Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Smartphone, Sistem Operasi,Jenis Smartphone, Fungsi, Manfaat beserta Dampaknya Secara Lengkap

Pengertian Gadget (smartphone)

Pengertian Smartphone

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti Smartphone. Bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, Smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. Dengan kata lain, Smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa ke mana-mana membuat kemajuan besar dalam pemroses, memori, layar dan sistem operasi yang di luar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini.

 

Ada juga beberapa pengertian smartphone menurut para ahli, antara lain:
  • David Wood

Menurut David Wood, smartphone merupakan sebuah handphone cerdas yang mempunyai berbagai kelebihan daripada alat telekomunikasi lain.Kelebihannya bisa dilihat dari bagaimana proses pembuatannya dan bagaimana pula proses penggunaannya.
  • Williams dan Sawyer

Smartphone merupakan telepon selular yang menggunakan beberapa  layanan seperti layar, memori, mikroprosesor, dan modem bawaan.Maka dari itu, bisa dibilang smartphone ini mempunyai fitur yang lebih lengkap daripada handphone biasa.
  • Ridi Ferdiana

Menurut Ridi Ferdiana, smartphone merupakan perangkat telepon seluler yang dilengkapi dengan bermacam fitur.Dengan begitu, smartphone sebagai alat telekomunikasi juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis oleh para pengusaha dan masyarakat umum.

Macam – Macam Sistem Operasi Smartphone

  1. Android OS
  2. BlackBerry OS
  3. iOS
  4. Windows Phone
  5. Bada OS
  6. FireFox OS
  7. MeeGo OS
  8. Palm OS
  9. Symbian OS
  10. Tizen OS
  11. Ubuntu OS

Perkembangan smartphone dari zaman ke zaman

  • IBM Simon Personal Communicator.
Ponsel pintar pertama di dunia ini diluncurkan oleh perusahaan IBM pada 16 Agustus 1994 dengan harga yang terbilang cukup mahal, yaitu berkisar 12–14 juta rupiah. Beratnya mencapai 500 gram dengan fitur-fitur yang cukup lengkap pada zamannya. Aplikasi dalam ponsel ini antara lain kalender, e-mail, catatan, mengirim pesan singkat, dan dilengkapi dengan stylus. Bentuknya berupa kotak berwana hitam dengan layar berwarna hijau dengan layar sentuh monokrom. Sayangnya apabila sudah digunakan selama 1 jam, ponsel ini harus diisi kembali dayanya. Inilah yang menyebabkan alat komunikasi ini hilang dari pasaran 2 tahun kemudian.
  • Nokia 9000 Communicator.
Ponsel ini dirilis pada tahun 1996 dengan ketebalan 1,5 inci dan bobot 397 gram, serta dilengkapi dengan tombol dial, navigasi, dan tentunya layar monokrom. Nokia 9000 Communicator bisa dibilang yang paling mendekati smartphone saat ini karena memiliki fitur yang ada di smartphone modern. Gadget ini juga memiliki keyboard QWERTY dengan kemampuan mengirim e-mail, faks, browsing di internet, pemrosesan kata, hingga lembar kerja. Sistem oprasinya adalah GEOS yang merupakan cikal bakal dari Symbian. Produk terakhirnya adalah Nokia E90 Communicator yang rilis di tahun 2007.
  • PDA Phone.
PDA Phone yang diperkalkan pada tahun 2005 ini memang jarang digunakan oleh orang Indonesia. Namun ponsel ini lebih sering digunakan oleh para eksekutif yang selalu sibuk dengan pekerjaannya. PDA sendiri memiliki kepanjangan Personal Digital Asisstant dan menggunakan sistem operasi Windows Phone. Ponsel pintar ini sanggup diajak berkomunikasi selama 3,5-4 jam. Sementara waktu tunggunya diklaim sanggup hingga 150-200 jam.
  • Nokia Symbian.
Nokia Symbian bisa dibilang “Nokia” yang dikenal pada tahun 2005–2010-an. Ponsel ini memiliki banyak tipe seperti Nokia 3650, 6600, N-Gage, N70, dan lainnya. Harganya beragam sesuai dengan tipe dan waktu keluarannya. Fitur-fiturnya juga semakin lengkap, seperti multitasking, bermain game, internet, musik player, perekam video, bahkan mengedit file Microsoft Word.
  • BlackBerry.
Smartphone ini terkenal dengan aplikasi chatting-nya, yaitu Blackberry Messenger (BBM). Gadget yang pertama diluncurkan adalah BlackBerry 5810 pada tahun 2002 oleh perusahan RIM yang merupakan perusahaan di bidang Pager. Ponsel ini sudah dilegkapi jaringan GSM dan GPRS namun ketika menelpon harus menggunakan headset. Sampai akhirnya pada tahun 2009, BlackBerry makin terkenal karena mengelurkan tipe-tipe baru dengan spesifikasi yang lebih lengkap dan paket internet yang terjangkau.
  • Android.
Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Android Inc dan dibeli Google pada tahun 2005. Awalnya Android dikembangkan sebagai sistem operasi kamera digital namun, beralih pada ponsel agar mencapai pasar lebih luas. Kemudian dinamai Sooner dengan desain awalnya mirip dengan BlackBerry dengan keyboard QWERTY tanpa touch screen. Seiring berjalanya waktu, Sooner didesain ulang sehingga menjadi layar sentuh. Kemunculan android pun tidak langsung tenar seperti BlackBerry dengan BBM nya. Pada tahun 2008, produk smartphone Android pertama diluncurkan dengan nama HTC Dream yang dikenal juga dengan nama G1. Dan terus berkembang sampai sekarang.
  • Iphone.
Pada tahun 2007, Steve Jobs menggabungkan 3 produk luar biasa yaitu; iPod, telepon seluler, dan perangkat komunikasi internet ke dalam satu produk bernama iPhone. Ponsel pertama ini masih belum mendukung 3G, namun memiliki segudang kelebihan seperti multitouch tanpa stylus, singkronasi dengan iTunes, multitasking, dan mampu memutar film berdurasi panjang. perangkat lunaknya adalah ios dan dianggap smartphone premium karena harga dan kualitasnya yang terbilang mahal.
  • Windows Phone.
Setelah Symbian kian redup pada akhir tahun 2010, dan muncul smartphone yang menggandeng Android dan Ios, Microsoft akhirnya masuk ke sistem operasi smartphone. Windows Phone pertama diluncurkan pada Februari 2010. Kemudian Microsoft menjalin kerja sama dengan Nokia untuk menjadi sistem operasinya menggantikan Symbian. Produk Windows Phone yang muncul pertama kali dan masuk ke pasar Indonesia pada than 2015 adalah Nokia Lumia 800 dan Nokia Lumia 710 dengan touchscreen dan berbagai aplikasi.


Jenis-Jenis Smartphone

Beberapa jenis Smartphone dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah jenis-jenis smartphone berdasarkan bentuknya:

1. Handphone

Smartphone berbentuk handphone adalah yang paling banyak digunakan karena bentuknya yang lebih kecil dan ringkas dibawa kemana saja.
Umumnya smartphone berbentuk handphone sudah memiliki layar touch screen. Tombol keypad pada smartphone berada pada screen yang dapat dinavigasi melalui touch screen tersebut.

2. iPhone

Ini adalah smartphone berbentuk handphone yang dikeluarkan oleh Apple. Secara garis besar fiturnya sama dengan handphone smartphone pada umumnya.

3. Tablet

Tablet merupakan smartphone yang bentuknya lebih lebar dan terlihat seperti buku. Layarnya lebih lebar dibandingkan dengan handphone dan seringkali dilengkapi dengan mini keyboard jika dibutuhkan.
Biasanya tablet sangat jarang digunakan untuk telephone. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar dan membutuhkan earphone agar bisa nyaman menggunakannya.

4. iPad

iPad adalah istilah untuk tablet yang dikeluarkan oleh brand Apple.

5. Smartwatch

Smartwatch adalah sebuah jam tangan pintar yang terhubung dengan internet dan perangkat lain, misalnya smartphone. Smartwatch dilengkapi dengan fitur GPS, Email, Telephone, SMS, dan prediksi cuaca.

6. iWatch

iWatch adalah produk jam tangan pintar yang dikeluarkan oleh brand Apple. Produk ini hanya bisa terhubung dengan produk iPhone.



Fungsi Gadget  Secara Umum

Menurut yang et al (Shofiah 2016 : 2) gadget (smartphone) memiliki beberapa fungsi yaitu:
smartphone merupakan cellphone yang menggabungkan fungsi-fungsi Personal Digital Assistant (PDA) seperti kalender, personal schedule, address book, dan memiliki kemampuan untuk mengakses internet, membuka email, membuat dokumen, bermain game, serta membuka aplikasi lainnya.
Telepone genggam sekarang sudah memiliki fungsi hampir sama dengan komputer, sehingga pengguna bisa mengubah fungsi telepon genggam tersebut menjadi mini computer yang banyak membantu si pengguna. Di dunia bisnis, fitur gadget (smartphone) yang lengkap sangat membantu bagi para pebisnis melakukan pekerjaan di satu tempat, dan membuat pekerjaan tersebut selesai dalam waktu yang singkat.
Kehadiran ponsel pintar gadget (smartphone) berbasis android menjadi suatu bukti dari majunya teknologi komuniksi pada perangkat berbasis ponsel saat ini, beberapa manfaat gadget smartphone menurut  Uswatun (Mardhi 2015: 23) yaitu:
Untuk menambah pengetahuan tentang kemajuan teknologi, alat komunikasi smartphone merupakan salah satu buah hasil dari kemajuan teknologi saat ini. Maka smartphone dapat dijadikan sarana untuk menambah pengetahuan siswa tentang kemajuan teknologi sehingga siswa tidak dikatakan menutup mata akan kemajuan di era globalisasi.

Manfaat Gadget (smartphone) di kalangan pelajar

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan pelajar dengan hadirnya gadget (smartphone). hal ini dikarenakan gadget (smartphone) juga merupakan media pembelajaran yang bersifat multi media, yang artinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya sumber belajar berbasis teknologi. 
Menurut Oka (2017: 21) “penggunaaan multimedia dalam pembelajaran akan berbanding lurus dengan manfaatnya”. Menurut Fenrich dalam Oka (2017 : 22) manfaat multimedia yaitu sebagai berikut:
  • Siswa akan terdorong mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika.
  • Siswa belajar dari tutor yang sabar (komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan siswa. .
  • Belajarkapan saja mereka mau tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan.
Menurut (Juraman 2014: 13) “ jenis informasi edukasi yang diakses melalui smartphone android  diantaranya, portal akademik, artikel ilmiah, informasi beasiswa, wikipedia.org, detik.com, googlebook, ejournal”. 

 

Dampak Penggunaan gadget (smartphone)

Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan gadget (smartphone) pun semakin beragam mulai dari aspek kesehatan sampai sosial. Dampak buruk penggunaan gadget (smartphone) pada anak Menurut Derry (2014: 16) yaitu,
menjadi pribadi tertutup, kesehatan otak tergangu, kesehatan mata tergangu, kesehatan tanggan tergangu, ganguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreatifitas, terpapar radiasi, ancaman cyberbullying.
Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan gadget (smartphone) tidak hanya dampak negatif saja melainkan ada pula dampak positifnya. Dampak penggunaan gadget (smartphone) terdiri dari dampak positif dan dampak negatif, yaitu:
  1. Dampak positif menurut Pertama  (Rohman 2017: 48) yaitu sebagai berikut:
  2. Komunikasi menjadi lebih praktis
  3. Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif
  4. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri
  5. Manusia menjadi lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget (smartphone)yang menuntut mereka untuk hidup lebih baik.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Smartphone, Sistem Operasi,Jenis Smartphone, Fungsi, Manfaat beserta Dampaknya Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat Buat Kita Semua


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Smartphone
  • pengertian smartphone menurut para ahli
  • fungsi smartphone adalah
  • smartphone wikipedia
  • sejarah singkat smartphone
  • perkembangan smartphone
  • jenis-jenis smartphone
  • perkembangan smartphone di indonesia
  • pengertian penggunaan smartphone

Post a Comment for "Pengertian Smartphone, Sistem Operasi,Jenis Smartphone, Fungsi, Manfaat beserta Dampaknya Secara Lengkap"