Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekonomi Meliputi Tujuan, Prinsip dan Contohnya [ LENGKAP ]

Pengertian Ekonomi Dan Sumbernya Secara Umum Via: kampoengartikel.web.id

Pengertian Ekonomi

Yang dimaksud dengan ekonomi adalah ilmu yang mengkaji mengenai bagaimana mengatur sumber daya individu, masyarakat maupun negara supaya dapat tercapainya kemakmuran. Atau arti lain ekonomi yaitu suatu ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dapat mencukupi kebutuhan hidup, sehingga dapat tercapai kesejahteraan hidup.
Kata Ekonomi asalnya dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Oikos” dan “Nomos”. Oikos mengandung arti rumah tangga sedangkan Nomos artinya Ilmu. Jika kedua kata tersebut digabungkan maka akan membentuk suatu penjelasan ekonomi, yang dimana terdapat kondisi yang menunjukan tentang kegiatan manusia, khususnya pada usaha yang dilakukan manusia untuk mengelola sumber daya yang terdapat pada lingkungan sekitarnya, sebagai prasarana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu ekonomi dikatakan juga sebagai ilmu tentang perilaku maupun tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti memanfaatkan sumber daya dengan kegiatan produksi, konsumsi maupun kegiatan distribusi.
Pada ilmu pengetahuan, ilmu ekonomi selalu berkaitan dengan berbagai macam ilmu sosial, karena ekonomi selalu berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh manusia, yang dapat menjadi inti pembahasan dalam ilmu sosial. Ilmu ekonomi umumnya dibagi kedalam 3 (tiga) bidang diantaranya Bidang tata buku atau dikenal dengan sebutan akuntansi, lalu bidang manajemen atau bidang yang berkaitan dengan teknik penataan organisasi dan yang terakhir bidang ekonomi pembangunan yaitu membahas tentang masalah-masalah ekonomi pada negara. Akuntansi dan manajemen termasuk kedalam ilmu ekonomi mikro, karena pokok pembahasannya selalu berkaitan dengan ruang lingkup perusahaan. Dan ekonomi pembangunan termasuk kedalam bidang ilmu ekonomi makro karena pembahasannya sangat luas mencangkup ruang lingkup negara misalnya seperti tingkat inflasi, penentuan suku bunga, sistem ekonomi dan lain-lain.
Dapat dikatakan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang selalu menghadapi berbagai macam masalah yang berhubungan dengan ekonomi. Jadi ekonomi merupakan suatu kenyataan bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas jumlahnya, sedangkan alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut memiliki jumlah yang terbatas. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan manusia seperti Faktor: ekonomi, sosial, budaya, fisik, pendidikan dan lingkungan.

Adapun istilah-istilah mendasar yang umumnya ada dalam penjelasan ekonomi, misalnya seperti:
  • Asas ekonomi, merupakan dasar-dasar yang sering digunakan saat pengambilan suatu keputusan maupun kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian.
  • Faktor produksi, merupakan aktivitas dalam ekonomi karena adanya hal-hal yang mendasari suatu kegiatan ekonomi.
  • Sistem ekonomi, Merupakan sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk menentukan kebijakan-kebijakan ekonomi. .
  • Prinsip ekonomi, Merupakan hal yang menjadi dasar seorang individu melakukan kegiatan ekonomi.

Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli

Bagi anda yang sering menonton televisi sering melihat seorang pengamat ekonomi mengeluarkan pendapat (statement) tentang suatu permasalahan ekonomi yang sedang terjadi. Pastinya pernah, bahkan mungkin hampir setiap hari anda melihatnya, itu pun jika anda tidak menonton televisi hanya melihat sinetron saja. Seseorang yang dikatakan sebagai teladan ilmu ekonomi dinamakan dengan ahli ekonomi atau ekonom. Ekonom ialah orang yang menggunakan konsep ekonomi, serta data dalam melakukan analisis dan pekerjaannya. Karena para ahli ekonomi sangat banyak, saya sajikan beberapa saja.
  • Abraham Maslow berpendapat bahwa pengertian ekonomi ialah suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia lewat penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori serta prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.
  • Adam Smith berpendapat bahwa pengertian ekonomi ialah suatu penyeldikan tetnang kondisi dan sebab adanya atau hadirnya kekayaan negara.
  • Amwal berpendapat bahwa Ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif guna mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu ataupun masyarakat.
  • Aristoteles berpendapat bahwa Ekonomi ialah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.
  • Hermawan Kartajaya berpendapat bahwa pengertian Ekonomi adalah suatu wadah dimana sektor industri sedang melekat diatasnya.
  • Johs Stuar Mill berpendapat bahwa pengertian ekonomi ialah ilmu praktis yang telah mempelajari tentang penagihan dan pengeluaran.
  • Paul Anthony Samuelson berpendapat bahwa Pengertian Ekonomi adalah suatu cara yang dipakai oleh seseorang atau[un kumpulan orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi serta produk juga menyalurkannya supaya dapat dikonsumi oleh masyarakat banyak.

Prinsip-Prinsip Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi terdapat beberapa prinsip yang mendasarinya. Mengacu pada pengertian ekonomi di atas, berikut ini adalah prinsip-prinsip ekonomi tersebut:

1. Prinsip Produksi

Pengertian prinsip produksi dalam ekonomi adalah perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa.Proses produksi membutuhkan biaya dan usaha dalam pelaksanaannya. Aktivitas produksi akan membukan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Pengertian prinsip distribusi dalam ekonomi adalah kegiatan penyaluran/ distribusi suatu produk kepada para konsumen. Kegiatan distribusi ini harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik agar produk yang disalurkan tiba di lokasi penjualan tepat waktu.Misalnya, pengiriman buah-buahan dan sayur-sayuran dari para petani ke para penjual di pasar. Proses distribusi dilakukan pada saat dini hari agar kualitas buah dan sayur tetap baik saat konsumen membelinya.

3. Prinsip Konsumsi

Pengertian prinsip konsumsi dalam ekonomi adalah segala aktivitas penggunaan suatu produk yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.Misalnya, seorang pemilik rumah membeli genteng untuk mengganti genteng rumahnya yang rusak. Tujuannya agar atap rumahnya tidak bocor ketika hujan dan merasa nyaman.


Macam Ilmu Ekonomi

Dikarenakan terlalu luas cakupannya maka ilmu ekonomi dapat dipersempit dengan membagi-baginya. Pada dasarnya ilmu ekonomi terbagi atas tiga yaitu ilmu ekonomi deksriptif, teori ekonomi dan terakhir ekonomi terapan.
  1. Ekonomi Deskriptif => Bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. llmu ekonomi dipergunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi, baik makro (luas) maupun mikro (sempit).
  2. Teori Ekonomi => Bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro,
  3. Ekonomi Terapan => Bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.
Ketiga jenis ilmu ekonomi saling berkaitan antara satu dan lainnya, teori ekonomi muncul setelah adanya hasil dari ekonomi deskriptif yang konsisten diterapkan pada berbagai permasalahannya. Sedangkan ekonomi terapan akan menghubungkan dan mencocokan keduanya (deskriptif dan teori).


Macam-macam Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Suatu sistem dalam organisasi kehidupan ekonomi berdasarkan kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun-temurun yang mengandalkan faktor produksi apa adanya. Kelebihan dari sistem ekonomi tradisional adalah adanya semangat kekeluargaan dan kejujuran dari setiap individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Kelebihan :

  1. Kegiatan perekonomian berjalan atas dasar kejujuran karena tujuannya untuk pemenuhan kebutuhan hidup bukan untuk mencari keuntungan.
  2. Hubungan antar individu di masyarakat masih sangat kuat dan saling tolong-menolong.
  3. Tidak terdapat kesenjangan ekonomi antara yang miskin dan yang kaya karena pendapatan cenderung merata.
  4. Tidak terdapat inflasi, pengangguran, dan masalah lain yang terdapat pada sistem ekonomi lainnya.
  5. Pemerintah berperan sebagai pengawas sehingga tidak terjadi monopoli oleh pihak pemerintah.
  • Kekurangan :

  1. Tidak semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik karena mengandalkan hasil alam.
  2. Belum ada nilai standar dalam transaksi tukar-menukar suatu barang.
  3. Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi sangat lambat.
  4. Kualitas barang  cenderung rendah dan sulit berkembang karena tingkat persaingan dalam pasar sangat rendah.
  5. Sebuah erubahan dianggap tabu sehingga pola pikir masyarakat tidak berkembang.

2. Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi terpusat adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memiliki kekuasaan yang dominan pada pengaturan kegiatan ekonomi. Penguasaan dilakukan melalui pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh anggota masyarakat. Negara yang menganut sistem ekonomi terpusat antara lain: Rusia, RRC, dan negara-negara Eropa Timur (bekas negara Uni Soviet).
  • Kelebihan :

  1. Dapat mengurangi pengangguran karena pemerintah memegang kendali penuh terhadap semua faktor produksi.
  2. Tanggung jawab perekonomian pada pemerintah sehingga pemerintah akan terus berinovasi agar ekonomi negara tetap stabil.
  3. Jaminan kepada masyarakat bahwa produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Mudah mengendalikan harga dan pemerataan.
  5. Inflasi mudah dikendalikan.
  6. Kondisi pasar dalam negeri akan berjalan dengan lancar.
  • Kekurangan :

  1. Mobilisasi yang cepat membuat sistem ini dapat menyebabkan kurangnya kebutuhan masyarakat karena produksi yang dihasilkan tidak selalu didasarkan atas permintaan masyarakat.
  2. Penjatahan sering menjadi kebutuhan dan solusi.
  3. Ini akan menghambat inovasi dari masyarakat.

3. Sistem Ekonomi Liberal (Kapitalis)

Sistem ekonomi berdasarkan kebebasan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat dalam kegiatan perekonomian tanpa adanya campur tangan daripada pemerintah. Landasan dari sistem perekonomian ini  bertujuan secara umum untuk mencari keuntungan pribadi tanpa adanya pihak lain yang perlu dipertimbangkan.
  • Kelebihan :

  1. Setiap perorangan atau perusahasa memiliki kebebasan dan mempunyai hak untuk memiliki kekayaan dan sumber daya produksi pribadi atau tidak dibatasi.
  2. Inisiatif dan kreativitas  dapat dikembangkan.
  3. Tindakan selalu berdasar pada prinsip ekonomi sehingga efesiensi dan efektivitas tinggi.
  4. Kebebasan dalam mempoduksikan produk atau jasa menyebabkan persaingan antar produsen (perusahaan) untuk menghasilkan barang yang bermutu.
  • Kekurangan : 

  1. Kebebasan pasar menyebabkan persaingan untuk merebut pasar. Hal ini menimbulkan terbentuknya monopoli, kolusi usaha dan konglomerasi sehingga mengancam pengusaha yang lemah.
  2. Mendorong semakin terlihatnya kesenjangan antara golongan ekonomi kuat dengan ekonomi yang lemah.
  3. Perekonomian mudah menghadapi ketidakstabilan.

4. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem ekonomi yang di satu sisi pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berusaha melakukan kegiatan ekonomi, akan tetapi di sisi lain pemerintah memiliki campur tangan dalam perekonomian dengan tujuan menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat pada sumber daya ekonomi.
  • Kelebihan :

  1. Setiap hak individu akan diakui.
  2. Penetapan harga dalam perekonomian akan terkendali.
  3. Sektor ekonomi diarahkan untuk kepentingan masyarakat.
  4. Terdapat sebuah kebebasan dalam usaha.
  5. Kestabilan ekonomi terjamin.
  • Kekurangan :

  1. Beban pemerintah akan lebih berat dibandingankan dengan sektor swasta.
  2. Pihak swasta kurang memaksimalkan keuntungan yang seharusnya didapatkan.
  3. Tidak ada kejelasan mengenai batasan pengaruh pemerintah dalam kegiatan perekonomian.
  4. Ketimpangan dalam persaingan bisnis dan tidak tepatnya pengelolaan sumber daya.

5. Sistem Perekonomian Indonesia

Setelah melihat jenis-jenis perekonomian dunia tersebut, tahukah kamu perekonomian mana yang ada di Indonesia? Sistem perekonomian yang diterapkan oleh Indonesia adalah sistem perekonomian Pancasila. Sistem ekonomi Pancasila dipilih untuk diterapkan di negara kita karena di dalamnya terdapat makna demokrasi ekonomi. Barang-barang yang dianggap sangat penting bagi eksistensi negara dan dibutuhkan banyak orang tidak boleh diserahkan pada pihak swasta.
Negara dapat membuat kebijakan, mengurus, mengatur, mengelola, dan mengawasi produksi strategis tersebut. Jika kekayaan tersebut dibiarkan begitu saja jatuh pada pihak yang salah maka kemakmuran masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan tersebut sulit terwujud. Ekonomi Indonesia kini banyak ditopang oleh industri dan perdagangan, dengan fokus mayoritas di sektor ekspor. Mungkin itu sebabnya pula sekarang Indonesia didorong untuk memasuki industri 4.0 dan banyak wirausaha yang bermunculan.
  • Kelebihan :

  1. Adanya kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi selama tidak mengganggu kepentingan masyarakat.
  2. Perekonomian nasional diutamakan untuk kemakmuran rakyat.
  3. Pengelolaan perekonomian berjalan secara kolektif atau bersama-sama untuk mencapai kemakmuran bersama.
  4. Hak milik individual diakui oleh negara selama pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingian umum.
  • Kekurangan :

  1. Perekonomian cenderung berjalan kurang efisien karena sistem ekonomi ini mengutamakan proses demokrasi yang membutuhkan waktu.
  2. Proses pengambilan keputusan ekonomi berlangsung lambat karena harus diselaraskan dengan kepentingan bersama.
  3. Adanya dominasi negara dalam pengelolaan perekonomian berpotensi meredam dan ‘membunuh’ daya kreasi dan inovasi masyarakat.

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian ekonomi, prinsip-prinsip, motif, dan kegiatan ekonomi secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Ekonomi

  • pengertian ekonomi lengkap
  • pengertian ekonomi secara umum
  • pengertian ekonomi menurut para ahli
  • pengertian ekonomi brainly
  • pengertian ekonomi mikro
  • pengertian ekonomi bisnis
  • pengertian ekonomi dan contohnya
  • pengertian ekonomi rumah tangga

Post a Comment for "Pengertian Ekonomi Meliputi Tujuan, Prinsip dan Contohnya [ LENGKAP ]"