Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lembaga Sosial Meliputi Jenis, Fungsi, Ciri, Karakter Dan Contohnya Secara Umum

LEMBAGA SOSIAL: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian lembaga Sosial

Yang dimaksud dengan lembaga sosial adalah sekumpulan norma yang bersifat khusus tersusun secara sistematis yang dibentuk untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup manusia.Lembaga sosial memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Kehadiran lembaga sosial sangat diperlukan dalam sistem sosial untuk mengendalikan dan mengatur berbagai macam aktivitas baik individu maupun kelompok dalam kemasyarakatan. Jika jaman sekarang tidak ada lembaga sosial, maka setiap individu tidak dapat menentukan arahnya sendiri sebab tidak ada batasan-batasan wilayah norma yang mengikatnya. Karena adanya lembaga sosial maka setiap individu dapat hidup secara teratur dan tidak dapat berbuat atas keinginannya sendiri atau berbuat seenaknya karena ada norma atau peraturan yang mengikatnya. Setiap lembaga sosial memiliki peraturan yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, norma tersebut mengikat pula pada ruang lingkup masyarakat yang memiliki hubungan dengannya.


Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami pembahasan mengenai apa arti lembaga sosial, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Paul Horton dan Chester L.Hunt

Menurut Paul Hourton dan Chester L. Hunt, pengertian lembaga sosial adalah sistem norma-norma sosial dan hubungan hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

2. Peter L. Berger

Menurut Peter L. Berger, social institution adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

3. W. Hamilton

Menurut W. Hamilton, definisi lembaga sosial adalah tata cara kehidupan kelompok masyarakat, yang apabila dilanggar akan dijatuhi berbagai derajat sanksi.

4. Robert Morrison Maclver dan C. H. Page

Menurut Robert Maclver dan C. H. Page, pengertian lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

5. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, arti lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia bermasyarakat.

6. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian Lembaga sosial adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

7. Mayor Polak

Menurut Mayor Polak, pengertian lembaga sosial adalah sistem peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai penting.

8. Leopold Von Wiese dan Becker

Menurut Leopold Von Wiese dan Becker, social institution adalah jaringan proses antar manusia dan antar kelompok yang berfungsi untuk memelihara hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu dan kelompoknya.


Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Tentunya sebagai suatu lembaga yang ada dalam masyarakat maka Lembaga Sosial ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah :

Lembaga Keluarga

Bisa dikatakan bahwa Lembaga Sosial yang paling dasar adalah lembaga keluarga yang terdiri dari keluarga inti dengan anggotanya ayah, ibu dan anak-anak. Ayah dalam hal ini bertugas sebagai kepala dari lembaga keluarga tersebut. Sedangkan ibu merangkap tugas sebagai sekretaris, bendahara dan wakil kepala, dengan anak-anak sebagai anggotanya. Lembaga keluarga adalah lembaga sosial pertama yang akan dimasuki setiap orang sejak lahir. Oleh karena itu suksesnya seseorang itu juga dilihat dari lembaga keluarganya.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari lembaga keluarga:
  • Fungsi reproduksi
  • Fungsi sosialisasi
  • Fungsi afeksi
  • Fungsi ekonomi
  • Fungsi pengawasan sosial
  • Fungsi proteksi (perlindungan)
  • Fungsi pemberian status


Lembaga Pendidikan

Lembaga ini adalah lembaga yang berorientasi pada pendidikan, tempat belajar dan mengajar, dimana anggotanya bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi dalam satu bidang. Dengan adanya interaksi dari para anggotanya juga kemudian membuat anggota yang tergabung dalam lembaga pendidikan itu bisa menjadi lebih baik lagi.

Adapun beberapa fungsi lembaga pendidikan:
  • Pendidikan memberi pengetahuan dan keterampilan.
  • Mengembangkan potensi yang dimiliki individu demi pemenuhan kebutuhan hidupnya.
  • Mengembangkan cara berpikir rasional.
  • Sarana melestarikan kebudayaan dengan cara mengajarkan dan membiasakan hal-hal berkaitan dengan kebudayaan masyarakat sekitar.


Lembaga Agama

Lembaga ini adalah lembaga yang berkaitan dengan agama tertentu dan anggotanya memiliki keyakinan terhadap agama yang sama. Di dalamnya para anggotanya bisa berbagi ilmu dan melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat atas nama keyakinannya. Dengan adanya Lembaga agama ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan bagi umat beragama.

Adapun beberapa fungsi lembaga agama:
  • Sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok.
  • Merupakan tuntutan tentang prinsip benar atau salah untuk menghindari perilaku menyimpang, seperti membunuh.
  • Pedoman perasaan keyakinan (confidence). Siapa pun yang berbuat baik maka akan mendapat pahala dari Tuhan.
  • Pedoman keberadaan (existence). Keberadaan alam semesta dengan segala isinya termasuk di dalam manusia harus disikapi rasa syukur dan ikhlas.
  • Pengungkapan keindahan (estetika). Manusia yang suka akan keindahan dapat mengekspresikan rasa estetika dengan membangun rumah ibadah dan hal-hal lain berkaitan dengan kepercayaan.
  • Memberikan identitas kepada manusia sebagai bagian dari suatu agama, misal sebagai umat Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khong Hu Chu.


Lembaga Kesehatan

Lembaga ini berorientasi pada pelayanan kesehatan dan tujuannya untuk menjadikan seluruh masyarakat bisa selalu sehat secara mental maupun fisik. Terkadang ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan yang akan dilaksanakan oleh lembaga kesehatan ini secara Cuma-Cuma untuk masyarakat yang tentunya sangat direspons dengan baik oleh masyarakat.

Lembaga Politik

Lembaga politik adalah lembaga yang mengatur semua aktivitas yang berkaitan dengan perpolitikan negara, seperti urusaan pemerintahan daerah dan pemerintahan negara. Contoh lembaga politik yang ada di Indonesia adalah Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR yang berfungsi sebagai wakil rakyat di pemerintahan pusat. 
Adapun fungsi lembaga politik dapat kita jelaskan sebagai berikut:
  • Lembaga politik mengatur norma-norma tentang kekuasaan melalui undang-undang.
  • Lembaga politik berfungsi sebagai pengontrol atas konflik yang terjadi.
  • Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat.


Lembaga Budaya

Lembaga ini di masyarakat termasuk lembaga yang penting karena membantu masyarakat untuk mengembangkan dan melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Lembaga budaya adalah lembaga yang juga membantu Anda untuk mengenal berbagai macam adat yang ada dalam masyarakat.
Di Indonesia yang memiliki ragam budaya yang sangat banyak ini tentu lembaga budaya yang ada juga sangat banyak untuk dapat menjaga semua keutuhan budaya yang ada

Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga dalam masyarakat yang berkaitan dengan masalah ekonomi dan memiliki tujuan agar kebutuhan ekonomi dalam masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Lembaga ekonomi ini juga tentunya menjadi pedoman dan solusi untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat tetap stabil.

Untuk lebih jelasnya, kita akan lihat beberapa fungsi dari lembaga ekonomi seperti berikut:
  • Lembaga ekonomi memberi pedoman pertukaran barang
  • Lembaga ekonomi memberi pedoman tentang ketenagakerjaan.
  • Lembaga ekonomi memberi pedoman tentang cara mendapatkan barang atau bahan baku
  • Lembaga ekonomi memberi pedoman tentang harga jual barang di pasar.

Lembaga Hukum

Lembaga hukum adalah lembaga yang mengatur tentang tata tertib dalam masyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena tidak semua anggota masyarakat mengerti tentang hukum dan ketika berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada siap membantu.

Sosiologi Kelas 7 | Mengenal Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Fungsi Lembaga Sosial

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Soerjono Soekanto, lembaga sosial mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Memberikan pegangan atau pedoman terhadap para anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bertingkah atau bersikap ketika menghadapi berbagai masalah yang timbul atau berkembang di dalam lingkungan masyarakat, termasuk yang berkaitan dengan hubungan pemenuhan kebutuhan.
  • Untuk menjagai kelengkapan atau keutuhan masyarakat yang berkaitan.
  • Memberikan terhadap pada masyarakat guna melakukan sistem pengendalian sosial, yakni suatu sistem pengawasan masyarakat kepada para anggotanya.
Menurut gagasan yang disampaikan oleh Horton dan Hunt, fungsi dari lembaga sosial dibagi menjadi dua, yaitu fungsi laten dan fungsi manifes, berikut penjelsannnya:
Fungsi Laten atau fungsi terselubung adalah fungsi lembaga sosial yang tak disadari atau bahkan tidak dikehendaki atau apabila dilaksanakan atau diikuti akan dianggap sebagai hasil sampingan serta biasanya tidak bisa diterka atau diramalkan.
Fungsi Manifes atau fungsi nyata merupakan fungsi lembaga yang disadari serta telah diakui oleh seluruh anggota masyarakat.



Ciri dan Karakter

Walaupun suatu lembaga sosial adalah sebuah konsep yang abstrak, namun lembaga tersebut mempunyai sejumlah ciri dan karakter yang bisa kita kenali.
Menurut gagasan yang disampaikan oleh J.P Gillin di dalam karyanya yang berjudul “Ciri-ciri Umum Lembaga Sosial” (General Features of Social Institution) menjabarkan ciri dan karakter dari lembaga sosial sebagai berikut:
  1. Lembaga sosial merupakan suatu organisasi yang memiliki beragam pola pemikiran serta perilaku yang terwujud lewat beragam aktivitas masyarakat dan juga hasil-hasilnya. Ia terdiri dari berbagai aktifitas kebiasaan, tata kelakukan, serta beragam unsur kebudayaan lain yang tergabung dalam sebuah unit yang fungsional.
  2. Lembaga sosial juga memiliki karakteristik oleh suatu tingkat kekekalan tertentu. Oleh sebab itu, lembaga sosial adalah himpunan dari norma yang berkisar terhadap kebutuhan pokok, maka sudah sewajarnya jika lembaga ini terus dipelihara dan juga dibakukan.
  3. Lembaga sosial mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu. Lembaga pendidikan telah pasti mempunyai beberapa tujuan, demikian juga dengan lembaga yang lain.
  4. Terdapat beragam alat perlengkapan yang dipakai guna meraih tujuan lembaga sosial. Sebagai contoh, rumah untuk lembaga keluarga dan juga masjid, gereja, pura, serta wihara untuk lembaga agama.
  5. Lembaga sosial pada umumnya juga ditandai dengan beberapa lambang atau simbol-simbol tertentu. Lambang-lambang tersebut secara simbolis mengartikan sebuah tujuan sekaligus fungsi lembaga yang berkaitan. Sebagai contoh: cincin kawin untuk lembaga perkawinan, bendera dan lagu kebangsaan untuk negara, dan juga seragam sekolah serta badge (lencana) untuk sekolah.
  6. Lembaga sosial mempunyai tradisi tertulis dan juga tidak tertulis yang merangkaikan tujuan, tata tertib, dan yang lainnya. Sebagai contoh, izin kawin serta hukum perkawinan untuk lembaga perkawinan.


Contoh Lembaga Sosial


Lembaga sosial di Indonesia dibedakan menjadi Lembaga Pendidikan, Ekonomi, Hukum dan Politik yang memiliki pengaruh langsung terhadap berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Adapun beberapa contoh lembaga sosial adalah sebagai berikut:
1. Lembaga Agama
  • MUI, Majelis Ulama Indonesia
  • PGI, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
  • KWI, Konferensi Wali Gereja Indonesia
  • WALUBI, Perwakilan Umat Buddha
  • PHDI, Parisada Hindu Dharma Indonesia
2. Lembaga Pendidikan
  • SD, Sekolah Dasar
  • SMP, Sekolah Menengah Pertama
  • SMA, Sekolah Menengah Atas
  • Lembaga Kursus dan Pelatihan
  • Sanggar
  • Majelis Taklim
3. Lembaga Ekonomi
  • Bank, baik Bank Sentral, Bank Umum, dan Bank Perkreditan
  • Koperasi Simpan Pinjam
  • Perum Pegadaian
  • Perusahaan Leasing
  • Pasar Modal
  • Perusahaan Modal Ventura
  • Perusahaan Asuransi
  • Perusahaan Dana Pensiun
4. Lembaga Politik
  • Presiden dan Wakil Presiden
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  • Mahkamah Agung (MA)
  • Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)
  • Partai Politik
5. Lembaga Hukum
  • Kejaksaan
  • Kehakiman
  • Advokat
  • Kepolisian
  • Lapas (Lembaga Permasyarakatan)

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian lembaga sosial, fungsinya, jenis-jenis, dan beberapa contohnya yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat. Semoga bermanfaat.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Lembaga Sosial
  • pengertian lembaga sosial menurut para ahli
  • pengertian lembaga sosial brainly
  • contoh lembaga sosial
  • fungsi lembaga sosial
  • jenis lembaga sosial
  • macam macam lembaga sosial
  • tujuan lembaga sosial
  • karakteristik lembaga sosial

Post a Comment for "Pengertian Lembaga Sosial Meliputi Jenis, Fungsi, Ciri, Karakter Dan Contohnya Secara Umum"