Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Proxy Meliputi Jenis-Jenisnya, Fungsi, Resiko, Kelebihan Dan Kekurangan Proxy Secara Lengkap

Pengertian Proxy dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya
Pengertian proxy

Pengertian proxy merupakan server yang menyediakan suatu layanan untuk dapat meneruskan tiap-tiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau juga dapat di definisi proxy server merupakan suatu server atau juga program komputer yang memiliki peran yakni sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.
Pada dasarnya proxy server ini digunakan untuk dapat mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi apabila, dari proxy server tersebut maka biasanya server itu diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, yang mana aplikasi client itu berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan untuk aplikasi server berupa server FTP serta juga web server.


Cara kerja Proxy server

Sebenarnya prinsip kerja proxy server ini sangatlah sederhana, yakni pada user menggunakan layanan suatu proxy kemudian meminta file atau juga data yang terdapat di public server (internet) maka proxy ini akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy ini yang memintanya. Dan pada saat proxy server sudah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy ini akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah yang merupakan public servernya.


Fungsi Proxy

Fungsi proxy adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi Conecting Sharing

    Sebagai conecting sharing proxy berfungsi sebagai penghubung atau perantara dalam mengambil data dari suatu alamat IP (Internet Protocol) ke alamat IP lainnya atau dapat juga kepada IP komputer pengguna/user.
  2. Fungsi Filtering

    Dalam fungsi filtering ada beberapa proxy yang telah dilengkapi dengan firewall yang bisa memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, oleh karena itu beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
  3. Fungsi Caching

    Fungsi chaching adalah fungsi dimana proxy yang dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses pengguna. Misal permintaan untuk membuka/mengakses suatu web bisa lebih cepat jika telah ada permintaan akses suatu web pada user proxy sebelumnya.
    Caching adalah sebuah proses penyimpanan objek dan data yang sudah pernah direquest oleh user proxy ketika menggunakan untuk browsing dan melakukan sambungan internte pada aplikasi-aplikasi internet. Misalnya, ketika kita mengakses sebuah web atau situs, gambar dan juga objek didalam web tersebut akan disimpan di proxy dalam bentuk cache. Proses caching lebih mudah dilakukan dengan adanya proxy server, yang mana setiap data dan juga objek yang sudah pernah diakses atau direquest sebelumnya akan disimpan kedalam proxy server.



Jenis Proxy

Meskipun secara umum proxy bertugas untuk membantu mengakses website, namun tidak semua proxy mempunyai cara kerja yang sama. Proxy mempunyai banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Anda yang ingin menggunakan proxy tersebut, tentu saja harus mengenali mana proxy yang paling pas untuk digunakan.
Bagi yang penasaran, berikut adalah jenis proxy yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya:

1. Transparent Proxy

Jenis proxy ini sebaiknya tidak perlu untuk dipakai. Jenis proxy ini memberi informasi ke website jika koneksi yang dituju menggunakan proxy untuk server dan tetap akan dilanjutkan informasi dengan IP address yang Anda miliki. Karena itu, alamat IP yang Anda miliki jelas terlihat di dunia maya dan tentu saja akan sangat merugikan Anda jika dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Bahkan yang paling merugikan, alamat IP pengguna proxy ini akan dibanned secara permanen sehingga tidak dapat mengakses situs tertentu. Namun jika penguna sudah mengkonfigurasikannya secara khusus maka tidak akan mendapati hal tersebut.

2. Anonymous Proxy

Jenis proxy ini bakal mengidentifikasikan dirinya menjadi proxy namun tidak mengirimkan atau meneruskan alamat IP asli yang Anda pakai saat itu. Sebagai gantinya, IP samaran akan diberikan sehingga tidak membuat Anda dicurigai.
Saat pengguna mengakses internet, alamat IP merupakan hal wajib yang harus pengguna hubungkan dengan internet. Intinya, dengan menggunakan anonymous Proxy, alamat IP asli pengguna tidak akan diketahui dunia maya karena digantikan oleh IP samaran.

3. High Anoymith Proxy

Proxy ini tidak menyebut dirinya sebagai proxy free atau sebagainya. jadi tidak heran proxy ini tidak memberi alamat IP untuk setiap penggunanya. Saat pengguna mengakses situs, alamat IP dari pengguna tidak terbaca oleh situs yang bersangkutan maupun internet. Hanya saja pengguna akan terbaca sebagai klien. Secara tidak langsung, jenis proxy ini benar-benar merahasiakan alamat IP pengguna.

4. Distorting Proxy

Distorting proxy memiliki fungsi yang sama dengan anonim proxy, yakni membuat alamat IP pengguna tidak terlihat. Bedanya, anonim proxy mengubah bagian alamat IP asli, sedangkan untuk jenis proxy ini adalah merekayasa IP address penggunanya. Sedangkan IP address asli yang mereka miliki bisa dilihat melalui HTTP Header.

5. Reverse Proxy

Reverse Proxy dipakai untuk menyediakan jalan bagi pengguna internet melalui jaringan pribadi. Fungsi utama jenis proxy ini adalah mencegah user terhubung melalui internet tanpa ada monitor sebelumnya. Proxy ini kerap diaplikasikan perusahaan untuk membatasi pengguna koneksi internetnya. Biasanya sering dipakai untuk jaringan lokal.


Tingkat Keamanan Proxy

Internet yang sekarang juga mempunyai cirinya sendiri, dan proxy server menunjukkan efek samping yang sungguh tak terduga: mereka dapat menyembunyikan semua user di belakang satu mesin, mereka dapat memfilter URL, dan mereka dapat membuang content yang mencurigakan atau ilegal. Jadi meskipun mula-mula dibuat sebagai cache nonsekuriti, tujuan utama proxy server sekarang menjadi firewalling.
Proxy server memperbarui request layanan pada jaringan eksternal atas nama client mereka pada jaringan private. Ini secara otomatis menyembunyikan identitas dan jumlah client pada jaringan internal dari jaringan eksternal. Karena posisi mereka di antara client internal dan server publik, proxy juga dapat menyimpan content yang sering diakses dari jaringan publik untuk mengurangi akses ke jaringan publik tersebut. Kebanyakan implementasi nyata proxy sekuriti meliputi pemilteran paket dan Network Address Translation untuk membangun firewall yang utuh. Teknologi tersebut dapat digabungkan dengan proxy untuk menghilangkan serangan yang terhadapnya proxy rentan.
untuk itu kita perlu melakukan transparansi ip proxy bagi ada yang memiliki proxy server.


Proxy Tidak Melindungi Jaringan lokal

Proxy server berdasarkan pada web server dan seperti web server, mereka beroperasi pada Application Layer—di atas Network dan Transport Layer. Ini berarti mereka tidak melakukan apa-apa selain memfilter paket TCP/IP yang tiba di server, dan mereka tidak mencampuri layanan Application Layer yang lain seperti file sharing atau remote procedure call.
Hal ini membuat komputer terbuka terhadap hacking, kecuali jika Anda mengambil langkah lain untuk mengamankan komputer. Walaupun kebanyakan operating system modern mendukung pemilteran paket, tetapi filter mereka tidak sekuat firewall sungguhan. Yang perlu Anda pastikan adalah hanya port publik untuk layanan yang Anda proxy yang dibuka.
Beberapa pakar keamanan menganjurkan, supaya menjalankan layanan sedikit mungkin pada firewall dan memisahkan fungsi proxy pada mesin terpisah dengan asumsi bahwa filter harus sesederhana mungkin supaya tidak dieksploitasi. Masalahnya adalah bahwa eksploitasi dapat muncul pada berbagai level, dan jika Anda membuat proxy server di belakang filter, hacker akan ada di belakang filter jika ia mengeksploitasi proxy. Dengan menggunakan firewall yang terintegrasi dengan proxy server, filter masih dapat melindungi jaringan bahkan jika layanan proxy dieksploitasi.


Resiko Menggunakan Proxy

1. Tidak semua layanan free proxy itu aman

Siapa yang tidak mau menggunakan layanan gratis? Tetapi untuk layanan proxy, tidak semua layanan proxy gratis itu aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak memiliki enkripsi atau backend hardware yang aman. Kinerjanya mungkin tidak akan sebagus layanan berbayar dan layanan proxy yang tidak dienskripsi mungkin saja memiliki isu keamanan. Jika Anda menemukan layanan proxy yang benar-benar gratis, ingat untuk tetapi hati-hati.

2. Log sejarah browsing (browsing history)

Proxy yang Anda gunakan memiiki IP address original dan informasi request Anda. Coba cek apakah proxy Anda me-log dan menyimpan semua data Anda. Lalu kenali juga terms and conditionsnya. Apakah data Anda benar-benar aman. Jika Anda ingin menggunakan proxy untuk melindungi data Anda padahal layanan yang Anda lakukan menjual data Anda ke pihak ketiga tentunya Anda tidak mendapatkan privacy yang Anda inginkan.

3. Ada proxy yang tidak dienskripsi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada proxy yang tidak dienskripsi. Memang apa artinya kalau tidak dienskripsi? Kalau tidak dienskripsi, berarti Anda mengirim request Anda dalam bentuk plain text. Semua orang bisa melihat username, password, dan informasi akun Anda dengan mudah. Jadi pastikan bahwa layanan proxy yang Anda gunakan sudah dienskripsi.


Cara kerja Proxy server

Bagaimanakah proxy bekerja? Sebenarnya prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public servernya.

Kelebihan Dan Kekurangan Proxy

Disamping penjelasan diatas, proxy juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, simaka ulasannya.

Kelebihan Proxy

  • Suatu jaringan keamanannya terjaga, karena proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).
  • Situs atau website yang telah diakses sebelumnya dapat dibuka kembali dan menjadi lebih cepat, karena akses tidak membutuhkan ke jaringan internet luar melainkan sudah ada pada direktori cache proxy.
  • Adanya fasilitas filtering (penyaring), baik filter untuk pengguna, content atu isi dan waktu akses.

Kekurangan Proxy

  • Jika sebuah website belum pernah dibuka sebelumnya maka akses terhadap website tersebut akan lebih lambat , karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta atau merequest dari client tersebut kepada penyedia layanan internet.
  • Apabila sebuah proxy terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content.

Demikian diatas tadi pembahasan tentang  pengertian proxy dan fungsinya secara singkat dan jelas, semoga pembahasan ini dapat di pahami dan tentunya dapat memberikan manfaat untuk yang telah membacanya…

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Proxy
  • pengertian proxy dan jenisnya
  • jenis proxy server
  • cara kerja proxy server
  • manfaat proxy server
  • kelebihan dan kekurangan proxy server
  • contoh proxy server
  • kegunaan proxy server
  • tugas dari proxy server

1 comment for "Pengertian Proxy Meliputi Jenis-Jenisnya, Fungsi, Resiko, Kelebihan Dan Kekurangan Proxy Secara Lengkap"

  1. There are different types of Proxies and they all have different functions and capabilities. As mentioned above, you can download and install a Proxy program that connects you to another computer's port. This is referred to as: Proxy Software. torrentz2

    ReplyDelete