Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Shalawat Agar Semua Hajat Tercapai dan Shalawat Nabi Paling Berkhasiat



Selain salat dan berdoa, memperbanyak membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya juga dapat membuat hajat kita cepat tercapai.Sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani dalam kitab Afdalus Selawat ‘ala Sayyidis Sadat'.

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala ahli baitihi.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada penghuni rumahnya (ahlil bait).”


Syaikh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani menjelaskan keutamaan shalawat ini sebagai berikut;
قال ابن حجر في كتاب الصواعق روي عن جعفر مرفوعا : من صلى على محمد وعلى اهل بيته مائة مرة قضى الله مائة حاجة سبعين منها في اخرته قال الشيخ السجاعي في حاشيته عليه ولفظها اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

“Ibnu Hajar dalam kitab Al-Shawa’iq berkata, ‘Diriwayatkan oleh Imam Ja’far secara marfu’ bahwa siapa saja yang membaca shalawat kepada Nabi Saw dan ahli baitnya sebanyak seratus kali, maka Allah mengabulkan hajatnya sebanyak seratus hajat, tujuh puluh di antaranya diberikan di akhirat. Syaikh Al-Suja’i berkata dalam kitab Hasyiah atas kita Al-Shawa’iq, ‘Lafadz shalawat tersebut adalah ; Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayidina muhammadin wa ‘ala ahli baitihi.’”



Shalawat Nabi Paling Berkhasiat

3.

Allahumma shalli’alaa sayyidinaa Muhammadin wa man waa lahu’adada maa ta’lamuhu min bad-il amri ilaa muntahaahu wa’alaa aalihi wa shahbihi wa sallim
Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad dan para pembelanya, sebanyak apa yang Engkau ketahui dari awal semua urusan hingga akhirnya. Juga kepada keluarga dan sahabatnya.”
Penjelasan dan khasiat
Shalawat ini bersumber dari Sayyid Ahmad Ar-Rifa’I r.a. dan dikelompokkan shalawat Al-Jamwami Al-Kawamil (gudang kesempurnaan). Siapa saja yang membaca shalawat ini setelah shalat subuh dengan maksud apa saja, niscaya maksudnya terpenuhi atas izin Allah SWT.
4.

Allahumma shalii’alaa sayyidinaa wa maulaanaa muhammadin manfalaqatil anwaaru illaa bidzaatihi
Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad yang semua cahaya tak bisa muncul selain karena dirinya.”
Penjelasan dan khasiat
Shalawat ini sangat besar khasiatnya, jika dibaca seribu kali insyaAllah semua keinginannya tercapai.

5.
Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad. Yakni shalawat yang menjadikan catatan-catatan kebajikan, melapangkan dada dan mempermudah segala urusan, berkat rahmat Engkau, wahai Yang Maha Pengampun. Juga kepada keluarga dan para sahabat beliau.”
Penjelasan dan khasiat
Shalawat ini bersumber dari Sayyid Ahmad Rifa’I r.a. dan termasuk shalawat Al-Jawami Al-Kawamil (kumpulan kesempurnaan). Barang siapa yang membaca shalawat ini setelah shalat subuh dengan tujuan apa saja, niscaya tujuan atau keinginannya dikabulkan Allah SWT.

6.
Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad, keluarga Muhammad dan ahli baitnya.” 
 
Penjelasan dan khasiat
Berkaitan dengan shalawat ini, Sa’id Ath-Atharid meriwayatkan bahwa barang siapa yang membacanya tiga kali setiap pagi dan sore, akan dihapus dosa-dosanya, senantiasa bahagia, dikabulkan doa dan harapannya, dan dibantu mengalahkan musuh.

7.
Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad selaku pembuka dan penutup para rasul, dan penyempurna rahmat yang menyeluruh. Juga kepada keluarga, para sahabat, dan para pecintanya. Yakni shalawat sebanyak pengetahuan Engkau, sekekal Engkau, pembawa keridaan Engkau dan pemenuh hak Engkau. Ya Rabb, melalui ketaatan atas beliau aku mohon kepada Engkau pendamping terbaik bagiku, jalan termudah, ilmu paling berguna dan amal paling saleh. Demikian pula tempat sangat luas, kehidupan paling mudah, dan rezeki paling baik serta paling luas.”
Penjelasan dan khasiat
Shalawat ini berasal dari Al-‘Arif Billah Asy-Syaikh Muhammad Al-Badri Ad-Dimyathi yang dikenal dengan Ibnu Mayyit. Ia pernah berkata, “Aku berharap pada Allah semoga kebahagiaan dunia dan akhirat, dan derajat yang tinggi bagi yang membaca shalawat ini meski hanya 7 kali sehari semalam.”
 

8.
Penjelasan dan khasiat
Dalam sebuah sumber dinyatakan bahwa shalawat Fatih ini berasal dari wali besar dan keturunan Abu Bakar Ash-Shiddiq, Abu Makarim Syaikh Muhammad Syamsuddin bin Abu Hasan Al-Bakri r.a. Kemudian dalam sumber lain, shalawat ini disebut shalawat Sultan Auliya Syaikh ‘Abdul Qadir Jailani r.a. barangkali beliau inilah yang paling banyak mengamalkannya.
Khasiatnya adalah:

  1. Melenyapkan perasaan susah, duka dll.
  2. Yang membaca shalawat ini (meski sekali seumur hidup) insyaAllah tak akan masuk neraka.
  3. Membaca 1 kali shalawat ini sama dengan membaca seribu kali shalawat lainnya. Bahkan ada yang mengatakan sama dengan 600.000 kali.
  4. Yang membaca shalawat ini 11 kali setiap ba’da shalat selama 40 hari, Allah akan mengampuni dosa-dosa kecilnya.
  5. Orang yang ingin bermimpi melihat Nabi SAW, maka bacalah shalawat ini seribu kali malam jumat atau malam senin. Caranya: Lakukan shalat hajat 4 rakaat dengan dua kali salam. Pada shalat pertama rakaat ke-1 setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Qadar, rakaat ke-2 setelah Al-Fatihah membaca surat Az-Zalzalah. Kemudian pada shalat kedua, rakaat ke-1 setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun, rakaat ke-2 setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Falaq dan An-Nas
  6. Jika mempunyai berbagai kesulitan seperti banyak utang, istri tidak patuh, anak perempuan belum punya suami dll, bacalah shalawat ini. Caranya: Bangun tengah malam untuk shalat, kemudian membaca shalawat ini selama 40 hari
  7. Dilapangkan rezeki, diberi ketabahan hati dan diselamatkan keluarga dengan izin Allah. Caranya: Shalawat ini dibaca setelah shalat subuh 21 kali dengan istiqamah.



Post a Comment for "Bacaan Shalawat Agar Semua Hajat Tercapai dan Shalawat Nabi Paling Berkhasiat "