Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Negara Seychelles - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Seychelles Secara Lengkap

Peta Negara Seychelles

Sekilas Tentang Seychelles

Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut.
 
Seychelles merupakan salah satu tujuan wisata terindah di dunia dengan  lautnya yang tenang, pantai yang bersih dengan gabungan pasir putih dan karang, serta penuh dengan resort dan perhotelan. Sektor pariwisata merupakan salah satu andalan utama bagi perekonomian Seychelles. Dalam rangka menarik lebih banyak devisa dari turisme, Seychelles menerapkan kebijakan foreign currency terhadap semua turis asing, yaitu mata uang Euro (€), sebagai alat pembayaran resmi.
 
Secara politik, Seychelles merupakan negara yang stabil, aman dan damai. Demokrasi berkembang sehat dan kerukunan nasional sangat baik. Yang menjadi permasalahan utama Seychelles saat ini adalah ekonomi berkaitan dengan krisis ekonomi global yang sangat memukul Seychelles. Dengan hutang luar negeri sekitar USD 800 juta (senilai GDP) maka Seychelles terpaksa mengundang IMF pada tahun 2009 dan dipaksa untuk mengadakan pengetatan ekstrim. Antara lain mengurangi bahkan menghilangkan berbagai subsidi yang selama ini dinikmati oleh penduduk Seychelles, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar.
 
 

Sejarah Negara Seychelles

Beberapa ahli menganggap bahwa pelaut Austronesia dan kemudian pedagang Maladewa dan Arab adalah yang pertama kali mengunjungi berpenghuni Seychelles. Tercatat paling awal penampakan oleh orang Eropa terjadi pada 1502 oleh Portugis Laksamana Vasco da Gama, yang melewati Amirantes dan nama mereka setelah dirinya (pulau Laksamana). Tercatat paling awal pendaratan di bulan Januari 1609, dengan awak "Ascension" di bawah Kapten Sharpeigh selama perjalanan keempat dari Inggris East India Company.
Sebuah titik transit untuk perdagangan antara Afrika dan Asia, pulau-pulau yang kadang-kadang digunakan oleh para perompak sampai Perancis mulai mengambil kendali mulai pada 1756 ketika Batu Kepemilikan diletakkan oleh Kapten Nicholas Morphey. Pulau-pulau itu dinamai Jean Moreau de Séchelles, Menteri Keuangan Louis XV.
Diperebutkan kontrol Inggris di pulau-pulau antara 1794 dan 1810. Jean Baptiste Quéau de Quincy, administrator Perancis Seychelles selama tahun-tahun perang dengan Inggris, menolak untuk menolak ketika kapal perang musuh bersenjata tiba. Sebaliknya, ia berhasil menegosiasikan status menyerah kepada Inggris yang memberikan pemukim posisi istimewa netralitas.
Inggris akhirnya memegang kendali penuh atas penyerahan Mauritius pada tahun 1810, diresmikan pada tahun 1814 di Perjanjian Paris. Seychelles menjadi koloni mahkota terpisah dari Mauritius pada tahun 1903. Pemilu diadakan pada tahun 1966 dan 1970.
Kemerdekaan (1976)
Kemerdekaan diberikan pada tahun 1976 sebagai sebuah republik dalam Persemakmuran. Pada tahun 1970-an Seychelles adalah "tempat untuk dilihat, taman bermain untuk bintang film dan jet set internasional". Pada tahun 1977, sebuah kudeta d ' état oleh Perancis Albert René menggulingkan presiden pertama republik, James Mancham [8] Perancis Albert Rene berkecil. over-ketergantungan pada pariwisata dan menyatakan bahwa ia ingin "menjaga Seychelles untuk Seychellois".
1979 Konstitusi mengumumkan keadaan satu-partai sosialis, yang berlangsung sampai 1991. Draft pertama dari konstitusi baru gagal menerima syarat 60% pemilih pada tahun 1992, tetapi versi diubah telah disetujui pada tahun 1993.
Pada 1980-an ada serangkaian upaya kudeta terhadap Presiden Prancis-Albert Rene, beberapa di antaranya didukung oleh Afrika Selatan. Pada tahun 1981, Mike Hoare memimpin tim 43 tentara bayaran Afrika Selatan menyamar sebagai berlibur pemain Rugby dalam upaya kudeta dalam apa yang dikenal sebagai The Seychelles Affair. Ada baku tembak di bandara, dan sebagian besar tentara bayaran kemudian melarikan diri dalam membajak pesawat Air India.
Pada tahun 1986, sebuah kudeta yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Seychelles, Ogilvy Berlouis, menyebabkan Presiden René untuk meminta bantuan dari India. Dalam Bunga Operasi yang Blooming, kapal angkatan laut India INS Vindhyagiri tiba di Port Victoria untuk membantu mencegah kudeta.
Pada bulan Januari 2013, Seychelles mengumumkan keadaan darurat; siklon tropis Felleng disebabkan hujan deras, dan banjir dan tanah longsor menghancurkan ratusan rumah.
 

Lambang Negara dan Bendera Seychelles


Geografi Negara Seychelles

Sebuah negara kepulauan, Seychelles terletak di timur laut Madagaskar dan sekitar 1600 km (994 mi) timur Kenya. Jumlah pulau di Seychelles sering disebut berjumlah 115 tetapi di Konstitusi Republik Seychelles terdaftar 155 pulau. Pulau-pulau sesuai konstitusi terbagi menjadi berbagai kelompok sebagai berikut.

Ada 42 pulau granit, dalam urutan ukuran: Mahé, Praslin, Silhouette Island, La Digue, Curieuse, Felicite, Frégate, Ste-Anne, North, Cerf, Marianne, Grand Sœur, Thérèse, Aride, Conception, Petite Sœur, Cousin, Cousine, Long, Récif, Round (Praslin), Anonyme, Mamelles, Moyenne, Île aux Vaches Marines, L'Islette, Beacon (Île Sèche), Cachée, Cocos, Round (Mahé), L'Ilot Frégate, Booby, Chauve Souris (Mahé), Chauve Souris (Praslin), Île La Fouche, Hodoul, L'Ilot, Rat, Souris, St. Pierre (Praslin), Zavé, Harrison Rocks (Grand Rocher).
  • Ada dua cays pasir karang sebelah utara granit: Denis dan Bird.
  • Ada dua pulau karang sebelah selatan granit: Coëtivy and Platte.
Ada 29 pulau-pulau karang di kelompok Amirantes, barat granitics: Desroches, Poivre Atol (terdiri dari tiga pulau-Poivre, Florentin dan Pulau Selatan), Alphonse, D'Arros, St Joseph Atol (terdiri dari 14 pulau-St Yusuf. Île aux Fouquets, Sumber Daya, Petit Carcassaye, Grand Carcassaye, Benyamin, Bancs Ferrari, Chiens, pelikan, Vars, Île Paulus, Banc de Sable, Banc aux Cocos dan Île aux Poules), Marie Louise, Desnoeufs, Bank Afrika (yang terdiri dari dua pulau Afrika Bank dan Pulau Selatan), Rémire, St François, Boudeuse, Etoile, Bijoutier.

Ada 13 pulau-pulau karang di Grup Farquhar, selatan-barat daya dari Amirantes: Farquhar Atoll (yang terdiri dari 10 pulau-Bancs de Sable Déposés Île aux Goëlettes Lapins Île du Milieu Utara Manaha Selatan Manaha Tengah Manaha Pulau Utara dan Pulau Selatan), Providence Atoll (terdiri dari dua pulau-Providence dan Bancs Providence) dan St Pierre. 

Ekonomi  Negara Seychelles


Pada Masa Perkebunan, ekspor utama Seychelles adalah Vanili, Kopra, dan Kayu manis. pada tahun 1960an. 33% penduduk Seychelles bekerja di sektor perkebunan, sedangkan 20% lagi bekerja di sektor swasta atau pemerintah. tahun 1971, dengan dibukanya Bandara Internasional Seychelles, maka industri Turisme menjadi cepat sekali pertumbuhannya, pemasukan Seychelles dari Pariwisata terus bertambah besar sampai menggeser sektor perkebunan. Beberapa tahun terakhir Pemerintahan presiden James Michel memberikan perhatian serius terhadap sektor perikanan. Indeks Pembangunan Manusia Seychelles yang tertinggi di seluruh Afrika, sedangkan pendapatan perkapita tertinggi ke - 2 setelah Libya.
Demografi

Demografi Seychelles

Seychelles, dengan populasi 90.024, memiliki populasi terkecil dari setiap negara Afrika. Seychelles adalah anggota Uni Afrika.
  • Etnik Penduduk
Sebagai pulau Seychelles tidak penduduk pribumi, Seychellois saat ini terdiri dari orang-orang yang telah berimigrasi. Kelompok etnis terbesar adalah mereka dari Afrika, Prancis, India, dan keturunan Tionghoa. Prancis dan Inggris merupakan bahasa resmi bersama dengan Seychellois Creole, yang terutama didasarkan pada Perancis, namun saat ini sering dicampur dengan kata-kata bahasa Inggris dan frase.
  • Agama
Menurut sensus 2002, kebanyakan Seychellois Kristen: 82,3% adalah Katolik Roma, 6,4% adalah Anglikan dan 4,5% adalah denominasi Kristen lainnya. Ada minoritas kecil yang berlatih Hindu (2,1%) dan Islam (1,1%). Agama non-Kristen lainnya mencapai 1,5% dari populasi sementara lebih 2,1% yang non-agama atau tidak menentukan agama. Usia rata-rata Seychellois adalah 32 tahun.


 Perekonomian

Selama era perkebunan, kayu manis, vanili dan kopra adalah ekspor utama. Pada tahun 1965, selama kunjungan tiga bulan ke pulau-pulau, futuris Donald Prell disiapkan untuk kemudian mahkota koloni Gubernur Jenderal, laporan ekonomi yang mengandung skenario bagi masa depan perekonomian. Mengutip dari laporannya, pada tahun 1960, sekitar 33% dari penduduk yang bekerja bekerja di perkebunan, dan 20% bekerja di sektor publik atau pemerintah. The Samudera Hindia Tracking Station di Mahé ditutup pada bulan Agustus 1996 setelah pemerintah Seychelles berusaha untuk menaikkan sewa untuk lebih dari $ 10.000.000 per tahun.

Sejak kemerdekaan pada tahun 1976, per kapita produksi telah diperluas untuk sekitar tujuh kali tingkat dekat-subsisten tua. Pertumbuhan telah dipimpin oleh sektor pariwisata, yang mempekerjakan sekitar 30% dari angkatan kerja, dibandingkan dengan pertanian yang saat ini mempekerjakan sekitar 3% dari angkatan kerja. Meskipun pertumbuhan pariwisata, pertanian dan perikanan terus mempekerjakan beberapa orang, seperti halnya industri yang mengolah kelapa dan vanili.Produk pertanian utama saat ini diproduksi di Seychelles termasuk ubi jalar, vanili, kelapa dan kayu manis. Produk ini memberikan banyak dukungan ekonomi dari penduduk setempat. Beku dan kaleng ikan, kopra, kayu manis dan vanili adalah komoditas ekspor utama.

Karena krisis ekonomi dunia tahun 2008, pemerintah Seychelles telah memprioritaskan sebuah penertiban dari defisit anggaran, termasuk penahanan biaya kesejahteraan sosial dan privatisasi lebih lanjut dari perusahaan publik. Pemerintah memiliki kehadiran meresap dalam kegiatan ekonomi, dengan perusahaan publik yang aktif dalam distribusi produk minyak bumi, perbankan, impor produk dasar, telekomunikasi dan berbagai usaha lainnya. Menurut 2013 Indeks Kebebasan Ekonomi, yang mengukur tingkat pemerintah yang terbatas, keterbukaan pasar, efisiensi peraturan, aturan hukum, dan faktor-faktor lain, kebebasan ekonomi telah meningkat setiap tahun sejak 2010.Mata uang nasional Seychelles adalah rupee Seychellois. Awalnya terkait dengan sekeranjang mata uang internasional itu depegged dan diizinkan untuk mendevaluasi dan mengambang bebas pada tahun 2008 pada harapan dianggap menarik investasi asing lebih lanjut dalam perekonomian Seychelles
  • Energi
Meskipun perusahaan-perusahaan minyak multinasional telah menjelajahi perairan sekitar pulau-pulau, tidak ada minyak atau gas ditemukan. Pada tahun 2005, kesepakatan ditandatangani dengan perusahaan AS Petroquest, memberikan hak eksplorasi sekitar 30.000 km2 sekitar Constant, Topaz, Farquhar dan Coëtivy pulau hingga 2014. Seychelles mengimpor minyak dari Teluk dalam bentuk turunan minyak bumi halus pada tingkat sekitar 5.700 barel per hari (910 m3 / d).Dalam beberapa tahun terakhir minyak telah diimpor dari Kuwait dan juga dari Bahrain. Seychelles mengimpor tiga kali lebih banyak minyak daripada yang dibutuhkan untuk keperluan intern karena kembali ekspor minyak surplus dalam bentuk bunker untuk kapal dan pesawat menelepon di Mahé. Tidak ada kapasitas penyulingan di pulau-pulau. Impor minyak dan gas, distribusi dan re-ekspor adalah tanggung jawab Seychelles Petroleum (Sepec), sedangkan eksplorasi minyak adalah tanggung jawab Seychelles National Oil Company (ENOC).

 Islam di Seychelles

Sesungguhnya Islam telah masuk ke Seychelles jauh sebelum bangsa Eropa tiba disana. Islam datang ke gugus kepulauan ini dibawa oleh para pedagang muslim yang berdagang beralayar melintasi samudera, meskipun mereka tak menetap disana secara permanen. Prancis yang menjadi penguasa pertama di Seychelles membawa ajaran Katolik Roma disusul kemudian oleh Inggris.

Diantara mayoritas penduduk Seychelles yang beragama Katolik Roma terdapat pemeluk agama minoritas lainnya termasuk Hindu, Baha’I dan Islam yang jumlah mereka hanya sekitar 2 persen dari total penduduk. Pemeluk Islam di Seychelles dilaporkan ada sekitar 1.1%, atau sekitar 900 jiwa saja meskipun beberapa laproran lain menyebut jumlah muslim disana mencapai 2000 jiwa. Meskipun jumlah muslim disana sangat kecil namun pemerintah setempat memberikan waktu 15 menit setiap hari Jum’at bagi ummat Islam disana untuk mensyiarkan Islam melalui saluran televisi nasional.

Kecilnya populasi muslim di negara ini karena memang sepanjang sejarahnya gugus kepulauan ini tidak pernah menjadi wilayah kekuasaan Islam, tidak seperti tetangga tetangganya seperti Mayotte yang kini menjadi wilayah seberang lautan Prancis atau Republik Comoro serta Mauritius yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Muslim di Mauritius turut disemarakkan oleh para pekerja yang didatangkan inggris dari wilayah jajahan mereka di India semasa kolonialisasi, namun hal tersebut tak terjadi di Seychelles.


Pembagian Wilayah Administrasi Seychelles

Secara adminitratif, Republik Seychelles terbagi atas 25 Distrik Administratif. Berikut ini adalah 25 Distrik Administratif Republik Seychelles.
No. Distrik
1 Anse aux Pins
2 Anse Boileau
3 Anse Etoile
4 Anse Royale
5 Au Cap
6 Baie Lazare
7 Baie Sainte Anne
8 Beau Vallon
9 Bel Air
10 Bel Ombre
11 Cascade
12 Glacis
13 Grand Anse Mahe
14 Grand Anse Praslin
15 Inner Islands
16 La Riviere Anglaise
17 Les Mamalles
18 Mont Buxton
19 Mont Fleuri
20 Plaisance
21 Pointe Larue
22 Port Glaud
23 Roche Caiman
24 Saint Louis
25 Takamaka

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Seychelles ini dikutip dari World Factbook.




Demikian Penjelasan Tentang Sekilas Tentang Negara Seychelles - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Seychelles Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat


Penelusuran terkait
  • Negara Seychelles disebut
  • Letak Astronomis Negara Seychelles
  • Agama di Seychelles
  • Seychelles Island
  • Victoria Seychelles
  • Penduduk Seychelles
  • Seychelles Wikipedia
  • Peta Seychelles

Post a Comment for "Sekilas Tentang Negara Seychelles - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Seychelles Secara Lengkap"