Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Abstrak Meliputi Ciri, Jenis, Fungsi, Struktur, dan Contohnya

Pengertian ABSTRAK adalah: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Definisi dan Pengertian Abstrak

Secara umum, abstrak merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak ada wujudnya. Produk abstrak (dunia ekonomi) misalnya, merupakan produk-produk yang tidak memiliki wujud sama sekali seperti salah satunya adalah produk jasa.
Dalam dunia penelitian sendiri, pengertian abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas / kegiatan penelitian yang dilakukan. Abstrak biasanya diletakkan di bagian awal sebuah karya ilmiah atau pun laporan hasil penelitian sebagai informasi awalan bagi para pembaca.
Abstrak biasanya dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (bahasa general) dan bahasa ibu tempat laporan penelitian atau pun karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau pun laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang yang berasal dari negara tempat laporan penelitian tersebut dibuat, maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar tempat laporan penelitian tersebut dibuat.


Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Selain ulasan secara umum diatas, ada beberapa pendapat para ahli dan pakar yang menjelaskan apa itu abstrak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian abstrak menurut para ahli secara lengkap,
  • Maizel (Smith: Singer, 1984) Abstrak adalah Ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian yang memuat tujuan, cakupan/jangkauan dan temuan dari suatu artikel (Maizel, Smith: Singer, 1984). 
  • Lancaster (1991) Abstrak adalah representasi yang ringkas tetapi akurat dari isi suatu dokumen. Ia membedakan abstract dari extract, karena sebuah extract adalah versi singkat (abbreviated version) dari sebuah dokumen yang dibuat dengan jalan mengambil kalimat-kalimat dari dokumen tersebut. Sedangkan abstract, walaupun memakai berbagai kalimat yang ada dalam dokumen, merupakan sepenggal teks yang diciptakan oleh si pembuat abstrak, bukan kutipan langsung dari penulisnya. 
  • Davis dan Rush Astrak “A” adalah sebuah “Set” dari kalimat-kalimat “S” sedemikian rupa sehingga A= (S/S D). D ialah dokumen yang diabstrakkan. Teori set ini menyatakan bahwa (A) adalah sebuah set kalimat-kalimat atau kumpulan kalimat-kalimat (S) yang merupakan anggota dari suatu dokumen asli. Definisi ini berlaku bagi suatu astrak-otomat (the auto-abstract), abstrak yang dibuat dengan cara memilih kalimat-kalimat dari artikel aslinya secara otomatis oleh komputer yang telah diprogram untuk kerja ini. 
  • Rowley (dalam bukunya Abstracting and Indexing) Pengertian abstrak adalah penyajian isi dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya. 
  • Collison Abstrak adalah suatu penyajian ringkas dalam bahasa si pengarang mengenai semua butir-butir yang pokok /utama dari dokumen asli. 
  • KBBI Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian abstrak ada dua. Yang pertama abstrak adalah tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala. Sedangkan pengertian kedua, abstrak diartikan sebagai ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti. 
  • American National Standards Institute’s (1979) Abstrak adalah pernyataan secara singkat tetapi akurat dari isi suatu dokumen, tanpa menambahkan tafsiran ataupun kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak itu dibuat. 
  • ISO (international Standard Organisation, 1976) Abstrak adalah uraian singkat tetapi akurat yang mewakili isi dokumen, tanpa tambahan interpretasi atau kritik dan tanpa melihat siapa si pembuat sari karangan tersebut.


Fungsi Abstrak

Pembahasan yang selanjutnya setelah memahami pengertian abstrak menurut para ahli, dilanjutkan dengan penjelasan fungsi abstrak itu sendiri. Pada dasarnya fungsi abstrak dalam suatu karya ilmiah adalah untuk menjelaskan secara singkat tentang gambaran umum suatu penelitian.
Secara ringkasnya, fungsi abstrak adalah sebagai berikut ;
  • Komponen Utama Hasil penelitian

Abstrak merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah penelitian. Dengan adanya abstrak ini pembaca dapat mengetahui apa inti atau hasil dari sebuah laporan penelitian yang telah dibuat.
Sebagian jenis karya tulis atau laporan penelitian mengharuskan tentang adanya penulisan abstrak dalam sebuah karya tersebut atau dengan kata lain, penambahan abstrak dalam karya tulis atau laporan tertentu adalah wajib dan tidak boleh diabaikan atau dilewatkan.
  • Gambaran Umum Tentang Isi Laporan

Di dalam bagian abstrak, peneliti menjelaskan gambaran umum tentang isi laporan penelitian yang dibuat oleh penulisnya yang dibuat dalam sebuah tulisan singkat. Dengan demikian, adanya abstrak ini akan memudahkan pembaca dalam mempelajari isi dari laporan penelitian tersebut tanpa membuka dan membacanya secara keseluruhan dari awal hingga akhir bacaan.
  • Bahan Pertimbangan Bagi Pembaca

Abstrak juga dapat membantu pembaca dalam mempertimbangkan apakah akan membaca secara keseluruhan dari isi laporan yang ada atau hanya membaca sekilas saja.
Karena dalam abstrak ini sudah tercantum intisari dari sebuah laporan penelitian, sehingga ketika pembaca sudah membaca pada bagian abstrak maka pembaca tersebut sudah bisa menggambarkan bagaimana isi dari laporan tersebut, apakah sesuai atau tidak dengan informasi yang dicarinya atau tidak.
Jika pada bagian abstrak ini dianggap menggambarkan keadaan yang sesuai dengan informasi yang dicarinya maka pembaca bisa melanjutkan untuk membaca karya tulis ini hingga selesai namun jika dalam abstrak tergambarkan kondisi yang tidak sesuai dengan yang dicari maka pembaca bisa mencari karya tulis lain yang sesuai.


Manfaat Abstrak :

1. To the point. Pembaca langsung disuguhkan pada ide pokok yang akan dibahas tanpa perlu membaca isi/pembahasannya. Pembaca dapat menentukan apakah ia akan melanjutkan membaca atau tidak. Ini akan menghemat waktu pembaca
2. Terdapat Keyword (Kata Kunci). Ini sangat penting untuk menekankan kepada pembaca kata yang penting dari karya ilmiah ini. Keyword sifatnya lebih mudah diingat, simpel namun menggambarkan isi dari karya ilmiah, makalah maupun skripsi. Selain itu kata kunci mempermudah penyimpanan secara elektronik.
3. Membantu penulis untuk menentukan pokok/rumusan masalah, teori dan metode penelitian yang digunakan, sumber data, variabel, hasil penelitian, dan simpulan dari penelitian tersebut. Membuat abstrak di awal dapat mencegah penulis untuk out of topic atau keluar dari poko bahasan
Karena tujuannya untuk memudahkan pembaca, maka Penulis harus mampu memberikan gambaran yang jelas dan mudah dimengerti dengan singkat, padat dan jelas

Struktur Penulisan Abstrak

Abstrak memiliki struktur penulisan menggunakan font time new roman dengan spasi berjarak 1 dengan menggunakan bahasa indonesia ataupun dengan bahasa inggris dan ketentuan urutannya adalah sebagai berikut.
  • 1. judul penelitian diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, positin center text dan di buat dengan Bold
  • 2. Jika ada sub judul maka sama dengan judul hanya saja size di ubah menjadi 12
  • 3. Nama Peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar hanya saja di beri nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dan cetak Bold
  • 4. Nama jurusan/ program studi peneliti dan alamat institusi posisi center dengan font size 12 dan cetak Bold
  • 5. Email ketua peneliti saja yang di cantumkan posisi center dengan font size 12
  • 6.judul bagian “ABSTRAK” ditulis dengan huruf besar posisi center dengan cetak tebal atau bold
  • 7. isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan kiri dengan jumlah kata maksimal 250 kata dengan menggunakan font size 12
  • 8. kata kunci dibuat dengan rata kanan-kiri.
 

Sifat Abstrak

Abstrak bersifat informatif dan deskriptif, maksudnya adalah data atau informasi yang ada di dalam abstrak berdasarkan data dan fakta yang ada. dan tidak di sarankan untuk mencantumkan informasi yang tidak ada data dan faktanya yang benar kedalam abstrak secara singkat jika diambil kesimpulan maka abstrak memiliki sifat :
1. Jelas
2. Tepat
3. Ringkas
4. Objektif
5. Berdiri Sendiri


Jenis-Jenis Abstrak

Pada dasarnya abstrak dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, berdasarkan fungsi dan orientasi pembaca. Adapun beberapa jenis abstrak adalah sebagai berikut:

1. Abstrak Informatif

Ini adalah jenis abstrak yang menyajikan informasi dan data secara lengkap sehingga pembacanya tidak harus membaca tulisan aslinya, kecuali bila ingin menggalinya lebih dalam. Di dalam abstrak informatif menyajikan hasil dan prinsip-prinsip dari hasil kerja (tujuan, metode), kesimpulan dari artikel asli secara jelas, untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen aslinya.

2. Abstrak Indikatif

Ini adalah jenis abstrak yang menguraikan secara ringkas dan padat tentang masalah yang terdapat pada suatu karya tulisan atau laporan lengkapnya. Tujuan dari abstrak indikatif ini adalah untuk menjelaskan isi informasi asli secara singkat, padat, dan hanya menyampaikan indikasi sasaran cakupan tulisan.


Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Abstrak Karya Ilmiah
Untuk menulis abstrak beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti:
1. Struktur Paragraf
Abstrak pada karya tulis ilmiah harus ditulis dalam suatu paragraph yang memberikan penjelasan mengenai isi dari pembahasan dengan singkat, jelas dan mudah di mengerti pembaca. Satu sepasi umumnya digunakan sebagai jarak untuk menyusun kalimat dalam paragrafnya, kalimat pertama agak ke dalam, tapi kadang setiap lembaga selalu memiliki pedoman atau aturan sendiri seperti pada penggunaan jenis huruf, ukuran, banyak inimal paragraph, dll.
2. Jumlah Kata
Jumlah kata yang ideal untuk satu paragraf terdiri dari 150 hingga 200 kata, tapi dalam abstrak sutu karya tulis ilmiah seperti pada skripsi dan tesis jumlah kata pada satu paragraf tergantung arahan dari pembimbing.
3. Isi paragraf.
Setiap paragraf pada abstrak, akan menjelaskan menganai suatu pembahasan. Biasanya mengedepankan empat bagian empris dari suatu abstrak, diantaranya:
  • Pada paragraf pertama akan menfokuskan pembahasan pada indentifikasi penelitian secara singkat agar para pembaca memahami apa yang menjadi bahan penelitian yang di lakukan penulis karya ilmiah, pada bagian paragraph pertama biasanya mengandung judul karya tulis ilmiah.
  • Pada paragraf kedua, akan memberikan gambaran dengan jelas mengenai penelitian yang dilakukan, untuk proses mencari jawaban mengenai permasalahan yang di teliti. Umumnya pada paragraf kedua akan berisi metode penelitian yang digunakan, dan teknik pengumpulan data yang digunakan. Metode yang digunakan misalnya seperti metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data misalnya dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.
  • Pada paragraf ketiga, penulis akan memaparkan dan menjelaskan temuannya permasalahannya kepada para pembaca. Biasanya hanya permasalahannya saja yang di bahas, tanpa tanpa mengungkapkan pembahasan yang dilakukan.
  • Pada paragraf keempat, pada bagian ini biasanya penulis akan menjelaskan saran-saran untuk memecahkan permasalahan yang di telitinya, tanpa pembahasan dengan uraian yang panjang.
Biasanya abstak disertai keyword (kata kunci) pada bagian akhir, tujuannya untuk memudahkan dalam mengingat inti pembahasan dari abstrak tersebut. Membuat abstrak suatu karya tulis tidak bisa diselesaikan dalam satu kali penulisan, jadi diperlukan bimbingan dari pembimbing skripsi atau tesis juga. Gaya penulisan abstrak yang banyak digunakan misalnya APA (American Psychology Association) style yang banyak digunakan dan menjadi gaya penulisan standar banyak universitas atau perguruan tinggi.



Berikut adalah Contoh Abstrak

ABSTRAK
MENGGAGAS RAGI (YEAST) SEBAGAI ALTERNATIF ALAT KONTRASEPSI (KAJIAN TEORITIS TENTANG PEMANFAATAN RAGI SEBAGAI ALAT KONTRASEPSI UNTUK MENEKAN PERTUMBUHAN
PENDUDUK DI INDONESIA)
Oleh :
Nila Indriana Putri (NIS. 1681), Dewi Prayasanti (NIS. 1875),
I Made Anand Suryaputra (NIS. 1812), dan I Gede Eri Sastrawan, S. Pd
SMA Negeri 2 Negara
          Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan ragi (yeast) sebagai alternatif alat kontrasepsi untuk menekan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Ini terjadi dikarenakan jumlah kelahiran di Indonesia yang tidak dapat terkendali. Meskipun pemerintah telah mencanangkan sebuah Program Keluarga Berencana (KB) yang diaplikasikan dengan penggunaan alat kontrasepsi ternyata belum mampu mengatasi masalah yang terjadi. Jumlah kelahiran yang tidak dapat terkendali ini disebabkan karena banyaknya keluarga yang mengeluh tentang penggunaan alat kontrasepsi. Harga mahal, susah didapat dan tidak nyaman saat penggunaannya menjadi alasan bagi mereka yang tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi sehingga jumlah kelahiran pun tidak dapat terkendali.
Ragi (Yeast) memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan menjadi alternatif alat kontrasepsi guna menekan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Potensi ragi sebagai alternatif alat kontrasepsi ditinjau dari kadar alkohol yang diperoleh dari hasil fermentasi ragi yang dapat mempengaruhi kesuburan seseorang. Hal ini membantu untuk mencegah suatu kehamilan sehingga dapat membantu mengendalikan angka kelahiran. Ragi dapat menghambat proses produksi hormon estrogen sehingga tidak terjadi perkembangan ovum (telur). Ragi dapat mengurangi produksi hormon steroid, menghambat ovulasi, dan mengganggu perjalanan sperma melalui tuba fallopian sehingga tidak terjadi perkembangan ovum/sel telur. Penggunaan ragi sebagai alternatif alat kontrasepsi dapat dilakukan dengan mengolah ragi menjadi berbagai olahan makanan dan minuman sehari-hari.


Kata-kata kunci : ragi, alat kontrasepsi, pertumbuhan penduduk


Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian diksi, fungsi, serta beberapa jenis abstrak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Abstrak
  • pengertian abstrak dan contohnya
  • pengertian abstrak biaya data
  • pengertian abstrak brainly
  • pengertian abstrak menurut para ahli
  • pengertian abstrak biaya data fokus penelitian hipotesis kualitatif populasi random sampel statistik
  • sifat abstrak adalah
  • jelaskan pengertian abstrakisme
  • konsep abstrak adalah
  • jelaskan pengertian abstraksi dan konversi
  • contoh abstrak
  • peristilahan abstrak pengertian
  • pengertian fokus penelitian

Post a Comment for "Pengertian Abstrak Meliputi Ciri, Jenis, Fungsi, Struktur, dan Contohnya"