Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ISP (Internet Service Provider) Adalah - Pengertian, Fungsi, Jenis Layanan Beserta Contohnya

Pengertian ISP, Contohnya, Fungsi, dan Jenis Layanan ISP

Pengertian Internet Service Provider

Internet Service Provider atau lebih dikenal dengan penyelenggara jasa internet adalah perusahaan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestic maupun internasional sehinga pelangan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet (ISP).
Dengan jasa ini kita bisa mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan computer kita dengan computer servernya. Adapun isi dari ISP ini adalah orang dan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk memberikan service koneksi internet kepada pelanggan-pelanggannya. Peralatan-peralatan tersebut biasanya berupa server, router, dan lain sebagainya. ISP ini biasanya menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan-pelanggannya. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
  • Dial-up (“kabel”) : Hubungan dial-up sekarang banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkanpenggunaan kabel telepon biasa.
  • Jalur lebar (“Broadband”) : Hubungan ini dapat berupa non-kabel, internet satelit. Broadband dibandingkan dengan modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu “on”, namun lebih mahal.
Adapun layanan dari ISP ini biasanya dapat dikategorikan menjadi dua bagian yaitu:
  • Dial on demand internet : Contoh layanannya adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial-up dan ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.
  • Dedicated internet : Contoh layanannya adalah : layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.
Kelebihan dan kekurangan ISP Wire kabel dan ISP Wireless. Sebagai contoh, kita ambil salahsatu ISP Telkom yang sudah sering kita dengar dengan nama speedy.



Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Mengacu pada pengertian ISP, pada dasarnya fungsi ISP adalah sebagai perusahaan penyedia layanan koneksi internet bagi masyarakat umum. Jika tidak ada produk ISP, mungkin kita tidak bisa menikmati akses jaringan internet seperti yang biasa kita nikmati.
Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah adalah peranan dan fungsi ISP:
  • Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi internet
  • Penghubung pengguna internet ke gateaway internet terdekat
  • Sebagai perusahaan penyedia perangkat modem untuk dial-up koneksi internet
  • Sebagai media penghubung pengguna jasa internet dengan layanan informasi yang ada di World Wide Web (WWW)
  • Penyedia tempat untuk homepage
  • Sebagai media yang membantu pengguna jasa untuk aktivitas download dan upload data dari internet
  • Dan lain-lain

Cara Kerja ISP

Singkatnya, setelah pihak pengguna layanan ISP tersebut melakukan permintaan akses internet kepada ISP maka ISP tersebut akan me-routing jaringannya ke perangkat yang dimiliki pengguna, seperti misalnya access point, modem, dan handphone.
Selanjutnya, pengguna tersebut dapat menggunakan serta juga menikmati akses internet pada perangkat yang mereka miliki, bahkan dapat memilih tipe jaringan mana yang diinginkan serta juga sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider)

Setelah memahami mengenai pengertian ISP serta fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja macam jeis layanan ISP tersebut. Dibawah ini merupakan beberapa jenis layanan dari Internet Service Provider di Indonesia:

1. Dial-Up Connection

Jenis ISP ini paling umum digunakan pada bisnis warnet atau jugaa warung internet, yang mana pengguna tidak dikenakan biaya dengan secara terus menerus melainkan sesuai dengan waktu penggunaan mereka saat terhubung dengan jaringan internet.
Dial-up connection ini menggunakan modem serta kabel telepon untuk terhubung ke internet. Umumnya akses dial-up ini digunakan untuk ialah :
  1. Personal dial-up
  2. Corporate dial-up
  3. LAN dial-up ISDN
  4. Night server access

2. Dedicated Connection

Jenis layanan ISP ini mempunyai sifat yang menetap yang mana pengguna akan terhubung dengan jaringan internet selama 24 jam penuh itu dalam 7 hari. Biasanya jenis ISP tersebut umum digunakan pada perusahaan yang mempunyai jumlah karyawan serta akomputer yang banyak.

3. Internet Hotspot

Jenis layanan internet yang tidak menggunakan kabel layaknya pada dial-up. Biasanya hal ini digunakan di café, bandara atau juga tempat-tempat umum lainnya. Sangat cocok digunakan padaa saat anda menggeluti bisnis di bidang kuliner.

4. Internet Wireless

Internet wireless ini merupakan suatu layanan internet tanpa kabel serta tanpa biaya telepon. Biaya yang dikenakan ini ialah hanya untuk pemakaian internet saja.

5. Internet Mobile Acces

Ini merupakan suatu layanan ISP bagi para pengguna perangkat mobile/ smartphone sehingga pengguna itu dapat mengakses internet dengan melalui perangkat mereka. Jenis ISP ini paling banyak digunakan untuk akses internet pada smartphone yang mendukung GSM atau juga CDMA.


Contoh ISP di Indonesia

Di Indonesia, ISP sering disebut dengan PIJI (Penyelenggara Jasa Internet) yang berawal dari perusahaan penyedia layanan telepon. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa contoh ISP yang terdapat di Indonesia.

1. IndiHome – Telkom Speedy

IndiHome (Indonesia Digital Home) merupakan salah satu produk dari PT. Telkom Indonesia yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (Usee TV). Sekarang ini, ISP (yang dulunya Telkom Speedy) sudah menggunakan teknologi Fiber Optic yang membuat layanan yang ditawarkan memiliki keunggulan dibanding menggunakan teknologi coaxial cable.

2. FirstMedia atau FastNet

First Media pertama kali didirkan pada tahun 1994 dengan nama Broadband Multimedia. First Media menawarkan jasa layanan Triple Play, yang mencakup jasa internet dengan kecepatan tinggi dan tanpa batas (FastNet), TV dengan kabel digital (HomeCable) dan komunikasi data berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar (DataComm). Saat ini, First Media mengoperasikan layanan dengan menggunakan teknologi jaringan kabel Hybrid Fiber-Coaxial (HFC) dengan frekuensi 870 MHz.

 

3. Biznet

Biznet Network merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi dan multimedia yang memberikan layanan jaringan (network), layanan internet, pusat data serta layanan hosting dan cloud computing. Pada tahun 2000, Biznet Network didirikan hanya berfokus pada pasar dunia korporat. Biznet ini juga mengoperasikan layanannya menggunakan jaringan Fiber Optic tercanggih dan memiliki data center terbesar di Indonesia.

4. Centrin

Centrin merupakan Internet Service Provider (ISP) miliki PT. Centrin Online yang didirikan sejak 28 Oktober 1987 dengan nama Centrin utama. Centrin menawarkan jasa layanan untuk koneksi internet dengan menggunakan infrastruktur yang canggih, salah satunya memberikan layanan koneksi hingga 160 Mbps ke Backbone Internasional.

Demikian artikel terkait apa itu ISP. Jangan lupa untuk klik bagikan atau meningalkan jejak di kolom komentar jika Anda memiliki pertanyaan.

Penelusuran terkait
  • Jenis ISP
  • Contoh ISP
  • Contoh ISP di Indonesia
  • Beri contoh ISP
  • Fungsi ISP
  • Macam macam ISP di Indonesia
  • Cara Kerja ISP
  • Apa yang dimaksud dengan ISP

Post a Comment for " ISP (Internet Service Provider) Adalah - Pengertian, Fungsi, Jenis Layanan Beserta Contohnya"