Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dari Search Engine (Mesin Pencari) Fungsi, Sistem Kerja Dan Beberapa Contohnya

Pengertian Search Engine dan Beberapa Contohnya

Pengertian Search Engine

Apa Itu Search Engine? Menurut Wikipedia, Search Engine adalah sebuah program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server.
Dari penjelasan terkait apa yang dimaksud search engine di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa search enggine sebenarnya tak ada bedanya seperti sebuah website pada umumnya. Hanya saja perannya lebih fokus untuk mengumpulkan sekaligus mengorganisir berbagai informasi di internet berdasarkan kebutuhan para pengguna.
Hasil dari halaman pencarian ini kemudian biasa disebut sebagai Search Engine Result Page atau SERP. Posisi dari website yang tampil di halaman SERP sifatnya juga sangat dinamis guna menjaga tingkat relevansi dari konten.


Fungsi Search Engine Secara Umum

Secara singkat, fungsi search engine adalah menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Fungsi ini sesuai dengan cara kerja search engine yaitu mendaftar/mengindeks/mendata (atau biasa dikenal dengan crawling) situs yang ada di internet.
Meskipun tidak semua situs yang aktif berada di indeks pencarian search engine, tapi banyak pemilik situs web dengan sengaja membiarkan situsnya terindeks oleh search engine.
Tujuannya, jika seseorang mencari situs di search engine maka situs webnya akan muncul di hasil pencarian. Menariknya, ini akan dapat menjadi salah satu teknik pemasaran produk (marketing) yang keren.

1. Mengindeks Alamat dan Konten di Situs Web

Fungsi search engine yang pertama adalah untuk mengindeks alamat dan konten situs web yang berada di jaringan internet. “Bot” atau “Crawler” yang ada di search engine menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamatnya hyperlink-nya.
Setelah menjelajah, data yang diperoleh disimpan dan menghasilkan daftar indeks situs web yang sangat besar. Salah satu search engine terbesar di dunia, Google, di tahun 2017 saja sudah mempunyai lebih dari 130 triliun halaman situs web.
Tidak semua halaman situs web dicatat oleh search engine. Pada hasil pencarian, hanya halaman-halaman tertentu saja yang ditampilkan. Hanya halaman situs web yang diberikan izin oleh pemilik situs saja yang dapat di-crawling.

2. Menyediakan Informasi Melalui Kata Kunci

Apa yang dilakukan search engine setelah memperoleh informasi dan konten dari berbagai situs web tersebut? Tentu saja untuk memudahkan pengguna internet untuk memperoleh informasi yang dicari.
Saat ini kebanyakan orang akan mencari informasi melalui mesin pencari. Terhitung, setiap hari lebih dari 4 milyar pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Setidaknya, tidak kurang dari 40 ribu pencarian dilakukan setiap detiknya dan akan terus bertambah seiring bertambahnya pengguna internet.

3. Media Pemasaran

Fungsi search engine yang sekarnag banyak dipelajari adalah sebagai media pemasaran.
Bertambahnya jumlah pengguna dengan pencarian yang fantastis setiap detiknya membuat mesin pencarian menjadi media pemasaran modern saat ini. Pengguna dapat mencari apa saja melalui mesin pencari, termasuk barang-barang yang ingin mereka beli. Mesin pencari membuat pencarian informasi semakin mudah.
Pemilik usaha hanya tinggal membuat konten yang menarik, dan membuatnya terindeks oleh mesin pencari. Setelah itu, tinggal menunggu beberapa saat bisa jadi beberapa hari sampai dengan mesin pencari mengenalinya. Setelah itu, setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu akan menampilkan produk atau konten yang pemilik usaha buat.


Cara Kerja Mesin Pencari/ Search Engine

Mesin pencari menggunakan program yang sering disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers untuk mencari konten dari seluruh sudut internet. Hasil-hasil pencarian crawler ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index internet.
Sebagian besar mesin pencari akan memberi tahu Anda tentang cara meningkatkan peringkat halaman Anda di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka gunakan dijaga dengan baik dan sering berubah untuk menghindari penyalahgunaan. Tetapi dengan mengikuti beberapa teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang sudah terbukti, Anda dapat memastikan bahwa website Anda terindeks dengan baik dan tetap tinggi dalam peringkat.


Contoh dari Searh Engine

Saat ini, penggunaan dari sebuah search engine memang sudah sangat umum digunakan secara luas. Hal ini pun kemudian didukung dengan berkembangnya beberapa search engine yang banyak digunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari search engine yang banyak digunakan oleh user di seluuh dunia:
1. Google
Siapa yang tidak kenal dengan search engine yang satu ini? Ya, Google merupakan salah satu search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Apabila membicarakan mengenai search engine, maka google adalah topic utamanya.
Saat ini, penggunaan dari Google sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantu anda dalam mencari tugas.

2. Yahoo
Search engine kedua yang bisa anda kunjungi adalah Yahoo Search. Pada awalnya, yahoo search diperuntukan hanya untuk mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.
Namun demikian, hingga saat ini, penggunaan yahoo sama seperti google, meskipun dari segi penggunaan user dan juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan google.

3. Bing
Bing merupakan search engine lainnya yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan keturunan dari MSN Search dan juga Live Search, yang merupakan program yang bernaung di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia.
Namun demikian, meskipun merupakan program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah juga dengan penggunaan Google sebagai search engine.

 

4. Ask
Ask.Com merupakan contoh search engine lainnya. Ask merupakan salah satu search engine yang mulai bangkit lagi sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen. Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh user internet di dunia.
Ke empat contoh search engine di atas adalah beberapa contoh search engine yang populer pada saat ini. Sebelum kejayaan dari google dan juga yahoo, sudah adala beberapa search engine lainnya yang sukses dan banyak digunakan pada era 1997, seperti Altavista, HotBot, Exite, InfoSeek dan juga Lycos.
Hingga sat ini, selain Google, Yahoo, Bing, dan juga Ask, masih ada beberapa search engine lainnya yang masih bertahan untuk keperluan tertentu. Beberapa contoh search engine lainnya adalah :
  • Goby
  • Blekko
  • Yandex
  • Volunia
  • Aoohe
  • DuckDuckGo
Beberapa search engine di atas biasanya penggunaannya kurang populer, dan beberapa diantaranya digunakan untuk beberapa Negara tertentu saja, seperti Yandex yang digunakan untuk pencarian pada wilayah Negara Turki.



Penelusuran terkait
  • Contoh search engine adalah
  • Manfaat search engine
  • Fungsi search engine
  • Komponen search engine
  • Jelaskan pengertian search engine dan Contohnya
  • Jenis jenis search engine
  • Macam-macam search engine
  • Cara kerja search engine

Post a Comment for "Pengertian Dari Search Engine (Mesin Pencari) Fungsi, Sistem Kerja Dan Beberapa Contohnya"