Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencipta Permainan Bola Basket Beserta Biografi, Sejarah Bola Basket Hingga Sejarah Bola Basket Di Indonesia

James Naismith

Penemu Bola Basket

James Naismith yang lahir pada tanggal 6 November 1861 di Kananda pada awalnya merupakan salah satu dari guru olah raga di YMCA International Training School Springfield di Amerika Serikat. Memasuki musim dingin tahun 1891, James melihat kebosanan yang dialami oleh seluruh muridnya.

Apalagi kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk melakukan kegiatan olah raga karena suhu yang terlalu dingin. Namun, hal ini tidak menjadi hambatan bagi James untuk memberikan pelajaran olah raga kepada seluruh muridnya. Saat itu, dirinya mencoba untuk mendapatkan ide tentang olah raga yang bisa dimainkan saat musim dingin tiba.Akhirnya dirinya mulai teringat tentang kegiatan semasa kecil yang pernah dilakukan dengan memantulkan bola dan menangkapnya kembali. Ide ini kemudian menjadi cikal bakal dari permainan bola basket.Olah raga bola basket yang dicetuskan oleh James kemudian menjadi sangat populer di dunia, terutama Amerika Serikat. Anda harus tahu bahwa pada awal penemuan Bola Basket, masing-masing tim didukung oleh 9 orang dengan peraturan yang masih kurang sempurna.



Selanjutnya, perkembangan bola basket yang sudah dikenal banyak orang terus mengalami perubahan peraturan hingga saat ini. James Naismith pada awalnya tidak menganggap bahwa idenya pada bola basket ini memberikan dampak dan disambut antusias oleh banyak kalangan.Pola permainan dan peraturan yang diberikan juga disesuaikan dengan perkembangan situasi hingga industri olah raga. James Naismith sendiri pada akhirnya menjadi berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat dan ia juga menjadi Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional di olimpiade Berlin pada tahun 1936.


Biografi James Naismith

  • Masa Kecil
Naismith lahir pada 6 November 1861 di Almonte, Provinsi Kanada (kini Mississippi Mills, Ontario) dan berasal dari keluarga migran Skotlandia.Karena sudah tidak memiliki orangtua, dia tinggal bersama paman dan bibinya dan bersekolah di Bennies Corners dekat Almonte sebelum dipindah ke SMP Almonte.
Kesulitan di sekolah namun menyukai berladang, Naismith menghabiskan waktunya bermain petak umpet atau permainan lokal seperti duck on a rock.Lulus dari Almonte pada 1883, dia masuk Universitas McGill di Montreal. Meski tergolong pendek (152 cm), dia merupakan atlet yang ulet dan berbakat.Dia memperkuat kampusnya di ajang sepak bola Kanada, rugbi, lacrosse, maupun senam. Di cabang olahraga terakhir, dia berhasil memperoleh sejumlah medali Wicksteed.Naismith memperoleh gelar Sarjana Kepelatihan Fisik (1888) dan mendapat titel Diploma di Presbyterian College di Montreal (1890).Pada 1891, dia menjadi pelatih fisik dan sempat menjabat sebagai Direktur Atletik McGill sebelum menjadi pelatih fisik di YMCA International Training School di Springfield.
  • Ditemukannya Permainan Bola Basket
Awal berkarir di YMCA (kini Springfield College), Naismith disibukkan dengan kelas gaduh maupun jenis olahraga yang hanya bisa dilakukan secara indoor karena dinginnya cuaca New England.Kepala Kepelatihan Fisik Dr Luther Gulick memberikannya tugas untuk menciptakan olahraga indoor yang bisa memberi "gangguan atletik".Permainan itu tidak boleh memakan tempat terlalu banyak, menjaga kebugaran atlet, dan meminta agar aturannya harus adil dan tidak kasar.Naismith berpatokan kepada tiga hal dasar. Pertama dia menganalisa permainan populer, dan melihat bola sepak berukuran besar lebih aman.
Kemudian dia melihat kebanyakan kontak fisik terjadi saat bola digiring atau dipukul. Karena itu, jalan satu-satunya adalah dengan passing.Terakhir, Naismith berusaha mengurangi kontak fisik dengan menempatkan sasaran akhir terletak lebih tinggi dari mereka.
 
Untuk mencetak angka, dia memaksa para pemain untuk meloncat dan melempar yang terinspirasi dari permainan favoritnya, duck on a rock.Permainan itu dia beri nama "Basket Ball (Bola Basket)". Dia menuliskan 13 aturan dasar yang tentu berbeda dengan basket modern.Perbedaan paling kentara adalah dimainkan oleh sembilan orang, membawa bola sepak, dan memasukannya ke dalam dua keranjang.Permainan itu kemudian pertama kali dimainkan pada Desember 1891 di mana awalnya para pemain yang belum paham saling pukul dan tekel.Setelah mereka memahami aturannya, permainan itu menjadi sangat populer sehingga YMCA berinisiatif untuk mempromosikannya secara internasional.
Pada 1904, olahraga itu mulai diperkenalkan dalam Olimpiade St Louis sebelum 32 tahun kemudian, basket resmi dipertandingkan dalam Olimpiade 1936 Berlin.
  • Antusiasme pada Dunia Kepelatihan Fisik
Meski olahraga yang ditemukannya sangat populer, Naismith ternyata menaruh perhatian lebih besar kepada dunia kepelatihan.Setelah meninggalkan YMCA, dia pindah ke Denver untuk mendapatkan gelar di bidang kedokteran pada 1898 sebelum bergabung ke Universitas Kansas.Di sana, dia membuka program olahraga basket dan meniti karir selama 40 tahun serta menelurkan para pelatih basket legendaris.Dimulai dari Forrest Clare "Phog" Allen sebelum menyusul nama seperti Adolph Rupp, Dean Smith, hingga Ralph Miller.Pada 1937, dia membantu mendirikan Asosiasi Nasional Basket Antar-Perguruan Tinggi sebelum menjadi Asosiasi Nasional Atletik Antar-Perguruan Tinggi (NAIA).
  • Kematian
Naismith yang berasal dari Kanada memperoleh kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) pada 1925. Pada 1939, dia menderita pendarahan di otak.Naismith meninggal dalam usia 78 tahun pada 28 November di Lawrence, Kansas.

Sejarah Perkembangan Bola Basket

Setelah di atas kita mengulas profil pencipta permainan bola basket, untuk melengkapi pengetahuan kita tentang sejarah penemuan dan perkembangan permainan bola basket,  berikut ini adalah sejarah penemuan dan perkembangan  permainan bola basket yang diciptakan oleh James A. Naismith :
  1. Tahun 1891 permainan olahraga bola basket ditemukan oleh Prof. doktor James A. Naismith
  2. Tahun 1892 permainan olahraga bola basket pertama kali diperkenalkan di negara Amerika.
  3. Tahun 1894 peraturan permainan bola basket resmi pertama kali dibuat oleh Prof. Dr. James A. Naismith dan Dr. Luther Gullick.
  4. Tahun 1895 secara resmi kata basketball diterima dan diarsipkan ke dalam perbendaharaan atau pembukuan bahasa Inggris.
  5. Tahun 1913 pertandingan kejuaraan bola basket Far Eastern pertama kali diselenggarakan. Saat itu, Filipina mengalahkan negara Cina di final.
  6. Tahun 1918 permainan olahraga bola basket diperkenalkan oleh tentara penduduk Amerika dan anggota YMCA ke sebagian negara di benua Eropa.
  7. Tahun 1919 permainan olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dimasukan kedalam pertandingan Olympiade Militer di Joinville.
  8. Tahun 1932 bertempat di Jenewa Swiss kongres bola basket dilakukan pertama kali. Berikut ini adalah beberapa negara yang hadir ketika kongres berlangsung yaitu Italia, Yunani, Portugal, Argentina, Swiss, Cekoslowakia dan Rumania..
  9.  
  10. Tahun 1932 dibentuk federasi bola basket internasional yaitu FIBA (Federation International de Basketball).
  11. Saat tahun 1933 di kota Turin, Italia, pertama kali mengadakan kejuaraan dunia bola basket antara mahasiswa.
  12. Tahun 1935 bola basket diterima dan disetujui sebagai salah satu nomor olahraga pertandingan Olympiade di dalam kongres komite internasional.
  13. Tahun 1936 Dalam Olympiade Berlin bola basket dipertandingkan pertama kali. Kompetisi Olympiade tersebut ada 22 negara yang ikut serta, yang dimenangkan oleh Amerika Serikat, Kanada dan Mexico.
  14. Tahun 1939 pencipta bola basket yaitu Prof. Dr. James A. Naismith meninggal dunia.

Sejarah Bola Basket Di Indonesia

Perkembangan permainan bola basket mempunyai sejarah yang cukup panjang di Indonesia, awalnya dimulai dengan masuknya gelombang perantau-perantau dari negara cina ke Indonesia pada tahun 1920-an. Para perantau cina membawa permainan bola basket yang sudah lebih dulu berkembang di negara cina. Mereka membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sebuah sekolah yang bernama sekolah Tionghoa. Pada sekolah tersebut, permainan bola basket menjadi olahraga wajib yang harus dimainkan oleh setiap siswa yang belajar disana. Tidaklah mengherankan jika disetiap sekolah ada lapangan permainan bola basket serta tidak heran juga jika para pemain basket yang menonjol permainannya berasal dari sekolah-sekolah Tionghua tersebut.

Sejarah bola basket berkata,  sejak tahun 1930-an, walaupun belum resmi menjadi sebuah negara yang merdeka, beberapa kota di Indonesia sudah memiliki klub-klub bola basket lokal. Setelah proklamasi kemerdekaan, 17 Agustus 1945, olahraga permainan bola basket mulai dikenal luas dikota-kota yang menjadi basis perjuangan seperti Yogyakarta serta Solo, . Walaupun belum memiliki induk olahraga nasional, namun pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama (PON I) yang diadakan di Solo pada tahun 1948 permainan bola basket telah dimainkan untuk pertama kalinya ditingkat nasional serta mendapat sambutan yang cukup meriah, baik dari segi penonton maupun dari pesertanya sendiri.

Kemudian Tiga tahun setelah itu, pada tanggal 23 Okober 1951, “Persatuan Basketball Seluruh Indonesia” di bentuk dan kemudian pada tahun 1955, karena adanya penyempurnaan nama sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia maka organisasi bola basket tersebut berganti nama menjadi “Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia” (Perbasi). Perbasi mulai diterima menjadi anggota FIBA (the International Basketball Federation atau Federasi Bola Basket Internasional) pada tahun 1953 dan setahun setelahnya, untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan tim basket di ajang Asian Games Manila pada saat intu.

Pada tanggal 3 April 1982 merupakan tanggal bersejarah bagi dunia bola basket di Indonesia. Karena, pada hari itu, pertandingan antara klub Rajawali Jakarta menghadapi Semangat Sinar Surya Yogyakarta menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) yang pertama kalinya sekaligus merupakan sebagai langkah awal dari sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas di yang ada di Indonesia. Klub bola basket Indonesia Muda Jakarta mencatatkan diri sebagai klub pertama yang meraih gelar bergengsi kejuaraan Kobatama tersebut.

Setelah sejarah perkembangan bola basket mengalami pasang surut selama hampir 30 tahun lamanya, dalam beberapa tahun terakhir ini olahraga permainan bola basket berkembang begitu pesat. Hal ini diawali oleh penyelenggaran Deteksi Basketball League (DBL) yang dikemas dengan sangat menarik sehingga mampu memberikan warna tersendiri dalam kompetisi tingkat pelajar di Indonesia.

Sejarah bola basket di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan, dengan bangkitnya liga profesional basket putra yang pada awalnya dikenal dengan nama Kobatama yang sekarang menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia dan juga liga profesional basket putri yang sekarang dikenal dengan Women’s National Basketball League (WNBL). Namun, tidak lupa juga kompetisi reguler dari Perbasi yang masih rutin diadakan.




Penelusuran terkait
  • Permainan bola basket diciptakan oleh
  • Sebutkan penemu permainan bola basket
  • Penemu bola voli
  • Pencipta sepak bola
  • Menggiring bola dalam permainan bola basket disebut
  • Permainan bola basket berasal dari negara
  • Jelaskan pengertian permainan bola basket
  • Sejarah bola basket

Post a Comment for "Pencipta Permainan Bola Basket Beserta Biografi, Sejarah Bola Basket Hingga Sejarah Bola Basket Di Indonesia"