Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Contoh Pidato Singkat Yang Menarik dan Tidak Membosankan

Contoh Teks Pidato
Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pengertian Teks Pidato

Teks pidato adalah bentuk komunikasi satu arah yang berupa pengungkapan pikiran dan gagasan dari pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang.Orang yang melakukan pidato disebut dengan Orator.


Tujuan Teks pidato

Ada beberapa tujuan dari kenapa teks pidato menjadi salah satu hal yang sangat pentingbagi seseorang yang akan berpidato.
Tujuan dari dibuatnya teks pidato adalah sebagai berikut:
  1. Mempermudahkan seseorang yang berpidato untuk menyampaikan gagasan, ide atau informasi lainya kepada khalayak umum secara langsung.
  2. Membatasi pemnyampaian informasiagar bisa lebih padat dan bisa lebih fokus sehingga bisa menghindari penjelasan dan memaparkaninformasi yang sangat bertele-telesaat berlangsungnya pidato.
  3. Memberikan inspirasi bagi seseorang yang berpidato untuk melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar dan juga kebutuhan dari pendengar.
  4. Mengantisipasi terjadinya lost speechyang sering terjadi karenaseseorang yang lupa apa yang akan disampaikanya. Hal tersebut biasanya terjadi karena orang yang akan berpidato terkena demam panggung.
Diatas adalah tujuan atau poin dari dibuatnya teks pidato. Namun untuk orator yang sudah mahir atau berpengalaman, Dia tidak akan membutuhkan teks pidato lagi.


Dipostingan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh pidato singkat dengan berbagai tema seperti Pidato tentang Narkoba, Pidato tentang Pendidikan, Pidato tentang acara Perpisahan sekolah, dan Pidato tentang Kebersihan dan Banyak lagi Pidato Lainnya

Contoh Pidato Singkat

Pembukaan Pidato Tentang Narkoba :
Assalamualaikum Wr. Wb.
Para hadirin yang saya hormati.
Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Isi Pidato Tentang Narkoba :
Hadirin yang saya hormati.
Menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan juga perbuatan syetan dan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tentram tidak ada satu kejahatan pun.
Hadirin yang saya hormati.
Janganlah sekali kali kita mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.
Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa.. Mulai dari sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Penutup Pidato Tentang Narkoba :
Hadirin yang saya hormati.
Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.




Assalamualaikum Wr. Wb.
Hadirin yang saya hormati.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Isi Pidato Pendidikan :
Hadirin yang berbahagia.
Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.
Hadirin yang saya hormati.
Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Penutup Pidato Pendidikan :
Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Perpisahan


Perpisahan Sekolah

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi hadirin semua,

Segala puji bagi Tuhan kita yang telah memberikan segenap limpahan nikmat yang luar biasa ini. Tak lupa rasa syukur juga kita ucapkan karena di pagi yang cerah ini masih bisa menikmati udara yang sangat segar. Pada keadaan yang penuh tawa dan keharuan ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato yang bertema perpisahan.

Detik yang begitu cepat berlalu sangat tak terasa hingga akhirnya kita sampai pada waktu perpisahan ini. Rasa sedih dan bahagia kini menyelimuti hati kami. Selama tiga tahun menuntut ilmu di sekolah ini banyak sekali pengalaman yang berharga. Semoga apa yang telah diberikan dari bapak/ibu guru dapat bermanfaat bagi kehidupan seterusnya.

Saya sebagai perwakilan dari teman-teman mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru semua. Selama menuntut ilmu di sini kami sangat menyadari bahwa begitu banyak kesalahan yang diperbuat baik sengaja ataupun tidak. Semoga keikhlasan dan ketulusan yang ada di hati bapak/ibu guru semua dapat menjadi doa untuk kesuksesan kami.

Tempat  ini menjadi saksi pertemuan yang begitu berkesan dan terkenang selamanya. Kami semua tak bisa berbalas budi apapun kecuali hanya bisa mendoakan semoga sekolah ini bisa lebih baik lagi ke depannya. Tak lupa kepada adik-adik tercinta kami menitip pesan agar belajarnya bisa lebih giat dan rajin lagi.

Demikianlah pidato yang berisi beberapa kalimat perpisahan yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih dan memohon maaf kepada semuanya apabila ada kesalahan kata. Jika ada kekurangan maka saya memohon maaf karena sesungguhnya yang memiliki kesempurnaan hanyalah Allah SWT.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Contoh Teks Pidato Tentang Moral


Moral / Pendidikan Karakter

Puji syukur kepada Tuhan kita semua. Segala rahmat semoga melimpah kepada kita semua. Di pagi yang begitu cerah ini akhirnya kita semua dapat berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan tentang moral / pendidikan karakter.

Pertama, saya ucapkan banyak terima aksih kepada hadirin semua yang telah berkenan hadir.

Pada usia remaja adalah usia dimana rasa labil meningkat. Di waktu menginjka remaja pembentukan karakter sedang dibentuk. Oleh karena itu kita semua harus memahami hal tersebut. Hal utama yang sangat mempengaruhi pembentukan kepribadian adalah fakor atau pengaruh dari lingkungan sekitarnya bagaimana.

Apa yang terjadi di sekitar lingkungan akan memberikan dampak positif maupun negatif tergantung dari keadaan sekitarnya. Jika anak dibiasakan pada lingkungan yang baik maka moralnya pun akan bagus atau baik. Begitupun sebaliknya, jika seseorang berada pada lingkungan negatif maka moralnya akan jelek atau kurang baik.

Berdasarkan beberapa hal tersebut disarankan kepa bapak/ibu khusunya agar membiasakan anak berada pada lingkungan positif. Dengan demikian, anak juga akan memiliki hal yang posituf atau baik.

Mungkin itu saja yang mampu untuk saya sampaikan. Untuk itu, kurang dan lebihnya mohon untuk dimaafkan oleh hadirin semua.

Salam sejahtera dan sampai jumpa

Contoh Pidato Tentang Pengaruh Internet Terhadap Remaja

    Assalamualaikum wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Remaja”.

    Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negative.

    Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “Warnet”, Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.

    Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

    Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.

    Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.

    Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.

    Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb


Contoh Teks Pidato Tentang Bahaya Narkoba

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Yang terhormat kepala sekolah
    Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
    Dan teman-teman yang saya cintai

    Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

    Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

    Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

    Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

    Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

    Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb..


Contoh Teks Pidato Lucu Tentang Remaja di Masa Modern

 Bismillahirrohmannirohim...

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Tanam pinang rapat-rapat

            Agar puyuh tak dapat lompat

                        Jawablah salam saya dengan semangat

            Jikalau anda umat Muhammad

Assalamu’alaikum Wr.Wb.


Bismillahirohmannirohim, alhamdulillahirobbil ‘alamin, assolatu wassalamu alla ashrofil an biya’i wal mursalin wa alla alihi wa sobh’i rosulillahi ‘ajmain, amma-ba’du...

Pertama-tama dan paling utama marilah sama-sama kita panjatkan puja-puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat bertemu dan berkumpul bersama di hall SMPN6 kebanggaan kita ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Mudah-mudahan dengan kehadiran kita semua dirahmati Allah SWT, serta membawa kebaikan dunia dan akhirat. Amiiin...

Selanjutnya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada best of the best man Nabi Muhammad SAW karena beliaulah yang membawa misi ajaran agama islam sampai kepenjuru pelosok dunia, sehingga kini kita berada didalam kesejukan dan kedamaian dibawah naungan islam.

Ibu-ibu dan bapak guru yang saya hormati... Serta teman-teman semua yang saya sayangi...

Pada kesempatan yang singkat izinkan saya menyampaikan ceramah pada hari ini dengan judul:

“Remaja di Masa Modern”

Mendengar kata remaja maka pikiran kita akan terbayang pada sesosok anak manusia yang sedang mengalami masa pubertas atau dalam kamus gaul biasanya kita kenal dengan sebutan ABG. Remaja adalah harta kekayaan yang paling berharga bagi dunia. Mereka adalah generasi penerus bangsa, bahkan calon pemimpin dunia. Jika remaja baik remaja, maka dunia pun akan berseri menghadapi masa depan yang aman, tentram, dan penuh keadamaian.

Kita semua pastinya ingin jadi remaja yang unggul, Bukan??? Insya Allah kita semua bisa menjadi a winner and student idol. Tapi bagaimana caranya??? Apakah dengan “duduk manis” di kelas atau dengan menjadi “kutu buku” kita bisa meraihnya??? Tentu tidaak... Tau gak sih Gaul itu kunci sukses nomor 1 buat jadi pelajar unggulan di era informasi... Kenapa begitu??? Karena untuk jadi bintang pelajar dan idola disekolahkita harus ada strategi, Antara lain......

1.     Gaul dengan orangtua.. Kenapa??? Pasalnya remaja yang karab dengan orangtua pasti akan mendapat ridho Allah yang lebih besar dari tiap do’a tulus yang orangtua panjatkan. Terdapat dalam hadist ini:

“Ridhar Robbi fii ridhal waalidain”

Artinya: Ridho Allah terletak pada ridho kedua orangtua.

(HR. Tabharani dari Ibnu Amr r.a.)

2.     Gaul dengan guru.. Kenapa??? Guru kan orangtua kita setelah ayah dan ibu. Kalo guru-guru kita sudah ridho sama kita sama kita, bayangin aja betapa lancarnya mereka dalam mendidik kita dengan penuh kasih sayang dan hasilnya sungguh banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kita dapat dari mereka. Terdapat dalam hadist ini:

“Man allamanii harfan faqad kuntu ‘abdan”

Artinya: siapa yang mengajarkanku satu huruf saja maka aku rela menjadi hamba sahaya baginya.

(HR. Ali bin abi thalib r.a.)

3.     Gaul dengan teman. Kita lebih sering ngabisin waktu dengan teman kan? Teman sejati adalah teman yang saling mendukung, saling menguatkan dan saling menolong untuk bersama-sama menjadi remaja unggulan. Tapi awas! Sebagian dari teman kita hanya mau gaul demi kesenangan saja. Ketika kita sedih dan perlu ditemani mereka justru meninggalkan kita. Bahkan ada juga teman yang menghalang-halangi dan mempengaruhi kita disaat kita sedang menjalankan ibadah puasa misalnya ada teman yang mengajak kita bermain petasan atau mercun saat orang beribadah... Masya Allah.. semoga kita tidak meniru hal buruk yang dapat merugikan diri kita sendiri...



Teman-teman semua yang dirahmati Allah...

Semakin lama kita hidup, semakin jauh kita melangkah, semakin banyak yang kita tau, tapi awas jangan sampai terjerumus dalam hal-hal yang membuat kita rugi. Rugi lahir maupun rugi bathin. Apalagi saat ini dibulan ramadhan, yang mana kita benar-benar diuji oleh Allah SWT apakah kita termasuk orang beriman dan sabar...

Sekarang ini zamannya modern bang, serba canggih kak, serba teknologi dek... Mau bicara sambil tatap muka tinggal 3G atau bisa juga dengan skype, mau tau tentang dunia yang “up tu date” tinggal browsing di internet, mau tau kabar sanak family yang berjauhan tinggal telepon, mau tau status teman dan upload foto terbaru tinggal online di facebook sambil chattingan, suntuk di rumah tinggal sms-an... Masya Allah... Serba mudah yaa...

Mengapa disetiap mudah terbit susah???

Mengapa disetiap kemajuan tinggal kemunduran???

Hanya ada satu kuncinya... Apa? Jawabannya hati... Mengapa hati??? Karena hati kita telah dibutakan nikmatnya dunia.

Teman-teman yang berbahagia...

Rasulullah SAW pernah bersabda “Kullu mauluddin, yu ladul alla fitrah, Fa ab’wahu bi wahu hidanihi, ai yunaf shirronnihi, aiyu umat insannihi.” 

Yang artinya: setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi/Nasrani/Majusi.

Oleh karenanya, jangan tunggu sampai besok. Mulailah dari sekarang. Marilah kita menjaga keimanan kita agar terhindar dari rayuan indah gombalnya dunia. Mulai sekarang, siapkanlah diri menyongsong kesuksesan! Giatlah belajar. Teraturlah jalani kehidupan dan sering-seringlah berdo’a. Insya Allah, kamu pasti sukses. Hidup kita ini indah jadi jangan sia-siakan karena sedetikpun kita berada didunia itulah namanya kehidupan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurangnya ceramah saya ini saya mohon dimaafkan.

Jalan-jalan ke Bukittinggi

Singgah dulu ke Pariaman

Bagus tidaknya ceramah saya ini

Yang penting bisa nambah pengalaman.

Wabillahi Taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh Pidato Tentang Bahaya Merokok

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Yang Terhormat…
Juga para hadirin yang saya…
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia acara … dalam rangka menyambut hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada tanggal 31 mei setiap tahunya, yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya.
Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dupungkiri lagi kalau dikalangan para perokok sebetulnya udah mengetahui ataupu merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan, Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara — termasuk negara berkembang — memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.
Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Meskipun udah banyak perda-perda yang dikeluarkan dan udah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan, misalnya “Larangan Merokok Ditempat Umum”, tapi tidak sedikit pula atau banyak para perokok tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut, oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik dan juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri.
Rekan-rekan sekalian yang saya Hormati,
Berbicara soal dampak yang diakibatkan dari asap rokok yang terhirup oleh orang-orang disekitar kita, marilah kita lihat hasil penelitian yang dilakukan oleh EPA… Nasib kaum ibu bersuamikan perokok agaknya tak berbeda jauh dengan anak-anak yang memiliki keluarga perokok. Penelitian yang dilakukan EPA menghasilkan kesimpulan bahwa dari 30 wanita, 24 di antaranya berisiko tinggi terserang kanker paru-paru bila suaminya perokok. Oleh karena itu, bila kita sayang dengan orang-orang yang ada disekitar kita, dengan kesadaran sendiri, marilah kita buat peraturan-peraturan yang kita buat sendiri untuk diri kita sendiri dan untuk orang-orang yang berada disekitar kita agar terbebas dari dampak yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.
rekan-rekan sekalian yang saya hormati.
Salah satu proses yang memang belum berdampak pada penampilan fisik perokok adalah gangguan pada sistem sirkulasi darah, yang akhirnya memicu penyakit jantung. hal ini disebabkan karena di dala rokok terdapat beberapa bahan kimia yang ada dalam rokok. Di antaranya, acrolein, merupakan zat cair yang tidak berwarna, seperti aldehyde. Zat ini sedikit banyaknya mengandung kadar alkohol. Artinya, acrolein ini adalah alkohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.
Rekan-rekan sekalian yang saya hormati
Karena waktu yang sangat terbatas, saya ucapkan terima kasih kepada panita yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini. Mudah-mudahan dihari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri.
Semoga uraian ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.
Wassalamu alaikum wr. wb.



 Assalamualaikum wr wb
asa kurang kompaksakali deui ah
assalamuallaikum wr wb
dina piring aya opak yang penting kompak
dina piring aya bolu thank you
mantap ruhai..........................

Bismillahirohmaannirohim
         Pertama-tama mari kita panjatkan puji yang agung ke hadirat Allah yang maha agung yang telah menciptakan Alam semesta dan seluruh isinya dari mulai ibu-ibu dan bapa-bapa dari mulai tukang baso sampai tukang celana dari para pemuda dan pemudi.
syukur yang agung kita panjatkan kepada Allah yang maha agung yang telah menciptakan manusia dari orang kota sampai orang kampoeng dari orang pesek sampai orang mancung dari orang pendek sampai orang jangkung dari orang gendut sampai orang rengkung Haaaaaaahaaaaaaa.......

        Solawat dan salam semoga tercurah limpahkan kepada jungjunan kita yak ni habibana wanabiyana kangjeng Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun dan mengajarkan kita kepada jalan kebenaran dan jadi suritauladan bagi kita semua kepada keluarganya sohabatnya dan sampai kepada kita selaku umat nya semoga kita mendapat kan safaat nanti di hari kiamat amiin sing tarik atuh bu amiin na.

Kalau kita menceritakan tentang mati tentu saja kita bakalan takut ya kan bu pa karna apa orang yang sudah mati bakalan di hisab nanti dialam kubur karna nya kita harus mempunyai amal baik jangan amal buruk bu karna yang bakal ikut sama kita itu amal baik dan buruk.dan katanya orang yang takut mati itu orang yang cerdas bu pa.dan mati juga di bagi 2
1 .mati sogir
2. mati kabir

yang pertama mati sogir yaitu mati kecil kenapa kita katakan kecil karna mati ini cuma pisah nya raga dan roh kita bu pa kembali kepada hadapan Allah untuk memper tanggung jawabkan semua perbuatan kita selama di dunia yaitu kita harus membawa amal baik jang an amal buruk bu pa kita punya mobil mewah tidak akan dibawa punya rumah mewah tidak akan di bawa punya istri cantik tidak akan di bawa harta kita tidak akan ikut tapi haya kain kapan bu pa  yang akan ikut dan kalau kita sudah mati artinya kita lepas dari segalanyaa kecuali  ilmu yang bermanfaat anak yang soleh karna ada sebuah hadist yangberbunyi innaka mayyitu wainnahu mayyitu artinya sesugguhnya enkau muhammad akan mati dan semuanya akan mati surah az zumar:30

yang kedua mati kabir yaitu mati besar kenapa kita katakan besar karna mati kabir disini artinya mati hati kita bu pa kalau hati kita sudah mati wah bu pa sangat bahaya sekali mati nya hati kita dikarnakan kita jauh dari ajaran allah contoh nya saja para pemuda sekarang mereka lebih milih pinggir jalan daripada pengajian atau tempat ilmu itu karna hati nya mati adapun untuk mengobati nya yaitu dengan pengaosan baca al quran solawat dan lain lain yang berhubungan dengan allah karna kita sekarang sedang di goncang dengan angin barat itulah sebab nya hati kita mati mati disini bukan nya tidak berpungsilagi bu tapi mati di sini artinya sudah jauh dari ajaran allah contohnya saja cara berpakian wanita mereka sudah mulaei mengikuti cara orang barat lekmong lejing jeans mereka menjajah kita dari ekonomi kita contoh harga susu menggayot kacang terjepit bu supaya hati kita tidak mati giat kanlah diri kita untuk beribadah kepada allah
karna kata imam safii masa muda cemerlang masa tua gemilang

mungkin itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan meningkatkan ibadah kita kepada allah swt
bila ada kesalahan kata mohon maaf karna saya disini sedang belajar bilahi taupik wal hidayah warido wal inayah

wassalamuallaikum wr wb

Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air


    Assalamualaikum W.W.

    Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan kehadiratNya lah kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato singkat. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

    Tentunya kata-kata Cinta Tanah Air sudah teramat sering teman-teman semua dengar. Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Jawaban menarik dari pertanyaan tersebut adalah kita harus Cinta Tanah Air kita karena di sanalah kita berdiri dan berpijak, di atas tanah air dan tumpah darah kita. Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam, kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua. Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita.Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal orang satu sama lain.

    Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri.Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita.Walau kita membeli d luar negeri,barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di Negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

    Indonesia memiliki budaya yang melimpah.Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan,music,dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia.Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

    Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya.Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang megetahinya, akan saya beri tahu. Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain,mencintai produk budaya kita sendiri,dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

    Wassalamualaikum W.W.



Penelusuran yang terkait dengan contoh pidato
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato singkat tentang kesehatan
  • contoh pidato persuasif singkat
  • contoh pidato tentang disiplin
  • contoh pidato singkat tentang narkoba
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato informatif

Post a Comment for "15 Contoh Pidato Singkat Yang Menarik dan Tidak Membosankan"