Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Email dan Manfaatnya, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Macam - Macam Email

Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macamnya Terlengkap

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan surat atau pesan dengan format digital. Email banyak dapat diakses dengan mudah dengan berbagai gadget seperti komputer maupun ponsel smartphone.
Pada awal perkembangan internet, email digunakan sebagai sarana komunikasi antar developer internet dan kini seiring dengan perkembangan teknologi, email digunakan untuk berbagai macam tujuan dan dapat diakses oleh siapa saja.

Email (electronic mail) atau surat elektronik berfungsi sebagai alat pengirim pesan melalui perantara teknologi komputer, laptop dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.Email digunakan untuk mengirimkan data, entah itu dalam bentuk file teks, gambar, audio ataupun video. Dengan menggunakan email, aktifitas pengiriman data seperti misalnya surat menyurat jadi lebih mudah dan cepat dibandingkan menggunakan jasa manusia (pos).Ada beberapa layanan yang menyediakan pembuatan email diantaranya adalah Yahoo mail, AOL, Yandex, zoho, ICloud, Microsoft Outlook dan yang paling populer dan sering digunakan adalah Gmail besutan raksasa teknologi asal Amerika – Google.


Definisi Email menurut para ahli:
  • Ali Zaki & Smitdev Community - Email adalah surat elektronik, yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet
  • Happy Chandraleka - Email merupakan surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer
  • Jasmadi & E-Media Solusindo - Email adalah singkatan dari electronic mail. Singkatnya, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik via internet
  • Tyas Vanneza - Email adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik
  • Darma, Jarot S, Shenia A - Email merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja via internet, bukan lewat pos 
  • Definisi menurut Erima Oneta & Yosep. S - Email adalah salah satu fasilitas di internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman
  • Indra Kertarajasa Furqon - Email merupakan singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email digunakan untuk melakukan kegiatan surat – menyurat melalui jaringan internet.


Sejarah Singkat Email


Email adalah sesuatu yang sangat terasa lumrah di zaman sekarang. Rasanya sangat susah untuk membayangkan bahwa pada awalnya email hanyalah sebuah program yang mampu saling berkirim pesan dalam mesin yang sama.Sejarah email dimulai pada tahun 1968, ketika jaringan ARPANET, sejenis internet di zaman sekarang, mulai tumbuh dan berkembang. ARPANET itu sendiri awalnya hanyalah sebuah proyek komunikasi yang dibangun untuk institusi militer dan pendidikan.Selanjutnya, perkembangan email mulai menunjukkan kemajuan. Seorang insinyur bernama Ray Tomlinson bertugas untuk membuat suatu sistem komunikasi yang kemudian proyek ini dinamakan SNDMSG.
SNDMSG adalah sebuah program yang mampu membuat orang, yang memiliki mesin yang sama, saling berkirim pesan. Tentu saja, Anda tak bisa membandingkannya dengan email di zaman sekarang yang sudah sangat mudah untuk digunakan.Cara berkirim pesan dalam program ini hampir menyerupai cara Anda saat menulis dan berkirim pesan melalui email. Setelah pesan seleksi ditulis, pesan akan dikirim pada kotak surat yang ada di mesin yang sama.Perkembangan email terus bergerak maju. Ray Tomlinson terus membuat inovasi dan berhasil membuat SNDMSG mampu mengirim pesan di dalam jaringan ARPANET. Mungkin bisa dibilang ini adalah bentuk email paling lawas.
Surel pertama yang dikirim di dunia ini adalah pesan berbunyi “QWERTYUIOP”. Kemudian pada tahun 1972, Ray kembali mengenalkan sebuah ikon “@” sebagai pemisah antara identitas email dengan domain alamat email.Awalnya, email adalah sebuah layanan yang berbayar. Salah satu program yang paling terkenal adalah Eudora. Namun, dengan cepat Eudora tergeser dari kedudukannya karena ada program baru yang lebih baik dan gratis, yaitu Netscape dan Internet Explorer


Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga.
Berikut ini adalah proses cara kerja email secara singkat:

Ketika kamu mengirimkan email, entah apapun isinya, kamu harus memiliki alamat email dalam mentuk nama@domain.com. Sebagai contoh, WinPoin memiliki email admin@winpoin.com. Email akan dirikim oleh client ke mail server via Simple Mail Transfer Protocol. Server SMTP bisa diibaratkan seperti kotak pos, yang memeriksa perangko, alamat dan akan membantu kamu untuk mengirimkannya.
Singkatnya, server SMPT menghubungi server Domain Name System. Server DNS bekerja seperti ponsel atau buku telepon di internet; mengubah domain seperti winpoin.com ke alamat IP. Kemudian ia akan memeriksa apakah domain memiliki MX atau exchange server. Itu seperti kamu pergi ke kantor pos melihat apakah surat yang kamu kirimkan pada alamat itu memiliki kotak pos atau PO Box.
Jika server SMTP sudah memeriksa dengan benar, pesan akan dikirimkan ke server mail exhange pada domain tersebut. Server ini juga disebut sebagai MTA atau Mail Transfer Agent. Ia bertugas untuk menempatkan email dikirim. Kemudian si penerima email akan mengambil surat, biasanya menggunakan client yang bekerja melalui POP atau IMAP.


Macam-macam Email

Ada beberapa penyedia layanan email yang bisa digunakan secara gratis yang sudah banyak digunakan pada masyarakat umum didunia.

  • Gmail
Google memang tidak main-main dalam bidangnya, hampir disemua sektor ia ambil andil untuk produknya. Di sektor ini Google mempunyai layanan yaitu Gmail. Gmail merupakan penyedia layanan email gratis yang sudah sangat mendunia, jika kita ingin menggunakan smartphone berbasis Android layanan email yang kita pakai haruslah Gmail. Perlu diketahui Gmail memberikan batasan penyimpanan email hanya 15GB saja.

  • Yahoo
Sebenarnya sebelum Google muncul, Yahoo sudah terlebih dulu dipakai orang banyak, dialah yang menjadi perintis layanan email yang ada saat ini. Selain layanan email Yahoo juga memiliki layanan untuk chatting yaitu Yahoo Messenger. Jika Gmail memiliki batasan penyimpanan hanya 15 GB, tidak dengan Yahoo yang kabarnya bisa memberikan penyimpanan hingga 1000GB atau 1 TB.

  • Hotmail
Hotmail merupakan jasa layanan email gratis berbasis web, kelebihan yang dimiliki Hotmail sama seperti Yahoo yakni penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan Gmail sebesar 23GB. Namun user kebanyakan memakai Gmail karena bisa terintegrasi di semua produk Google yang bisa membantu mobilitasnya sehari-hari.

  • AOL Mail
AOL Mail juga merupakan salah satu penyedia layanan email gratis berbasis web yang memiliki ruang penyimpanan unlimited alias tidak terbatas. Tidak hanya itu, ia juga memiliki perlindungan spam yang luar biasa dengan UI (User Interface) sederhana yang dapat memudahkan user untuk memakainya.

  • GMX Mail
GMX Mail juga salah satu penyedia layanan email gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB yang memakai fitur POP.


Jenis-Jenis Email

Walaupun terkesan praktis, sebenarnya email memiliki banyak jenis tergantung dari kegunaannya. Berikut beberapa jenis email yang paling umum.

1. POP Mail

POP Mail alias Post Office Protocol adalah jenis email khusus yang hanya bisa dibuka dan dibaca dari Internet Service Provider yang digunakan. Ini adalah jenis layanan email yang paling sering dipakai perusahaan untuk berkomunikasi secara internal dengan karyawannya.Kelebihan lainnya, layanan email jenis ini adalah dapat dibaca secara luring melalui telepon genggam maupun komputer. 

2.  Web Mail
Email jenis ini adalah yang paling umum digunakan masyarakat. Email ini, seperti layanan email pada Google dan Yahoo, hanya bisa diakses dengan membuka halaman website-nya.Kelebihan layanan email jenis ini adalah Anda dapat mengirimkan pesan serta membaca email di mana pun.

3. Forward Mail

Email jenis ini merupakan layanan untuk pengguna email yang sering mengganti alamat email-nya. Dengan mendaftarkan diri pada layanan email ini, pengguna tetap mendapatkan pemberitahuan apabila terdapat pesan baru di alamat email lamanya.


Pengertian Email Beserta Fungsi dan Cara Kerja Email

Fungsi Email dan Manfaatnya

Kita sudah membahas apa itu email dan jenis-jenisnya diatas, sekarang mari kita bahas fungsi dari email tersebut. Berikut beberapa fungsi umum email:
  • Media Komunikasi
    Kita bisa menggunakan Email sbagai alat komunikasi kita secara personal maupun secara umum.
  • Media Pengiriman
    Email bisa dipakai untuk mengirim ataupun menerima suatu berkas atau file dengan berbagai ukuran dan media apapun. Media yang bisa kita kirim mendukung segala format.
  • Media Sosial
    Hal penting untuk keperluan media sosial, karena memang untuk mendaftarkan akun media sosial kita membutuhkan email untuk alat berkomunikasi. Tidak hanya aku media sosial saja seperti Facebook, Instagram, Twitter yang membutuhkan email, akun online shop atau toko online pun membutuhkannya ketika ingin melakukan pendaftaran.
  • Media Informasi
    Email bisa menjadi pusat informasi anda jika anda mendaftarkan untuk mendapatkan informasi dari media yang kita tentukan.
  • Media Promosi
    Jika diatas anda bisa mendaftarkan akun online shop menggunakan email, ternyata email juga bisa menjadi sarana promosi anda memalui toko online yang anda buat.
  • Mengaktifkan Smartphone
    Apabila ingin mengaktifkan Smartphone tentu kita memerlukan email untuk melakukan registrasi. Sudah menjadi ketentuan untuk menggunakan smartphone maka kita harus menggunakan email.
  • Membuat Website atau Blog Pribadi
    Untuk membuat sebuah website ataupun blog kita memang wajib mempunyai email untuk melakukan registrasi.


  • Sebagai sarana berkirim surat melalui internet dengan kemampuan  melampirkan dokumen dalam bentuk file,  gambar,  video maupun audio.
  • Sebagai sarana komunikasi, dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siapapun yang terhubung  dengan internet diseluruh dunia.
  • Dapat mengirim surat sekaligus ke beberapa  tujuan dalam waktu cepat dengan biaya murah.
  • Digunakan  untuk berlangganan  informasi  tertentu secara periodik.
  • Digunakan untuk mendaftarkan akun media sosial (twitter, instagram, path, line, facebook,  dll)
  • Digunakan untuk mendaftarkan user berbagai pelayanan publik secara online seperti : BPJS,  simponi.kemenkeu.go.id djp.pajak.go.id
  • Digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar domain desa.id


 
ada banyak Kelebihan email jika dibandingkan dengan surat biasa. Sistem pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya. Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita bisa mengirim surat dalam beberapa detik ke belahan dunia yang lain. Hal ini mungkin tidak terbayangkan di masa yang lalu
kelebihan email diantaranya :
  1. Nyaman, Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
  2. Cepat, Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
  3. Murah Efisien, Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
  4. Hemat sumber daya, Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
  5. Global, E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
  6. Reliabel, Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
  7. Pesan multimedia, Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.

Kelemahan Email Meskipun email memiliki berbagai macam kelebihan seperti yang telah disebutkan tadi, namun email juga memiliki kelemahan. Kelemahan / Kekurangan email (Surat Elektronik) diantaranya  
  1. Salah kirim, Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
  2. Rawan penyadapan, Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
  3. Pemalsuan identitas, Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
  4. Kebanjiran e-mail, Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
  5. Sampah e-mail, Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
  6. Respon terlambat, Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.


Mungkin sekian dulu penjelasan kita tentang Pengertian Email, Jenis, Fungsi, dan Macamnya Terlengkap, semoga dapat bermanfaat.

Penelusuran yang terkait dengan pengertian email

Post a Comment for "Pengertian Email dan Manfaatnya, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Macam - Macam Email"