Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wireless Beserta Macam Jenis, Cara Kerjanya , Kelebihan dan Kekurangannya Secara Lengkap

Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

Pengertian Wireless

Wireless merupakan suatu hubungan telekomunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk dapat mengganti media kebel sebagai alat transfer datanya. Pada saat ini teknologi wireless sedang tenar dan banyak di kembangkan.Wireless di kembangkan dan dapat kita lihat seperti pada telephone selular yang pada saat ini sudah banyak yang dapat menggunakan teknologi wireless ini dan yang lebih lagi dengan wireless kita dapat terhubunga dengan jaringan internet. Wireless sering di sebut juga dengan jaringan nir kabel atau tanpa kabel.


Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

Sudah ada banyak pengertian Wireless dari para ahli yang menuturkan hal tersebut. Salah satu perangkat canggih yang menggunakannya adalah telepon seluler, GPRS, komputer tanpa kabel, radio panggil, telepon cordless, remote kontrol dan masih banyak lagi penggunaannya. Berikut adalah beberapa pengertian dari Wireless yang dikemukakan oleh para ahli:
  1. Priyambodo mengatakan bahwa Wireless merupakan standar dari jaringan tanpa kabel atau yang dikenal dengan nama Wireless Networking dengan fungsi untuk menyempurnakan komponen-komponen pada jaringan internet agar terkoneksikan atau agar terhubung dengan internet dengan mudah dan tanpa ribet.
  1. Onno W. Purbo mengatakan bahwa Wirelles merupakan standar yang sering dimanfaatkan untuk alat bantu komunikasi jaringan tanpa menggunakan sebuah kabel. Yang mana mendasari dari spesifikasi IEEE. Biasanya, jaringan tanpa kabel tersebut digunakan ataupun disharing secara bersama-sama dalam sebuah ruangan ataupun komunitas tertentu.
  1. Doni Kurniawan mengatakan bahwa pengertian Wireless atau jaringan tanpa kabel merupakan sebuah teknologi lama dengan penerapan yang sudah ditemukan pada netbook pentium 3. Dan selanjutnya, penerapan dari teknologi ini sendiri harus dihubungkan ataupun diterapkan dengan netbook pentium 4 serta generasi selanjutnya. Atau dengan kata lain sebuah jaringan wireless merupakan jaringan dari teknologi terbaru yang harus ada dalam netbook selanjutnya. Tujuannya, agar perkembangan teknologi ini bisa lebih berkembang dan juga semakin maju.
  1. Yuhezir mengungkapkan bahwa Wireless merupakan sebuah perangkat singkatan dari Wireles Fidelity. Yakni sebuah perangkat standar untuk berkomunikasi secara lokal tanpa harus menggunakan kabel sebagai penghubungnya.
  1. Jubile Interprise mengungkapkan bahwa Wireless merupakan varian terbaru dari teknologi informasi dan komunikasi yang lantas bekerja pada sebuah jaringan serta perangkat Wireless Local Network (WLAN)


Fungsi Teknologi Wireless

Nirkabel mempunyai beberapa fungsi menarik seperti :
  1. Pemakai tidak mempunyai batas ruang gerak pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI.
  2. Sistem WIFI dapat diperkuat dengan peralatan khusus, misalnya booster.
  3. Wireless sebagai WIFI dapat digunakan dengan mudah dengan biaya pemasangan yang murah.
  4. Area jangkauannya lebih fleksibel.
  5. Wireless memberi kemungkinan bagi LAN untuk dipasang tanpa kabel sehingga mengurangi biaya pemasangan.
  6. Wireless Access Point (WAP) mempunyai fungsi untuk mengatur lalu lintas data.
  7. WAP juga berfungsi sebagai hub atau switch yang menghubungkan jaringan lokal dengan wireless.
  8. Dapat digunakan untuk mengatur access point agar menjalankan fungsi sebagai DCHP server.
  9. Dapat dipasang di area outdoor.


Kelebihan Dan Kekurangan Wireless

Kelebihannya diantaranya yaitu :
  1. Pembangunan jaringan yang menjadi lebih cepat.
  2. Mudah untuk direlokasi.
  3. Biaya pemeliharaannya terbilang murah.
  4. Memiliki infrastruktur yang dimensinya kecil.
  5. Lebih mudah untuk dikembangkan.
  6. Memiliki sumber file yang dapat dipindahkan dengan mudah tanpa harus menggunakan media kabel.
  7. Mudah untuk diset-up dan terbilang handal, sehingga cocok untuk diguanakan di kantor atau di rumah.
Kekurangannya diantaranya yaitu :
  1. Rentannya keamanan atau kerahasiaan suatu data.
  2. Mengalami interfensi gelombang radio.
  3. Delay atau keterlambatan yang besar.
  4. Memiliki biaya peralatan yang cukup mahal.
  5. Merupakan produk dari produsen yang berbeda-beda yang terkadang tidak kompatibel atau tidak cocok.
  6. Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara atau cuaca, artinya kualitas dari koneksi ketika cuaca sedang bagus berbeda dengan koneksi saat cuaca sedang buruk. Jika misalnya digunakan di luar ruangan. Dan juga dipengaruhi oleh beberapa batas dinding dan juga gedung.
  7. Investasinya mahal, jika dibandingkan dengan media kabel.
  8. Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibanding dengan media kabel.






Cara kerja wireless ini disebabkan karena komputer mempunyaii built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver yang disebut dengan adapter wireless. Adaptor wireless melakukan sejumlah pekerjaan. Yang pertama, mendeteksi apakah terdapat jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan  juga tuning menghubungkan penerima untuk mendeteksi setiap ada sinyal yang masuk. Setelah ada sinyal terdeteksi, untuk menghubungkannya yaitu melalui sign dan otentikasi pengguna. Apapun data yang dikirimkan dari komputer atau melalui laptop/notebook diubah melalui adaptor wireless, dari bentuk digital (0s & 1s) menjadi sinyal radio (bentuk analog).
Konversi sinyal data digital kebentuk analog disebut dengan “modulasi”. Sinyal data digital ditumpangkan ke gelombang radio analog. Beberapa prinsip kerja wireless yang berbeda untuk melakukan hal ini, sehingga bagian data digital akan lebih banyak dapat dibawa oleh gelombang radio analog. Teknik yang dipakai untuk modulasi menentukan kecepatan dari transfer data jaringan wireless. Lalu sinyal radio yang disalurkan biasanya mempunyai frekuensi lebih dari 2,4 GHz diterima oleh sebuah router wireless ataupun sebuah wireless adapter.

Sebuah router witeless yaitu suatu stasiun penerima dari jaringan wireless. Hal tersebut direkonversi dari sinyal data radio ke dalam bentuk sinyal digital, oleh sinyal “demodulating” dan mengirimkannya melalui koneksi kabel Ethernet ke jalur super informasi yang disebut dengan internet.
Cara kerja dari wireless selanjutnya adalah proses sebaliknya saat menerima informasi pada komputer melalui jaringan wireless. Kali ini router menerima data digtal dari internet dan juga memodulasi kedalam bentuk analog. Lalu kemudian antena adapter wireless menerima sinyal analog dimodulasi dan demodulates kembali kedalam bentuk digital lalu ditransfer kedalam komputer.
Sebuah teknologi yang membuat semua ini terjadi karena adanya jaringan wireless, link yang penting dalam jaringan wireless adalah router dan adapter wireless/Wi-Fi. Pada saat ini, kebanyakan laptop maupun komputer sudah dilengkapi dengan hardware dan juga software wireless/WiFi. Jaringan Hotspot wireless daerah di sekitar router wireless yang mempunyai kekuatan sinyal yang tinggi. Tentu saja cara kerja wireless melakukan transfer data yang lebih cepat di jaringan wireless ini.

Contoh Mode Wireless


Jaringan nirkabel dapat digunakan melalui beberapa mode yang dijelaskan dibawah ini, antara lain yaitu :

1. Radio

Radio merupakan media transmisi nirkabel yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi melalui sinyal radio di udara. Dengan mode ini maka komunikasi data dapat dilakukan jarak jauh seperti antara kota. Dalam media ini, pemancar diperlukan untuk mengirim pesan (sinyal) dan peralatan Reciver harus bisa menerimanya. Untuk menerima sinyal radio, penerima memiliki antena yang terletak di kisaran sinyal. Beberapa jaringan menggunakan perangkat khusus yang disebut transceiver yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk sinyal radio.
Frekuensi antara 3000 hertz (3 kHz) dan 300.000.000.000 hertz (300 GHz) disebut RADIO FREQUENCIES (disingkat RF) karena frekuensi tersebut biasanya digunakan dalam komunikasi radio. Bagian spektrum frekuensi radio ini dibagi menjadi beberapa band, masing-masing band memiliki frekuensi 10 kali lebih tinggi daripada yang berada di bawahnya. Pengaturan ini berfungsi sebagai cara yang aman untuk mengingat rentang masing-masing band. Pita RF ditunjukkan pada tabel 2.5- Rentang frekuensi radio yang dapat digunakan kira-kira 10 kilohertz hingga 100 gigahertz.

2. Microwave

Gelombang mikro yang dalam bahasa inggris disebut Microwave adalah gelombang elektromagnetik yang menyediakan transmisi kecepatan tinggi. Dalam transmisi gelombang mikro, data ditransmisikan dari satu stasiun ke stasiun lainnya. Stasiun microwave berisi antena, transceiver (pemancar & penerima) dan peralatan lain yang diperlukan untuk komunikasi gelombang mikro. Microwave menggunakan transmisi line-of-sight, yang berarti bahwa dalam sistem transmisi gelombang mikro, sinyal data bergerak dalam lintasan lurus dan tidak dapat ditekuk. Stasiun gelombang mikro atau antena biasanya dipasang di menara atau gedung tinggi. Jadi stasiun gelombang mikro harus ditempatkan dalam jarak 20 hingga 30 mil satu sama lain. Setiap stasiun gelombang mikro menerima sinyal dari stasiun sebelumnya. Dengan cara ini, data ditransmisikan dari satu tempat ke tempat lain. Kecepatan transmisi data dari transmisi gelombang mikro mampu mencapai hingga 150 Mbps. Transmisi gelombang mikro digunakan pada lingkungan di mana pemasangan media transmisi fisik tidak dimungkinkan dan di mana terdapat wilayah yang memiliki kondisi transmisi line-of-sight tersedia. Microwave ini sering kali digunakan pada daerah yang terbuka lebar. Saat ini, microwave banyak digunakan oleh perusahaan telepon, penyedia televisi kabel, universitas dll.
Ada dua jenis gelombang mikro:
Terrestrial – Digunakan untuk menghubungkan jaringan jarak jauh tetapi dua menara microwave harus memiliki garis pandang yang sama di antara keduannya. Frekuensi tersebut biasanya 4-6GHz atau 21-23GHz dengan kecepatan antara 1-10Mbps. Sinyal biasanya dienkripsi untuk privasi supaya lebih aman.
Satelit – Suatu satelit mengorbit pada 22.300 mil di atas bumi ( orbit geosinkron ) yang mana pada ketinggian tersebut akan membuatnya tetap dalam posisi melayang relatif terhadap rotasi bumi. Stasiun di darat akan mengirim dan menerima sinyal dari satelit. Biasanya sinyal tersebut dapat mengalami penundaan propagasi antara 0,5 hingga 5 detik karena jarak yang cukup jauh. Frekuensi transmisi biasanya 11-14GHz dengan kecepatan transmisi di kisaran 1-10Mbps.

3. InfraRed (IR)

Inframerah yang dalam bahasa inggris disebut InfraRed dan di singkat IR adalah bagian dari spektrum elektromagnetik yang lebih pendek dari gelombang radio tetapi lebih panjang dari cahaya tampak. Rentang frekuensinya yaitu antara 300 GHz dan 400 GHz sesuai dengan panjang gelombang dari 1mm hingga 750 nm. Infra merah telah lama digunakan pada peralatan penglihatan malam dan remote control Televisi. Inframerah juga merupakan salah satu media fisik dalam standar LAN nirkabel asli, yaitu IEEE 802.11. Penggunaan inframerah dalam komunikasi dan jaringan didefinisikan oleh IrDA (Infrared Data Association). Menggunakan spesifikasi IrDA, inframerah dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti transfer file, sinkronisasi, jaringan dial-up, dan pembayaran. Namun, jangkauan IrDA terbatas. Hal yang perlu diketahui pada Infrared yaitu bahwa cahaya dapat mengganggu sinyal.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Wireless
  • pengertian wireless dan contohnya
  • pengertian wireless network
  • pengertian wireless technology
  • kegunaan wireless
  • pengertian wireless card
  • pengertian wireless kelebihan dan kekurangan
  • wifi wireless adalah
  • pengertian jaringan wireless

1 comment for "Pengertian Wireless Beserta Macam Jenis, Cara Kerjanya , Kelebihan dan Kekurangannya Secara Lengkap"

  1. You should mainly superior together with well-performing material, which means that see it: long range wifi router

    ReplyDelete