Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Lompat Jauh dan Cara Latihannya Secara Lengkap

Lompat jauh adalah  bentuk gerakan melompat dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh Anda. Ini dilakukan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara. Gerakan ini dilakukan dengan cepat menggunakan satu tolakan kaki saja. Selain cepat, jarak yang ditempuh juga harus sejauh mungkin. Seperti olahraga lompat tinggi, lompat jauh juga merupakan olahraga atletik. Olahraga ini dimainkan baik oleh atlet putra maupun atlet putri. Tujuan dari olahraga ini sedniri adalah untuk mendapatkan hasil lompatan dengan jarak sejauh-jauhnya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seorang atlet lompat jauh harus selalu melatih kecepatan, kekuatan dan keseimbangan mereka.





Keterangan gambar:
- Panjang lintasa awalan 30 - 45 meter
- Lebar lintasan awalan 1,22 meter
- Balok tumpuan/tolakan terbuat dari papan dengan panjang 1,22 meter , lebar 20 meter, dan tinggi 5 cm
- Bak Pasir (tempat pendaratan) dengan ukuran panjang 8 - 10 meter, lebar 2,75 meter.

Teknik Dasar Lompat Jauh
  1. Teknik Awalan. Awalan dilakukan dengan lari dari ujung lintasan awalan sampai balok tumpuan. Teknik lari awalan lompat jauh mulai lari pelan berangsur-angsur cepat, dan mencapai kecepatan maksimal sampai balok tumpuan.
  2. Teknik Tumpuan. Tumpuan yaitu dengan meletakan kaki (terkuat) pada balok tumpuan dantelapak kaiki  tidak boleh melebihi balok yang berukuran 20 cm. Setelah kaki tumpu sampai pada balok tumpuan selanjutnya melakukan tolakan ke atas sekuat-kuatnya.
  3. Teknik Melayang di udara. Dalam lompat jauh saat melayang diudara  ada tiga macam gaya yaitu: gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara. Hal yang perlu dipahami bahwa jauhnya atau hasil lompatan adalah hasil dari kecepatan lari awalan dan kekuatan tolakan. Untuk mencapai hasil yang maksimal maka awalan lari harus dilakukan secepat-cepatnya dan menolakan kaki tolak sekuat-kuatnya.Ada beberapa teknik gaya yang dapat dilakukan agar lompatan Anda dalam olahraga atletik ini maksimal, yaitu :
    • Melayang dengan sikap jongkok – Cara melakukan gerakan melayang dengan sikap jongkok adalah pada saat posisi menumpu ayunkan kaki Anda tinggi sekali sesuai kemampuan Anda. Setelah itu susul dengan kaki tumpuan. Ketika berada pada posisi melayang letakkan kaki Anda ke depan.
    • Melayang dengan sikap melayang – Dalam sikap yang satu ini, biarkan kaki ayun Anda tergantung lurus ketika dalam posisi menumpu. Usahakan agar tubuh tetap tegak, disusul oleh kaki tumpuan dan tekuk lutut Anda sambil dorong pinggul ke arah depan. Lalu rentangkan kedua lengan ke atas agar keseimbangan terjaga.
    • Melayang dengan sikap berjalan di atas udara – Ketika badan Anda melayang, maka ayunkan kaki belakang Anda dengan kuat ke arah atas. Lalu lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara. Anda dapat menggunakan kaki yang telah Anda gunakan untuk menolak atau menumpu.
  4. Teknik Mendarat/pendaratan. Setelah melayang di udara hal yang penting dipahami selanjutnya adalah pendaratan/mendarat. Teknik mendarat menjadi penting karena menyangkut keselamatan atlet, sebab jika salah melakukan pendaratan bisa terjadi cidera maupun patah tulang. Teknik mendarat yang benar pada lompat jauh adalah mendarat pada bak pasir dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan. bagian kaki yang digunakan untuk mendarat yaitu kaki bagian depan dengan posisi lutut sedikit ngeper.


Latihan untuk Atlet Lompat Jauh

Teknik yang tepat tanpa latihan yang benar pun jadi tidak ada artinya. Kamu perlu mengasah tubuh supaya bisa melakukan semua teknik di atas. Secara garis besar, seorang atlet harus punya tubuh yang proporsional dengan kelenturan yang tubuh yang baik. Berikut beberapa latihan untuk atlet lompat jauh yang perlu dilakukan secara rutin.
  • Paha belakang dan betis
Kamu harus memulainya dari tubuh bagian bawah. Dua bagian ini bisa dilatih dengan squat dan high step sambil menaiki anak tangga. Saat bagian tubuh ini kuat, kamu akan berlari lebih cepat dan mampu memberikan tolakan yang kokoh untuk melompat jauh.
  • Core atau inti tubuh
Untuk melayang di udara lebih lama, kamu harus punya core yang kuat. Letaknya ada di dekat perut bagian bawah. Kamu bisa menguatkan bagian ini dengan sit up, leg up, dan pull up. Namun, jangan lakukan setiap hari karena akan membuat otot stres dan mudah cedera.
  • Punggung dan belikat
Bagian tubuh atas yang perlu diperhatikan adalah punggung untuk membantu menambah ayunan tubuh saat melompat.
  • Kelenturan
Kelenturan tubuh bisa didapatkan dengan banyak cara. Kamu bisa mulai dengan pemanasan dinamis sebelum melakukan latiha. Melakukan yoga secara rutin pun dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh secara keseluruhan.
  • Ketepatan perhitungan
Dalam olahraga lompat jauh, ada banyak gerakan yang dilakukan. Gerakan-gerakan tersebut pun dilakukan secara berkelanjutan atau tanpa jeda. Setelah berlari, kamu harus diam sepersekian detik, lalu melompat, dan ditutup dengan mendarat.




Demikianlah 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh, semoga bermanfaat bagi Anda para olahragawan atau akademisi yang membutuhkan agar dapat mempraktekkan olahraga tersebut dengan optimal dan dengan hasil yang maksimal. Salam olahraga!

Penelusuran yang terkait dengan Teknik Dasar Lompat Jauh
  • teknik dasar lompat jauh brainly
  • berikut merupakan teknik dasar lompat jauh kecuali
  • gaya lompat jauh
  • teknik dasar lompat tinggi
  • rangkaian gerakan lompat jauh adalah
  • lompat melayang di udara disebut sebagai
  • bagaimana cara melakukan tolakan dalam lompat jauh
  • gaya dalam lompat jauh

Post a Comment for "Teknik Dasar Lompat Jauh dan Cara Latihannya Secara Lengkap"