Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Demografi - Kajian Demografi, Manfaat Demografi , Aspek, Komponen,Tujuan Dan Penggunaan Demografi Secara Lengkap

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli  Via: Materismk.my.id

Pengertian Demografi

Secara etimology, Demografi berasal bahasa Latien, yaitu kata ‘demograhie’ yang terdiri dari dua kata “demos” dan “raphien”. Demos berarti penduduk dan graphien berarti  catatan atau bahasan tentang sesuatu. Maka secara etimology  makna demografi adalah catatan atau bahasan mengenai penduduk suatu daerah dalam kurun waktu tertentu. Pengertian demografi secara umum adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari jumlah, persebaran wilayah, dan komposisi penduduk. Perubahan  dan sebab perubahan itu yang biasanya timbul karena kelahiran, perpindahan penduduk, dan mobilitas sosial.
Adapun pengertian demografi Menurut Para Ahli:
  1. Menurut Johan Susczmilch (1762), demografi adalah ilmu yang mempelajari hukum Ilahi dalam perubahan-perubahan pada umat manusia yang tampak dari kelahiran, kematian dan pertumbuhannya.
  2. Menurut Achille Guillard, demografi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu dari keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur.
  3. Menurut George W. Barclay, demografi adalah ilmu yang memberikan gambaran menarik dari penduduk yang digambarkan secara statistika. Demografi mempelajari tingkah laku keseluruhan dan bukan tingkah laku perorangan.
  4. Menurut Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan, demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang jumlah, persebaran teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahan dan sebab-sebab perubahan tersebut.
  5. Menurut V. Glass, demografi adalah ilmu yang secara umum terbatas untuk mempelajari penduduk yang dipengaruhi oleh proses demografis, yaitu : fertilitas, mortalitas dan migrasi.
Menurut Donald J. Boague (1973), demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistika dan matematika tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk serta perubahan-perubahannya
Demografi dan kependudukan sama-sama mempelajari penduduk sebagai suatu kumpulan (agregates atau collection), bukan mempelajari  penduduk sebagai individu. Dengan demikian  yang dimaksud dengan penduduk adalah sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah, seperti yang termaktub dalam Undang-undang RI No. 10 tahun 1992 yaitu   penduduk adalah orang dalam matranya sebagai diri pribadi, anggota  keluarga, anggota masyarakat, warga negara dan himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah negara pada waktu tertentu.


Kajian Demografi

Setelah diketahui apa pengertian dari demografi, maka perlu diketahui kajian dalam demografi meliputi tentang apa saja. Demografi menekankan pada kajian-kajian sebagai berikut:
  1. Besar atau jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk dalam suatu wilayah
  2. Perubahan-perubahan dari jumlah penduduk, komposisi dan distribusinya.
  3. Komponen-komponen dari pembahan tersebut
  4. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan komponen-komponen tersebut
  5. Konsekuensi dari pembahan baik jumlah, komposisi ataupun distribusi dalam komponen- komponen tersebut
Kemudian, jika dibedah lebih dalam inti telaah dari demografi adalah :
  1. Kajian kependudukan secara statistika dan matematika menyangkut perubahan penduduk, besar/jumlah, komposisi dan distribusi penduduk melalui 5 komponen demografi yakni fertillitas, mortalitas, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial (Bogue, 1976).
  2. Barcley (1981) lebih menekankan pada kajian tentang perilaku penduduk secara keselumhan buan pada perorangan dengan fokus kajian pada Statistika dan Matematika (Pure Demografi).
  3. Ilouser and Duncan, lebih menitikberatkan pada dampak yang ditimbulkan oleh pembahan- pembahan penduduk (akses dari persebaran dan komposisi).

Tujuan Dan Penggunaan Demografi

Banyak sekali tujuan demografi, berikut ini 4 tujuan demografi bila di terapkan:
  1. Adanya sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan macam-macam aspek didalamnya.
  2. Mendeskripsikan pertumbuhan penduduk di masa lalu, perkembangan menurun dan naiknya penduduk.
  3. Mempelajari jumlah dan penyebaran penduduk dalam daerah bahkan negara tertentu.
  4. Dapat meramalkan kependudukan yang akan datang, dan kemungkinan konsekuensinya.

Manfaat Demografi

Setelah memahami tujuan diatas selanjutnya, demografi juga memberikan beberapa manfaat, ada pula sebagian manfaat demografi adalah sebagai berikut:
  • Membantu pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan dengan memperhatikan komposisi penduduk di masa lalu dan masa kini, dan bermacam aspek yang mempengaruhinya.
  • Membantu pemerintah dalam membuat rencana pembangunan di bermacam bidang, baik bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, serta lain sebagainya.
  • Memberikan data mengenai tingkatan pertumbuhan ekonomi sesuatu wilayah ataupun negara, yaitu dengan melihat jumlah lapangan pekerjaan, jumlah warga yang bekerja, serta lain- lain.
  • Memberikan data mengenai tingkat kesejahteraan serta tingkat harapan hidup rata- rata penduduk di sesuatu wilayah ataupun negara.


Variabel-Variabel Demografi

Variabel yang berhubungan dengan demografi banyak sekali, tetapi umumnya yang digunakan adalah:
  • Kelahiran (fertilitas atau natalitas)
  • Kematian (death/mortalitas)
  • Migrasi (perpindahan)
  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Jumlah
  • Penghasilan
  • Agama

Aspek Komponen Demografi

Ada 4 Aspek  komponen yang berkaitan dengan demografi diantaranya sebagai berikut :
  • Jumlah Penduduk

    Jumlah penduduk ialah jumlah masyarakat perkapita yang jadi acuan perhitungan demokrasi. Bila jumlah penduduk sangat besar hingga pendapatan perkapita sangat besar.
  • Komposisi Penduduk

    Komposisi terhadap tingkatan mengkonsumsi ada tiga, pertama makin banyak penduduk yang berumur kerja produktif 15- 64 tahun rata- rata, dan makin besar tingkatan konsumsi. Sehingga semakin banyak penduduk bekerja, maka penghasilan juga makin tinggi pula.
    Yang kedua semakin tinggi pendidikan, maka semakin besar pula tingkat konsumsinya, sehingga saat seseorang makin tinggi pendidikannya maka kebutuhan hidupnya kian banyak pula.
    Yang terakhir yaitu semakin banyak penduduk yang tinggal di daerah kota, pengeluaran konsumsi juga semakin tinggi. Karena pada umunya warga perkotaan lebih konsumtif di bandingkan pedesaan.
  • Distribusi Penduduk

    Penyebaran penduduk yang berkaitan dengan aspek geografis tempat tinggal seorang. Wilayah. Faktorny merupakan geografis, ekonomi, sosial serta politik. Berbicara distribusi penduduk berarti akan berkaitan pula dengan pola pemukiman penduduk tersebut.
  • Faktor- faktor Non Ekonomi

    Aspek ekonomi misalnya pola hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.


Demikianlah artikel mengenai Pengertian Demografi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dan Menambah Wawasan.


Penelusuran terkait
  • Pengertian Demografi Menurut Para Ahli
  • Materi demografi
  • Contoh demografi
  • Tujuan demografi
  • Pengertian demografi politik
  • Variabel demografi
  • Demografi Indonesia
  • Contoh data Demografi
  • Materi SMK

Post a Comment for "Pengertian Demografi - Kajian Demografi, Manfaat Demografi , Aspek, Komponen,Tujuan Dan Penggunaan Demografi Secara Lengkap "