Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Daftar Pustaka Meliputi Fungsi, Unsur - Unsur, Syarat dan Cara Penulisan Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka Dan Cara Penulisannya

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka ialah yang berisikan tentang sumber-sumber dari bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan untuk menulis karya ilmiah. Atau pengertian daftar pustaka yang lainnya adalah suatu daftar yang berisikan judul buku, artikel maupun bahan tulisan yang memiliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.
Pencantuman dari judul buku pada daftar pustaka dan pada akhir karya ilmiah yang sangat berkaitan erat dengan pengutipan tulisan pada buku. Jika kita mengutib informasi maupun teori yang digunakan untuk pembuatan karya ilmiah sehingga kita harus mencantumkan judul buku itu pada daftar pustaka. Kutipan ini bisa merupakan pinjaman kalimat maupun pendapat seseorang.
Daftar pustaka sendiri kita dapat menemukannya di laporan hasil penelitian, skripsi, makalah, tesis dan masih banyak yang lainnya. Daftar pustaka sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi karya ilmiah, dikarenakan jika sebuah karya ilmiah  tidak mempunyai daftar pustaka maka akan diragukan tentang kebenarannya.Para pembaca yang tertarik oleh materi yang dibahas dalam suatu karya ilmiah tentu bisa dengan mudah untuk mengecek dan juga mempelajari materinya lebih dalam jika kita mencantumkan daftar pustaka.


Alasan Penulisan Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka ini tak lepas dari fungsinya. Setidaknya ada empat fungsi dari dituliskannya daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah. 
  1. Pertama, membuktikan kejujuran penulis bahwa isi tulisan dalam karya ilmiah tersebut bukan hasil dari buah pemikirannya sendiri, namun sebagiannya mengambil referensi dari sumber lain.
  2. Kedua, tanda penghargaan ataupun pengakuan untuk penulis yang hasil pemikirannya dijadikan sebagai sumber referensi.
  3. Ketiga,  meringankan beban pembaca yang hendak mendalami lebih jauh karya tulis tersebut dengan meringkas sumber-sumber referensinya.
  4. Keempat, untuk memenuhi lazimnya penulisan sebuah karya tulis. 


Cara Menulis Daftar Pustaka

Selain itu, terdapat pula cara baku namun tak mengikat dalam penulisan Daftar Pustaka. Pertama, daftar pustaka akan dirangkai sesuai urutan abjad secara urut mulai dari A hingga Z. Kedua. Format tidak menggunakna urutan huruf ataupun angka. Ketiga, jarak penyusunan dari satu sumber ke sumber berikutnya akan menggunakan jarak spasi.
Tujuan dari dituliskannya daftar pustaka ini adalah
  • sebagai karakteristik khas dari karya tulisan,
  • menghasilkan kepuasan batin bagi penulis maupun penerbit,
  • sebagai kajian atau rujukan atas sumber ilmu pengetahuan yang masih berhubungan dengan karya tulis yang dibuat,
  • menumbuhkan sikap kepercayaan dari pembaca,
  • serta mendorong pembaca supaya mencari materi bacaan ataupun ilmu pengetahuan yang masih ada hubungannya dengan isi dari karya tulis tersebut.

Fungsi Membuat Daftar Pustaka

Buku yang semakin lama semakin berkembang informasinya membuat para pembaca bingung untuk mencari informasi secara mudah.Banyaknya buku dapat dideskripsikan melalui daftar pustaka.Fungsi daftar pustaka yaitu untuk mengetahui deskripsi buku-buku atau karya ilmiah.Hal ini bisa dimanfaatkan untuk melihat keakuratan isi buku.Dari sisi penulis, fungsi membuat daftar pustaka masih berkaitan dengan tujuan di atas.
  • Memberitahu Pembaca bahwa Tulisan bukan Hanya dari Pemikiran Penulis
Pertama, untuk memberitahu pembaca bahwa karya tulis penulis bukan merupakan buah pemikiran dari ia seorang, namun gabungan dari pemikiran orang lain yang ditulis di daftar pustaka.Hal ini juga akan memudahkan pembaca untuk mencari lebih lanjut informasi dari sumber referensi.
  • Memberikan Penghargaan bagi Penulis Asli
Kedua, memberikan penghargaan bagi penulis asli yang disertakan pemikirannya di karya ilmiah penulis.
Hal ini juga dapat dipandang sebagai keprofesionalan penulis dalam membuat karya.
  • Memberikan Kredibilitas Informasi
Ketiga, memberikan kepercayaan informasi kepada pembaca.Secara tidak langsung dengan adanya daftar pustaka, para pembaca akan lebih mempercayai informasi yang ada di dalam sebuah karya ilmiah.Semakin banyak referensi di daftar pustaka, maka karya ilmiah tersebut terisi dengan referensi yang berkaitan erat satu sama lain.Dengan demikian, karya ilmiah tersebut dapat dipercaya oleh pembaca sebagai tulisan yang bagus.
  • Mengetahui Informasi Terkini
Keempat, untuk mengetahui informasi terkini berdasarkan tahun terbit dan kota terbit sumber referensi.
Keakuratan dan relevansi isi buku yang ditulis oleh penulis dapat dilihat dari sumber referensi yang ia gunakan.Jika penulis menggunakan sumber referensi yang lebih dari 10 tahun dari tahun terbit buku penulis, maka dapat diduga informasi yang ada sudah lampau dan mungkin saja ada informasi terbaru terkait bahan materi tersebut.
  • Memudahkan Pelayanan Perpustakaan
Kelima, untuk memudahkan pelayanan perpustakaan.Manfaat menulis daftar pustaka yaitu pustakawan dapat menawarkan koleksi dari perpustakaan tanpa harus mengeluarkan seluruh koleksi.Selain itu juga dapat memudahkan pengguna yang berada jauh dari perpustakaan.Secara tidak langsung, daftar pustaka dapat digunakan sebagai daftar koleksi yang dimiliki perpustakaan.

Unsur-Unsur Daftar Pustaka

Untuk persiapan yang baik agar tidak ada kesulitan dalam penyusunan Daftar pustaka itu, tiap penulis harus tahui pokok-pokok mana yang harus dicatat. Pokok yang paling penting yang harus dimasukkan dalam sebuah Daftar Pustaka adalah:
  • Nama pengarang, yang dikutip secara lengkap.
  • Judul Bukutermasuk judul tambahannya.
  • Data publikasi: penerbit, tempat terbit, tahun terbit, cetakan ke-berapa, nomor jilid, dan tebal (jumlah halaman) buku tersebut.
  •  Untuk sebuah artikel diperlukan pula judul artikel yang bersangkutan, nama majalah, jilid. nomor dan tahun.

Syarat Penulis Daftar Pustaka

Adapun beberapa ketentuan serta aturan cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar yaitu:
  1. Bagi penulis yang menggunakan marga/keluarga, nama marga/keluarganya ditulis terlebih dahulu, sedangkan untuk penulis yang tidak menggunakan nama marga/keluarga, diawali dengan penulisan nama akhir/belakang kecuali nama Cina.
  2. Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.
  3. Judul buku dicetak miring atau digaris bawahi pada setiap kata, jadi tidak dibuat garis bawah yang bersambung sepanjang judul.
  4. Baris pertama diketik mulai ketukan pertama sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.
  5. Jarak antara baris satud engan baris berikutnya satu spasi.
  6. Jarak antara sumber satu dengan sumber berikutnya dua spasi.



Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Contoh penulisan dengan jumlah penulis lebih dari satu orang:

  • Manna, A.H., dan Putra Dani. 1998. Metode Pembelajaran Untuk Chef. Jakarta: Bentang Alam Nusantara.
  • Susilo, Rahaden, Rudi Maryadi dan Angga Dani. 2008. Tata Bahasa Inggris. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sastra Bahasa Indonesia.

Contoh penulisan tanpa nama penulis:

  • Depag. 2001. Petunjuk Pelaksanaan dan Tata Cara Nikah Adat Jawa. Jakarta: Depag.
  • Divisi SDM. 2012. Company Profile. Jakarta: Citra Natural.

Contoh penulisan dari buku saduran, terjemahan atau suntingan:

  • Prakasa, Illman (Penerjermah). 1997. Analisa Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Manajemen.

Contoh penulisan buku terjemahan dengan nama sama namun judul berbeda:

Andriani. 2007. Ekonomi Level Menengah. Semarang: Media Swara.
_______. 2010. Ekonomi Level Menengah Jilid II. Semarang: Media Swara.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Majalah

  • Pramesja, Wijana. 2009. Majalah. Menuju Fashion Asia. Jakarta: Majalah Bisnis Fashion, No. 4 Thn. 05. (12 Januari-20 Februari 2005)

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Koran

  • Price, K. 2006. Koran. Get It Covered – Modeling Standard Of Cover with ArcGIS Network Analyst 9.2. ArcUser Magazine, October-December, 2006, pp. 48-53.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Jurnal Ilmiah Cetak

  • Skripsi, Tesis, Disertasi
    Mustafa, Dimas Eva. 2018. Sudut Pandang Umum dalam Kanji (Analisis Semiotika terhadap Buku Kanji Pictographix). Jakarta: Universitas Indonesia.
  • Makalah
    Indriati, E. 1998. Moral Patterns On Javanese People. Makalah dipresentasikan pada The International Conference On Paleoanthropology, October 14-16, Beijing.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Jurnal Ilmiah di Internet

  • Henry, Bill. 2002. Jurnal. Advancing Quality Through Additional Intention About Result. Chronicle. Vol. 2 number 21, January 2. Dalam http://www.chea.org/chronicle/vol.1/no.11/index.katml diakses pada 20 Desember 2007.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Artikel di Internet

  • Raharja, Budi. 2001. Artikel. Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini: Siapkah Indonesia?. Dalam http://infoguruterbaru.com/2016/12/6-contoh-artikel-pendidikan-pendek.katml diakses pada 6 Desember 2016.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Kamus

  • David-Longlay, D.W. 2008. Geographic Information Systems and Science. The New Encylopedia Britannica. Encylopedia Britannica 322: 651-701.


Cara Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word


Jika kamu ingin membuat daftar pustaka dengan cara yang lebih simpel, praktis, gak pake ribet dan dikerjakan secara otomatis, maka kamu bisa ikuti cara membuat daftar pustaka otomatis pada lembar kerja Microsoft Word seperti contoh yang tertera dibawah ini;
Pertama, Buka Microsoft Word Kamu, kemudian pada Tab Ribbon pilih References > Manage Sources
Daftar pustaka otomatis
Kedua, Maka akan tampil jendela Source Manager seperti dibawah ini
Pelajar wajib tahu cara praktis membuat refrensi daftar pustaka
Ketiga, Kemudian klik New untuk memasukkan data baru (yang diinginkan). Maka akan tampil jendela seperti dibawah ini
Penulisan daftar pustaka yang baik dan benar
Keempat, Isi form sesuai dengan data yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan cara ini kamu bisa menyesuaikan sumber kutipan pada Type of Source (jika refrensi yang didapat dari beragam sumber). Jika Kamu mengutip dari buku, silahkan pilih book, jika dari sumber lain, silahkan sesuaikan saja dengan sumber refrensi yang akan digunakan.
Cara cepat membuat literatur
Kelima, Jika form telah selesai diisi, kemudian klik OK. Jika ingin menambahkan dari sumber lain tinggal klik NEW. Jika sudah tidak ada perubahan, klik Close.
Untuk menampilkan hasilnya, silahkan klik Ribbon References lagi, lalu pilih Bibliography, kemudian pilih Insert Bibliography
How to make bibliography
Cara mudah dan praktis membuat bibliography
Keenam, Maka hasil susunan daftar pustaka dari hasil Microsoft Word akan muncul seperti ini
Mudahnya menulis daftar isi menggunakan Microsoft word
Nah praktis kan? Daftar pustaka otomatis pun sudah jadi. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Jadi tidak perlu lagi harus menghafalkan urutannya satu persatu, karena kalau boleh sedikit cerita.
Saat penulis masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), penulisan refrensi untuk disusun menjadi daftar pustaka yang baik dan benar harus menghafalkan dulu urutannya.
Belum lagi kalau sumber yang akan dijadikan rujukan itu dari beragam source, tentu saja akan menghasilkan susunan daftar pustaka yang berbeda pula, sampai-sampai karena cara penulisan daftar pustaka masuk dalam soal ujian bahasa Indonesia jadi saya mencari cara agar bisa menghafalkan urutannya dengan baik, maka saya buat ide, yaitu dengan menggunakan singkatan dari setiap kata depan kaidah struktur urutan tiap masing-masing refrensi



Itulah penjelasan yang bisa diberikan tentang Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi Dan Unsur Daftar Pustaka, daftar pustaka sendiri merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam pembuatan skripsi, karya ilmiah dan masih banyak yang lainnya. Karena dengan adanya daftar pustaka karya ilmiah maupun karya tulis dan juga skripsi yang telah diselesaikan tidak diragukan.semoga bermanfaat

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Daftar Pustaka
  • pengertian daftar pustaka menurut para ahli
  • fungsi daftar pustaka
  • tujuan daftar pustaka
  • manfaat daftar pustaka
  • unsur unsur daftar pustaka
  • contoh daftar pustaka dari internet
  • daftar pustaka apa style
  • fungsi daftar pustaka dan catatan kaki

Post a Comment for "Pengertian Daftar Pustaka Meliputi Fungsi, Unsur - Unsur, Syarat dan Cara Penulisan Daftar Pustaka"