Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Waktu Beserta Fungsi, Manfaat, Prinsip, Aspek dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Manajemen Waktu Dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian manajemen waktu

Manajemen waktu adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) produktivitas waktu. Sebab waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk melakukan pekerjaan, dan merupakan sumber daya yang harus dikelola secara efektif dan efisien.Efektifitas dapat terlihat dari tercapainya target atau tujuan manajemen waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dan kata efisien tidak lain mengandung 2 (dua) makna, yaitu makna pengurangan waktu yang ditentukan dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang telah ada.
Atau definisi manajemen waktu yang lainnya yaitu suatu cara untuk mengatur dan memanfaatkan setiap bagian dari waktu untuk melakukan aktivitas tertentu yang sudah ditargetkan atau di tentukan dalam jangka waktu tertentu dan aktivitas tersebut haruslah diselesaikan.

Manajemen waktu yang baik yaitu dengan membuat data pekerjaan atau aktivitas dan menentukan skala dari setiap aktivitas tersebut. Perlu kita ketahui bahwa setiap aktivitas pasti semuanya penting akan tetapi dari data aktivitas pekerjaan tersebut pasti ada yang paling penting, misalnya seperti pekerjaan yang mendesak yang umumnya berkaitan dengan pekerjaan deadline. Letakkan-lah pekerjaan yang terpenting di daftar data paling atas untuk segera di kerjakan baru setelah itu di ikuti dengan daftar aktivitas pekerjaan yang lainnya.
Manajemen waktu ini dapat memberikan hasil yang lebih baik jika dilakukan dengan sungguh-sungguh tentunya dengan disiplin. Dan komitmen yang tinggi dari individu sagat dibutuhkan untuk mematuhi dan menjalankan manajeman waktu yang sudah di tentukan, misalnya oleh perusahaan atau tempat bekerja dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen waktu telah dijelaskan oleh beberapa ahli sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian produktivitas waktu yang berkaitan dengan pekerjaan.

1. Hynes

Menurut Haynes, pengertian manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan manfaat dan efisiensi.

2. Davidson

Menurut Davidson, pengertian manajemen waktu adalah cara memanfaatkan waktu dengan baik dimana seseorang mampu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan bekerja lebih cerdas.

3. Leman

Menurut Leman, pengertian manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik-baiknya, seoptimal mungkin dengan melakukan perencanaan aktivitas secara terorganisir dan matang.
Dengan time management yang baik seseorang bisa merencanakan dan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Frederick Winslow Taylor

Menurut Frederick Winslow Taylor, pengertian manajemen waktu adalah proses pencapaian sasaran utama kehidupan sebagai hasil dari menyisihkan kegiatan-kegiatan yang tidak berarti yang sering memakan banyak waktu.

5. Akram

Menurut Akram,  time management adalah pemanfaatan waktu yang dimiliki untuk melakukan hal-hal yang dianggap penting yang telah tercatat dalam tabel kerja.

6. Widyastuti

Menurut Widyastuti, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan dan melaksanakan tanggung jawab individu demi kepuasan individu tersebut.

7. Atkinson

Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan secara terencana agar individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

8. Forsyth

Menurut Forysth, definisi manajemen waktu adalah cara membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektifitas dan efisiensi dan juga produktivitas.

9. Orr

Menurut Orr, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan dalam menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.


Aspek-aspek Manajemen Waktu

Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu terdiri dari beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:

a. Menetapkan Tujuan 

Menetapkan tujuan dapat membantu individu untuk memfokuskan perhatian terhadap pekerjaan yang akan dijalankan, fokus terhadap tujuan dan sasaran yang hendak dicapai serta mampu merencanakan suatu pekerjaan dalam batasan waktu yang disediakan.

b. Menyusun Prioritas 

Menyusun prioritas perlu dilakukan mengingat waktu yang tersedia terbatas dan tidak semua pekerjaan memiliki nilai kepentingan yang sama. Urutan prioritas dibuat berdasarkan peringkat, yaitu dari prioritas terendah hingga pada prioritas tertinggi. Urutan prioritas ini dibuat dengan mempertimbangkan hal mana yang dirasa penting, mendesak, maupun vital yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

c. Menyusun Jadwal 

Aspek lainnya dalam manajemen waktu adalah membuat susunan jadwal. Jadwal merupakan daftar kegiatan yang akan dilaksanakan beserta urutan waktu dalam periode tertentu. Fungsi pembuatan jadwal adalah menghindari bentrokan kegiatan, menghindari kelupaan, dan mengurangi ketergesaan.

d. Bersikap Asertif 

Sikap asertif dapat diartikan sebagai sikap tegas untuk berkata "Tidak" atau menolak suatu permintaan atau tugas dari orang lain dengan cara positif tanpa harus merasa bersalah dan menjadi agresif.

e. Bersikap Tegas 

Tegas merupakan strategi yang diterapkan guna menghindari pelanggaran hak dan memastikan bahwa orang lain tidak mengurangi efektivitas penggunaan waktu.

f. Menghindari Penundaan 

Penundaan merupakan penangguhan suatu hal hingga terlambat dikerjakan. Penundaan dalam pelaksanaan tugas dapat menyebabkan ketidakberhasilan dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, kemudian merusak jadwal kegiatan yang telah disusun secara apik serta mengganggu tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

g. Meminimalkan Waktu yang Terbuang 

Pemborosan waktu mencakup segala kegiatan yang menyita waktu dan kurang memberikan manfaat yang maksimal. Hal tersebut sering menjadi penghalang bagi individu untuk mencapai keberhasilannya karena sering membuat individu menunda melakukan kegiatan yang penting.

Pengertian Manajemen Waktu Serta Fungsi, Manfaat Dan Tujuan

Manfaat, Fungsi dan Tujuan Manajemen Waktu

Kemampuan untuk mengelola  waktu secara efektif adalah penting. Mengelola waktu dengan baik tidak hanya penting untuk kehidupan pribadi/organisasi tetapi juga untuk kesuksesan karier/bisnis.
Berikut ini beberapa manfaat manajemen waktu secara efektif :

1.Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Pekerjaan

Manajemen waktu yang baik mampu memfokuskan perhatian pada target untuk mencapai keberhasilan atas pekerjaan tersebut. Sehingga mempunyai  waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas yang paling utama.

2. Menghilangkan Stres

Membuat dan mengikuti jadwal sesuai  tugas yang telah ditetapkan dapat mengurangi  stres dan kecemasan.

3. Meningkatkan Kepuasan Dalam Bekerja

Kepuasan kerja akan  meningkat seiring dengan meningkatnya suatu kinerja yang berarti semakin banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan.

4. Lebih Banyak Peluang

Manajemen  waktu yang baik mengarah pada lebih banyak peluang dan lebih sedikit waktu yang terbuang untuk kegiatan tidak berguna. Kemampuan untuk memprioritaskan dan menjadwalkan pekerjaan sangat diinginkan oleh organisasi manapun.

5. Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan

Individu yang mempraktikkan manajemen waktu yang baik mampu mencapai tujuan dan sasaran mereka dengan lebih baik dan melakukannya dalam waktu yang lebih singkat.
Implikasi dari manajemen waktu yang buruk dapat menimbulkan beberapa konsekuensi yang sangat tidak diinginkan:
  • Target tidak tercapai.
  • Alur kerja yang tidak efisien.
  • Kualitas kerja buruk.
  • Reputasi profesional yang buruk dan karier yang macet.
  • Tingkat stres yang lebih tinggi.
Selain manfaat tersebut, fungsi manajemen waktu adalah sebagai perencanaan, penjadwalan, pemantauan dan kontrol.




Hambatan Manajemen Waktu 

Menurut Herawati (2008), terdapat beberapa hambatan yang sering ditemukan dalam memanajemen waktu, yaitu:
  1. Mendahulukan pekerjaan yang dicintainya, baru kemudian mengerjakan pekerjaan yang kurang diminatinya.
  2. Mendahulukan pekerjaan yang mudah sebelum mengerjakan pekerjaan yang sulit. 
  3. Mendahulukan pekerjaan yang cepat penyelesaiannya, sebelum menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama.
  4. Mendahulukan pekerjaan darurat/mendesak, sebelum menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang penting. 
  5. Melakukan aktivitas yang mendekatkan mereka pada tujuan atau mendatangkan kemaslahatan bagi diri mereka. 
  6. Menunggu batas waktu (mepet) untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung-jawabnya. 
  7. Skala prioritas disusun tidak berdasarkan kepentingannya, tetapi berdasarkan urutan. 
  8. Terperangkap pada tuntutan yang mendesak dan memaksa.

Dampak Manajemen Waktu Yang Buruk

  1. Melewati suatu batas waktu yang ditentukan (deadlines).
  2. Work flow atau juga alur kerja yang kurang efisien.
  3. Kualitas kerja yang menjadi buruk.
  4. Memiliki suatu reputasi profesional yang negatif.
  5. Meningkatkan stress atau tekanan kerja dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Ketidakseimbangan kehidupan yang akan terjadi.
  7. Kesempatan karir yang stagnan atau mungkin juga akan menurun.

Manajemen Waktu Bagi Kehidupan Pribadi

  1. Kemampuan suatu individu dalam mencapai produktivitas dan efisiensi yang lebih besar.
  2. Memiliki suatu reputasi professional yang lebih baik.
  3. Terhindar dari suatu tekanan atau stress akan berkurang.
  4. Membantu untuk dapat meningkatkan peluang dalam mencapai kesuksesan.
  5. Memiliki suatu keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan kesempatan karir yang lebih baik.

Tips Manajemen Waktu

  • Memiliki suatu tujuan yang jelas.
  • Membuat suatu skala prioritas.
  • Berani mengatakan tidak ketika akan mendapatkan tugas yang tidak prioritas.
  • Jangan menunda suatu pekerjaan.
  • Mendelegasikan suatu tugas dan jaga kesehatan.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Manajemen Waktu
  • manfaat manajemen waktu
  • fungsi manajemen waktu
  • contoh manajemen waktu
  • prinsip manajemen waktu
  • materi manajemen waktu
  • artikel manajemen waktu
  • pengertian manajemen waktu menurut forsyth 2009
  • materi manajemen waktu dalam organisasi

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Waktu Beserta Fungsi, Manfaat, Prinsip, Aspek dan Contohnya Secara Lengkap"