Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Panjang

Pidato merupakan sebuah cara yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui ungkapan kepada siapapun yang hendak menyaksikan.Nah, pidato sendiri disampaikan dalam bentuk kata-kata, namun yang patut diperhatikan saat berpidato adalah ekspresi wajah, intonasi suara dan gestur yang kamu tunjukkan harus diperhatikan dengan baik. 
Oleh karena itu, orang yang menyaksikan tidak hanya akan mendengarkan suara kamu yang berpidato, tetapi juga melihat secara jelas bagaimana ekspresi wajah dan gerak-gerik yang kita tunjukkan. Seperti pada saat seseorang berpidato di pemakaman. Untuk menunjukkan empati, seseorang yang berpidato harus menunjukkan gestur kesedihan dan empati yang mendalam, agar mereka yang mendengarnya dapat merasakan lebih dalam perasaan keluarga dan kerabat yang tengah berduka.


Tujuan Pidato

Setiap orang yang melakukan pidato pasti memiliki tujuan. Berikut ini adalah tujuan dari pidato.
  • Untuk mempengaruhi orang lain untuk mau mengikuti apa yang kita sampaikan dengan suka rela.
  • Untuk memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain yang mendengarkan pidato kita.
  • Untuk membuat orang lain senang dengan pidato yang kita sampaikan sehingga orang lain akan lebih mudah memahami apa yang kita bicarakan.

Isi Utama Dalam Berpidato

Isi utama dalam berpidato perpisahan kelas enam ini umumnya meliputi :
  • Salam pembuka
  • Ucapan terimakasih
  • Ucapan kebahagiaan
  • Tujuan selanjutnya
  • Nasihat dan kiat untuk adik tingkat
  • Kata perpisahan

 

Contoh Pidato

Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.



ssalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Wasshalaatu wassalaamu alaa asyrafil anbiyaa iwal mursaliin wa alaa aalihii washahbihii ajmaiin ammaa badu.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan hidayahnya, kita masih diberikan nikmat kesehatan, nikmat iman, dan nikmat islam. Sehingga kita masih bisa dipertemukan di dalam acara kenaikan kelas sekaligus perpisahan. Sholawat serta salam tidak lupa kita curah limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Berkat perjuangan beliaulah kita masih bisa merasakan nikmatnya iman dan islam sekarang ini.

Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada pembawa acara yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua kata dalam acara perpisahan ini.

Yang saya hormati, Kepala Sekolah beserta dewan guru.

Yang saya hormati bapak dan ibu wali murid.

Yang saya hormati seluruh tamu undangan serta adik-adik dan teman-teman yang saya sayangi.

Tidak terasa, hari terus berganti, minggu berlalu, bulan berjalan dan tahun pun mulai mengantarkan kita kepada acara ini, yakni perpisahan sekolah. Acara seperti inilah yang selalu membuat saya bersedih dan terharu.

Hari ini ada rasa duka yang begitu mendalam di dalam hati. Karena tidak lama algi, kami semua akan meninggalkan sekolah ini. Sekolah ini telah mengajarkan kami banyak hal, yang tadinya kamu tidak tahu menjadi tahu. Kami akan meninggalkan semua bapak dan ibu guru yang selalu sabar dalam membimbing kamu dan mencurahkan ilmunya kepada kami. Meninggalkan masa yang penuh suka dan duka.

Kami sadar selama kebersamaan kita di sekolah ini, banyak tingkah laku atau perkataan kami yang mungkin kurang berkenan di hati bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian. Mungkin kami sering membuat kalian marah, oleh karena itu izinkanlah kami untuk memohon maaf yang sebesar-besarnyaatas semua kesalahan yang kami lakukan baik yang disengaja ataupun tidak di sengaja.

Tidak lupa kami sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala pengabdian dan bimbingan dari bapak/ibu guru sekalian. Tanpa peran kalian kami bukanlah apa-apa. Banyak hal yang kalian ajarkan kepada kami, meski kami terkadang selalu menjengkelkan, namun kalian masih tetap sabar dalam membimbing kami.

Akhirnya tidak ada kado yang lebih berharga yang bisa kami berikan kepada kalian wahai guruku selain ucapan terimakasih dan untaian doa. Semoga jasa dan pengabdian yang kalian berikan dapat memberikan manafat yang ebgitu luar biasa kepada kami dan semoga Allah swt memebrikan balasan yang setimpal kepada kalian. Aamiin

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dari saya !

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb



Pidato Lainnya:
  1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Mudah Dihafal
  2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Pendek Terbaru
  3. Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah Dihafal 
  4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Menyentuh Hati 
  5. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Untuk MI dan SD 
  6. Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Panjang dan Mengharukan
  7. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Sedih, Paling Bagus, dan Singkat
  8. Contoh Pidato Tentang Kejujuran Mudah di Hafal 

Post a Comment for "Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Panjang"