Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biogas Dan Biodiesel Meliputi Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Secara Lengkap

Pengertian Biogas Dan Biodiesel Dilengkapi Manfaatnya  Via: indonesiabaik.id

Pengertian Biogas


Yang disebut dengan Biogas yaitu adalah gas yang datang dari kesibukan anaerobik atau fermentasi beberapa bahan organik, termasuk juga salah satunya seperti : kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable atau tiap-tiap limbah organik yang biodegradable dalam keadaan anaerobik. Kandungan paling utama pada biogas yakni metana dan karbondioksida.

Biogas yakni kombinasi gas yang dibuat oleh bakteri penghasil metan yang dimaksud dengan Metanogenik, hal semacam ini bisa berlangsung pada material-material yang dapat terurai dengan cara alami dalam keadaan Anaerobik.

Biogas adalah gas yang bisa dibuat dari sistem beberapa bahan organik oleh mikroorganisme dalam keadaan tanpa ada pertolongan oksigen (anaerobik). Biogas adalah kombinasi dari sebagian gas dengan komponen paling utama seperti gas metana dan gas karbondioksida. Tersebut di atas sebagian keterangan tentang biogas.

Contoh biogas seperti pemakaian : kotoran hewan ternak sapi untuk membuat api dari gas metana, kotoran hewan untuk membuat pupuk, pemakaian biogas untuk pembangit listrik.


Sejarah Biogas

Biogas yang berasal dari gas methana telah lama digunakan oleh masyarakat zaman dahulu. Pada zaman kerajaan Mesir, China dan Roma prinsip kerja biogas digunakan sebagai penghasil panas atau api. Namun secara ilmiah, proses fermentasi lebih lanjut untuk menghasilkan gas methan pertama kali ditemukan oleh Alessandro Volta (1776).William Henry melakukan identifikasi gas yang dapat terbakar pada tahun 1806 dan Becham (1868), murid Louis Pasteur dan Tappeiner (1882) adalah orang pertama yang memperlihatkan asal mikrobiologis dari pembentukan methan.Alat penghasil biogas secara anaerobik ditemukan pertama kali pada tahun 1900. Pada akhir abad ke 19, riset untuk menjadikan gas methan sebagai biogas dilakukan oleh Jerman dan Perancis pada masa antara 2 perang dunia.
Selama perang dunia kedua berlangsung, banyak para petani Inggris dan negara benua Eropa yang membuat alat penghasil biogas dengan ukuran kecil untuk menggerakkan traktor. Akibat kemudahan dalam memperoleh bahan bakar minyak dan harganya yang murah pada tahun 1950, kegiatan pemakaian biogas mulai ditinggalkan oleh petani Inggris dan Eropa.Tetapi di negara-negara berkembang kebutuhan akan sumber energi yang murah tidak selalu tersedia. Oleh karena itu, di negara India kegiatan produksi biogas terus dilakukan sejak abad ke 19.Saat ini, negara-negara berkembang seperti Filipina, Taiwan, Papua Nugini, Korea dan China juga telah melakukan berbagai riset dan pengembangan alat untuk mengelola biogas. Selain di negara-negara berkembang, teknologi biogas juga telah dikembangkan di negara maju seperti Jerman.


Di bawah ini keunggulan dan kekurangan dari biogas

Keunggulan biogas


  • Kurangi dampak tempat tinggal kaca karena biogas ramah lingkungan.
  • Bisa jadi cara untuk pemrosesan limbah.
  • Sistem pembakaran tak keluarkan asap.
  • Bisa kurangi pemakaian bahan bakar fosil (minyak bumi, gas alam dan batu bara).
  • Rellatif lebih aman.
  • Dan sebagainya.

Kekurangan biogas

  • Memerlukan cost yang cukup tinggi untuk plikasinya.
  • Tidak bisa dikemas didalam tabung.
  • Saat pemrosesannya, diperlukan saat yang cukup lama.


Manfaat Biogas

Energi biogas sangat potensial untuk dikembangkan karena biaya produksinya rendah, misalnya dari peternakan sapi yang ada di Indonesia saat ini.Selain itu, peningkatan tarif listrik, kenaikan harga elpiji, kenaikan harga BBM, dan kenaikan harga minyak tanah secara signifikan juga memberikan dukungan terhadap pengembangan sumber energi alternatif yang murah, berkelanjutan, dan tentunya ramah lingkungan.
Teknologi biogas adalah teknologi memanfaatkan proses fermentasi berkelanjutan dari sampah organik secara anaerobik oleh bakteri sehingga dihasilkan sebuah gas. Untuk proses pengaplikasian dan pemasangan instalasi biogas secara sederhana, bisa dilakukan melalui tahap awal dengan membuat lubang, selanjutnya dilakukan pemasangan pipa sebagai penangkap gas methan dan mengalirkan gas.




Pengertian Biodesel


Biodiesel yaitu bahan bakar alternatif yang datang dari minyak nabati, atau biodiesel adalah bahan bakar untuk mesin diesel yang datang dari minyak nabati setelah melalu sistem kimia. Biasanya sumber minyak nabati datang dari minyak kelapa, minyak biji jarak, minyak sawit dsb. Biodiesel adalah bahan bakar yang bisa kurangi rusaknya pada lingkungan artinya bahan bakar ramah lingkungan. 

Berikut ini keunggulan dan kekurangan dari biodiesel

Keunggulan biodiesel 


Kelebihan atau keunggulan dari biodiesel yakni bahan bakar ini tidak beracun dan tidak bisa mengakibatkan efek rumah kaca, jadi biodiesel ini sangat ramah lingkuangan. Lalu biodiesel mudah sekali terurai dan dapat diperbarui dan biodiesel dapat bikin mesin jadi lebih awet atau tidak cepat rusak. 

Kekurangan biodiesel 


Di mana ada keunggulan selalu ada kekurangan, kekurangan biodiesel yakni karena bahan bakar berkualitas ini datang dari tanaman pangan, maka bila di pakai terlalu berlebih dapat menyebabkan penambahan harga pangan dan bahkan juga dapat tingkatkan angka kelaparan, mungkin itu adalah salah satu alasan dari kenapa hingga saat ini biodiesel belum banyak dipakai, hingga masihlah mencari bahan baku biodiesel yang mungkin yang lain. 


Bahan Baku Biodiesel

Bahan minyak nabati sebagai sumber utama biodiesel bisa didapat dari berbagai macam jenis tumbuhan tergantung pada sumberdaya utama yang banyak terdapat disuatu temapat atau Negara. Indonesia mempunyai banyak sekali sumber daya untuk bahan baku biodiesel ini.
√Biodisel Adalah : Pengertian, Bahan Baku, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya



Manfaat Bahan Bakar Biodiesel

Biodiesel berperan sebagai pengganti berbahan bakar, khususnya pengganti bahan bakar fosil serta manfaat dan merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Pertamina bersolusi agar bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini yang bisa mengurangi emisi gas buang, dan sedang mengembangkan biogas dan biodiesel.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Biogas Dan Biodiesel
  • jelaskan perbedaan biodiesel dan bioetanol
  • biogas adalah
  • materi tentang biodiesel
  • jelaskan perbedaan bahan bakar biodiesel dan biogas
  • manfaat bioetanol dan biodiesel
  • kelebihan biodiesel
  • bioetanol berasal dari
  • teknologi biodiesel

Post a Comment for "Pengertian Biogas Dan Biodiesel Meliputi Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Secara Lengkap"