Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian DOS Meliputi Fungsi, Perintah, Versi, Serangan dan Caranya [ LENGKAP ]

Pengertian DOS Beserta Fungsi dan Sejarah Diciptakannya DOS, Lengkap!

Pengertian DOS ( Disk Operating System )


Disk Operataing System atau DOS adalah suatu sistem operasi komputer yang memakai interface command – line dan sering digunakan oleh pengguna komputer pada tahun 1980-an. DOS merupakan suatu sistem operasi yang dipakai untuk mengelola semua sumber daya yang ada pada komputer.Para penggunanya berinteraksi dengan DOS dengan cara memberikan perintah-perintah menggunakan keyboard komputer. Penggunanya harus mengetikan perintah dengan keybord, lalu perintah yang diberikan akan diterjemahkan oleh sistem DOS sesuai dengan fungsi perintah tersebut.

Perintah yang ada pada DOS misalnya seperti nama file program yang ber-extension atau berakhiran .bat, .exe dan lain-lain. Selain mengetikan nama-nama file dari program perintah DOS juga biasanya digabungkan dengan berbagai macam prameter yang dimana penulisan prameter tersebut setelah nama file program, jadi dapat disimpulkan bawah DOS merupakan suatu sistem operasi yang berguna untuk mengelola sistem komputer.


Sejarah DOS

Sejarah diciptakannya DOS dimulai pada tahun 1980-an dimana ketika itu sebuah tim yang bernama Paterson yang berasal dari Seattle Computer menulis sebuah program sistem bernama Quick and Dirty Operating System atau disingkat dengan QDOS. Kemudian Paterson memasarkan sistem buatanya itu dengan nama 86-DOS karena memang dikhususkan untuk komputer Intel. Setelah itu ternyata yang membeli QDOS adalah Bill Gates (Pendiri Microsoft). Tidak tanggung-tanggung yang dibeli oleh bill gates adalah licensinya, sehingga bill gates bisa memasarkan sendiri.

Pemasaran yang dilakukan oleh Bill Gates ternyata tertuju kepada perusahaan raksasa pada waktu itu yang bernama IBM. Kemudia Bill Gates menjual QDOS ke IBM. Lalu IBM dengan basis dari QDOS meluncurkan kembali sebuah sistem operasi bernama PC-DOS yang dibeli dari microsoft. Setelah sukses menjual QDOS ke IBM, kemudia microsoft terus melakukan pengembangan sendiri dari licensi yang dia punya.
Akhirnya pada tahun yang sama microsoft untuk pertama kalinya menjual sebuah sistem operasi yang mereka beri nama MS-DOS yang terus dikembangkan sampai sekarang menjadi Windows 10. Dalam perjalananya MS-DOS terus melakukan persaingan terutama dengan Apple yang meluncurkan Machintosh dengan fitur yang sangat luar biasa pada waktu itu karena sudah menggunakan konsep Grafik User Interface yang mendukung penggunaan Mouse. Tidak mau kalah, microsoft juga meluncurkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama dengan MS-DOS v3.0 yang mendukung penggunaan Harddisk dengan kapasitas luar biasa pada waktu itu yaitu 10 MB.

Fungsi DOS

Dahulu fungsi DOS adalah untuk menghubungkan pengguna komputer dengan perangkat komputernya, karena DOS merupakan sistem operasi yang sangat rumit pada waktu itu, dan tergolong sederhana jika kita melihat di zaman sekarang. DOS berfungsi untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi yang tersedia, dan yang paling populer saat itu adalah sistem operasi sejenis word, atau pengolah kata, namun untuk menggunakannya harus menguasai berbagai macam kode program untuk menyeting struktur dari dokumen yang ingin di cetak, dan program aplikasi tidak terpasang secara permanen.

Saat ini DOS juga masih ada, dan bisa kita temui di sistem operasi windows dengan nama MS-DOS, saat ini kita bisa menggunakan MS-DOS untuk berbagai macam keperluan layaknya kita menggunakan sistem operasi windows berbasis Grafik User Interface. Dengan menjalankan program aplikasi atau menjalankan perintah menggunakan MS-DOS proses perintah akan lebih cepat dan ringan karena tidak perlu menampilkan grafis yang tinggi seperti menjalanakan Grafik User Interface. Dengan menggunakan MS-DOS juga pengembang menjadi lebih mudah dalam mengembangkan sistem operasi dari pihak Microsoft. Bagi pihak pengembang lepas juga bisa lebih nyaman dengan menggunakan MS-DOS karena lebih menghemat sumber daya.


Baca Juga :

Pengertian Open Source Beserta Contoh dan Kelebihan Kekurangannya


Kelas-kelas DOS

Adapun keluarga dari DOS, yang diantaranya terbagi menjadi beberapa macam kelas:
  • Microsoft Disk Operating System atau di singkat dengan MS-DOS, yang diantaranya Compaq DOS, Tandy DOS, Quick and Dirty Operating System (Q-DOS) dan lain-lain yang termasuk dalam sistem operasi MS-DOS, dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
  • IBM PC-DOS atau International Business Machine Personal Computer Disk Operating System, meskipun masih buatan Microsoft, tapi telah diubah sedikit supaya bisa digunakan oleh komputer buatan IBM.
  • Digital Research Disk Operating System atau disingkat dengan DR-DOS, dibuat oleh yang membuat sistem operasi CP/M yaitu Gary Kildall.
  • Novell Personal Netware, yaitu versi DR-DOS (Digital Research Disk Operating System) yang dijual kepada Novell, sebab perusahaan yang menaungi CP/M gulung tikar atau mengalami kebangkrutan. Jadi Novell men-akuisisi Digital Research Incorporated.
  • Caldera DOS, yaitu versi dari Novell Personal Netwere yang dijual kepada Caldera Corporation.
  • FreeDOS, dikembangkan oleh komunitas open source. Versi dari DOS ini dibangun berasal dari sisa-sisa perkembangan Caldera DOS.
 
Adapun DOS yang beredar di pasaran sangat bermacam-macam, diantaranya seperti berikut ini:
  • PC atau Personal Computer DOS.
  • MS-DOS.
  • Macintosh DOS.
  • Apple DOS.
  • Linux, dan lain-lain.


Kekurangan Ms DOS

  • DOS tidak secara otomatis membuat GUI lebih rumit, karena menggunakan Antarmuka Baris Perintah
  • Windows saat ini (NT Tech) tidak terlalu kompatibel dengan program DOS, sebagai bukti, jika Anda menjalankan program DOS tanpa melewati CMD, itu akan segera ditutup dengan Windows

Kelebihan DOS

  • DOS menampilkan program yang lebih “realistis” daripada Windows karena beberapa perintah dari Windows itu sendiri beradaptasi dari DOS (misalnya, perintah virus untuk menyembunyikan atribut)

 

Berbagai Jenis DOS

  • DOS 6.0
  • DOS 5.0
  • DOS 4.0
  • DOS 3.3
  • DOS 3.2
  • DOS 3.1
  • DOS 3.0
  • DOS 2.0
  • DOS 1.0

  1. Klik menu START
  2. Klik RUN
  3. Ketik Command atau cmd
  1. Make Directory (MD) adalah sebuah perintah untuk membuat directory baru. Contoh : C: \> MD (spasi) Nama Directory nya
  2. CD / CHDIR (Change Directory) adalah sebuah perintah untuk pindah directory. Contoh : C:\> CD (spasi) ketik directory nya
  3. Copy digunakan untuk menyalin satu atau beberapa file ke dalam lokasi yang diinginkan. Contoh : C:\>Copy (spasi) nama filenya (spasi) Tujuan atau lokasi penyimpanannya
  4. DIR digunakan untuk melihat isi pada Drive. Contoh C:\>DIR (spasi) Drivenya
  5. DEL digunakan untuk menghapus file dari komputer. Contoh C:\>DEL (spasi)Drivenya (spasi) nama filenya (spasi) /P
  6. Movedigunakan untuk memindahkan suatu file atau suatu directory dari satu folder ke folder yang lain. Contoh : C:\>Move (spasi) Drivenya (spasi) patch (spasi) nama file (spasi) tujuan / lokasi
  7. REN (Rename) digunakan untuk mengubah nama file atau directory dari nama yang lama ke nama yang baru
  8. RD adalah perintah dalam microsoft DOS yang digunakan untuk menghapus directory. Contoh C:\>RD (spasi) directory nya

Berikut Contoh Layar DOS Pada Windows 7
Pengertian dan Fungsi DOS (Disk Operating System) Pada Komputer
Layar DOS Windows 7
Semoga artikel tentang Pengertian dan Fungsi DOS (Disk Operating System) Pada Komputer ini bermanfaat walaupun sedikit dan mudah-mudahan dapat membantu siapa saja dan dimana saja. Selamat belajar dan sukses selalu.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian DOS
  • sejarah dos
  • fungsi dos
  • contoh dos
  • pengertian dos dan windows
  • kelebihan dan kekurangan dos
  • pengertian dos dan gui
  • perintah dos
  • tampilan sistem operasi dos

Post a Comment for "Pengertian DOS Meliputi Fungsi, Perintah, Versi, Serangan dan Caranya [ LENGKAP ]"