Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Servis dan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja Secara Lengkap

Pengertian Tenis Meja

Tenis meja adalah cabang olahraga yang dilakukan oleh dua orang pemain (tunggal) atau dua pasang pemain (ganda) secara berhadapan dengan menggunakan bola kecil, bet dari kayu yang dilapisi karet, dan lapangan permainan berupa meja.Induk organisasai olahraga tenis meja atau yang juga dikenal dengan nama ping pong ini adalah ITTF (International Table Tennis Federation) untuk tingkat dunia dan PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) untuk tingkat nasional.

 

Sejarah Tenis Meja

Permainan tenis meja sudah dikenal di Inggris sejak abad ke-19. Ketika itu, tenis meja dikenal dengan sebutan ping pong, gossima, atau whiff whoff. Nama ping pong dipakai hampir di seluruh negara sampai sebuah perusahaan asal Inggris, J. Jaques and Son, Ltd., menjadikannya merek dagang pada tahun 1901.
Sejak itu, ping pong hanya digunakan jika permainan menggunakan peralatan dari Jaques, sedangkan perusahaan lain menamakannya table tennis. Pada masa itu, tenis meja menjadi permainan di kalangan kelas atas dan sering dimainkan di dalam ruangan setelah makan malam.
Pada mulanya, peralatan yang digunakan berupa meja, sebaris buku yang disusun di tengah meja sebagai net, bola golf, dan dua buah buku sebagai pemukul bola. Namun, pada tahun 1901, seorang pecinta tenis meja, James W. Gibb, berhasil menemukan bola seluloid.
Pada tahun yang sama, E.C. Goode membuat bet versi modern dengan cara memasang selembar lapisan karet yang berbintik-bintik pada papan kayu yang permukaannya dihaluskan.
Inggris mendirikan Table Tennis Association (TTA) pada tahun 1921, diikuti berdirinya International Table Tennis Federation (ITTF) pada tahun 1926, dan USA Table Tennis (USAT) pada tahun 1933. Kejuaraan tenis meja yang pertama kali diadakan di London, Inggris, pada tahun 1926.
Pada tahun 1950, sebuah perusahaan alat olahraga di Inggris, S.W. Hancock, Ltd., memperkenalkan bet baru. Kayu berlapis karet disatukan dengan lapisan spons di bagian dasarnya sehingga menyebabkan tingkat kecepatan dan perputaran bola menjadi tinggi.
Di Indonesia, olahraga ini pertama kali dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo tahun 1948, sedangkan di tingkat dunia, tenis meja baru resmi dipertandingkan di Olimpiade pada tahun 1988 di Seoul, Korea Selatan.


Permainan tenis meja merupakan salah satu jenis olahraga yang gampang ditemui di sekitar kita. Permainan ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, banyak kita temui lapangan tenis meja di pelosok bahkan tidak jarang dalam satu kampung terdapat lebih dari satu lapangan. Permainan tenis meja dapat dilakukan oleh semua tingkatan baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai manulapun masih bisa memainkan permainan ini karena tidak terlalu berat tenaga yang digunakan. Okey... biar tidak ngelantur mari kita fokus membahas tentang Jenis Servis dan Pukula Dalam Permainan Tenis Meja.


Teknik Servis Dalam Permainan Tenis Meja


Servis merupakan sajian atau pukulan pertama untuk memulai permainan, servis dalam tenis meja menjadi penting manakala kita dapat melakukannya dengan baik bahkan melalui sajian bola pertama ini dapat dijadikan serangan maksudnya dengan servis yang baik diharapkan lawan tidak dapat mengembalikan bola ke lapangan kita atau pengembalian bola servis lebih mudah kita smash sehingga lawan mati dan kita mendapatkan point.

Jenis Servis dalam permainan tenis meja dapat dibedakan menjadi:
  • Servis backspin yaitu servis dengan bola spin atau putaran bola ke arah belakang, keuntungan menggunakan servis ini bola yang dihasilkan menjadi berputar ke belakang, pantulannya rendah, jangkauannya pendek, sulit diduga arah dan tipe putarannya sehingga sulit dikembalikan lawan,
  • Servis high toss yaitu servis yang dimulai dengan melambungkan bola tinggi ke udara. keuntungan menggunakan servis ini kita dapat leluasa untuk melakukan servis dan memukul bola sesuai keinginan misalnya akan melakukan servis dengan putaran belakang, putaran samping, atau servis bola kosong, sehingga lawan akan kaget dan bola sulit dikembalikan lawan.

Teknik Pukulan Dalam Tenis Meja

Nah, pada kesempatan ini jenis teknik pukulan beserta pengertiannya akan di bahas satu per satu.
  1. Push Jenis teknik biasanya dengan memukul bola dengan gerakan mendorong atau posisi bet terbuka. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan. Ada dua jenis pukulan push yaitu forehand push dan backhand push. 
  2.  Drive - Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas lengan posisi bet dalam keadaan tertutup.Tujuan dari puklan ini digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain. Dalam tenis meja ada dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive. 
  3. Chop - Chop adalah teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak. Chop di gunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam yang kadang sulit di tangkis Pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push 
  4. Blok - Pukulan blok adalah teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan blok biasanya di gunakan untuk mengembalikan bola-bola drive. 
  5. Spin - Dimana dalam memukul dimana bet biasanya posisinya dimiringkan sedikit Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin. 
  6. Lob - Teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola kea rah pertahanan. 
  7. Smash - Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.



Penelusuran yang terkait dengan Jenis Servis dan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja
  • ciri-ciri pukulan lob dalam permainan tenis meja yaitu
  • berikut ini yang tidak termasuk bentuk pukulan dalam permainan tenis meja adalah
  • teknik dasar tenis meja
  • karakteristik pukulan chop dalam permainan tenis meja adalah
  • pukulan bola pertama dalam permainan tenis meja dapat dibedakan menjadi servis
  • berikut ini yang bukan termasuk macam-macam pukulan pada permainan tenis meja adalah
  • jelaskan yang dimaksud servis dalam tenis meja
  • pukulan awalan sebagai permulaan permainan tenis meja disebut

Post a Comment for "Jenis Servis dan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja Secara Lengkap"