Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian ADSL Meliputi Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap

Pengertian ADSL Modem ADSL Penggunaan Kelebihan & Kekurangan

Pengertian ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line )

Yang dimaksud dengan ADSL adalah ADSL merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yaitu suatu bentuk teknologi pada komunikasi data yang dapat mentransmisikan data dengan cepat yang tinggi melalui kabel tembaga telepon dan memiliki sifat asimetrik, sifat asimetrik maksudnya bahwa data ditransferkan dengan kecepatan berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.
Teknologi ADSL dapat mengirimkan data dengan kecepatan tinggi, antara 1.5 Mbps s/d 8 Mbps untuk arah dari sentral ke pelanggan atau disebut dengan Downstream dan 16 Kbps s/d 640 Kbps untuk arah pelanggan ke sentral atau disebut dengan Upstream. Dengan ADSL inilah sehingga dapat mengirimkan layanan interaktif multimedia dengan menggunakan jaringan akses kabel tembaga. Jadi dapat disimpulkan Fungsi dari ADSL yaitu suatu teknologi dalam komunikasi data yang digunakan untuk mentransfer data dan dapat digunakan untuk keperluan internet, yang secara fisik menggunakan line telepon.  

Apa itu modem ADSL? Modem ADSL merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ataupun router ke saluran telepon sehingga dapat mentransfer data maupun menakses internet. Pada ADSL memiliki berbagai macam jenis kecepatan, USB (Universal Serial Bus), router dan perangkat-perangkat lain yang terdapat di dalamnya. Seperti misalnya ada yang dapat digunakan untuk 2 (dua) komputer dengan menggunakan USB dan ada juga yang dapat digunakan hingga 4 (empat) komputer bahkan lebih dengan menggunkan Ethernet LAN. Terdapat beberapa lampu indikator pada modem ADSL yang fungsinya untuk mengetahui jalannya proses koneksi yang sedang terjadi. Biasanya lampu yang terdapat pada modem ADSL diantaranya lampu PPP, lampu Power dan lampu DSL. Tapi ada juga lampu tambahan jika menggunakan koneksi Ethernet LAN dan USB. Lampu DSL dapat menunjukan koneksi bahwa sudah sudah terhubung atau belum perangkat pada line telepon dan lampu PPP dapat menunjukan adanya arus data saat melakukan serching.
Adapun hal yang terpenting dalam menggunakan ADSL yaitu IP modem dan kata sandinya (password), kenapa hal ini penting? Karena menyangkut keamanan dari penggunaan layanan untuk konsumen yang diberikan oleh pihak provider. IP menjadi salah satu syarat untuk memasuki jaringan internet, jika ingin menubah kata sandi biasanya perlu memasukannya kembali sesuai dengan perubahan yang dilakukan. Jika semua proses ini berhasil maka akan terhubung ke jaringan internet dengan ADSL.


Fungsi ADSL

merupakan bentuk dari perkembangan DSL atau Digital Subscriber Line. Perbedaannya ialah, transfer data yang akan dilakukan oleh modem ADSL ini akan bersifat asimetrik, yang berarti akan memiliki kecepatan transfer data yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.
Fungsi Modem ADSL lainnya yakni: dapat membagi penghantar frekuensi maksudnya ialah ketika akan melakukan koneksi dial up, maka frekuensi yang akan diterima tidak dapat terbagi, sehingga dapat menyebabkan percakapan melalui telepon tidak dapat dilakukan ketika sedang melakukan koneksi internet.
tapi, dengan adanya modem ADSL ini, frekuensi bisa dapat terbagi menjadi 2, yakni:
  • Frekuensi tinggi yang dapat dapat digunakan untuk menghantarkan data ataupun melakukan koneksi internet
  • Frekuensi rendah untuk percakapan melalui telepon


Tujuan ADSL

Teknologi ADSL ini mempunyai tujuan utama bagi pelanggan pribadi yang lebih banyak menerima data daripada mengirim data, sebagai contoh adalah untuk mengakses internet. Dari tujuan teknologi ini ada beberapa kelebihan antara lain:
  1. kecepatannya tinggi dengan jarak yang bisa di jangkau, dengan begitu maka dapat mendukung layanan komunikasi suara.
  2. layanan komunikasi data dan suara diberikan melalui dua kanal yang terpisah , tetapi tetap satu kabel yang sama. Namun 2 kanal ini disebut sebagai frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. Frekuensi tinggi untuk menghantarkan data sedangkan frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
  3. Penggunaan ADSL membuat kegiatan internet jauh lebih murah.


Ciri ADSL

ADSL memiliki berbagai macam jenis dan kecepatan, jenis router usb dan perangkat lain yang ada di dalamnya, misalnya ada yang bisa digunakan oleh 2 computer dengan penggunaan usb,tapi juga ketika digunakan oleh 4 komputer menggunakan koneksi LAN ethernet.
Saat memilih modem ADSL sebaiknya menggunakan modem yang mempunyai tombol on-off, supaya pengguna dapat mengatur sendiri penggunaan koneksi sesuai dengan apa yang pengguna butuhkan. Dengan begitu maka dapat menghemat biaya koneksi yang digunakan. Cara memilih modem ini perlu di gunakan karena di Indonesia masih menggunakan perhitungan waktu atau banyaknya bandwith yang digunakan. ADSL memilki lampu indikator yang fungsinya untuk mengetahui jalannya proses koneksi yang terjadi.


Beberapa Detail Teknologi ADSL

Untuk mengerti ADSL, kita mungkin perlu mengetahui sedikit tentang telepon. Salah satu cara yang digunakan oleh kantor telepon agar kualitas sambungan tetap baik dan tidak terjadi banyak interferensi adalah membatasi frekuensi yang di bawa kabel telepon. Lebar frekuensi suara manusia sebetulnya relatif sempit hanya 0 – 3400Hertz. Sementara, lebar frekuensi musik / stereo biasanya antara 20-20.000 Hertz. Sementara kabel telepon yang kita gunakan sebetulnya mampu untuk di lalui sampai beberapa juta Hertz.
Peralatan komunikasi modern mengirimkan data menggunakan mode digital, tidak analog, oleh karena itu dapat menggunakan kapasitas kabel telepon yang berlebih itu tanpa terganggu oleh interferensi. Jadi ADSL pada dasarnya hanya mengexploitasi kapasitas extra yang dimiliki kabel telepon tanpa mengganggu kabel & pembicaraan telepon.
ADSL adalah teknologi yang terpengaruh oleh jarak. Sejalan dengan bertambah jauhnya pelanggan dari sentral ADSL, kualitas sinyal menurun dan kecepatan juga turun. Tergantung jenis / diameter kabel yang digunakan, batas terjauh untuk ADSL adalah sekitar 5,5 km.


Peralatan Pendukung untuk instalansi ADSL :

  1. Berlangganan layanan ADSL Telkom MMA dari PT. Telkom. Pacific Link dapat membantu mendaftarkan calon pelanggan.
  2. PC multimedia dengan spesifikasi minimum Pentium II 233 MHz, RAM 64 MB, port USB atau Ethernet card.
  3. Modem atau router ADSL
  4. Operating system Win /95/98/NT/ME/2000, Linux, Mac OS.
  5. Browser internet misalnya IE 5.0 ke atas, Netscape 4.0 ke atas.
  6. Software multimedia. Asesori LAN seperti hub, switch, atau router bagi pelanggan corporate/instansi.
Dari sisi teknologi yang digunakan, pemanfaatan jaringan telepon kabel untuk internet broadband oleh Telkom ini saat ini masih menggunakan ADSL 2+ dengan klaim kecepatan hingga 3Mbps (downstream).
– Dari grafik diatas dapat dilihat bahwa untuk kecepatan hingga 3Mbps, pada ADSL 2+ jarak maksimal pelanggan ke modem DSLAM adalah 4.8km tentu jaraknya akan semakin berkurang mengingat kualitas jaringan kabel tembaga Telkom yang juga sudah menurun.


Cara Kerja ADSL


Pada ADSL memiliki bermacam-macam jenis dengan kecepatan, jenis router, USB dan perangkat lain yang ada didalamnya. Misalnya ada yang dapat dipakai untuk dua komputer dengan menggunakan sambungan USB, tetapi ada juga yang dapat digunakan untuk empat komputer dengan menggunakan koneksi LAN Ethernet. Pada modem ADSL adalah adanya lampu indikator yang berguna untuk mengetahui jalannya proses koneksi yang terjadi. Pada umumnya lampu yang ada pada modem ADSL adalah lampu PPP, Power, DSL. Ada juga lampu tambahan apabila menggunakan koneksi Ethernet dan USB. Dari tiga lampu indikator yang ada pada modem, yang paling penting adalah lampu PPP dan DSL. Dimana lampu DSL menunjukkan koneksi sudah terhubung dengan baik pada line. Sementara lampu PPP menunjukan adanya arus data ketika seseorang melakukanbrowsing. Hal yang paling penting dalam penggunaan ADSL di Indonesia adalah penggunaan IP modem dan Password. Hal ini digunakan untuk melindungi penggunaan layanan bagi konsumen yang diberikan oleh provider. IP menjadi gerbang untuk memasuki suatu jaringan. Jika ingin merubah password, maka perlu memasukkan kembali sesuai perubahan yang dilakukan. Bila seluruh proses ini berhasil dilalui maka selanjutnya sudah dapat berkoneksi dengan internet dengan ADSL


Kelebihan dan kekurangan ADSL

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan ADSL yang perlu kita ketahui sebelum kita menggunakannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan ADSL.

Kelebihan ADSL

Ada beberapa kelebihan ADSL, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Kecepatan internet yang selalu stabil.
  • Koneksi ADSL selalu terhubung dengan internet setiap waktu dan telepon tetap bisa dipakai kapanpun.
  • Layanan komunikasi antara data dengan suara diberikan lewat 2 kanal yang terpisah namun tetap pada satu kabel yang sama.
  • Mempunyai pembagian frekuensi menjadi 2 macam diantaranya yaitu frekuensi tinggi (menghantarkan data) dan frekuensi rendah (menghantarkan suara ataupun fax).
  • Dapat mengakses internet tanpa perlu khawatir dengan biaya yang lebih mahal karena dengan ADSL internet jadi lebih hemat.

Kekurangan ADSL

Ada beberapa kekuranga ADSL, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Kecepatan pengiriman data bisa dipengaruhi oleh jarak. Jika jarak antara modem dengan komputer atau saluran telepon dengan gardu telepon semakin jauh, maka kecepatan dalam mengakses internet akan terpengaruhi.
  • Sampai saat ini kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan tiang telepon atau DSLAM dan tidak semua sistem operasi komputer mampu menggunakan ADSL.
  • Seiriing dengna perkembangan jaman, pada saluran telepon digital sudah mulai menggunakan kabel fiber optik. Hal tersebut tidaklah sesuai dengan sistem teknologi ADSL yang masih memakai saluran analog/ kabel tembaga, sehingga sekarang ini masih sulit dalam mengirimkan sinyal melalui kabel fiber optik.
  • Adanya load cols yang dipakai untuk memberikan layanan sampe ke plosok daerah, membuat load coils akan menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasanya dipakai ADSL. Hal seperti ini bisa berakibat pada terjadinya interfensi ataupun ketidak cocokan jalur pada ADSL.
  • Adanya bridge tap yang merupakan sebuah kabel tidak bebeda pada jalur langsung antara pelanggan dengan CO. Jadi bridge tap bisa menimbulkan noise yang nantinya bisa mengganggu kinerja ADSL.




Demikianlah pembahasan mengenai “ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line )” Pengertian & ( Kelebihan – Kekurangan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian ADSL
  • cara penggunaan adsl
  • kelebihan dan kekurangan adsl
  • perangkat modem adsl
  • perangkat-perangkat adsl
  • sebutkan perangkat modem adsl
  • sebutkan kerugian menggunakan adsl
  • kecepatan adsl
  • implementasi modem adsl

Post a Comment for "Pengertian ADSL Meliputi Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap"