Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas Yang Harus Diketahui

Latihan Teknik Pernapasan Pada Renang Gaya Bebas
Diantara empat gaya renang yang ada (gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung), yang paling sulit cara bernafasnya adalah gaya bebas. Dalam gaya dada dan gaya kupu-kupu, bernafas bisa dilakukan dengan mudah karena ada saat dimana kepala kita seluruhnya berada diatas permukaan air. Bernafas dalam gaya punggung juga tidak sulit karena kepala dan tubuh kita menghadap dengan bebas ke arah langit. Adapun dalam gaya bebas, kepala kita tidak boleh sepenuhnya menyembul dari permukaan air. Inilah yang menjadikan bernafas dalam gaya bebas terasa lebih sulit.

Namun jika sudah biasa, tidak akan ada lagi hal yang sulit. Mengambil (menghirup) nafas dalam gaya bebas kita lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan kita, dan kita akhiri pada saat tangan kita kembali masuk kedalam air. Kita ambil contoh mengambil nafas ke sisi kiri. Pada saat kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada, akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita. Akibatnya, tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. Pada saat itulah kita mulai mengambil nafas. Dan kemiringan tubuh kita dengan sendirinya akan membantu wajah kita untuk bisa menyembul keatas permukaan air dengan mudah dan alami.

Pada saat wajah Anda kembali terbenam kedalam air, keluarkanlah udara dengan santai dari hidung Anda. Ini akan menimbulkan gelembung-gelembung air yang keluar dari hidung Anda.


Renang gaya bebas adalah gaya renang paling cepat dibandingkan dengan gaya renang lainnya. Dalam renang gaya bebas, terdapat beberapa gerak dasar yang harus dikuasai oleh setiap perenang. Gerak dasar dalam renang gaya bebas adalah
  • Gerakan meluncur
Gerakan meluncur pada renang gaya bebas dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. Ketika melakukan gerakan meluncur, posisi kedua kaki lurus dan rapat kebelakang dan kedua tangan lurus kedepan.
  • Gerakan tangan
Gerakan tangan pada renang gaya bebas dilakukan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan atas secara bergantian. Ketika mengayunkan salah satu tangan, miringkan posisi badan ke salah satu sisi.
  • Gerakan kaki
Gerakan kaki apda renang gaya bebas dilakukan dengan menggerakkan kedua kaki naik turun secara bergantian. Gerakan kaki dilakukan didalam air dengan sumber gerakan terletak pada pangkal paha.
  • Gerakan pernafasan
Gerakan pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan memutar kepala ke salah satu sisi hingga mulut keluar dari permukaan air. Gerakan memutar kepala disesuaikan dengan posisi badan yang miring. Gerakan pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan ketika tangan mengayun ke depan atas.



Ketika melakukan pengambilan nafas pilihlah salah satu sisi (Sisi kanan atau Kiri) untuk mengambil nafas hal ini bertujuan untuk efisiensi tenaga dan untuk menstabilkan kecepatan ketika berenang, berikut ini adalah cara untuk melakukan pernafasan renang gaya bebas adalah sebagai berikut :
  1. Kayuh lah tangan yang bukan sisi yang digunakan untuk pengambilan nafas, dan kemudian dilanjutkan dengan sisi yang akan digunakan untuk pengambilan nafas.
  2. Ambilah nafas pada bagian pertengahan dari gerakan tangan sisi pernafasan yaitu pada saat bagian terakhir dari kayuhan tangan dan dengan segera angkatlah kepala hingga mulut berada pada permukaan air.
  3. Pengambilan nafas dilakukan melalui mulut, hal ini bertujuan agar pengambilan nafas dapat dilakukan dengan cepat.
  4. Kayuhan tangan dilanjutkan oleh sisi yang bukan digunakan untuk pengambilan nafas.
  5. Lakukan lah secara teratur dan hindari mengangkat kepala terlalu keatas karena apabila kepala terlalu keatas maka akan menghambat laju dari renang yang sobat lakukan.

Latihan Teknik Pernapasan Pada Renang Gaya Bebas



Untuk lebih menguasai lagi teknik bernapas saat melakukan renang gaya dada, berikut ini beberapa latihan yang dapat anda lakukan untuk melatih teknik pernapasan anda saat melakukan renang gaya dada.

Latihan 1
Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas berpegangan di dinding kolam. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Posisi badan telungkup terapung di permukaan air, kedua tangan memegang dinding kolam, kedua kaki lurus kebelakang.
  • Lakukan gerakan pukulan kaki sebanyak dua kali pukulan dan putar leher ke kanan atau ke kiri, lalu hirup udara diatas permukaan air melalui mulut.
  • Setelah bernapas melalui mulut, lalu masukkan lagi muka ke dalam air dan buang napas did alam air. Latihan ini dilakukan berulang-ulang.

Latihan 2
Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas dengan berpegangan pada papan pelanpung. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Posisi telungkup di atas permukaan air. Badan, kedua kaki dan lengan lurus memegang papan pelampung.
  • Lakukan gerakan kaki sebanyak dua kali atau empat kali, lalu putar leher ke kanan atau ke kiri, ambil napas melalui mulut diatas permukaan air.
  • Masukkan lagi muka ke dalam air dan buang napas dilakukan berulang-ulang.

Latihan 3
Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas dengan posisi badan terapung diatas permukaan air. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Posisi terlungkup di atas permukaan air dengan badan, kaki, dan lengan lurus.
  • Lakukan gerakan kaki dan tarik lengan kanan ke belakang, lalu putar leher ke atas dan hirup udara melalui mulut.
  • Saat lengan diputar dan masuk di air, lalu putar kembali leher dan masukkan muka ke dalam air dan buang napas di dalam air.
  • Latihan dilakukan berulang-ulang.


Baca Juga: Gambar Ukuran Lapangan Bola Basket dengan Keterangannya Secara Lengkap


Penelusuran terkait
  • Jelaskan teknik pernapasan renang gaya punggung
  • Gerakan kaki tangan dan cara pengambilan nafas gaya bebas
  • Jelaskan gerakan kaki tangan dan pengambilan nafas pada 4 gaya renang
  • sebutkan teknik-teknik renang gaya bebas
  • Mengapa kita tidak diperbolehkan mengambil nafas melalui hidung saat melakukan renang gaya bebas
  • Cara bernapas renang gaya bebas adalah menengokkan kepala ke
  • Sebutkan periode mendayung putaran tangan dalam renang gaya bebas
  • Posisi kaki pada renang gaya bebas

Post a Comment for "Teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas Yang Harus Diketahui"