Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Jumlah, Posisi Dan Tugas Pemain Dalam Setiap Tim Bola Basket Secara Lengkap

Jumlah Pemain Basket Beserta Tugas dan Posisi di Lapangan
Jumlah pemain bola basket. Seperti halnya dengan ragam olah raga lainnya, permainan bola basket dikendalikan dengan jumlah pemain untuk masing - masing tim. Keunggulan atau kemenangan dalam permainan bola basket tak ditentukan oleh berapa jumlah pemain melainkan yang lebih pnting yaitu kerjasama team layak dengan posisi dan peranan masing - masing. Dengan teknik dasar bola basket yang telah dikendalikan tentunya keunggulan skill yang dimiliki dapat digambarkan untuk menumbangkan team lawan. Jumlah pemain bola basket dalam tiap pertandingan yaitu 5 orang per tim. Dari jumlah pemain hal yang demikian masing - masing telah dibagi posisinya sehingga memiliki tugas dan peranan yang telah ditentukan, dengan seperti itu kerjasama team lah yang menjadi elemen penentu efektifitas serangan terhadap team lawan.


Jumlah Pemain Bola Basket

Biasanya permainan bola basket menerapkan jumlah 5 pemain untuk starter dan 5 pemain cadangan. Tetapi di arena yang lebih prestis seperti NBA, mereka menambahkan dua pemain cadangan lagi sehingga secara total ada 12 pemain di tiap regu. 5 pemain yang menjadi starter mempunyai posisi dan tugasnya masing-masing, begitupun dengan para pemain cadangan yang menyesuaikan dengan posisi pemain starter. Karena olahraga ini mempunyai intensitas gerakan yang sungguh-sungguh tinggi, maka metode pergantiannya menjadi lebih bebas. Artinya pemain yang sudah diganti bisa masuk kembali kapan saja cocok keputusan pelatih.

Menit Bermain Pemain Basket

12 pemain yang ada dalam satu regu mendapatkan alokasi menit bermain yang berbeda-beda. Untuk pemain starter, bila lombanya merupakan 4 kali 12 menit (48 menit) waktu normal, maka menit yang diperoleh lazimnya di kisaran 30-40 menit. Pemain yang mendapatkan menit tertinggi ini merupakan scorer utama atau pemain yang paling penting untuk regu tersebut.Padahal untuk pemain substitusi alokasi menit bermainnya bervariasi mulai dari yang terbanyak seperti sixth man yang menempuh 20-25 menit, sampai yang cuma mendapatkan alokasi 3 menit untuk pemain dengan prioritas terakhir. Penentuan strategi dan alokasi bermain ini ditetapkan menurut strategi pelatih serta kwalitas individu yang dimiliki oleh tiap pemain. Untuk para pemain cadangan lazimnya juga disebut sebagai role player.

Waktu Bermain Bola Basket

Di regulasi FIBA, standar waktu bermain basket merupakan 4x10 menit. atau secara total 40 menit yang terbagi atas 4 kuarter. Kuarter pertama dan kedua lazimnya disebut babak pertama meski quarter ketiga dan keempat disebut sebagai babak kedua dengan pertanda pergantian posisi bermain dia lapangan.Di tiap kuarter terdapat sela istirahat selama 10 menit, meski bila perlombaan berlangsung imbang sampai detik terakhir, maka akan dilanjutkan dengan babak overtime sampai keluar siapa pemenangnya. Olahraga ini juga menerapkan waktu yang fleksibel, artinya menit bermain cuma akan berjalan bila bola/possesion sedang dimainkan. Sementara bila terjadi sela seperti pelanggaran, free throw, dan insiden lainnya, maka waktu akan dihentikan yang kemudian dilanjutkan kembali di possesion berikutnya.

Di kompetisi NBA, standar waktu bermain basket merupakan 4x12 menit sehingga perlombaan akan memakan waktu lebih lama, tetapi disisi lain memberi banyak menit bermain bagi pemain cadangan. Efek positif lainnya merupakan skor yang lebih besar serta statistik individu yang lebih baik.


Posisi dan Tugas Pemain Basket


1. Point Guard (PG)

Point Guard adalah posisi yang dianggap enteng, karena posisi itu tergolong sangat penting dalam tim bola basket.Oleh karena itu, posisi ini adalah pemain yang paling diandalkan oleh pelatih dalam permainan di mulai.Posisi point guard terkadang memiliki aspek keterampilan dan pengetahuan tentang bola basket, yang akan menjadi seorang point guard untuk selalu didukung dan menunjukkan keterampilan pemain.kinerja tim dalam point guard yang keterampilannya biasa – biasa saja akan sulit ketika seseorang tidak memiliki keterampilan yang baik atau lebih dari rekan satu timnya.Pemain bola basket yang seorang point guard harus memiliki teknik dan strategi untuk mengalahkan lawan dan menempatkan bola sebanyak mungkin di ring lawan.

2. Shooting Guard (SG)

Shooting Guard (SG) berada di urutan posisi kedua setelah Point Guard. Nah, orang yang berada di posisi ini biasanya dijuluki sebagai “Si Penembak”. Hal ini dikarenakan tugas utama SG adalah menembak bola dari jarak-jarak jauh.Misalnya saja ketika bola berada di area three point, maka SG lah yang harus ambil tugas untuk menembakkan bola. Karena tugasnya ini, maka seorang Shooting Guard biasanya memiliki kemampuan akurasi tembakan yang jitu.Orangnya pun sebaiknya cekatan dan cepat bergerak agar bisa mencari posisi atau ruang kosong untuk melakukan tembakan. Terkadang pemain dengan posisi SG bisa merangkap dengan Point Guard. Semua tergantung strategi permainan tim saja.

3. Small Forward (SF)

Pada posisi ini, pada umumnya seorang pemain perlu memiliki tubuh yang atletis dengan kemampuan berlari paling cepat karena tugasnya adalah berlari mengisi jalur serangan cepat. Ia juga yang menyelesaikan serangan cepat dengan kuat. Small forward adalah posisi pemain yang juga paling kerap mencetak angka tak peduli di sudut lapangan basket manapun.Pemain basket pada posisi ini juga sama mengagumkannya dengan posisi pemain lain karena ia ahli dalam banyak hal, yakni shooting, dribbling dan bahkan menjelajah lapangan secara luar biasa. Jika ada seseorang seperti ini dalam sebuah tim, maka kembali kepada pelatih basket untuk menentukan pemain ini akan fokus di mana.

Hanya saja, ada kelemahan dalam posisi ini di mana pemainnya memiliki ego tinggi. Pada posisi ini, pemain tersebut akan lebih sering berambisi untuk mencetak angka karena kemampuan dan keterampilan yang ia miliki. Pemain pada posisi ini juga berkeinginan serta berhasrat besar untuk bisa berbuat banyak saat posisi bola ada di tangannya.Banyak pelatih juga menginginkan bahwa bola dapat dibawa oleh posisi pemain small forward ini karena teknik dribbling sekaligus passingnya sangat membuka kesempatan positif. Selain mampu mencetak angka dengan mudah, small forward juga inilah yang sangat ampuh ketika mengumpan bola kepada temannya secara matang. Itulah mengapa posisi ini pun menjadi andalan dan unggulan para pelatih basket.

4. Power Forward (PF)

Posisi pemain basket selanjutnya adalah Power Forward (PF). PF memiliki tugas untuk me-rebound bola atau mengambil bola yang memantul hasil tembakan lawan yang gagal. Orang yang bisa me-rebound bola ini tentunya sangat penting, terlebih untuk pertahanan tim agar bola tidak diambil oleh lawan.Tak hanya pertahanan, saat penyeranganpun PF bisa membantu menciptakan kesempatan untuk mencetak angka.Untuk menempati posisi PF, sebaiknya diisi oleh pemain yang mempunyai lompatan cukup tinggi. Sekaligus juga memiliki kekuatan fisik yang kuat untuk beradu fisik dengan musuh ketika berebut bola di udara.

5. Center (C)

Posisi terakhir adalah Center (C) yang biasanya berkutat di daerah pertahanan dan penyerangan. Biasanya, posisi center diisi oleh pemain yang mempunyai badan tinggi dan postur yang cukup besar agar bisa mematahkan pertahanan tim lawan.Posisi Center inilah yang akan menjadi penguasa di area ring atau point area serta bisa mencetak angka dari jarak dekat. Center juga bertugas untuk melakukan screen pada PG dan SG agar lolos dari penjagaan defender-nya lawan.Setiap pemain basket memiliki posisi, tugas dan fungsi yang berbeda. Karena itu biasanya bisa kita nilai dari fisiknya. Misalnya mereka yang cekatan, kuat, sekaligus mampu berebut bola di udara sangat mungkin adalah pemain posisi center.





Itulah sedikit ulasan tentang posisi pemain basket, berikut juga sedikit informasi mengenai sejarah dan perkembangan bola basket di beberapa negara dan juga Indonesia. Kiranya informasi ini mampu menjadi pengetahuan bersama, terutama bagi Anda yang ingin menjadi pemain bola basket profesional.


Penelusuran terkait
  • Teknik dasar bola basket
  • Berikut ini posisi pemain dalam permainan bola basket kecuali
  • Sebutkan lima pemain dalam permainan bola basket Beserta tugasnya
  • Sebutkan tiga posisi dalam permainan bola basket
  • Formasi pemain bola basket
  • Pemain penyerang dalam bola basket disebut
  • Dalam bola basket bola di tunjukan untuk
  • Pemain belakang dalam permainan bola basket disebut

Post a Comment for "Mengetahui Jumlah, Posisi Dan Tugas Pemain Dalam Setiap Tim Bola Basket Secara Lengkap"