Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Modem Beserta Fungsi, Cara Kerja Modem dan Jenis-Jenis Modem

Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Macam Jenis Modem

Modem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang disebut "modem", seperti Microwave Radio dan sebagainya, namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer.Data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem guna diubah menjadi sebuah sinyal analog, ketika modem menerima data luar berupa suatu sinyal analog, modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital agar dapat diproses untuk lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio, telepon.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analognya tadi tersebut akan diubah menjadi sinyal digital kembali serta dikirimkan kepada komputer. Terdapat 2 jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal serta modem internal. Baca juga artikel mengenai apa itu 4G dan 4G LTE. Berikut fungsi modem.


Macam Jenis Modem

  1. Modem Eksternal adalah perangkat keras yang dipakai pada komputer atau laptop untuk mengkases internet, dimana data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Begitu pun sebaliknya, sinyal analog akan diubah menjadi digital yang akan diproses selanjutnya oleh komputer.
  2. Modem Internal adalah perangkat jaringan yang sudah tergabung kedalam motherboard dan tidak memiliki lampu indikator layaknya modem eksternal.
  3. Modem ISDN adalah sebuah sistem telekomunikas yang menyediakan layanan berupa data, suara atau gambar yang kemudian di integrasikan ke dalam jaringan.
  4. Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan jaringan telepon seluler sebagai media untuk mentransfer data. Modem jenis ini biasanya mendukung penggunaan dengan kartu SIM GSM.
  5. Modem Analog adalah perangkat untuk membentuk sinyal analog yang nantinya diubah menjadi sinyal digital.

Fungsi Modem

Fungsi utama modem adalah untuk mengubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya
Modem memiliki beberapa fungsi agar sebuah komputer dapat tersambung ke dalam jaringan internet. Secara umum, sebuah modem memang memiliki fungsi utama mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya, namun modem juga memiliki fungsi-fungsi lain. Fungsi-fungsi modem tersebut antara lain termasuk :
  1. Mengubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya
  2. Menghubungkan sebuah perangkat (komputer, laptop, dsb) ke dalam jaringan
  3. Menerjemahkan sinyal dengan proses modulasi dan demodulasi
  4. Memeriksa paket data untuk berkomunikasi

Pengertian Modem, Fungsi Modem, Jenis-Jenis Modem

Jenis - Jenis Modem

  1. Modem External

Modem eksternal adalah perangkat yang digunakan untuk komputer untuk mengakses Internet yang mana data tersebut yang berasal dari komputer dalam bentuk sinyal digital akan dikonversi menjadi sebuah sinyal analog. Jadi jika modem menerima data dalam bentuk sinyal analog, akan menjadi sinyal digital dan kemudian diproses oleh komputer. Sinyal analog ini kemudian bisa dikirim melalui media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Modem eksternal merupakan perangkat modem yang bertempat di luar perangkat CPU utama. Modem ini dipisahkan dari PC dan dihubungkan oleh kabel LAN dan kabel USB, tergantung pada jenis modem.
  1. Modem internal

Modem internal adalah perangkat jaringan yang terletak pada kartu ekspansi yang terhubung ke motherboard. Lain halnya seperti modem eksternal, modem internal tidak terdapat sebuah lampu indikator untuk memberi tahu pengguna tentang fungsi atau keadaan modem yang berubah. Sebagai gantinya, pengguna harus mengandalkan perangkat lunak yang kompatibel dengan modem internal mereka. Modem internal atau yang biasa disebut dengan “Modem on-board”.
Jika data sampai di modem tujuan, sinyal analog ini akan dikonversi kembali menjadi sinyal digital dan dikirim langsung ke komputer.
  1. Modem ISDN

Modem ISDN yang merupakan sebuah singkatan dari Integrated Services Digital Network, definisinya adalah sistem telekomunikasi yang terkandung di dalam sebuah layanan dalam bentuk suara, data maupun sebuah gambar yang bisa kemudian untuk diintegrasikan pada sebuah jaringan, yang mana jaringan ini menyediakan sebuah konektivitas data digital ujung ke ujung untuk mendukung berbagai macam layanan. .
  1. Modem GSM

Modem GSM merupakan jenis modem yang menggunakan ponsel sebagai sistem media untuk transfer dari sebuah data. Modem GSM yang disebut umumnya sudah mendukung dengan mempergunakan sebuah kartu koneksi yang memiliki properti GSM.
  1. Modem Analog

Jika dilihat memang seperti namanya, fungsi dari sebuah modem analog ini adalah sebagai alat untuk dapat membentuk sinyal analog dan kemudian mengubahnya menjadi sebuah sinyal digital.
  1. Modem ADSL

Modem ADSL adalah sebuah modem dari singkatan Asymetric Digital Subscribe Line yang merupakan sebuah alat untuk mengakses jaringan internet dan mempergunakan telepon analog secara bersama-sama. Ketika metode penggunaannya sendiri telah dibantu menggunakan perangkat koneksi yang disebut dengan Splitter. Fungsi pembagi (splitter) dalam ADSL adalah untuk dapat anda menghilangkan akan adanya sebuah gangguan sehingga hasilnya dapat dieksekusi secara bersama-sama, yang dapat mempergunakan jaringan Internet dan juga dapat mempergunakan telepon yang biasa. Tapi mereka tidak akan saling bertabrakan.
  1. Modem kabel

Modem kabel merupakan jenis modem yang dipergunakan untuk anda dapat menerima data langsung dari penyedia layanan dengan menggunakan sebuah televisi kabel.
  1. Modem nirkabel (wireless)

Nirkabel atau nama lainnya adalah wireless merupakan sebuah teknologi dengan menghubungkan dua perangkat untuk dapat anda bertukar data tanpa menggunakan sarana kabel. Cara kerja modem nirkabel, data tersebut kemudian dapat dipertukarkan melalui media gelombang cahaya layaknya teknologi inframerah pada remote control TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth di komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.
  1. Modem CDMA

Modem CDMA merupakan jenis modem yang mempergunakan sebuah frekuensi 800 MHz CDMA atau CDMA 1x. Bahkan modem CDMA yang paling baru saat ini telah mempergunakan sebuah frekuensi EVDO Rev-A atau setara 3G dan yang paling baru yang tengah dikembangkan adalah modem CDMA menggunakan frekuensi EVDO Rev-B.



Dalam penggunaannya, modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload/mengirim data, maka informasi/data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya.
Saat data/informasi analog tadi sampai ke komputer tujuan, maka modem yang ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data tersebut (analog) menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer tujuan tadi.
Begitu pula saat kita men-download data/file, data tersebut merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat masuk ke komputer kita, modem akan seketika mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa ditampilkan. Hal inilah yang memungkinkan komputer-komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain.


Tips dalam Memilih Modem

Pentingnya modem mengharuskan kita semua untuk pandai untuk dapat memilih kualitas modem itu sendiri. Ya, fungsi dari modem yang baik pada umumnya bergantung pada merek dan juga harga yang ada pada modem tersebut. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih modem yang berkualitas baik agar kegiatan Anda dalam berselancar internet menjadi lancar.
  1. Pertama, Anda harus mengetahui jenis modem yang baik. Jenis modem yang baik juga akan memberikan fungsi yang maksimal. Modem dengan jenis GSM akan tepat dan cocok bagi Anda yang sering berpindah-pindah tempat untuk mobilitas. Namun, bagi Anda yang sering menetap di satu tempat, jenis CDMA juga cocok untuk Anda. Jenis modem yang satu ini tergantung pada sinyal mana yang lebih kuat di lingkungan sekitar Anda.
  2. Tips kedua adalah mengetahui spesifikasi modem. Usahakan modem yang akan Anda pilih mendukung kecepatan 3,6 Mbps dan juga 7,2 Mbps. Pastikan juga ia memiliki slot Micro SD Card, USB Extension, WiFi dan fitus GPS dan lainnya. Tips yang ketiga adalah dengan mengetahui garansi modem Anda. Ya, garansi resmi atau garansi distributor merupakan faktor mutlak yang wajib Anda pertimbangkan.
  3. Jangan lupa juga untuk mengetahui reputasi penjual. Akan lebih baik apabila Anda membeli modem dengan toko yang memiliki reputasi baik dengan review dan testimoni yang baik dari pelanggannya. Pastikan juga penjual modem tersebut merupakan toko yang jelas dan terpercaya.


Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian modem, fungsi, serta beberapa jenis modem yang umum digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Modem

Post a Comment for "Pengertian Modem Beserta Fungsi, Cara Kerja Modem dan Jenis-Jenis Modem"