Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pangsa Pasar Meliputi Tujuan, Contoh dan Strateginya

Pengertian Market Share (Pangsa Pasar)

Pangsa Pasar

Pangsa pasar adalah (market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial.
Market share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri.
Pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan. Pangsa pasar dapat menjadi salah satu dari indikator meningkatnya kinerja pemasaran suatu perusahaan. Seperti misalnya sebuah perusahaan pada tahun 2007 mempunyai target pangsa pasarnya sebesar 13% dengan biaya promosi sebesar Rp. 35 juta untuk membantu mencapai targetnya tersebut, lalu pangsa pasar yang dicapainya mencapai 14%, maka hal tersebut menandakan kinerja dari perusahaan yang baik.

Jika pada tahun 2007 tersebut pangsa pasar yang dicapainya hanya sebesar 12% saja, maka itu menunjukan kinerja pemasaran yang kurang baik sebab perusahaan menghadapi masalah efesiensi dan masalah efektivitas. Terdapat beberapa faktor yang dapat ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai target pangsa pasarnya yaitu target pangsa pasar yang terlalu tinggi, munculnya pesaing yang baru, menurunnya daya saing perusahaan, ataupun kegiatan promosi yang tidak bisa mencapai sasaran.


Segmentasi Pangsa Pasar

  • Segmentasi Geografis
Pemasar biasanya memakai segmentasi geografis guna melakukan analisa pada konsumen terhadap sebuah wilayah yang cenderung memakai produk tertentu berdasarkan wilayahnya, contohnya wilayah atau daerah yang mempunyai curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, Jasa hujan atau yang sangat berguna saat hujan. Dan pemasar didaerah yang panas menjual barang contohnya kipas angin, Pendingin ruangan dsb.

  • Segmentasi Demografis
Segmentasi yang berdasarkan usia, gender, agama, suku berdasarkan manfaat dari layanan maupun produk yang diberikan manfaat nya pun akan berbeda sesuai dengan klasifikasi dari konsumen nya. Segementasi tersebut memungkinkan membagi pasar sesuai pada tahap kehidupan yang ada.

  • Segmentasi Psikografis
Segmentasi yang paling berpengaruh dalam kegiatan pangsa pasar karena berhubungan dengan gaya hidup, di zaman saat ini saat sebuah barang menjadi trending maka akan diikuti oleh semua kalangan. Didalam perkembanganya media sosial yang paling berpengaruh terhadap segmentasi ini.

  • Segmentasi oleh Manfaat
Segementasi ini dapat berjalan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pengguna atau costumer.

  • Segementasi Sesekali
Segmentasiini tak mempertimbangkan kelas pelanggan baik bawah, menengah ataupun atas misal dengan memberikan minuman bersoda yang ada didalam pesta sederhana.
  • Segmentasi Budaya
Segmentasi budaya dipakai untuk mengklasifikasikan pangsa pasar berdasarkan budaya karena budaya ialah hal yang sangat kuat dari sebuah prilaku pelanggan dan digunakan untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model prediksi. Segmentasi budaya bisa dipakai sebagai cara yang baik guna membuat komunitas berdasarkan adat atau budaya tertentu.
  • Segmentasi Prilaku
Sekmentasi ini mengukur dengan tingkah laku pelanggan, serta diukur dari satus loyalitas dan pengetahuan, sikap maupun tanggapan terkait sebuah produk banyak pemasar yang memakai metode ini karna prilaku atau sikap ialah langkah pertama dalam membangun pangsa pasar.


Cara Menghitung Pangsa Pasar

Memahami pasar dan persaingan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan mana pun. Informasi tersebut sangat penting yang memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan lebih baik.Pangsa pasar bisa memberi tahu berapa banyak porsi yang ada untuk diambil. Jika pasar belum terlalu jenuh, maka perusahaan memiliki peluang untuk meraih pangsa pasar dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin dalam suatu industri tertentu. Mendapatkan informasi pangsa pasar mungkin sulit jika tidak ada banyak informasi publik yang tersedia, terutama jika ada banyak perusahaan dalam suatu industri di pasar, sehingga diperlukan riset pasar yang cukup mendalam.
 
Meskipun pangsa pasar tidak memberikan angka pasti bagi perusahaan mengenai profitabilitasnya, tetapi bisa memberikan wawasan utama tentang pendapatan, pertumbuhan, dan laba bersih perusahaan.  Semakin besar perusahaan, semakin baik pelayanannya dengan biaya yang lebih efisien. Artinya, semakin besar perusahaan, semakin ekonomis perusahaan itu dapat menyediakan produk atau layanan kepada setiap pelanggan.Cara paling mudah untuk menghitung pangsa pasar adalah dengan membandingkan jumlah total penjualan untuk suatu perusahaan dan kemudian membagi jumlah itu dengan total penjualan untuk industri tersebut.Berikut ini adalah cara menghitung pangsa pasar suatu perusahaan :
  1. Tentukan Pasar

Tentukan pasar perusahaan sebelum dapat menentukan bagiannya, yang mencakup area geografis, jenis produk yang dijual dan demografi pelanggan yang dilayani. Semakin spesifik pasar, semakin menunjukkan daya saing pada pangsa pasar perusahaan tersebut.
  1. Tentukan Periodenya

Tentukan periode penjualannya sehingga perbandingan yang akan dilakukan lebih valid. Penentuan periode penjualan bisa kuartal, satu tahun, atau beberapa tahun.
  1. Pilih Metode Pengukurannya

Metode menghitung pangsa pasar bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan menghitung berdasarkan jumlah unit yang dijual oleh perusahaan (total sales) sebagai persentase dari total unit yang dijual oleh perusahaan lain di industri tersebut. Cara kedua dalam menghitung pangsa pasar adalah dengan membandingkan pendapatan perusahaan (total revenue) dengan total pendapatan pada industri tersebut.
  1. Hitung Penjualan Perusahaan

Pada perhitungan penjualan perusahaan sesuai dengan metode yang telah ditetapkan, yaitu berdasarkan pendapatan total (total revenue) atau penjualan total (total sales) selama periode tertentu.
  1. Hitung Total Penjualan Di Pasar (Total Market Sales)

Angka total penjualan di pasar atau ukuran pasar menunjukkan seberapa besar penjualan dari seluruh perusahaan pada industri tersebut. Banyak informasi yang diperlukan untuk menghitung total penjualan di pasar. Informasi tersebut dapat ditemukan melalui laporan publik dari Asosiasi Perdagangan Industri yang terkait.
Atau dapat juga ditemukan secara online melalui sumber-sumber penelitian sekunder seperti situs riset pasar, statistik pemerintah, dan berita. Penelitian secara langsung di lapangan juga dapat membantu. Intinya carilah data total penjualan di pasar dari berbagai sumber yang kredibel, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan Data yang paling akurat.
  1. Hitung Pangsa Pasar

Rumus pangsa pasar adalah hasil pembagian total penjualan perusahaan dengan total penjualan pada industri tersebut dalam periode yang sudah ditetapkan merupakan pangsa pasar dari perusahaan.
Misalnya total penjualan produk tertentu dari suatu perusahaan adalah Rp 15 juta. Sedangkan total penjualan semua produk tersebut dari semua perusahaan adalah Rp 100 juta. Maka pangsa pasar perusahaan tersebut adalah Rp 15 juta / Rp 100 juta, atau sebesar 15 %.
Pangsa pasar merupakan indikator keberhasilan suatu perusahaan dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan analisis pangsa pasar maka dapat diketahui kekuatan dan kelemahan pangsa pasar. Pangsa pasar juga dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan serupa dalam industri keseluruhan yang sama.  Dengan menggunakan analisis pangsa pasar selama beberapa periode juga bisa untuk melihat seberapa baik kinerja perusahaan terhadap para pesaingnya dan apakah perusahaan mengalami pertumbuhan.
Perusahaan yang bisa meningkatkan pangsa pasarnya untuk beberapa periode secara berturut-turut, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut telah mampu membuat dan memasarkan produk yang diminati pasarnya.
Untuk secara efektif meningkatkan pangsa pasarnya, perusahaan harus memiliki gambaran estimasi pangsa pasar yang akurat tentang seberapa besar pasar dari produknya dan berapa pangsa pasarnya. Mengenali dan mempelajari pesaing terdekat atau yang paling sukses untuk mengetahui bagaimana perusahaan akan mendapatkan pangsa pasar. Semakin baik perusahaan memahami pesaingnya, semakin mudah untuk mengambil pelanggan dari mereka.



Cara Meningkatkan Market Share

Berikut ini cara meningkatkan market share atau pangsa pasar diantaranya yaitu:
  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan para pesaing atau kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.



Strategi Pangsa Pasar

Jika Kegiatan Bisnis kita sudah berjalan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan pangsa pasar dengan strategi yang jitu, berikut strategi yang bisa dilakukan :
  • 1. Tambahkan produk serta layanan baru

Terdengar begitu sederhana, hanya dengan menambah produk dan layanan baru pada perusahaan. akan tetapi untuk menjalankan strategi ini dengan baik dibutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat. Anda harus mengerti produk dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.
Selain dari pada itu, banyak juga dari mereka yang ingin membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru.
kemudian pertanyaannya apakah Anda bisa memenuhi permintaan dari pelanggan atau tidak. Cara terbaik untuk meljawab pertanyaan diatas adalah dengan melakukan riset pasar agar dapat mengetahui apa dan berapa jumlahnya yang diinginkan.’
  • 2. Menjual Produk kepada konsumen yang Sudah ada dengan meningkatkan Jumlah

Dengan metode ini, maka Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan untuk pelanggan yang sudah ada. Kemudian, Anda akan fokus pada penjualan serta strategi marketing yang fokus pada segmen ini. Strategi ini juga terlihat begitu mudah akan tetapi cukup sulit untuk dilakukan guna menganalisis segmentasi pasar.
  • 3. Memperluas area Pasar ke Tempat Baru

Tugas Anda adalah mencari pelanggan baru yang berpotensial. Anda juga memerlukan yang namanya riset/ penelitian dilapangan agar produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru. Di sini, dengan riset/penelitian menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar jika baik maka langkah berikutnya ialah memilih lokasi yang strategis untuk mempromosikan produk kepada pelanggan baru.
  • 4. Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru

Pada umumnya pebisnis akan mempromosikan produknya berdasarkan demografi/lokasi tertentu seperti jenis kelamin,usia atau kebiasaan yang dilakukan oleh pelanggan.
  • 5. Masuk Pada Sistem Penjualan Baru

Strategi yang satu ini menuntut Anda untuk dapat memasuki ranah dunia bisnis baru yakni ke online marketing. Sudah banyak bukti toko kecil yang beralih menjadi toko besar dan saat ia berhasil memanfaatkan sebuah teknologi dan sistem online marketing. dengan Teknik SEO (Search Engine Optimization) bisa juga digunakan untuk memudahkan pelanggan pada dunia internet menemukan produk yang anda jual.
  • 6. Mengambilalih Bisnis Lain

Mengambil alih usaha atau bisnis orang lain yang sudah meningkat atau yang akan menjadi pesaing pada perusahaan anda bisa jadi akan menjadi cara untuk peningkatan jumlah pelanggan Anda. untuk contoh Instagram di beli oleh facebook karna bisa saja menjadi pesaing dan pastinya meningkatkan bisnis pada facebook


Mengukur Keberhasilan Perusahaan dalam Pangsa Pasar

Pangsa pasar adalah persentase penjualan yang dicatat oleh perusahaan dari total penjualan pesaing bersama dalam industri tertentu.Artinya, pangsa pasar adalah salah satu indikator yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibandingkan dengan para pesaingnya.Sebagai contoh, sebuah perusahaan di tahun 2008 memiliki target pangsa pasar 10% dari total pasar. Untuk mencapai target pasar, diperlukan biaya promosi sebesar Rp40 juta.Jika ternyata pangsa pasar yang diperoleh lebih dari 10% (misalnya 12%), itu berarti kinerja perusahaan berjalan dengan baik.Sebaliknya, jika pada tahun itu pangsa pasar yang diperoleh hanya 9% maka itu menunjukkan bahwa kinerja pemasarannya tidak baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi & efektifitas.
Beberapa faktor yang perlu dieksplorasi dalam memeriksa masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai pangsa pasar adalah:
  • Ukuran pangsa pasar terlalu tinggi
  • Semakin banyak pesaing baru di industri yang sama
  • Penurunan daya saing perusahaan
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target pasar atau tidak tepat sasaran.


Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian market share atau pangsa pasar, cara mengetahui ukuran pasar, dan cara meningkatkan pangsa pasar. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pangsa Pasar

  • contoh kalimat pangsa pasar
  • pengertian pangsa pikiran
  • contoh pangsa pasar makanan
  • pangsa pasar adalah brainly
  • cara analisis pangsa pasar
  • cara meningkatkan pangsa pasar
  • contoh pangsa pasar dalam proposal
  • contoh soal dan jawaban market share

Post a Comment for "Pengertian Pangsa Pasar Meliputi Tujuan, Contoh dan Strateginya"