Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bandwidth Meliputi Kegunaan, Contoh, Istilah Dalam Bandwidth dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Pengertian Bandwidth Dan Fungsinya Secara Jelas Via : Dewaweb.com

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.
Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).Jika kita menggunakan koneksi LAN (Local Area Network) 100 mbps, berarti idealnya dapat melakukan transaksi data maksimalnya sebesar 100 mega bit per second (mbps). Lalu jika suatu modem yang dapat bekerja pada 57,600 bps memiliki Bandwidth 2 kali lebih besar dari pada modem yang bekerja pada 28,800 bps, jika koneksi komputer ke jaringan komputer memiliki Bandwidth yang besar atau tinggi dapat memungkinkan pengiriman data yang besar juga misalnya seperti pengiriman gambar dalam video presentation atau bahkan dapat mengirim video.




Kegunaan Bandwidth

Memiliki peranan penting dalam hal mengirimkan data. Lantas, apa saja kegunaan bandwidth dalam sebuah jaringan internet maupun jaringan komputer? Berikut beberapa poin-poin pentingnya yang perlu kamu ketahui.
  • Media dalam mengirimkan sebuah data

Kegunaan bandwidth sendiri yang utama adalah sebagai media dalam mentransfer data dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Bila dianalogikan, bandwidth ini sama dengan fungsi pipa dalam menyalurkan debit air. Proses transfer data tersebut ditransmisikan melalui kabel LAN yang saling menghubungkan antar koneksi LAN dan perangkat sebuah komputer. Selain itu, kini juga dikembangkan transmisi nirkabel.
  • Sebagai pembatas kecepatan transfer data

Bandwidth juga berfungsi sebagai pembatas dalam sebuah pengiriman data. Enggan cara ini distribusi data akan berjalan secara merata. Terlebih lagi ketika melakukan proses pengunduhan maka, akan terjadi permintaan data yang besar. Bila tidak dibatasi, pengguna lainnya akan mengalami kelambatan transfer data bahkan tidak mendapatkan jaringan koneksi internet. Contohnya saja bila kamu sedang mengunduh video yang beresolusi High Definition (HD), di saat yang bersamaan ada pengguna lain yang juga mengunduh video beresolusi standar, maka pengguna kedua ini akan mengalami kelambatan dalam proses pengunduhan tersebut.
  • Untuk membatasi besaran data yang dikirim

Selain sebagai pembatas kecepatan dalam mentransfer data, kegunaan bandwidth lainnya adalah untuk membatasi besaran data dalam kurun waktu tertentu. Biasanya hal seperti ini bisa dilakukan oleh layanan hosting maupun administrator jaringan. Misalnya saja penyedia bandwidth membatasi besaran data hingga 5GB per bulannya. Dari sini dapat dilihat jika jumlah 5GB tersebut berlaku bagi semua pengguna tidak peduli berapa jumlah perangkat yang mengaksesnya. Dengan kata lain, data yang dapat dikirimkan hanya 5GB dan tidak bisa lebih dari jumla





Cara Kerja dari Penggunaan Bandwidth

Mengenal Bandwidth sebagai suatu hal yang penting dalam suatu jaringan maka semua aktifitas proses pengiriman data maupu transfer sangat membutuhkan kehadiran bandwidth ini. Meskipun begitu tahukah anda bagaimana cara kerja dari bandwidth itu?
 
Untuk cara kerja dari Bandwidth sendiri sebenarnya masih berkaitan dengan ketiga fungsi diatas yang sudah dijelaskan. Besar kapasitas bandwidth pada jaringan komunikasi sangat memberikan pengaruh terhadap kinerja jaringan tersebut, namun apabila pada saat prosesnya terjadi beberapa gangguan maka ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya yaitu seperti packet loss, latency, atau bahkan bisa jadi dari faktor bandwidth itu sendiri.
Banyak orang Mengenal Bandwidth sebagai suatu komponen yang berperan penting dalam pengiriman data pada suatu jaringan, yang perlu diperhatikan bahwa besar kapasitas dari bandwidth penting demi kelancaran dari proses pengiriman data tersebut. Sebagai contoh apabila anda mengunggah atau mengunduh beberapa file yang berukuran besar dalam jumlah yang banyak maka kapasitas dari bandwidth juga akan semakin cepat habis.


Contoh Bandwidth Pada Hosting

Setelah mengetahui seperti apa pengertian Bandwidth, Anda harus tahu contoh Bandwidth supaya bisa lebih paham. Ada banyak contoh Bandwidth yang sering ditemui di hosting. Sebelum itu Anda harus tahu apa itu Bandwidth hosting terlebih dahulu. Bandwidth ini biasanya dipakai untuk mengatur volume data yang ditransfer setiap unit waktunya.Pemilihan Bandwidth hosting juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila Anda membeli bandwidth yang punya kecepatan besar, maka website yang terupload juga semakin cepat. Mungkin Anda kerap mendengar Bandwidth tidak ada batas yang sering ditawarkan oleh web hosting murah. 

Nyatanya, Bandwidth besar malah memakan banyak sumber daya server, contohnya seperti memori dan juga hardisk. Toh, jika ada perusahaan yang menyediakan Baniddwth besar kemungkinan untuk gulung tikar juga menjadi lumayan tinggi. Jika pelanggan memakai Bandwidth berlebihan membuat pihak yang bersangkutan mendapat penalty berupa penutupan tanpa ada kompensasi sedikitpun dari perusahaan.
Lantas seberapa besar Bandwidth web hosting yang diperlukan untuk setiap bulannya? Kebutuhan akan besar kecilnya Bandwidth tersebut menyesuaikan masing-masing individu. Apabila Anda melakukan live streaming atau punya media file besar, 10GB bisa menjadi pilihan terbaik.
Contoh Bandwidth pada hosting adalah ada blog yang populer dengan pengunjung sebanyak 1000  per hari dan 100kb untuk ukuran halaman. Dari sini pemilik blog tersebut hanya perlu menggunakan 8,5GB saja untuk setiap bulannya. Jika Anda membeli yang 50 GB nampaknya akan kurang efektif. Sebagai gantinya yang 5 GB bisa menjadi pilihan untuk bisnis menengah dan kecil.


Contoh Bandwidth Pada Komputer

Yang dimaksud bandwidth dalam jaringan komputer adalah kecepatan suatu jaringan melakukan transfer data yang dihitung per detik. Pengukuran kecepatan dalam bits per second. Sebagai contoh apabila kita menggunakan koneksi Local Area Network (LAN), maka kecepatan transfer datanya mencapai 100 mbps. Semakin besar bandwidth sebuah jaringan semakin cepat pula data yang ditransfer.
Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis yaitu:

1. Badwidth Digital

Satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second dalam sebuah jaringan yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa hambatan. Bandwidth ini mengirimkan informasi secara digital, baik melalui saluran kabel atau tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

2. Bandwidth Analog

Fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakan adalah satuan hitungnya menggunakan  Hertz.


Istilah-istilah yang Terkait Bandwidth

Selain pengertian bandwith yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini ada istilah-istilah lain yang biasanya berhubungan dengan pengertian bandwidth:
  • Egress bandwidth adalah atribut yang digunakan untuk menentukan kecepatan unggah (upload). Egress bandwidth merupakan kebalikan dari ingress. Ingress merupakan kecepatan mengunduh pada jaringan internet.
  • Manajemen bandwidth adalah istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang dapat digunakan oleh suatu institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.
  • Unmetered bandwidth adalah jumlah traffic, transfer data (upload dan download) untuk mengakses akun ataupun situs anda baik yang anda lakukan sendiri ataupun oleh pengunjung situs tidak dibatasi.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Bandwidth
  • pengertian bandwidth analog
  • klasifikasi bandwidth
  • bandwidth internet adalah
  • macam macam bandwidth
  • pengertian bandwidth limiter
  • sejarah bandwidth
  • prinsip dan cara kerja manajemen bandwidth
  • konsep bandwidth brainly

Post a Comment for "Pengertian Bandwidth Meliputi Kegunaan, Contoh, Istilah Dalam Bandwidth dan Cara Kerjanya Secara Lengkap"