Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Tujuan Gerakan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Yang Harus di Ketahui

Teknik Dasar Pivot dalam Bola Basket
Pengertian pivot dalam bola basket banyak ditemukan di berjenis-jenis literatur bola basket, melainkan pada intinya pengertian tau definisi teknik pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan dengan bergantung pada satu kaki sebagai porosnya sambil mengendalikan bola basket. Gerakan putaran pada Pivot  tak boleh sampai menggeser letak kaki ( poros ) yang diaplikasikan berputar. Sekiranya sampai geser maka telah termasuk pelanggaran. Gerakan berputar itu dapat sampai 380 derajat. Pivot dijalankan oleh pemain bola basket dengan tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan bola supaya tak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan.Pivot dalam bola basket adalah salah satu teknik dasar bola basket yang juga berkaitan dengan teknik baket lainnya dan itu juga patut kita pelajari seperti : dribbling, passing, lay up, shooting, malahan teknik sistem mengendalikan bola basket yang benar juga patut dipelajari. Dan lebih penting juga adalah perlunya memahami regulasi permainan bola basket.



Fungsi Pivot Dalam Bola Basket

Pivot memiliki berbagai fungsi dalam permainan bola basket. Secara umum, fungsi utamanya dapat dikategorikan sebagai bagian dari strategi menyerang dan bertahan pemain. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi pivot dalam permainan bola basket:
  • Gerakan pivot bisa dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan celah pada pertahanan tim lawan. Celah ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan teknik lain dalam permainan bola basket, seperti drive, shooting, passing, dan lain-lain yang bisa menguntungkan tim sendiri
  • Gerakan pivot bisa dilakukan untuk mengelabui lawan dengan mengubah arah secara cepat, tiba-tiba, atau tidak terduga
  • Gerakan pivot bisa dilakukan untuk mengetahui gerakan lawan. Hal ini karena dalam gerakan pivot, pemain bisa berputar sehingga bisa melihat ke sisi lain lapangan basket
  • Gerakan pivot bisa dijadikan sebagai langkah awal sebelum melempar bola ke dalam ring basket atau melakukan gerakan shooting
  • Gerakan pivot dapat dilakukan untuk menghalau serangan dari tim lawan dan melakukan gerakan serangan balik
  • Gerakan pivot bisa dijadikan sebagai strategi untuk melindungi bola dari tim lawan. Saat pemain melakukan gerakan pivot bisa dikombinasikan dengan teknik lainnya sehingga pemain bisa lepas dari pemain lawan.
Apalagi dalam gerakan pivot juga bola dipegang oleh pemain sehingga saat pemain basket mengubah arah maka bola akan lebih terlindung dari pemain lawan

Tujuan Pivot Dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket, gerakan pivot dilakukan dengan tujuan utama untuk mempertahankan bola dari pemain lawan. Meskipun begitu, gerakan ini juga dapat digunakan sebagau bagian dari strategi menyerang dan strategi bertahan.Jika dikombinasikan dengan teknik lain, gerakan pivot menjadi bagian dari strategi yang digunakan pemain untuk memenangkan permainan bola basket. Bisa digunakan untuk menyerang sekaligus bertahan.


Teknik Cara Melakukan Gerakan Pivot dalam Bola Basket

Gerakan teknik pivot dalam bola basket jika dibaca dalam teorinya kelihatannya sederhana, namun diperlukan keterampilan sehingga tidak sampai melakukan kesalahan atau pelanggaran. Berikut ini adalah langkah - langkah cara melakukan teknik pivot dalam bola basket :
  1. Pertama-tama pilihlah salah satu kaki yang akan di jadikan Poros putaran badan, dianjurkan menggunakan kaki yang memiliki kekuatan contohnya kaki kanan (Untuk kidal menyesuaikan).
  2. Gunakan kaki yang satunya untuk melangkah ke segala arah, dan kaki yang satunya tetap berfungsi sebagai poros.
  3. Ketika melakukan putaran kaki yang digunakan sebagai poros tidak boleh bergeser.
  4. Setelah selesai melakukan gerakan Pivot ini, segeralah kembali ke sikap awal dan bersiap untuk melakukan langkah selanjutnya (Shooting, Dribling atau Passing)
Ketika melakukan teknik gerakan Pivot ini harus dipastikan salah satu kaki berperan sebagai poros dan tidak bergeser akibat gerakn berputar yang dilakukan, gerakan Memutar pada Pivot ini dapat dilakukan sampai 360 derajat, pada gerakan  Pivot ini terdapat dua cara dalam memutar badan yaitu gerakan memutar badan ke arah depan dan juga Gerakan Memutar badan ke arah belakang hal ini tergantung sesuai dengan kebutuhan pemain dan dari arah mana lawan datang.

Kesalahan dalam Melakukan Pivot

kebanyakan orang akan melakukan pivot, akan  melakukan kesalahan yaitu traveling atau juga foul. Kesalahan pada pivotini terjadi karena salah satu kaki kurang memiliki keseimbangan yang bagus.
Kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam melakukan teknik pivot adalah:
  • Cara pemegangan bola salah.
    Dalam memegang bola gunakan dengan kedua tangan dan posisi bola sejajar tingginya dengan dada.
  • Posisi badan.
    Posisi badan agak membungkuk kedepan untuk melindungi bola agar tidak direbut oleh lawan.
  • Tumpuan kaki.
    Kesalahan pemain basket dalam melakukan tumpuan kaki adalah pemain menggunakan bagian belakang kaki untuk menumpu. Dalam melakukan pivot bagian kaki yang depan yang digunakan, karena bagian depan kaki mempunyai keseimbangan lebih dari pada bagian belakang kaki.

Macam Macam Pivot dalam Permainan Bola Basket

Gerakan pivot terdiri atas 3 jenis yang diikuti oleh gerakan pendukung. Untuk memaksimalkan gerakan ini, pemain dapat memilih salah satu gerakan yang dianggap paling menguntungkan pada saat gerakan pivot dilakukan.
  • Pivot kemudian Dribble

Gerakan ini paling umum dilakukan, biasanya ball handler seperti point guard atau forward melakukan putaran di paint area kemudian menciptakan celah lainnya dengan satu atau dua dribble sebelum memutuskan untuk mencetak angka atau melakukan passing ke rekan tim
  • Pivot kemudian Passing

Sering dilakukan oleh pemain dengan insting passing yang bagus, biasanya killer pass datang setelah melakukan pivot ini ke pemain bertipe finisher seperti bigman dan small forward
  • Pivot kemudian Shooting

Gerakan pivot ini sering dilakukan scorer utama di tim, atau pemain yang paling berkontribusi dalam mencetak angka. Tidak mudah melakukan shooting langsung setelah pivot karena keseimbangannya yang kurang baik. Namun beberapa pemain bintang sangat piawai menciptakan gerakannya sendiri lewat teknik ini. Beberapa gerakan yang dikombinasikan teknik ini diantaranya Turnaround Jumper, Fadeaway Turnaround ShotTeknik pivot memang merupakan teknik dasar bola basket sekaligus juga lanjutan yang sangat ampuh untuk mempertahankan bola. Sehingga bisa digunakan untuk menyerang dan juga bertahan.



 Teknik-Teknik  Dasar Pivot Dalam Bola Basket

Ketika melakukan pivot, pemain di haruskan melakukan beberapa langkah-langkah dan hal-hal yang perlu di perhatikan agar pivot sempurna. Berikut teknik-teknik dan langkah melakukan pivot:
  1. Pilih salah satu kaki sebagai poros kaki untuk menumpukan berat badan anda di atas kaki
  2. Gerakan melangkah ke segala arah dengan kaki yang sama sedangkan kaki yang satunya menempel pada tanah dan digunakan sebagai poros atau tumpuan
  3. Setelah menyelesaikan pivot kembali ke sikap dasar dan bersiap-siap untuk langkah berikutnya.
Itulah beberapa teknik dasar melakukan pivot atau gerakan memutar dalam permainan bola basket yang perlu di perhatikan. Cara melalukan pivot seperti yang di jelaskan di sini adalah teknik-teknik yang paling dasar untuk pemula. Dengan mengetahui apa itu pivot dan bagaimana cara melakukannya tentu akan memudahkan pemain dalam melakukan gerakan mengelabui lawan melalui gerakan memutar pada poros kaki ini.


Penelusuran terkait
  • Gerakan pivot bermanfaat untuk
  • Bergerak dengan melambaikan kaki atau pivot dalam permainan bola basket dengan tujuan
  • Pengertian teknik pivot
  • Contoh gerakan pivot
  • Gerakan pivot digunakan untuk
  • Bagaimanakah gerakan pivot
  • Menggiring bola dalam permainan bola basket dinamakan
  • Gerakan bergelantung ketika memasukkan bola pada basket ke ring dinamakan

Post a Comment for "Fungsi dan Tujuan Gerakan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Yang Harus di Ketahui"