Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siklus Air Tanah Meliputi Gambaran, Manfaat, Penyebab dan Upaya Pelestariannya

Pengertian Siklus air tanah

Siklus air tanah adalah proses perputaran air dari tanah ke udara, lalu kembali ke tanah dalam bentuk air hujan. Proses ini terjadi terus-menerus sehingga jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.
Pembahasan

Tiga peristiwa siklus air tanah adalah
  1. Air bergerak meninggalkan tanah ke udara.
  2. Air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan.
  3. Air yang turun ke tanah masuk ke sungai dan akan terkumpul kembali di laut.

Peristiwa siklus air tanah dapat disimpulkan dari paragraf pertama teks "Siklus Air Tanah".

Proses siklus air menyebabkan air bergerak meninggalkan tanah ke udara. Selanjutnya, air turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Nah, air yang turun ke tanah ini ada yang masuk ke sungai. Aliran air di sungai ini akan terkumpul kembali di laut. Selain masuk ke sungai dan mengalir ke laut, ada juga air yang tergenang membentuk danau.



Air tanah adalah air yang turun dan masuk ke tanah dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan. Air yang masuk ke dalam tanah ini kemudian menjadi air cadangan (sumber air).


Gambaran Proses Siklus Air Tanah

  1. Air dari permukaan naik ke udara dalam bentuk uap air karena terpapar cahaya matahari.
  2. Uap Air yang terkumpul di udara berubah menjadi awan, lalu awan mencair dan turun air hujan ke permukaan bumi.
  3. Sebagian air hujan akan meresap kedalam tanah melalui pori-pori tanah sehingga menjadi air tanah, sebagian lagi akan kembali ke sungai, danau, dan laut.
  4. Keberadaan daerah resapan air dan hutan sangat penting bagi cadangan air dalam tanah.

Manfaat Air Tanah

Setelah memahami proses siklus air tanah, maka berikut ini beberapa manfaat air tanah yang bisa kita dapatkan, antara lain:
  1. Berguna untuk kehidupan manusia sebagai ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari (minum, memasak, dan mencuci).
  2. Berguna untuk sebagai ketersediaan air untuk tumbuhan dan hewan.
  3. Sebagai cadangan air bersih secara alami.
  4. Sebagai sumber air untuk tanaman pertanian dan Industri.
  5. Merupakan komponen yang penting pada siklus hidrologi.

Penyebab Pencemaran Air Tanah

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa pencemaran air tanah disebabkan oleh adanya polutan. Tapi bagaimana contoh nyata dari polutan- polutan yang mencemari air tanah? Berikut adalah uraian dari contoh- contoh polutan penyebab pencemaran air tanah.
  1. Sampah anorganik
Penyebab pertama dari percemaran air tanah adalah sampah anorganik. Sampah anorganik ini bisa berwujud sampah plastik, kaleng dan sterofoam yang menumpuk di atas tanah atau tertimbun di dalam tanah. Ketika turun hujan, air hujan akan meresap ke dalam tanah. Resepan air hujan tersebut membawa serta zat- zat pencemar yang berasal dari sampah organik dan pada akhirnya menyebabkan pencemaran air tanah.
  1. Sampah organik
Sampah organik bukannya tidak bisa menjadi penyebab pencemaran air tanah. Secara logika, sampah organik mudah terurai dan dapat menjadi kompos alami bagi tanah. Akan tetapi bagaimana jika sampah organik seperti sayuran dan bahan makanan busuk lainnya tertimbun di dekat sumber air tanah dan butuh waktu lama untuk terurai karena kondisi tanah lembab diguyur hujan. Sampah- sampah organik itu akan semakin membusuk, mengeluarkan bau tak sedap dan mengandung banyak bakteri. Bakteri- bakteri yang ada pada sampah organik itulah yang bisa menyebabkan terjadinya pencemaran air tanah.
  1. Limbah cair
Limbah cair beracun dapat berwujud air bekas mencuci pakaian, air sisa pestisida, cairan berminyak atau bahkan cairan limbah industri yang mengandung zat kimia beracun. Limbah industri seharusnya dikelola dengan baik. Jika pihak pengelola lalai, misalnya tidak melapisi penampungan limbah cair dengan bahan kedap air, maka limbah cair industri zat mengandung racun bisa merembes ke dalam tanah. Jika rembesan limbah cair terbawa oleh air hujan kemudian bermuara di sumber air tanah, maka kandungan beracun dari limbah cair tersebut bisa menjadi penyebab pencemaran air tanah yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
  1. Air lindi
Penyebab selanjutnya dari percemaran air tanah adalah air lindi . Diantara kita mungkin ada yang belum pernah mendengar tentang air lindi. Air lindi merupakan salah satu jenis air yang berada di dalam lapisan tanah dengan kedalam berkisar 2 meter dari permukaan tanah. Mengapa jenis air ini  berbahaya? Air lindi biasa digunakan sebagai open dumping di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, sehingga sumber air tanah di sekitar TPA bisa tercemar oleh amoniak, nitrit dan zat lain yang terkandung dalam air lindi. Air tanah yang tercemar air lindi akan mengalami peningkatan suhu sehingga terjadi percepatan reaksi kimia di dalam air. Tidak hanya perubahan suhu, air lindi juga menyebabkan terjadinya perubahan warna dan bau air tanah.

Dampak Pencemaran Air Tanah

Pencemaran air tanah membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia. Diantara dampak buruk tersebut yaitu :
  • Berkurangnya persediaan air bersih karena air tanah sebagai sumber air bersih sudah tercemar. Jika ketersediaan air tidak mencukupi kebutuhan sehari- hari seperti minum, mandi, mencuci dan kakus, maka akan terjadi kelangkaan air bersih yang berdampak pada berkurangnya produktivitas manusia.
  • Naiknya populasi bakteri- bakteri berbahaya. Bakteri yang bersifat phatogen akan berkembangbiak dengan cepat di dalam air yang tercemar. Tingginya populasi bakteri phatogen juga akan mengurangi tingkat oksigen di dalam air.
  • Turunnya tingkat kesehatan. Mengkonsumsi dan menggunakan air tanah yang tercemar dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diare, muntaber, disentri, gatal- gatal dan penyakit- penyakit lainnya. Jika air tanah yang dikonsumsi ternyata tercemar oleh limbah yang mengandung logam maka berpotensi menimbulkan kanker dan penyakit yang menyerang darah.

Beberapa Upaya Pelestarian Air Tanah

Jika air tanah tercemar dan daerah resapannya semakin berkurang maka akan berakibat terhadap cadangan air di dalam bumi yang semakin berkurang, sehingga sumber air seperti sungai, danau, dan rawa akan mengalami kekeringan terutama saat musim kemarau, hal seperti ini sangat merugikan semua makhluk hidup. Jadi kita sebagai manusia sebagai makhluk yang berakal harus tetap menjaga dan melestarikan sumber-sumber air terutama air tanah. Karena yang sering melakukan kerusakan seperti pencemaran air di bumi ini adalah manusia, jadi manusia harus bertanggung jawab dalam hal ini. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan air tanah, antara lain:

a. Melakukan Reboisasi
Yaitu melakukan penanaman kembali hutan-hutan yang gundul dan daerah yang gersang atau kering. Dengan melakukan reboisasi tentunya cadangan air di dalam tanah bisa di perbaiki dan kualitasnya semakin meningkat. Akar tumbuhan juga dapat masuk ke dalam lapisan tanah dan mengikat butiran-butiran tanah sehingga menyatu serta tekstur tanah semakin kokoh, sehingga bencana longsor dapat tercegah. Haus diketahui juga bahwa Reboisasi bukanlah hal yang mudah, kita juga harus menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam supaya dapat tumbuh dengan subur. (

b. Hemat Penggunaan Air Tanah
Usahakan untuk menghemat menggunakan air tanah, jadi jangan digunakan secara berlebihan. Jika air tanah terlalu di eksploitasi maka cadangan air dalam tanah dapat berkurang hal ini selain mengakibatkan bisa terjadinya kekeringan dapat berakibat juga terhadap amblesnya / turunnya permukaan tanah.

c. Jangan Membuang Limbah Sembarangan
Limbah dapat mencemari lingkungan terutama berakibat terhadap kualitas air tanah, misalnya air bekas mencuci jika di buang sembarangan akan mencemari lingkungan, lalu air tinja yang tidak di kelola secara baik dapat berakibat buruk terhadap kualitas air. Jika kualitas air menurun akibat pencemaran, air menjadi tidak layak digunakan. Air tanah yang tercemar akan mempengaruhi kesehatan terutama dapat menimbulkan penyakit kulit. 



Akhir kata, demikian pengertian siklus air tanah yang dapat kami jelaskan. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat terutama dalam menambah wawasan. Jika kamu menemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Siklus Air Tanah
  • gambar siklus air dan penjelasannya
  • proses siklus air
  • proses terjadinya air tanah
  • siklus air dimulai dari
  • siklus air kelas 5
  • gambar siklus air tanah
  • apa yang dimaksud dengan air tanah
  • gambar siklus air pendek
  • dalam siklus hidrologi air hujan meresap ke tanah bagaimana proses air tanah kembali menjadi hujan
  • tulislah proses siklus air tanah
  • hari ini saya belajar tentang siklus air tanah
  • bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih jelaskan

Post a Comment for "Siklus Air Tanah Meliputi Gambaran, Manfaat, Penyebab dan Upaya Pelestariannya"