paling kecil sampai ukuran yang paling besar. Diagram ini mempunyai dua bagian yaitu batang dan daun. Bagian batang berisi angka puluhan dan bagian daun berisi angka satuan.

    Contoh diagram batang daun

      
    • Diagram kotak garis – Data statistik yang dipakai untuk menggambarkan diagram kotak garis yaitu statistik Lima Serangkai, yang dimana terdiri dari data ekstrim (data yang terkecil dan data yang terbesar), Q1, Q2 dan Q3.

    Contoh diagram kotak garis




    Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Diagram

    Post a Comment for "Pengertian Diagram Dan Jenis-jenisnya Beserta Contohnya"