Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Spanduk Dan Baliho ,Ciri-Ciri, Fungsi, Manfaat, dan contohnya Lengkap

Pengertian Spanduk beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian spanduk
 
Spanduk adalah suatu kain rentang yang isinya propaganda, slogan ataupun berita yang perlu diketahui oleh umum. Atau spanduk yaitu kain membentang yang biasanya berada di tepi jalan yang berisi text, berwarna serta bergambar. Spanduk sebagai suatu media informasi, bisanya dibuat dengan menggunakan cat, sablon (screen printing) atau dengan cara cat mesin.
Spanduk pada jaman sekarang ini sebagai media promosi yang cukup populer, karena harganya yang cukup murah serta proses pengerjaanya yang sangat cepat. Jaman Sekarang ini Sudah banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang periklanan serta memiliki mesin Digital Print Sendiri untuk membuatnya. Spanduk sangat dibutuhkan khususnya dalam promosi baik itu untuk memperkenalkan ataupun mempuat masyarakat umum untuk mengetahui suatu perusahaan atau produk, melalui spanduk  juga kamu dapat menampilkan gambar sekaligus informasi yang menunjang minat pembeli atau konsumen.



  • Bukan hanya sekedar untuk dipandang saja, spanduk dapat mempengaruhi citra produk suatu perusahaan.
  • Menimbulkan kepercayaan orang banyak, khususnya konsumen terhadap suatu produk ataupun bisnis kamu.
  • Selalu mengingatkan masyarakat umum pada produk atau perusahaan kamu.
  • Menimbulkan atau membangun loyalitas masyarakat umum atau konsumen terhadap bisnis kamu.


Ciri-Ciri Spanduk

Adapun ciri-ciri Spanduk yang diantaranya yaitu:
  1. Ukuran 90/100 x 800 cm
  2. Kaliamatnya pendek, tulisannya besar
  3. Warna menyolok atau kontras agar mudah di lihat dan dibaca
  4. Ditempatkan diperempatan jalan atau tempat yang strategis


Kelebihan & Kelemahan Spanduk

Adapun kelebihan dan kelemahan spanduk yaitu: 

1. Kelebihan
  • Proses pembuatan tidak terlalu rumit
  • Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi
  • Mencakup semua target audience
  • Penempatannya fleksibel secara geografis
  • Mudah diingat sebelum membeli produk
  • Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan

2. Kelemahan
  1. Kurang efektif karena sebagian masyarakat yang lewat di depan spanduk
  2. Waktu pemasangan secara singkat
  3. Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap
  4. Bila frekuensinya terlalu tinggi, mengakibatkan kebosanan pada target audience
  5. Mengganggu keindahan lingkungan bila terpasang tidak teratur


Jenis Spanduk dan Fungsinya

Berdasarkan tempat atau letaknya Spanduk dibagi menjadi dua yaitu Spanduk indoor yang dipasang di dalam ruangan dan Spanduk outdoor yang dipasang di luar ruangan atau di ruangan terbuka. Selain itu ternyata ada beberapa jenis Spanduk yang lain yang memiliki fungsi masing – masing. Berikut penjelasannya.

1. X- Banner

Dinamakan X Banner atau spanduk X sebab Spanduk jenis ini karena ketika memasang Spanduk menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Tiang penyangganya memang sengaja dibuat dengan bahan pipa dari aluminium kecil sehingga mudah di pindah tempat dengan mudah. Biasanya poster jenis ini diletakkan di samping pintu masuk sebuah toko, kantor atau ruang seminar.
Spanduk jenis ini bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Yang unik dari Spanduk jenis ini adalah tiangnya bisa dipakai berulang – ulang sehingga anda bisa lebih hemat karena hanya perlu mencetak ulang Spanduk nya saja.

2. Y – Banner atau Spanduk X

Serupa dengan X Spanduk , jenis spanduk ini juga diberi nama berdasarkan dengan tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Spanduk jenis ini juga memiliki model tiang penyangga yang bisa dipisahkan dari rangkanya. Biasanya, Spanduk jenis ini memiliki alas di bagian bawahnya supaya berdirinya Spanduk ini lebih kuat.
Namun, promosi menggunakan Spanduk Y sedikit lebih rendah dari pada X Spanduk . Ukuran standar Spanduk jenis ini biasanya sebesar 60 x 160 senti meter.

3. Mini X – Banner atau Spanduk Mini X

Mini X Spanduk sama dengan X Spanduk hanya berbeda pada ukurannya saja. Keduanya sama – sama menggunakan tiang penyangga yang berbentuk X. Ukuran Spanduk jenis ini adalah 26 x 38 senti meter atau terkadang bisa lebih kecil lagi sesuai dengan keinginan anda.
Bahan untuk Spanduk jenis ini terdiri dari dua macam, yaitu X – Spanduk yang dilapisi dengan stainless dan X – Spanduk yang tanpa lapisan. Spanduk ini biasanya diletakkan di meja – meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran.

4. Roll Up Banner atau Spanduk Roll Up

Spanduk jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan mini X – Spanduk , biasanya juga diletakkan diatas meja. Yang lebih unik dari Spanduk jenis ini adalah bentuknya yang dapat di gulung setelah selesai digunakan. sehingga ketika anda akan menggunakan Spanduk ini, anda hanya perlu menarik Spanduk nya dari atas ke bawah.
Ukuran Spanduk ini biasanya 80 x 200 senti meter, atau 85 x 200 senti meter dan 120 x 200 senti meter ada juga yang berukuran 150 x 200 senti meter. Spanduk jenis ini sangat efisien karena mudah digunakan dan mudah dibawa kemana – mana serta sangat ringan.
Spanduk jenis ini biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan mempunyai daya tahan yang tangguh. Jenis ini juga sangat pas jika dipasang di dalam ruangan. Pasalnya, penggunaannya hanya diperuntukkan ketika pameran, di etalase toko, dan ruang penjualan. Selain karena harga Spanduk yang murah, jenis Spanduk ini juga mampu menampilkan produk anda secara menyeluruh tanpa takut jatuh karena angin.


Contoh Spanduk

Berikut ini terdapat beberapa contoh spanduk, terdiri atas:
1. Contoh Spanduk Makanan



2. Contoh Spanduk Toko Baju 


3. Contoh Spanduk Promosi Makanan




Pengertian Baliho

Baliho" Pengertian & ( Ciri - Fungsi - Manfaat - Contoh )
Pengertian Baliho adalah sarana ataupun media yang digunakan untuk promosi, mempunyai unsur memberitakan informasi event ataupun kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat umum, selain itu baliho juga dipakai untuk meniklankan suatu produk baru. Seiring dikenalnya baliho merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi khususnya mesin cetak digital yang semakin kesini, semakin canggih. Selain baliho terkadang masyarakat memberikan informasinya bisa melalui pamflet, brosure, Bulletin, Majalah dan masih banyak lagi yang lainnya.



Ciri-Ciri Baliho

Mengacu pada pengertian baliho seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adapun berikut ini ciri-ciri baliho:
  • Baliho dibuat untuk mempromosikan suatu event atau produk tertentu kepada khalayak.
  • Memiliki ukuran yang besar sehingga mudah terlihat oleh khalayak luas.
  • Biasanya ditempatkan di pinggir jalan yang bisa dilihat oleh khalayak umum.
  • Proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung mudah dan cepat.

 

Fungsi dan Manfaat Baliho

Penggunaan baliho sebagai media informasi dan promosi bukan tanpa alasan. Dalam penggunaan baliho terdapat beberapa fungsi dan manfaat yang tidak dimiliki oleh media lainnya.
Adapun beberapa fungsi dan mantaat baliho adalah sebagai berikut:
  • Untuk menyampaikan materi iklan kepada masyarakat luas.
  • Baliho sebagai media promosi yang mudah dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu besar.
  • Sebagai promosi kontemporer dan dapat dilakukan secara instan.
  • Baliho untuk menaikkan penjualan atau market serta menaikkan pamor atau popularitas dari pengiklan.

Beberapa Jenis Baliho

Jenis-jenis baliho dapat dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan dan juga berdasarkan ukurannya. Adapun beberapa jenis baliho adalah sebagai berikut:
  • Flexi Korea/ Flexi Cina, kualitas bahan keduanya tidak jauh berbeda.
  • Flexi Jerman, baliho dengan kualitas bahan yang lebih bagus dan harganya lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.
  • Abadros, baliho dengan kualitas yang lebih bagus untuk baliho kategori indoor. Kelebihan dari bahan ini memiliki permukaan halus sehingga membuat hasil desainnya juga lebih fokus.
  • Baliho Vertikal, baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter. Biasanya dibuat dengan bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan dipasang pada tiang.
  • Baliho Horizontal, baliho yang berukuran 3×4 meter. Baliho ini umumnya dibuat dengan bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.
Baliho pada umumnya di didefinisikan sebagai suatu poster dengan ukuran yang lebih besar, yakni 2 hingga 4 kali lebih besar dari ukuran poster pada umumnya. Sehingga baliho dapat dikatakan sebagai poster yang berukuran besar.
Seperti yang kita ketahui bahwa poster memiliki ukuran internasional antara A0, A1, A2 dan A3. Yang membedakan antara baliho dan poster lainnya yaitu terdapat display systemnya. Selain itu baliho biasanya mempunyai display dengan sistem kaki maupun dudukan dengan bentuk misalnya Y, X, Ring atau Donut.
Selain model-model kaki baliho tersebut masih banyak model lainnya untuk display system. Misalnya moving roll baliho atau baliho yang bisa diputar. Ada juga hanging baliho yaitu baliho yang dapat digantung.



Jenis-Jenis Baliho

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis baliho, terdiri atas:
  1. Reklame Sosial adalah reklame yang berisi info atau himbauan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan yang lebih baik.
  2. Reklame Komersial adalah reklame yang berisikan info produk untuk dilihat oleh masyarakat supaya tertarik dengan produk tersebut.


Contoh Baliho

Berikut ini terdapat beberapa contoh baliho, terdiri atas:

1. Contoh Baliho Sekolah
Contoh-Baliho-Sekolah

2. Contoh Baliho Caleg

Contoh-Baliho-Caleg



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Baliho

  • pengertian billboard
  • contoh baliho
  • pengertian spanduk
  • pengertian banner
  • contoh baliho sekolah
  • perbedaan baliho dan billboard
  • tuliskan manfaat dari baliho
  • pengertian poster
  • pengertian billboard
  • pengertian banner
  • contoh baliho
  • ciri ciri spanduk
  • perbedaan bahan banner dan spanduk
  • pengertian brosur
  • pengertian spanduk pdf
  • contoh spanduk

Post a Comment for "Pengertian Spanduk Dan Baliho ,Ciri-Ciri, Fungsi, Manfaat, dan contohnya Lengkap"