Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gunung Meliputi Manfaat, Jenis-jenis Beserta Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. 



Manfaat Gunung

Dibawah ini akan dijelaskan manfaat dari gunung, penjelasnnya sebagai berikut :
  • Sebagai Tempat Wisata

Pengertian gunung tersebut juga mengandung arti bahwa Gunung tersebut dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi atau objek wisata. Keindahan dari gunung tersebut bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata contohnya seperti ketep pass yang berada di wilayah Magelang Jawa Tengah.
  • Menyuburkan tanah

Abu vulkanik yang dikeluarkan dari dalam gunung berapi itu akan membuat tanah menjadi subur setelah adanya suatu proses betahun-tahun. Hal tersebutlah yang membuat lahan yang berada sekitar gunung berapi itu menjadi sangat subur untuk ditanami segala macam jenis sayuran.
  • Material yang bermanfaat

Apabila sebuah gunung itu mengalami erupsi, maka material yang akan dikeluarkan oleh gunung berapi tersebut akan bermanfaat untuk dijual. Material dari letusan gunung api dalam waktu yang lama akan menyuburkan tanah, pasirnya itu dapat digunakan sebagai salah satu bahan bangunan
  • Pengatur Iklim dan Penyimpan Air

Gunung juga juga berfungsi sebagai pengatur iklim dan penyimpanan air. Gunung mengalirkan air ke daerah-daerah yang mempunyai ketinggian yang lebih rendah.
  • Barang Tambang

Magma yang keluar dari dalam gunung tersebut juga dapat menyebabkan terangkatnya barang tambang itu kepermukaan bumi.
  • Gunung sebagai tempat pendakian

Gunung juga banyak dijadikan tempat pendakian oleh banyak orang hal tersebut memiliki dua dampak yaitu dampak positif serta juga tentu dampak negatif. Dampak negatifnya ialah mereka yang hanya melakukan pendakian itu hanya untuk hobi dan menjadikan gunung itu sebagai tempat sampah baru. Dan untuk dampak positifnya ialah orang-orang yang tergerak untuk mempunyai gaya hidup yang sehat dengan berolahraga dengan melakukan pendakian ke puncak gunung.

Jenis-jenis Gunung (Pegunungan)

Gunung ataujuga pegunungan itu dibagi menjadi tiga macam diantaranya sebagai berikut:
  1. Gunung api
  2. Gunung lipatan
  3. Gunung patahan




Gunung Tertinggi di Indonesia

  • Gunung Puncak Jaya
Puncak Jaya sering dikenal dengan Cartenzs Pyramid. Merupakan barisan pegunungan Sudirman di Kabulaten Puncak Jaya, Papua.Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung Puncak Jaya menjadi gunung tertinggi di Indonesia dan menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO.Selain itu, gunung ini juga menjadi salah satu Seven Summit di dunia.Di puncak gunung ini terdapat glestser atau padang salju yang tidak dimiliki gunung lainnya di Indonesia. Salju ini dimabarkan menjadi salju abadi di puncak gunung.
  • Gunung Puncak Mandala
Menjadi gunung tertinggi ke dua di Indonesia dan masih berada di Papua tepatnya di Kabupaten Bintang.
Gunung Puncak Mandala merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya. Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal di saat penjajahan Belanda.Gunung Puncak Mandala memiliki ketinggian 4.670 mdpl. Puncak gunung ini dulunya ditutupi oleh salju, namun karena pemanasan global yang terjadi dibeberapa waktu terakhir membuat salju itu menghilang.
  • Gunung Puncak Trikora
Gunung Puncak Trikora memiliki nama lain Gunung Wilhelmina yang terletak di Papua Barat.Memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas.Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.
  • Gunung Ngga Pilimsit
Memiliki nama lain Gunung Idenburg pada zaman kolonial. Terletak di Provinsi Papua pada Pegunungan Maoke.Memiliki ketinggian 4.717 mdpl. Puncak gunung yang terdekat dengan gunung ini adalah puncak Cartenzs Pyramid.
  • Gunung Kerinci
Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatra, tepatnya di Jambi. Gunung Kerinci termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat.Masuk dalam jajaran dari bukit barisan dan termasuk golongan gunung berapi aktif. Memiliki ketinggian hingga 3.805 mdpl dan terakhir meletus pada tahun 2009.Rute termudah untuk melakukan pendakian gunung Kerinci adalah di Desa Kersik Tuo yang berada di ketinggian 1.400 mdpl.
  • Gunung Rinjani
Terletak di Pulau Lombok telatnya di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Terakhir meletus pada tahun 2009-3010.Memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani memiliki danau kawah berwarna biru yang mampu mencuri perhatian. Danau tersebut berada di 2.000 mdpl dengan nama Segara Anak.Untuk mendaki di gunung ini, para pendaki biasanya diarahkan ke jalur Senaru yang lebih mudah.

  • Gunung Semeru
Termasuk dalam gunung berapi. Gunung Semeru berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.Memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Menjadi gunung tertinggi di Jawa. Puncak gunung Semeru terkenal dengan nama Mahameru dan memiliki kawah dengan nama Jongring Saloko.Letusan terakhir gunung Semeru terjadi pada tahun 2008. Gunung Semeru menjadi kawasan yang ramai dikunjungi oleh para pendaki.Rute termudah yang bisa dilalui adalah di Tumpang, Kabupaten Malang. Di sekeliling gunung ini terdapat hutan cemara, hutan pinus, Danau Ranu Kumbolo dan perbukitan yang banyak ditumbuhi bunga Edelweis.
  • Gunung Sanggar
Menjadi gunung tertinggi kedua di Nusa Tenggara Barat setelah Gunung Rinjani. Memiliki ketinggian mencapai 3.564 mdpl.Gunung ini masih beradA di gugusan pegunungan Rinjani dengan keindahan alam yang masih terjaga. Belum banyak orang datang ke gunung tersebut.
  • Gunung Latimojong
Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Memiliki ketinggian 3.478 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Sulawesi. Gunung Latimojong memiliki puncak yang terkenal dengan nama Rante Mario.

  • Gunung Slamet
Gunung Slamet menjadi salah satu gunung berapi di Jawa. Terletak di 5 kabupaten Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang.Memiliki ketinggian 3.428 mdpl dan memiliki kawah yang masih aktif sampai saat ini. Pada 2014 Gunung Slamet menunjukkan aktivitasnya, sehingga berstatus waspada.Di pendakian gunung ini banyak sekali kabut yang oemat sehingga tak sedikit oendaki merasa kesulitan. Selain itu di kaki gunung tersebut juga banyak kawasan wisata, salah satunya Wisata Baturaden.
Gunung Sumbing (3.371 mdpl)
  • gunung sumbing
Gunung Sumbing adalah salah satu gunung berapi yang terdapat di propinsi Jawa Tengah tepatnya di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Gunung Sumbing memiliki ketinggian mencapai 3.371 mdpl atau sekitar 11.060 kaki. Letak geografisnya adalah di 7,384° LS dan 110,07°BT. Meskipun belum diketahui secara pasti kapan terakhir gunung ini meletus, namun di atas puncak gunung terdapat kawah yang masih aktif hingga saat ini.

Di kawasan gunung Selamet terdapat hutan Dipterokarp Bukit, huutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous. Para penduduk yang berada di daerah Lereng gunung Selamet memanfaatkan tempat tersebut menjadi lahan pertanian untuk bercocok tanam. Untuk melakukan pendakian gunung Selamet, jalur yang bisa dipilih oleh para pendaki adalah melaui Desa Garung yang terletak di kaki Gunung Sumbing bagian utara.
  • Gunung Raung (3.344 mdpl)
Gunung tertinggi selanjutnya adalah gunung Raung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya gunung ini terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi. Gunung Raung berada di kawasan Pegunungan Ijen dan merupakan puncak tertinggi di wilayah tersebut. Gunung yang memiliki Koordinat letak 8°07’30”LU dan 114°02’30”BT ini memiliki ketinggian 3.344 mdpl atau sekitar 10.971 kaki. Gunung Raung memiliki Kaldera kering yang merupakan kaldera tertinggi di Jawa Timur dan nomor 2 di Indonesia. Gunung Raung pertama kali meletus pada tahun 1586 dan terakhir kali meletus pada tahun 2015 yaitu di bulan Juli.
14. Gunung Lawu (3.265 mdpl)
  • Gunung Lawu
Gunung Lawu adalah gunung berapi yang berada di pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Magetan di Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar di Propinsi Jawa Tengah.Secara Geografis, Gunung Lawu terletak di 07°37’30”LU dan 111°11’30”BT. Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 mdpl atau sekitar 10.710 kaki ini 3 puncak, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, Dan Hargo Dumilah sebagai Puncak tertinggi. Ketiga puncak gunung lawu tersebut dianggap sebagai tempat yang sakral bagi masyarakat sekitar.

Terakhir kali gunung Lawu meletus di tahun 1885. Gunung Lawu menjadi salah satu tempat yang populer untuk melakukan pendakian. Rute termudah untuk melakukan kegiatan tersebut adalah dari Cemorokandang di Tawang Mangu Jawa tengah atau dari Cemorosewu di Sarangan Jawa Timur.
15. Gunung Merbabu (3.145 mdpl)


  • Gunung Merbabu
Gunung merbabu merupakan gunung berjenis stratovolcano yang berada di 4 Kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali, Salatiga, dan Semarang. Secara geografis, gunung ini terletak pada 7,5°LS dan 110,4°BT. Kata Merbabu berasal dari kata meru yang berarti gunung, dan abu yang berarti abu-abu. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl atau sekitar 10.630 kaki.

Tahun 1560 merupakan pertama kali gunung merbabu meletus, dan gunung tersebut meletus terakhir kali di tahun 1797. Gunung Merbabu menjadi salah satu tempat favorit para pendaki untuk melakukan kegiatan pendakian. Meskipun medan yang dilalui tidak terlalu sulit, namun para pendaki bisa menghadapi beberapa hambatan seperti tidak adanya sumber air, kabut tebal, udara yang dingin, serta harus melewati hutan yang lebat.


Penelusuran yang terkait dengan gunung adalah
  • contoh gunung
  • perbedaan gunung dan bukit
  • gunung di indonesia
  • pegunungan adalah
  • gunung adalah brainly
  • bukit adalah
  • ciri ciri gunung
  • manfaat gunung

Post a Comment for "Pengertian Gunung Meliputi Manfaat, Jenis-jenis Beserta Gunung Tertinggi di Indonesia"