Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Diskusi Meliputi Fungsi, Tujuan, Unsur Dan Jenis-Jenis [ LENGKAP ]

Diskusi Adalah : Pengertian, Materi, Tujuan, Jenis, Contoh

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan dan pendapat antara 2 (dua) orang ataupun lebih, yang bertujuan untuk mencari kesepakatan pendapat. Namun tidak semua kegiatan yang bertukar pikiran disebut dengan diskusi, karena diskusi merupakan suatu proses bertukar pikiran atau gagasan secara terarah sehingga diskusi ini dilakukan jika ada permasalahan yang hendak dicarikan solusinya dan persoalan tersebut dijadikan sebagai bahan diskusi.
Biasanya diskusi sering dilakukan dalam bentuk kelompok, Seperti yang tadi sudah di jelaskan diskusi bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan dan untuk mencari keputusan mengenai suatu persoalan yang di bahas dalam diskusi. Dan dalam diskusi biasanya akan terdapat proses tanya jawab.


Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

1. Diskusi menurut Hasibuan (1985)
Hasibuan menyatakan diskusi yaitu adanya visi dari 2 orang ataupun lebih kemudian berinteraksi secara verbal dan saling bertatap muka, tentang tujuan dari pembahasan tersebut atau adanya target yang diberikan dengan cara bertukar atau mempertahankan suatu informasi yang terkait.

2. Diskusi menurut Moh Uzer Usman (2005)
Diskusi adalah suatu proses yang teratur yang sudah melibatkan sekelompok orang untuk saling berinteraksi, bisa berasal dengan pengalaman, informasi, kesimpulan, serta solusi untuk sebuah masalah yang didiskusikan.

3. Diskusi menurut Moh Surya (1975)
Definisi diskusi yaitu proses di mana siswa atau orang-orang yang berdiskusi akan mendapat suatu kesempatan untuk berdiskusi dan berkontribusi dari pengalaman mereka dalam memecahkan suatu masalah-masalah secara umum. Di dalam diskusi ini harus ada tanggung jawab akan hasilnya serta harga diri setiap orang yang berdiskusi di dalamnya.


Ciri-Ciri Kegiatan Diskusi

Diskusi memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan aktivitas komunikasi yang lain. Berikut ini beberapa ciri-ciri kegiatan diskusi:
  • Diskusi berlangsung antara dua orang atau lebih.
  • Diskusi berlangsung dengan cara interaksi tatap muka dalam mendengarkan dan menyampaikan pendapat anggota diskusi.
  • Diskusi dilakukan untuk membahas suatu topik atau tema tertentu.
  • Sasaran yang ingin dicapai dalam diskusi adalah mendapatkan kesepakatan bersama mengenai topik yang dibahas.
  • Diskusi berlangsung dalam suasasn bebas, teratur, dan sistematis dengan aturan yang telah disepakatai bersama.

Unsur-Unsur diskusi.

Dalam prosesnya diskusi melibatkan beberapa orang. Di dalam diskusi kelompok diperlukan seseorang untuk memimpin jalannya diskusi, yang disebut dengan ketua diskusi atau moderator. Tugas dari moderator yaitu membuka dan menutup diskusi, memancing anggota atau peserta diskusi untuk mengungkapkan gagasan, menengahi jika terdapat anggota yang berdebat dan menyampaikan kesimpulan hasil dari diskusi yang telah dilakukan. Adapun sifat-sifat yang diperlukan oleh seorang moderator diskusi, diantaranya:
  • Memiliki kepribadian yang baik.
  • Memiliki pengertian maupun simpati terhadap orang lain.
  • Tidak memihak siapapun.
  • Memiliki perasaan humor.
  • Memiliki sifat pengertian.
  • Berintelegen dan berkemampuan untuk mengambil keputusan.
  • Memiliki bakat untuk berbicara di depan umum, dan lain-lain.
Adapun unsur-unsur diskusi, yang diantaranya:
a. Unsur manusia, diantaranya:
  • Ketua diskusi atau moderator.
  • Peserta diskusi.
  • Pendengar diskusi.
b. Unsur materi yaitu tema dari diskusi.
c. Unsur fasilitas yaitu peralatan yang digunakan dalam diskusi.



Macam-Macam Diskusi dan Contohnya

Macam-Macam Jenis Diskusi Yang Biasa Dilakukan Oleh Sekelompok Orang

Jenis-Jenis Diskusi Formal

Jenis komunikasi verbal di mana pertukaran informasi dilakukan  melalui jalur yang telah ditentukan (Memiliki Aturan) dikenal sebagai komunikasi formal.

1. Seminar

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya seminar, apalagi di zaman sekarang dengan banyaknya profesi baru di dunia pekerjaan atau pengusaha banyak sekali seminar yang dilakukan untuk menjelaskan suatu produk, masalah, atau sesuatu yang dilakukan untuk menarik minat masyarakat. Di dalam seminar, ada beberapa ahli dalam bidangnya yang membahas topik tertentu untuk mencapai suatu kesepakatan.

2. Lokakarya/sanggar kerja

Lokakarya juga termasuk dalam suatu diskusi yang tentunya membahas suatu pekerjaan atau profesi tertentu. Bukan itu saja, mungkin sebuah karya dari seseorang yang ahli bisa dibahas di diskusi lokakarya tersebut.

3. Simposium

Simposium merupakan diskusi yang diadakan oleh beberapa orang atau kelompok untuk membahas tentang prasaran mengenai pokok permasalahan tertentu. Diskusi ini juga diadakan untuk mendapat suatu kesepakatan atau solusi bersama.

4. Diskusi panel

Pengertian mendasar dari diskusi panel ini adalah diskusi yang dilakukan untuk memperluas wawasan tentang permasalahan yang sedang hangat dibicarakan oleh orang banyak, serta melibatkan para ahli yang menjadi penulis atau pembicara di diskusi tersebut.

5. Konferensi

Konferensi yaitu pertemuan yang diadakan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai permasalahan yang sedang dihadapi bersama oleh para peserta diskusi. Konferensi juga menjadi ajang mengemukakan pendapat sebagai sarana untuk memperoleh penyelesaian yang diharapkan oleh semua pihak terkait.

6. Diskusi pleno

Merupakan lanjutan dari diskusi kelompok yang sudah terjadi, diskusi pleno ini dilakukan untuk melaporkan hasil diskusi sebelumnya untuk kemudian ditindak lanjuti masalahnya.

7. Debat

Debat sering terjadi di hampir setiap diskusi karena setiap orang yang menyampaikan pendapat tentu memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda-beda. Setiap peserta diskusi akan berdebat untuk mempertahankan argumen dan gagasannya.

8. Kongres

Kongres biasanya dilakukan oleh para pelaku politik atau wakil dari suatu organisasi, tujuan dari dilakukan kongres ini adalah untuk sama-sama berpikir dalam pengambilan keputusan.

9. Forum diskusi

Forum diskusi atau wadah atau tempat yang dilakukan oleh para peserta diskusi untuk menggabungkan beberapa dialog tertentu. Biasanya, terdapat demokrasi yang tinggi pada sebuah forum diskusi tersebut.

10. Diskusi kasualis

Diskusi ini merupakan bentuk dari suatu penelitian dari satu permasalahan yang konkret yang mengandung beberapa jalan keluar. Biasanya diskusi kasualis ini dilakukan untuk mencari jalan keluar secepatnya.


Jenis-Jenis Diskusi Non Formal (Tidak Resmi)

Jenis komunikasi verbal di mana pertukaran informasi tidak mengikuti saluran apa pun (Aturan Jelas), komunikasi terbentang ke segala arah. Biasanya komunikasi terjadi secara spontan untuk menentukan suatu kesimpulan pada saat itu juga.

1. Kelompok studi

Biasanya kelompok studi ini dilakukan oleh para murid/siswa sekolah yang sedang berkelompok mendiskusikan mata pelajaran tertentu.

2. Kelompok pembentuk kebijaksanaan

Dalam menyelesaikan suatu masalah dibutuhkan kebijakan dalam mengambil keputusan yang tepat, maka dibuatlah kelompok kebijaksanaan ini agar terkumpul beberapa pendapat untuk menghasilkan keputusan yang bijaksana.

3. Komite atau pertemuan kelompok para orang tua murid

Pertemuan para orang tua murid dengan gurunya ini biasa terjadi di suatu sekolah untuk masalah yang mengganggu bagi sekolah atau para siswa.


Baca Juga :

Pengertian Kantor Meliputi Tujuan, Fungsi, Unsur, Ciri, Jenis dan Kegiatannya Secara Lengkap



Tujuan Diskusi

Kegiatan diskusi tentunya dilakukan untuk tujuan tertentu yang ingin dicapai. Adapun beberapa tujuan diskusi adalah sebagai berikut:
  • Untuk saling bertukar pikiran dan ide antar sesama peserta diskusi.
  • Melatih kemampuan berbicara di depan umum dengan cara menyampaikan dan menanggapi pendapat orang lain dengan keterangan yang relevan.
  • Melatih kemampuan berpikir para peserta diskusi sehingga memiliki wawasan yang lebih luas.
  • Menanamkan dan melatih sikap demokratis pada peserta diskusi karena terbiasa dalam menyampaikan dan mendengarkan pendapat orang lain.
  • Melatih sikap toleransi dan menghargai pendapat orang lain serta dapat memberikan tanggapan yang relevan.


Fungsi dan Manfaat Diskusi

Kegiatan diskusi dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta. Secara umum, berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat diskusi:
  • Sebagai wadah yang dapat membantu pemecahan masalah secara bersama-sama.
  • Sebagai wadah untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan kemampuan berpikir, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
  • Sebagai wadah untuk melatih kemampuan daya berpikir dan berbicara di depan umum.
  • Membantu dalam mewujudkan proses kreatif dan analitis para peserta diskusi.
  • Sebagai wadah untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman para peserta diskusi.

Metode Diskusi

  1. Harus dapat menciptakan suasana akrab antar anggota kelompok
  2. Perlu mengenal karakter, perilaku dan watak setiap individu agar dapat menghindari hal-hal yang tidak perlu
  3. Tidak mencari keuntungan pribadi atau golongan

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap daan jelas yakni mengenai Pengertian Diskusi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Diskusi

  • pengertian diskusi menurut para ahli
  • fungsi diskusi
  • pengertian diskusi terbuka
  • pengertian diskusi panel
  • tujuan diskusi
  • pengertian diskusi kelas
  • jenis diskusi
  • unsur-unsur diskusi

Post a Comment for "Pengertian Diskusi Meliputi Fungsi, Tujuan, Unsur Dan Jenis-Jenis [ LENGKAP ]"