Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Internet Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Pengertian internet secara umum 

Internet adalah singkatan dari kata Interconnection Networking dan untuk pengertian internet secara umum adalah jaringan komputer yang terhubung menggunakan sistem standar transmission control protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang berfungsi sebagai protocol pertukaran paket untuk menghubungkan komputer diseluruh dunia.Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan jutaan atau bahkan milyaran komputer yang ada di seluruh dunia, jadi ketika komputer terhubung dengan koneksi internet maka komputer tersebut masuk ke dalam jaringan global dan saling terhubung dengan komputer yang ada di seluruh dunia yang juga terhubung dengan internet.
Internet awal mulanya adalah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikan yang bernama ARPANET yang bertujuan untuk menghubungkan komputer yang ada di daerah vital agar bisa mendeteksi serangan nuklir, selain itu proyek ARPANET juga bertujuan untuk menghindari data yang terpusat pada satu daerah saja. Proyek ARAPNET ini kemudian tidak hanya digunakan untuk keperluan militer namu digunakan untuk umum seperti universitas atau perusahaan sehingga ARPANET mengalami perkembangan yang sangat pesat dan banyak pengunanya.
Karena banyak digunkan ARPANET kemudian dipecah menjadi 2 yaitu MILNET untuk keperluar militer dan DARPA Internet untuk umum. DARPA Internet ini kemudian di persingkat lagi menjadi Internet dan nama ini digunakan sampai saat ini. Sampai saat ini internet telah mengalami perkembangan yang pesat yang digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, pemerintahan, bisnis, perbankan dan lain-lain.

Pengertian internet menurut para ahli

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian internet yang dikemukakan oleh para ahli :

1. Lani Sidharta (1996)

Menurut Lanu sidharta intenet secara fisik merupakan interkoneksi antar jaringan komputer yang merupakan sumber daya. Internet berisi informasi yang bisa digambarkan seperti database atau perpustakaan multimedia yang lengkap dan sangat besar. Beliau juga mengungkapkan bahwa internet adalah dunia dalam bentuk lain (maya) karena di dalam internet ini mencakup seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia nyata seperti bisnis, hiburan, komunikasi, berita dan lain sebagainya.

2. Oetomo (2002)

Menurut Oetomo internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar di mana jaringan tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung antara jaringan dan jaringan tersebut terhubung dengan jaringan yang ada di seluruh dunia.

3. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Menurut Strauss, El-Ansary dan Frost internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan jaringan yang ada di seluruh dunia. Komputer ini dapat terhubung dan bertukar data dengan komputer yang ada di seluruh dunia yang masih dalam satu jaringan global.

4. O'Brien (2003)

Menurut O'Brien internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, pemerintahan dan bidang lainnya yang saling terhubung dengan milyaran pengguna yang ada di lebih dari 200 negara.

5. Allan (2005)

Menurut Allan internet adalah kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protocol komunikasi yang disebut dengan Internet Protocol (IP) dan Transmission Contol Protocol (TCP). Protokol ini sebagai standar transmisi data atau bisa di artikan spesifikasi sederhana bagaimana komputer dapat saling bertukar informasi.

6. Turban, Reiner dan Potter (2005)

Menurut Turban, Reiner dan Potter internet adalah suatu jaringan yang besar yang menghubungkan jaringan komputer baik dari organisasi, bisnis, pemerintah ataupun sekolah-sekolah di seluruh penjuru dunia dengan cepat.

7. Onno W. Purbo (2005)

Menurut pakar internet dari Indonesia , Onno W. Purbo menjelaskan bahwa internet adalah media yang digunakan untuk mengefisiensi proses komunikasi semisal web, VoIP, E-mail dan lainnya.

8. Tim peneliti dan pengembang wahana komputer (2005)

Menurut tim dari peneliti dan pengembangan wahana komputer internet adalah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam suatu jaringan global melalui protokol yang disebut dengan Transmission Control Protocol (TCP) / Internet Protocol(IP).

9. Sibero (2011)

Menurut Sibenerno internet adalah suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer secara global atau sering disebut dengan jaringan dunia karena luasnya cakupan jaringannya.

10. Sarwono (2012)

Menurut Sarwono internet merupakan kumpulan jaringan yang berskala global yang mana tidak ada satupun dari orang, kelompok atau organisasi yang bertanggung jawab untuk menjalankan internet.  Demikianlah ulasan mengenai internet, semoga dapat membantu Anda dalam memahami pengertian internet secara umum dan menurut para ahli.
 
 
 

Sejarah Singkat Internet


Internet (Interconnected Notworking) merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dengan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer dan pendidikan yang menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
 ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet
Tahun 1995 mulailah dikenal teknologi World Wide Web yang berfungsi menggantikan FTP, sehingga internet dapat menyediakan informasi berbasis multimedia. Saat ini internet dapat digunakan melalui alat komunikasi bergerak seperti Handphone maupun smartphone dengan menggunakan teknologi GPRS,EDGE,3G maupun HSDPA.
 
 

 Manfaat Internet

  • Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan
Manfaat internet dalam bidang pendidikan, internet memungkinkan para pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang terlibat dalam pendidikan untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (Library Online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online, misalnya belajar jarak jauh dengan menggunakan Teleconference Internet (e-learning) 
  • Manfaat Internet dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis
pada bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce. Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan lain sebagainya dapat dilakukan lewat internet tanpa harus berpergian.
  • Manfaat Internet dalam Bidang Pemerintahan
Untuk bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Dengan adanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal dan juga dapat dipergunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antar suatu negara.
  • Manfaat Internet dalam Bidang Sosial
Manfaat internet dalam bidang sosial, internet dapat dipergunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan sosial yang telah, sedang atau akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana kegiatan sosial.
  • Manfaat Internet dalam Bidang Keagamaan
Internet dapat digunakan untuk sarana diskusi, konsultasi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan lain sebagainya.
 


Penelusuran yang terkait dengan materi internet
  • perkembangan internet
  • fungsi internet
  • manfaat internet
  • sejarah internet
  • internet adalah
  • tujuan internet
  • sejarah singkat internet
  • pengertian internet menurut para ahli

Post a Comment for "Pengertian Internet Secara Umum dan Menurut Para Ahli"