Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Meliputi Unsur, Prinsip, dan Jenisnya


Pengertian Seni Rupa


Apa itu seni rupa? Pertanyaan satu ini biasanya menjadi keyword andalan yang paling sering dicari oleh orang yang penasaran dengan makna tersebut. Untuk anda yang penasaran, tenang saja dibawah ini bakalan dikupas secara detail mengenai pengertian dari seni rupa.Seni rupa merupakan salah satu cabang dari kesenian yang membentuk suatu karya seni dengan menggunakan media dimana dapat ditangkap secara kasat mata serta dapat dirasakan atau di sentuh menggunakan indera peraba anda.

Jadi, berdasarkan pengertian seni rupa diatas, seseorang yang menciptakan sebuah karya seni akan meluapkan segala bentuk ekspresi, keindahan, serta kecintaan dimana dituangkan dalam suatu media yang dilihat secara langsung dengan mata dan bisa disentuh dengan nyata.Contohnya, sebuah hasil karya lukisan seorang pelukis dimana dituangkan dan diekspresikan segala macam bentuk imajinasinya ke dalam sebuah lukisan yang indah dengan perpaduan warna artistic yang sangat menakjupkan.Maka tak heran karena segala keindahan yang ditorehkan dari karya seni itu dapat membuat orang yang melihatnya dapat tersentuh ke dalam suasana hasil karya seni itu. Hal ini berarti bahwa seni rupa dapat membuat orang merasa terhibur dengan hanya melihatnya secara langsung.


Pengertian Seni Rupa Dari Berbagai Ahli

Ada banyak ahli seni rupa yang ada di dunia ini. Mereka bahkan mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu sebuah seni rupa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian seni rupa dari beberapa  ahli di dunia:

1. Haukin

Haukin adalah salah satu ahli seni rupa yang terkenal di dunia. Menurut Haukin, seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan kedalam sebuah benda. Haukin berpendapat jika sebuah seni rupa adalah seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

2. Kumala Devi Chattopadhayaya

Kumala Devi Chattopadhayaya merupakan ahli seni rupa yang berasal dari India. Wanita ini berjuang untuk meningkatkan nilai seni rupa yang ada di negaranya. Menurut wanita ini, seni rupa adalah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dalam kata lain, seni rupa adalah suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

3. La Mery

Berasal dari negara Prancis, La Mery adalah seorang ahli seni rupa yang sangat terkenal. Dalam urusan seni rupa, La Mery juga memiliki pendapatnya sendiri tentang apa itu seni rupa. Menurutnya seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. La Mery menegaskan jika seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

4. Coorig Hartong

Jika La Mery dari Prancis, ahli seni rupa Cooring Hartong ini berasal dari Belanda. Coring hartong juga memberikan pendapatnya mengenai apa itu seni rupa. Menurut dirinya, seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi, sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Cooring Hartong menaggap jika seni rupa adalah suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

5. Sussane K Langer

Tokoh seni yang satu ini sebenarnya adalah seorang filsuf yang berasal dari Amerika. Menurut Sussane K Langer pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Sussane memberikan gambaran jika seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.
Itulah pengertian seni rupa dari berbagai ahli yang ada di dunia ini. Pengertian-pengertian ini akan sulit dipahami jika tidak mengetahui lebih dalam lagi mengenai ragam seni rupa. Seni rupa sendiri dibagi-bagi lagi menurut fungsinya dan wujudnya. Untuk lebih paham akan seni rupa, sebaiknya pahami juga pengertian dari seni rupa berdasarkan ragamnya.

Fungsi Seni Rupa

Secara umum, fungsi seni rupa dapat dibagi menjadi dua. Adapun fungsi seni rupa adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Individu

Seni rupa dapat berfungsi sebagai pemuas kebutuhan individu, khususnya bagi seorang seniman. Ada kepuasan batin yang dirasakan oleh seorang seniman ketika dapat mengekspresikan dirinya melalui karya seni yang mereka ciptakan.

2. Fungsi Sosial

Selain kepuasan individu, kepuasan batin juga dapat dirasakan oleh masyarakat para pecinta seni dari suatu seni rupa yang mereka lihat. Itu sebabnya ada banyak orang yang membeli suatu karya seni yang mereka sukai meskipun harganya mahal.
Selain fungsi individu dan sosial, seni rupa juga memiliki fungsi lainnya yaitu;
  • Sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional individu, misalnya untuk mengekspresikan diri demi kepuasan batin.
  • Sebagai sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.
  • Sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat.
  • Memberikan edukasi kepada masyarakat, baik secara tersirat maupun secara tersurat.
  • Sebagai media untuk mengenang atau melestarikan budaya bangsa Indonesia.


Unsur Unsur Seni Rupa

Berdasarkan penjelasan di atas, tentunya kamu mulai tau kanapakah yang dimaksud dengan seni rupa?
Secara umum, seni adalah bentuk ekspresi seseorang dengan menumpahkannya menjadi sebuah hasil karya yang memiliki nilai keunikan tersendiri.
Perlu kamu tau jika seni rupa ini memiliki beberapa unsur loh, apa saja?
Berikut ini merupakan unsur yang terdapat dari seni tersebut.
  1. Titik Merupakan unsur yang paling kecil dan merupakan sebuah dasar dari segala ide seni yang akan di ciptakan. 
  2. Garis Garis menjadi unsur penggabung dari sebuah titik, secara umum, garis itu ada banyak macamnya di mana setiap garis yang di ciptakan akan membentuk suatu watak dan ciri khas yang bisa menjelaskan suatu maksud dari hasil karya apakah itu bersifat keras, lentur, kaku dan lain sebagainya. 
  3. Bidang Merupakan sebuah pengembangan dari garis-garis yang jika di gabungkan akan membentuk beberapa sisi dalam hasil karyanya. 
  4. Bentuk Unsur inilah yang memberikan sebuah karya seni menjadi lebih hidup dengan berbagai sentuhan dan detail yang semurna sehingga bisa menghasilkan sebuah karya seni yang indah. 
  5. Ruang Merupakan unsur yang memiliki dua sifat yaitu semu dan juga nyata.Keduanya ini jelas berbeda dari dimensi yang di hasikan apakah itu dua dimensi ataupun tiga dimensi. 
  6. Warna Warna merupakan unsur penting yang menjadikan sebuah hasil karya seni lebih indah. Perpaduan warna pada sebuah karya seni itu relative dan tergantung dari sang pembuat karya.Perpaduan warna akan memberikan sebuah gambaran dari seninya, apakah sedang berada dalam suasana hati yang senang sedih dan lain sebagainya. 
  7. Tekstur Dalam seni, yang di maksud dengan tekstur yaitu keadaan ataupun sifat yang dimiliki pada suatu hasil karya. Pada dasarnya tekstur ini di bedakan menjadi dua yaitu tekstur semu, merupakan tekstur dengan kesan yang tak sama antara penglihatan dan juga indera peraba. Sedangkan tekstur nyata merupakan tekstur yang dimiliki oleh sebuah hasil karya seni antara indera peraba dan penghlihatan itu terasa sama. 
  8. Gelap terang Unsur yang satu ini menjadikan hasil karya yang diciptakan akan terlihat makin nyata karena dalam mengerjaannya sangat memperhatikan intensitas cahaya dari suatu objek yang di jadikan sebuahkarya seni rupa.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam-macam seni rupa di kelompokkan ke dalam tiga kategori sebagai berikut.

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Macam-macam seni rupa berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.
  1. Seni Rupa Murni, merupakan karya seni yang diciptakan hanya untuk dinikmati nilai keindahaannya (estetika) saja. Tanpa dapat didaya-gunakan untuk keperluan hidup sehari-hari seseorang manusia. Contohnya seperti lukisan, foto, film dan patung.
  2. Seni Rupa Terapan, merupakan karya seni yang diciptakan selain untuk dinikmati keindahaannya (estetika) juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Contohnya seperti keramik, perabotan, busana, dan sebagainya.

2. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Macam-macam seni rupa berdasarkan wujudnya dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.
  1. Seni Rupa Dua Dimensi, merupakan karya seni rupa yang bisa dilihat dari dua arah saja. ukuran yang dimiliki karya seni dua dimensi adalah panjang dan lebar. Contohnya seperti lukisan, foto, batik, ilustrasi, dan sebagainya.
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi, merupakan karya seni rupa yang dapat dilihat dari berbagai arah. Ukuran yang dimiliki karya seni rupa tiga dimensi adalah panjang, lebar, dan tinggi. karya seni rupa ini memiliki volume atau isi. Contohnya seperti patung, seni gerabah (keramik), wayang golek, dan sebagainya.

3. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Macam-macam seni rupa berdasarkan masanya dibagi menjadi tiga, yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern, dan seni rupa kontemporer.
  1. Seni Rupa Tradisional, merupakan karya seni rupa yang ada sejak zaman dahulu. Seni ini memiliki aturan-aturan baku yang diterapakan dalam setiap karya seninya. Sehingga karya seni yang dihasilkan cenderung sama dari generasi ke generasi selanjutnya. Karena aturan yang dibuat digunakan secara turun temurun dan tidak berubah.
  2. Seni Rupa Modern, merupakan pembaharuan dari seni rupa tradisional dengan aturan-aturan yang ditetapakan kian diubah. Perubahan yang terjadi dilakukan menurut kehendak dan tingkat kreativitas seniman. Seni rupa jenis ini tidak membatasi seniman untuk berkreasi dan berinovasi dengan idenya.
  3. Seni Rupa Kontemporer, merupakan karya seni rupa yang tercipta berdasarkan kejadian atau fenomena tertentu pada kondisi waktu tertentu. Karya seni ini disebut dengan seni kekinian yang mengikuti tren atau perkembangan zaman.


Prinsip Seni Rupa

Berikut ini prinsip seni rupa yang dapat menyusun komposisi dari suatu bentuk karya seni rupa sehingga terlihat menarik, diantaranya:
a. Kesatuan
Dalam seni rupa prinsip ini merupakan yang paling utama, dimana unsur-unsur seni rupa akan saling menunjang antara satu sama lain sehingga terbentuk komposisi yang serasi dan terlihat menarik. Untuk menyusun setiap unsur tidak harus sama, tapi dengan unsur yang berbeda dan bervariasi sehingga akan tersusun satu kesatuan yang menarik dan indah.

b. Keselarasan / harmony
Yaitu Kecocokan antara unsur-unsur yang berbeda baik itu meliputi bentuk ataupun warna. Meskipun penggunaan warnanya berbeda asalkan cocok untuk di hubungkan/digabungkan akan membentuk keselarasan.

c. Penekanan
Disebut juga Kontras, Yaitu kesan yang didapatkan dari dua unsur yang saling berlawanan, seperti perbedaan yang mencolok antara warna, bentuk, maupun ukuran sehingga akan memberikan kesan yang tidak membosankan pada suatu karya seni rupa.

d. Irama
Yaitu pengulangan beberapa unsur secara teratur dan secara kontinyu. Misalnya perulangan susunan unsur-unsur yang diatur sedemikian rupa, seperti susunan garis, bentuk, dan variasi warna. Selain itu susunan tataletak yang bervariasi akan mendapatkan susunan irama yang lebih menarik dan harmonis.

e. Gradiasi warna
Yaitu cara menyusun warna berdasarkan pada tingkatan perpaduan warna yang dilakukan secara berangsur-angsur.

f. Proporsi
Yaitu melakukan perbandingan antara bagian-bagian satu dengan bagian lainnya secara menyeluruh, seperti membandingkan ukuran satu objek dengan objek lainnya, objek yang jaraknya dekat dengan yang jaraknya jauh tentu ukurannya akan berbeda.

g. Keserasian
Yaitu prinsip yang berguna dalam menyatukan berbagai unsur seni rupa walau bentuknya berbeda-beda. Tujuannya untuk menciptakan kesan keselarasan dan keharmonisan dari berbagai macam unsur yang berbeda-beda.

h. Komposisi
Yaitu menyusun berbagai macam unsur seni rupa, sehingga menjadi susunanan yang sangat bagus, teratur, dan serasi.

i. Keseimbangan
Yaitu kesan yang didapatkan dari susunan suatu komposisi unsur seni yang sudah di atur sedemikian rupa, sehingga terdapat daya tarik pada setiap susunannya.

j. Aksentuasi
Yaitu unsur yang berbeda dibandinkan unsur-unsur yang terdapat di sekitarnya, sehingga memberikan kesan tersendiri pada karya seni.



Itu tadi adalah penjelasan mengenai pengertian seni rupa, unsur dari seni rupa, macam–macam seni rupa dan fungsi seni rupa. Untuk membuat sebuah karya seni rupa yang indah dibutuhkan keahlian dan ketelatenan. Untuk anda yang ingin belajar membuat sebuah karya seni rupa anda bisa memulainya sedikit demi sedikit.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Seni Rupa
  • pengertian seni rupa brainly
  • pengertian seni rupa menurut para ahli
  • pengertian seni rupa 2 dimensi
  • jelaskan pengertian seni rupa terapan
  • pengertian seni rupa murni
  • contoh seni rupa
  • fungsi seni rupa
  • macam-macam seni rupa
  • jenis jenis seni rupa
  • pengertian seni rupa 3 dimensi
  • unsur seni rupa
  • pengertian seni musik

Post a Comment for "Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli Meliputi Unsur, Prinsip, dan Jenisnya"