Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sistem Komputer Meliputi Fungsi, Komponen dan Contoh [ LENGKAP ]

Pengertian Sistem Komputer Dan Komponennya Terlengkap

Pengertian Sistem Komputer

Yang dimaksud Sistem Komputer adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang di harapkan oleh penggunanya. Perangkat yang terdapat pada sistem komputer diantaranya hardware, software dan brainware.
Perangkat-perangkat tersebut memiliki fungsinya masing-masing pada sistem komputer. Namun saat beroperasinya perangkat-perangkat komputer tersebut akan bekerja dan saling mendukung satu sama lain. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software dan juga sebaliknya, dan keduanya tidak akan bermanfaat untuk menghasilkan informasi jika tidak ada brainware yang mengoperasikan dan memberikan perintah. Jadi dapat di katakan bahwa komputer bukan sebagai sebuah alat saja tapi juga merupakan sebuah sistem.


Fungsi Sistem Komputer

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian sistem komputer, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsinya. Sistem komputer memiliki empat fungsi dasar, yaitu:

1. Menginput Data

Sistem komputer berfungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat hardware seperti mouse, keyboard, microphone dan yang lainnya.

2. Memproses Data

Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu setelah diinput sistem akan melakukan sebuah process yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses. Hasil output tersebut dapat berupa informasi, gambar, suara ataupun video.

4. Menyimpan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer


Baca Juga:

Pengertian Protokol Jaringan Serta Fungsi dan Jenisnya Secara Lengkap


Komponen Sistem Komputer

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa system computer memiliki beberapap komponen diantaranya adalah hardware, software, dan brainware. Ketiga komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain, berikut ini adalah penjelasan lengkap megenai komponen-komponen dalam system computer.

1.Hardware

Hardware adalah perangkat keras yang memiliki wujud fisik, jadi hardware ini dapat disentuh oleh kita. Contoh dari hardware adalah processor, motherboard, harddisk, memori, power supply, dan sebagainya. Hardware juga dibagi kedalam 4 bagian yaitu:
  • Input (Perangkat masukan)

Perangkat masukan / input adalah sebuah perangkat computer yang berfungi untuk memasukan data-data dan perintah ke dalam computer. Perangkat input ini biasanya digunakan untuk memasukan perintah dan data ke dalam computer yang digunakan, contoh dari perangkat input adalah: mouse, keyboard, scanner, barcode, web can, dan lain-lain.
  • Output (Perangkat Keluaran)

Perangkat outpu / keluaran adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan data hasil pemrosesan. Jadi masukan / input yang tadinya dimasukan setelah diproses akan ditampilkan di perangkat output ini, contoh dari perangkat output adalah printer, monitor, projector, dan lain-lain.
  1.  Processing (Perangkat pemroses)

Perangkat processing / pemroses adalah perangkat pada computer yang digunakan sebagai pusat pengolahan data. Jadi processing device ini bisa dibilang sebagai otak computer, dan sering disebut dengan CPU ( Central Processing Unit). Perangkat pemroses ini akan melakukan interasksi dengan perangkat input, output, dan storage untuk melaksanakan perintah yang dimasukan pengguna.
  • Storage (Perangkat penyimpanan)

Dalam sebuah computer dilengkapi dengan alat penyimpaan data untuk menyimpan data. Di dalamnya ada perangkat penyimpanan data yang lebih besar sebagai penyimpanan utama computer, yang biasanya disebut dengan harddisk.
Dengan adanya harddisk, kita jadi bisa menyimpan dan menghapus data sesuai dengan keinginan kita. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kapasitas dari harddisk sekarang semakin besar dan besar lagi. Perangkat penyimpanan pada computer dibedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal.
Penyimpanan internal contohnya adalah harddisk, harddisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena digunakan sebagai media penyimpanan utama dalam computer, dan untuk media penyimpanan yang bersifat semnetara adalah RAM (Read Only Memory). Untuk penyimpanan eksternal adalah perangkat keras unutuk melakukan penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data di luar media penyimpanan utama. Contohnya adalah harddisk eksternal, flashdisk, DVD, dan sebagainya.

2. Software (Perangkat Lunak)

Software diartikan juga sebagai perangkat lunak, jadi perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik seperti hardware. Software dapat diartikan juga sebagai suatu kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer, bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai macam instruksi perintah. Jadi software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, dan dapat dikatakan juga bahwa software digunakan untuk mengontrol perangkat keras. Software dibedakan menjadi beberapa macam, misalnya seperti:
  • Operating System (Sistem Operasi)

Sistem Operasi komputer merupakan program dasar pada komputer yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi-operasi yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat melakukan pengolahan data. Contoh sistem operasi komputer misalnya seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan lain-lain.
  • Program Aplikasi (Aplication Program)

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang siap untuk dipakai. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering disiapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Misalnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Word,  Microsoft Access, Photo Shop, Chrome, Mozilla dan lain-lain.
  • Utility Program (Program Tambahan )

Merupakan perangkat lunak yang fungsinya untuk menjalankan tugas-tugas tambahan, disebut juga sebagai program dukungan dan memiliki fungsi tertentu. Misalnya seperti program yang disediakan oleh sistem operasi seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup, dan lain-lain.
  • Programing Language (Bahasa Pemerograman )

Merupakan bahasa yang dapat digunakan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, dapat dikatakan juga sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Beberapa contoh bahasa pemerograman diantaranya seperti PHP, Java, Python, C, Perl dan lain-lain.

3.Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware adalah pengguna yang menjalankan atau mengoprasiakan sebuah computer. Brainware ini memegang peran penting supaya computer dapat berjalan, apabila tidak ada pengguna / manusia yang menggunakan computer, maka computer menjadi tidak berguna.Jadi dapat disimpulkan bahwa brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemanfaatan computer. Brainware dibagi menjadi empat macam diantaranya adalah:
  • Programer

Programer adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk menguasai banyak atau beberapa bahasa pemrograman, bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah Java, PHP, C, Python, dan lain-lain. Jadi programmer adalah orang-orang yang membuat program yang dibutuhkan oleh computer yang digunakan untuk melakukan macam-macam hal seperti pengolahan data.
  • Sistem Analis

Merupakan orang yang memiliki tugas untuk melakukan penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pilihan dari software,hardwre, dan system yang dinilai sesuai dengan kebutuhan pengguna (perorangan, oraganisasi, perusahaan). Jadi seorang system analisis sangat berperan penting dalam proses pengembangan sebuah system. Seorang system analisisi harus memiliki 4 buah keahlian yaitu analisi, teknis, manajerial, dan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal.
Seorang yang memiliki kemampuan melakukan analisi akan dapat memahami perilaku organisasi dan fungsi-fungsi yang lain. Dengan memiliki kemampuan ini, seorang system analisis akan dapat mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Untuk kemampuan teknis, memungkinkan untuk memahami berbagai potensi dan juga keterbatasan dari teknologi informasi.
Sedangkan untuk keahlian manajerial dapat membantu proses pengelolaan sumber daya, proyek dan sebagainya. Keahlian interpersonal seorang system analisis akan berguna untuk berinterasksi dengan pengguna atau user. Seorang system analisisi juga harus bisa memahami dan bekerja dengan menggunakakn berbagai bahasa pemrograman, system operasi, atau pun hardware yang digunakan oleh pengguna.
  •  Administrator

Merupakan seseoarng yang bertugas mengelola system operasi dan program-program yang ada dan sedang berjalan di sebuah system computer.
  • Operator

Merupakan seseorang yang hanya memanfaatkan system computer yang sudah ada sebelumnya atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk melakukan pengolahan data.



Demikian pengertian dari Sistem Komputer berikut perangkat-perangkat yang mendukung Sistem Komputer itu sendiri. Kesimpulannya adalah Sistem Komputer adalah perangkat-perangkat komputer yang saling berinteraksi satu sama lain, bertukar data, dan menghasilkan sebuah informasi yang di harapkan pengguna, proses tersebut pun di dukung oleh Software, Hardware, dan Brainware diman ketiganya tidak bisa di pisahkan dan saling mendukung dan bergantung satu sama lain.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Sistem Komputer
  • pengertian sistem komputer dan contohnya
  • pengertian sistem komputer menurut para ahli
  • fungsi sistem komputer
  • contoh sistem komputer
  • bagian sistem komputer
  • jurusan sistem komputer adalah
  • sistem komputer pdf
  • 4 komponen sistem komputer secara umum

Post a Comment for "Pengertian Sistem Komputer Meliputi Fungsi, Komponen dan Contoh [ LENGKAP ]"