Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Transportasi Meliputi Unsur, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya [ Lengkap ]

Pengertian Transportasi, Fungsi dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Transportasi

Pengertian transportasi merupakan suatu proses pemindahan atau pengangkutan manusia, hewan, serta barang, dari satu (1) tempat menuju tempat lain dengan menggunakan alat transportasi.
Ada juga yang menyatakan bahwa pengertian transportasi ini ialah pemindahan manusia atau juga barang dari satu (1) tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan alat atau juga kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau juga mesin.


Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti transportasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Steenbrink

Menurut Steenbrink (1974), pengertian transportasi adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis.

2. Morlok

Menurut Morlok (1981), pengertian transportasi adalah kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ketempat lainnya.

3. Bowersox

Menurut Bowersox (1981), pengertian angkutan adalah perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat tujuan.

4. Hasim Purba

Menurut Hasim Purba, pengertian transportasi adalah kegiatan pemindahan manusia dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain baik melalui darat, perairan, maupun udara dengan menggunakan alat angkutan tertentu.

5. Soegijatna Tjakranegara

Menurut Soegijatna Tjakranegara, pengertian transportasi adalah memindahkan barang (commodity of goods) dan penumpang dari suatu tempat ketempat lain, sehingga pengangkut menghasilkan jasa angkutan atau produksi jasa bagi masyarakat yang membutuhkan untuk pemindahan atau pengiriman barang-barangnya.

6. Miro

Menurut Miro, pengertian transportasi adalah usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lainnya di mana di tempat tersebut objek yang dipindahkan lebih bermanfaat atau bermanfaat untuk tujuan-tujuan tertentu.


Unsur Transportasi

Terdapat 5 unsur utama transportasi, diantaranya :
  1. Manusia, yang memerlukan transportasi
  2. Barang, yang dibutuhkan manusia
  3. Kendaraan, sarana untuk transportasi
  4. Jalan, prasarana untuk transportasi
  5. Organisasi, pengelola kegiatan transportasi
Sebagian besar kegiatan atau aktivitas manusia sehari-hari itu berhubungan dengan penggunaan alat transportasi. Dengan alat pengangkutan itu maka manusia akan lebih mudah untuk berpindah tempat atau juga memindahkan barang ke tujuan tertentu.


Manfaat Transportasi

Secara umum, terdapat manfaat dalam transportasi ini yakni dapat dibagi menjadi empat (4). Keuntungan dari transportasi ini meliputi:

1. Manfaat Bagi Ekonomi

Karena kita tahu bahwa sebagian besar dalam sebuah kegiatan ekonomi atau manusia memerlukan transportasi untuk menggerakkan hewan, manusia, dan barang.
Ini berarti bahwa setiap transaksi ekonomi adalah bisnis jasa transportasi. Tanpa layanan transportasi, kegiatan ekonomi atau kegiatan berjalan sangat lambat atau bahkan dapat lumpuh.

2. Manfaat Bagi Sosial

Manusia ialah makhluk sosial yang selalu saling membutuhkan. Transportasi ini membuatnya yakni lebih mudah untuk berinteraksi yakni satu sama dengan lain.
Manfaat sosial dari transportasi meliputi:
  • Memfasilitasi dalam pertukaran sebuah informasi dari setiap wilayah.
  • Mempercepat memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain.
  • Membuka dalam sebuaah peluang bisnis di bidang transportasi atau jasa perjalanan.
  • Sebagai fasilitas terhadap layanan untuk seluruh komunitas, baik itu kelompok atau perorangan.

3. Manfaat Untuk Kewilayahan

Indonesia sendiri yakni terdiri atas banyak pulau, jadi kita membutuhkan alat transportasi untuk mencapai semua wilayah negara.
Untuk alasan ini, pembangunan infrastruktur transportasi (jalan raya dan tol laut) diperlukan agar area di dalamnya juga dapat dengan mudah dijangkau, sehingga proses ini juga dapat dengan cepat memenuhi berbagai kebutuhan di wilayah tersebut.

4. Manfaat Secara Politis

Transportasi yakni mempunyai sebuah keunggulan dalam bidang politis, terutama di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa manfaat politik dari transportasi:
  • Menyatukan setiap wilayah di Indonesia.
  • Meningkatkan keamanan negara Indonesia.
  • Memfasilitasi akses ke tempat-tempat tertentu, bahkan jika terjadi bencana.
  • Memfasilitasi dalam pengembangan terhadap layanan kepada kalangan masyarakat.


Fungsi Transportasi

Beberapa fungsi transportasi yang diantaranya sebagai berikut:
  • Untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Untuk melancarkan arus barang maupun arus manusia.
  • Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah.
  • Dan untuk menunjang perkembangan ekonomi dengan jasa angkutan.



Ruanglingkup transportasi dan Contohnya

Alat ransportasi dibagi kedalam tiga bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:

Transportasi darat

1. Transportasi jalan raya
Merupakan jenis kendaraan yang beroperasi memakai jalan, yang diantaranya seperti:
  • Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki roda dua dan digerakan oleh motor. Saat ini sepeda motor adalah jenis kendaraan paling banyak digunakan masyarakat RI.
  • Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang digerakan oleh manusia yaitu dengan cara mengayuh pedal.
  • Mobil penumpang merupakan alat transportas yang digerakan oleh motor dan biasanya dilengkapi dengan delapan tempat duduk (maksimal) tidak termasuk tempat duduk sopir.
  • Mobil angkutan barang merupakan alat transportasi bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang.
  • Bus merupakan kendaraan yang sama seperti mobil penumpang akan tetapi muatan penumpang atau tempat duduknya lebih banyak.
Dan masih banyak lagi alat transportasi darat yang digunakan di jalan raya, misalnya seperti: becak, bemo, delman dll.

2. Kereta api
Kereta api merupakan alat transportasi yang bergerak di rel, kereta api dapat berjalan sendiri ataupun dirangaikan dengan kendaraan lain. Kereta api merupakan alat transportasi yang sedang populer saat ini karena alat transportasi ini bebas dari macet dan dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah banyak. Kereta api umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkain gerbong.

Transportasi laut

Alat transportasi laut merupakan kendaraan yang dapat beroperasi di laut atau air, yang diantaranya seperti:
  • Sampan merupakan alat transportasi yang berukuran 3-5 meter, umumnya digunakan di sungai maupun di danau sebagai alat transportasi dan untuk menangkap ikan.
  • Kapal merupakan alat transportasi pengangkut manusia, hewan dan barang di laut atau air perahu yang kecil.
  • Feri merupakan alat transportasi laut jarak dekat. Feri memiliki peranan yang sangat penting dalam pengangkutan bagi banyak kota di pesisir pantai. Feri dapat membuat transit langsung antara dua tujuan dengan biaya yang relatif murah atau lebih kecil.
 

Transportasi udara

Alat transportasi udara merupakan kendaraan yang beroperasi di udara seperti pesawat terbang. Pesawat terbang mampu terbang di udara atau di atmosfir dan umumnya digunakan untuk mengangkut manusia maupun barang.




Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Transportasi, Fungsi dan Manfaatnya (Bahas Lengkap) y Dengan adanya transportasi akan memudahkan Manusia dalam memindahkan barang, hewan atau Manusia lainnya dari sautu tempat ke tempat lainnya dengan cepat dan itu sangatlah bermanfaat. Semoga bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Transportasi
  • pengertian transportasi menurut para ahli
  • pengertian transportasi darat
  • pengertian transportasi umum
  • pengertian transportasi menurut para ahli 2017
  • pengertian transportasi air
  • jenis-jenis transportasi
  • tujuan transportasi
  • manfaat transportasi

Post a Comment for "Pengertian Transportasi Meliputi Unsur, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya [ Lengkap ]"