Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Valuta Asing Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Contohnya | Tokopedia ...

Mengetahui Pengertian Valuta Asing Secara Lengkap

Pengertian Valuta Asing

Valas secara sederhana bisa didefinisikan sebagai mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran pada transaksi perdagangan internasional. Sama seperti mata uang lainnya, Valas juga memiliki nilai kurs yang resmi dan tercatat dalam bank sentral.
Salah satu contoh Valas asing yang sering dikenal adalah mata uang dolar. Adanya Valas dalam dunia perdagangan dan bisnis internasional ini membuat risiko fluktuasi kurs mata uang suatu negara bisa ditekan seminimal mungkin.Selain itu, Valas juga menjadi salah satu devisa negara dalam bentuk mata uang.
Dalam dunia trading, dikenal juga istilah pasar Valas sebagai tempat untuk melakukan transaksi perdagangan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain.

Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih lagi mengenai Pengertian valuta asing ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat dari para ahli mengenai Valuta Asing ini, diantaranya :
  • Hamdy Hadi

    Valuta asing ini adalah mata uang asing yang memiliki fungsi yakni sebagai alat pembayaran untuk membiayai tiap-tiap transaksi di dalam kegiatan atau aktivitas ekonomi keuangan internasional dan juga mempunyai catatan kurs resmi di dalam bank sentral.
  • Eng, Lees, dan Mauer

    Valuta asing ini adalah sebuah mata uang asing yang berlaku yakni sebagai klaim keuangan atau aset di dalam sebuah perusahaan itu dalam bentuk mata uang asing.
  • Jose Rizal Joesoef

    Valuta asing ini adalah mata uang asing yang dipakai atau digunakan yakni sebagai alat pembayaran di luar negeri.


Sistem Valuta Asing Yang Berlaku Saat Ini

1. Sistem Kurs Bebas (Floating)

Sistem kurs bebas artinya pembuatan kurs tersendiri dari suatu permintaan dan penawan dari mata uang asing. Sehingga pemerintah tidak ikut campur dalam menentukan kurs mata uang yang kan ditukar.
Misalnya Anda akan belaja di sebuah marketplace terbesar didunia. Marketplace tersebut hanya menerima mata uang dolar, kita yang menggunakan mata uang rupiah harus menukarnya terlebih dahulu dengan dolar melalui website marketplace tersebut.
Penetapan Kurs yang ada di marketplace tersebut tidak ada ikut campur dari pemerintah negara tempat tinggal Anda. Sehingga kurs yang ada di marketplace itu disebut dengan kurs bebas. Kurs dalam marketplace juga bisa berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

2. Sistem Kurs Tetap

Sistem kurs tetap ini ada campur tangan dari pemerintah di negara tempat tinggal Anda. Sistem kurs ini juga ditetapkan oleh bank sentral yang secara aktif terlibat dalam transaksi valas.
Dengan ditetapkan oleh pemerintah maka ketika kita ingin menukar uang di bank satu dengan bank yang lainnya, maka kursnya sama. Kemudian pihak bank juga tidak bisa mengubah kurs sendiri sebab ada keterkaitan dengan pemerintah. Jika pihak bank menyimpang dan tidak memenuhi standar maka akan di berikan sanksi.

3. Sistem Kurs Terkendali Atau Terkontrol

Untuk sistem yang ketiga ini, pemerintah atau pihak bank mempunyai kekuasaan dalam menentukan nilai alokasi pemakaian valuta asing yang tersedia. Sehingga pasar valas akan tetap stabil dan tidak akan terjadi banyak inflasi. Sistem ini sangat berguna dalam memantau ketersediannya valuta asing dalam perdangan  kegiatan ekspor dan impor.


Fungsi Valuta Asing

Berikut adalah fungsi dari valuta asing:
  • Alat tukar internasional. Pada fungsi ini, valas berguna untuk melakukan transaksi jika sedang berada di luar negeri. Selain itu, valas juga berguna untuk kegiatan tukar-menukar barang dan jasa dengan negara lain, misalnya dalam ekspor dan impor.
  • Alat pengendali kurs. Valas berguna sebagai pembanding nilai mata uang antar negara, atau yang biasa akrab kita kenal dengan istilah kurs, yang mana kurs mata uang suatu negara bisa melemah atau menguat. Valas berguna sebagai alat untuk mengendalikan kurs pada mata uang asing.
  • Alat pembayaran internasional. Valas dapat berfungsi sebagai alat pembayaran internasional, misalkan suatu negara memiliki hutang dengan negara lain, maka negara yang berhutang ini bisa membayarkan hutangnya dengan valuta asing yang sesuai beserta bunga-nya.
  • Alat mempermudah perdagangan internasional. Dengan menggunakan valas, maka setiap negara bisa melakukan kegiatan jual beli antar negara tanpa terkendala mata uang.

Jenis-jenis Valuta Asing

Valas dibedakan menjadi dua kelompok, dan berikut penjelasannya:
  • Valuta asing fisik. Valas fisik biasanya berupa uang asing atau uang negara lain dalam bentuk uang kartal, baik yang berupa uang kertas bank, uang kertas negara, ataupun uang logam.
  • Valuta asing non fisik. Valas non fisik biasanya berbentuk uang giral atau surat-surat berharga. Contohnya antara lain cek, wesel, internasional money, travelers, dan cheque.

Pelaku Ekonomi Dalam Valuta Asing

Terdapat pelaku ekonomi yang ikut dalam pasar valuta asing, antara lain yakni:
  • Dealer
    Dealer atau market maker merupakan pihak yang membuat pasar mata uang tertentu menjadi bergairah. Seringkali dealer akan menentukan tingka persediaan pada mata uang tertentu. Dealer memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli valuta asing. Seringkali yang menjadi dealer adalah seluruh Bank di dunia.
  • Individu atau Perusahaan
    Individu atau perusahaan merupakan pihak swasta yang terlibat dalam transaksi perdagangan valuta asing. Seringkali pelaku ini bertujuan untuk melancarkan bisnisnya, seperti importir, eksportir, investor dan lain sebagainya.
  • Arbitrator dan Spekulan
    Arbitrator merupakan pihak ketiga dalam suatu perundingan yang dapat memaksakan suatu kesepatakan untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan perbedaan harga. Sedangkan Spekulan merupakan orang yang menspekulasikan perubahan nilai mata uang tertentu untuk memperoleh keuntungan dari perubahan atua fluktuasi harga umum. Arbitrator dan spekulan ini berbuat atas kemauannya sendiri dan seringkali mereka tidak mempunyai kewajiban untuk melayani pembeli dan tidak menjamin kelangsungan pasar.
  • Pialang
    Pialang merupakan pihak yang tugasnya memerantarai dalam pertemuan penawaran (penjual) dan permintaan (pembeli) atas harga suatu mata uang tertentu. Seringkali pialang mempunyai akses untuk dapat berkomunikasi dengan dealer dan bank seluruh dunia.
  • Bank Sentral
    Bank sentral mempunyai perang sebagai pengontrol pasar. Bank sentral berusaha melakukan pengendalian mata uang, inflasi, atau suku bunga. Bank sentral dapat melakukan pengendalian keadaan ekonomi dengan memanfaatkan cadangan devisanya.
  • Pemerintah
    Dengan menggunakan berbagai instrumen dalam negara, pemerintah ikut campur dalam perdangan valuta asing. Yang bertujuan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyak demi menambah pendapatan nasional dan membayar hutang luar negeri. Pendapatan dari pasar nantinya akan ditukarkan ke mata uang negara tersebut.

Kelebihan Pasar Valuta Asing

Kelebihan dari pasar valuta asing adalah sebagai berikut:
  • Transaksi dapat dilakukan 24 jam
  • Harga jual yang stabil terhadap setiap mata uang yang ada (tidak turun drastis)
  • Biaya transaksi lebih murah
  • Kenaikan ataupun penurunan harga pada mata uang bisa dijadikan keuntungan apabila dapat mengambil kesempatan
  • Daya beli investor melebihi jumlah modal yang ada

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) Meliputi Fungsi, Tujuan, Peran, Faktor dan Contoh


Kekurangan Pasar Valuta Asing

Kekurangan dari pasar valuta asing adalah sebagai berikut:
  • Resiko kurs pertukaran tidak bisa dipastikan dan sulit dipredisksi
  • Sangat sudah dilakukan oleh masyarakat menengah ke bawah
  • Asal negara menjadi pengaruh kesuksessan karena terdapat resiko yang muncul karena campur tangan dari pemerintah pada mata uang yang diperdagangkan.

Contoh Valuta Asing

1. The Day Trader

Day Trader ini merupakan suatu istilah yang biasa digunakan untuk dapat menyebut orang-orang yang mempunyai gaya trading dalam jangka pendek, dengan membuka serta juga menutup posisi perdagangan di pasar finansial itu dalam tempo satu hari saja atau juga bahkan bisa kurang dari itu.

2. Swing Trader

Swing Trading ini ialah sebuah strategi trading yang menempatkan eksekusi pada Buy atau Sell itu dititik-titik pembalikan harga, sehingga kemudian akan bisa mendapatkan keuntungan yang seoptimal mungkin diwaktu harga tersebut sedang bergerak ke suatu arah tertentu.

3. Posisi Pedagang

Perdagangan posisi ini berlawanan dengan perdagangan hari atau The Day Trader karena tujuannya ialah untuk bisa menghasilkan keuntungan itu selama jangka waktu yang lama serta juga dari pergerakan tren, bukan dengan tick jangka pendek.

4. Leverage

Leverage ini adalah suatu pinjaman dari broker yang diberikan kepada trader, sehingga dana yang dipunyai oleh trader itu mempunyai daya beli yang lebih besar.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian Valuta Asing beserta dengan jenis – jenisnya yang bisa kami tulis untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!


Penelusuran terkait
  • Pengertian valuta asing menurut para ahli
  • Contoh valuta asing
  • Tujuan valuta asing
  • Pengertian valuta asing brainly
  • Fungsi valuta asing
  • Fungsi pasar valuta asing
  • Kurs valuta Asing
  • Apa saja fungsi bursa valuta asing jelaskan

Post a Comment for "Valuta Asing Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Contohnya | Tokopedia ..."