Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Keyboard Meliputi Fungsi, Jenis, Susunan Tombol, Cara Kerja dan Cara Membersihkan Keyboard

Pengertian Keyboard (Jenis Fungsi dan Susunan Keyboard)
Pengertian keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.
Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.


Sejarah Perkembangan Keyboard Komputer

Susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini diistilahkan dengan Qwerty. Istilah Qwerty ini diambil dari enam huruf pada susunan teratas dari sebuah keyboard. Sebenarnya susunan tersebut adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien. Karena susunan tersebut sengaja dibuat seperti itu agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Loh? Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868).

Pada awalnya susunan keyboard yang asli rancangan Christopher Latham Sholes ini tidaklah Qwerty. Susunan awal ini memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Namun karena terlalu cepatnya dalam mengetik, sampai – sampai sering timbul masalah. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu saling mengait/tersangkut antara satu dengan yang lainnya.

Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan huruf itu sedemikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Hal ini berarti susunan Qwerty adalah susunan yang paling tidak efisien karena ditujukan agar kita dapat mengetik dengan lebih lambat.Akhirnya pada tahun 1973 susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), yang umumnya disebut Dvorak yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940. Susunan Dvorak menggunakan kelima vokal dan lima konsonan yang paling umum digunakan yaitu AOEUIDHTNS. Susunan Dvorak ini memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya Dvorak harus kalah dengan susunan huruf Qwerty yang sudah banyak digunakan di dunia pada saat itu.Susunan keyboard lainnya yang merupakan perkembangan dari susunan Qwerty adalah Qwertz yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dan lain-lain. Azerty yang dipakai oleh negara Prancis dan Belgia, serta Qzerty, dan lain-lain.

QWERTY sebenarnya punya banyak kelemahan seperti membuat tangan kiri kita overload terutama ketika menulis dalam bahasa Inggris. QWERTY juga membuat jari telunjuk dan kelingking kita menjadi overload dan cenderung mengalami kelelahan. Penelitian menunjukkan bahwa distribusi huruf tidak merata sehingga jari Anda harus menyeberang dari baris ke baris dan bila dihitung jari tukang ketik tipikal akan berjalan lebih dari 20 mil per hari dibandingkan dengan DSK yang hanya 1 mil.Meskipun begitu, ternyata banyak orang yang enggan berpaling dari desain “QWERTY” meski desain tersebut bukan merupakan desain yang terbaik. Sekalipun teknologi sudah bisa mengatasi problem tombol yang stuck dan jammed, orang tetap bertahan dengan desain “QWERTY” bukannya desain lain yang lebih superior dan memudahkan. Akhirnya QWERTY pun dinobatkan menjadi standar internasional pada tahun 1966 dan terus digunakan hingga saat ini. Meskipun dengan tampilan yang beda-beda, harga ataupun model yang berbeda-beda, orang-orang di dunia hampir bisa dipastikan menggunakan keyboard dengan tipe QWERTY seperti yang sekarang tengah gunakan.

Fungsi Keyboard

Berikut dibawah ini terdapat beberapa fungsi keyboard, antara lain:
  1. Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketik yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yangkemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebut berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.
  2. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol yaitu salah satunya dapat menghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan dengan tombolyang lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan bersama-sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkan suatu huruf atau angka.
  3. Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikan dengan aplikasi atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika di tekan maka akan memunculkan menu bantuan (Help) sesuai dengan softwere yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1sampai F12 yang tersusun secara berderet.
  4. Fungsi keyboard berdasarkan Tombol alternate yaitu seperti tombol Enter berfungsi untuk memulai kembali suatu paragraf baru saat mengetik atau untuk memilih suatu perintah tertentu yang muncul pada aplikasi yang dijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk mengcancel suatu dialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
  5. Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Downyang berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untukmen-scrool layar ke atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letakkursor ke bagian akhir baris. Tombol Left berfungsi untuk pemindahan kekiri dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Right berguna untuk pemindahan kursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter. Dan lainsebagainya.

Macam macam tombol yang ada pada keyboard

  1. Tombol Alphanumeric
  2. Tombol Asterisk
  3. Tombol Capslock
  4. Tombol Shift
  5. Esc
  6. Tombol Fungsi F1 hingga F12
  7. Print Screen
  8. Tab
  9. CTRL
  10. Tombol Windows
  11. Alt
  12. Space Bar
  13. Enter
  14. Backspace
  15. Delete
  16. Home
  17. Page Up
  18. Page Down
  19. Tombol panah
  20. Num Lock
  21. Fn


Susunan Tombol Keyboard


Dalam suatu papan keyboard terdapat huruf beberapa tombol dan lampu indikator yang menandakan keyboard berfungsi dengan benar. Susunan tombol tersebut meliputi :

1. Main Typing keypad

Merupakan papan ketik utama yang berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1 – 0 yang digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer misalnya saat mengetik pada Microsoft Office atau pada browser internet.

2. Directional Keys

Empat tombol ini ditandai dengan karakter anak panah yang mengarah pada keempat sisi. Tombol ini berfungsi untuk menggeser kursor dan layar ke arah yang diinginkan.

3. Numeric/ Directional Keypad

Merupakan tombol yang berisi angka dan tombol pemindah kursor yang biasanya terletak pada sisi kanan main typing board. Tombol ini hanya akan berfungsi jika tombol fungsi Numeric key dinyalakan. Tombol ini akan memudahkan seseorang dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.

4. Function Keys

Tombol-tombol ini berada diatas tombol main typing keypad dan dapat dikenali dari tanda F1 hingga F12. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur beberapa perintah seperti menyimpan dokumen, memunculkan menu help saat mengetik di Microsoft word dan lain sebagainya.

5. Special Keys

Tombol ini ada dibagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Home, Delete, Page up, Page Down, Insert, Print screen, pause break dan End.

6. Modifier Keys

Yang termasuk dalam golongan keypad ini adalah tombol Ctrl, Alt dan Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol ini akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan bisa ditekan bersamaan tombol lain tersebut untuk memunculkan suatu perintah.
Misalnya tombol Ctrl yang ditekan bersamaan dengan huruf C akan secara otomatis menyalin data yang sudah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol-tombol tersebut juga sering disebut sebagai shortcut keys.

8. Status light (Lock Keys)

Adalah indikator cahaya yang menandakan bahwa suatu tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi misalnya tombol Caps lock yang memungkinkan data diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang digunakan untuk mengaktifkan tombol numeric key.

9. Windows keys

Biasanya pada keyboard pada komputer windows memiliki tombol yang bergambar logo Microsoft windows itu sendiri. Tombol ini berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows pada komputer.


Jenis jenis Keyboard Komputer

Berikut ini adalah jenis-jenis keyboard komputer dan gambarnya, selain itu juga kami sertakan jenis jenis keyboard komputer dan penjelasannya.
  • Keyboard QWERTY: Tatak letak keyboard QWERTY ditemukan di tahun 1878. Nama QWERTY sendiri diambil dari 6 huruf yang berurutan di baris ke-2 dari tombol alfanumerik pada keyboard. Kemudian keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial di tahun 1905. Bentuk keyboard QWERTY adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Dvorak: Keyboard Dvorak ditemukan pada tahun 1932. Jika menggunakan keyboard ini maka tangan kanan akan lebih banyak terbebani pekerjaan apabila dibandingkan dengan tangan kiri. Kemudian tata letak keyboard Dvorak dirancang agar 70% dari penakaran pada home row, jadi bisa mengurangi kelelahan pada saat pengetikan. Susunan huruf pada keyboar Dvorak sedemikian rupa, seperti pada gambar berikut ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Alphabetic: Tombol yang ada pada keyboard alphabetic tersusun sama persis seperti pada keyboard QWERTYdan keyboard Dvorak, hanya saja susunan pada hurufnya berurutan seperti halnya urutan pada huruf alphabet. Bentuk keyboard ini jarang dipakai, sebab jika mengetik dengan keyboard ini kecepatan mengetiknya kurang cepat. Bentuk keyboardnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Klockenberg: Keyboard klockenberg dirancang dengan tujuan menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada sebelumnya. Bentuk penyempurnaannya yaitu dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yakni bagian kanan dan bagian kiri. Bagian kanan dan kiri pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 drajat dan dibuat miring ke bagian bawah. Selain itu keyboard ini mempunyai tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja. Untuk bentuknya adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Numeric: Keyboard numeric adalah jenis keyboard yang dipakai untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar. Tombol numeric lebih suka digunakan orang-orang karena tata letaknya yang mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga terasa lebih nyaman saat digunakan. Bentuknya adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Keyboard


Cara Kerja Keyboard Komputer

Keyboard adalah suatu perangkat keras yang digunakan dalam mendukung kinerja komputer untuk memberikan input data ke komputer. Alat ini berbentuk seperti papan dengan banyaknya tombol diatas permukaannya berupa huruf, angka, dan tombol fungsi yang lainnya. Keyboard yang paling umum biasanya terdiri dari 80 sampai 110 karakter / tombol termasuk tombol huruf, tombol numerik (yang biasanya digunakan di lingkungan bisnis), tombol fungsi, dan tombol kontrol. Agar keyboard berfungsi dengan baik maka diberi dengan sejumlah daya yang kecil sekitar 5 volt. Dilihat dari pola susunan hurufnya (layout), keyboard yang paling umum digunakan yaitu pola QWERTY, tetapi masih ada pola yang lainnya pula seperti Dvorak, ABCD, XPeRT, dan AZERTY.
Dalam kinerjanya, keyboard terkoneksi ke komputer menggunakan aturan serial melalui kabel PS/2 dan ada juga yang menggunakan kabel USB. Data dikirim secara seri dan dikirimkan oleh keyboard secara bertahap disimpan di dalam buffer yang selanjutnya diolah sistem operasi atas bantuan driver keyboard. Dalam keyboard sendiri hanya terdapat saklar yang memiliki kode – kode tertentu yang dimengerti oleh komputer dan data yang dikirimkan berupa biner

Bagaimana komputer dapat mengetahui tombol mana yang kita tekan ?
Ketika kita menekan salah satu tombol pada keyboard maka tombol yang ditekan akan menekan pula pada sebuah pegas (per) / karet kecil. Tekanan yang terjadi akan menyebabkan suatu rangkaian menjadi terhubung dan membuat hubungan dua elektrik yang menjadikannya sebuah sirkuit tombol. Ketika tombol dilepaskan maka sirkuit tersebut akan lepas kembali.
Data yang melewati tombol akan masuk ke sebuah microprocessor, kemudian akan disamakan dengan data yang ada pada prosessor tersebut, data ini akan digunakan untuk mengidentifikasi huruf dalam alphabet. Microprocessor ini menurunkan sinyal pada RAM (Random Access Memory) yang kemudian langsung di proses. Pada saat yang sama microprocessor keyboard mengirimkan data pada perangkat yang lainnya yaitu sebuah interrupt controller. Hal ini menghentikan semua aktivitas yang dikerjakan oleh komputer dan memberikan perhatian pada sinyal dari keyboard. Sinyal dikirim ke CPU (Central Processing Unit) lalu ke chip ROM (Read Only Memory) BIOS (Basic Input Output System) dan kembali pada keyboard controller setelah itu masuk pada RAM dan dikirimkannya ke monitor untuk ditampilkannya sebagai huruf yang sebelumnya ditekan.


Cara Membersihkan Keyboard Komputer

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara membersihkan keyboard komputer, antara lain:
  • Sebelum mulai bersih-bersih semua perlengkapan yang diperlukan harus sudah siap. Untuk membersihkan keyboard yang perlu disiapkan antara lain, tabung semprot udara, lap yang lembut, cairan pembersih khusus elektronik (dapat diperoleh di supermarket), cotton buds (korek kuping) dan penutup hidung (jika alergi terhadap debu).
  • Karena setiap keyboard berbeda-beda, sebelum membersihkannya baca dahulu petunjuk untuk melepaskan keyboard dari komputer.
  • Sebelum melepaskan keyboard dari komputer, pastikan komputer dalam keadaan mati. Cabut pelan-pelan kabelnya dari bagian belakang komputer. Bagi yang jarang mengotak-ngatik komputer tempelkan sticker kecil di lubang keyboard supaya tidak lupa ketika mau memasangnya kembali.
  • Semprotkan udara dari tabung untuk membersihkan debu di sekitar keyboard. Semprot dari berbagai sudut agar debunya hilang.
  • Setelah debu-debunya mulai berkurang, lap keyboard dengan perlahan. Untuk menjangkau bagian sulit gunakan cotton buds. Tetapi jangan terlalu keras menekan cotton budsnya.
  • Untuk sentuhan terakhir, gunakan semprotan pembersih elektronik untuk membuat keyboard semakin mengkilat dan membunuh kuman. Semprot saja sedikit demi sedikit, jangan sampai terlalu basah. Setelah dilap, diamkan sebentar.
  • Jangan hanya membersihkan bagian tombolnya saja. Usahakan seluruh bagian belakang dan kabel keyboard juga dilap sampai bersih dari debu yang menempel.
  • Setelah keyboard kering, pasang kembali kabel keyboard ke bagian belakang komputer. Sekarang keyboard sudah bersih dan bebas dari kuman.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Keyboard

  • pengertian keyboard chord
  • pengertian keyboard dvorak
  • pengertian mouse
  • gambar keyboard dvorak
  • sejarah keyboard
  • fungsi keyboard komputer secara umum
  • jenis jenis keyboard
  • pengertian keyboard azerty


Post a Comment for "Pengertian Keyboard Meliputi Fungsi, Jenis, Susunan Tombol, Cara Kerja dan Cara Membersihkan Keyboard"