Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bangsa Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Arti, Ciri-Ciri, Unsur, dan Faktor Pembentuk Bangsa Secara Lengkap

Pengertian Bangsa Secara Lengkap
Bangsa merupakan kelompok manusia yang dianggap Nasional mempunyai identitas bersama, serta memiliki kesamaan bangsa, ideologi, agama, sejarah, serta budaya. Mereka pada umumnya dianggap mempunyai asal usul keturunan yang sama.Sementara dalam arti politis, bangsa adalah suatu masyarakat da-lam suatu daerah yang sama dan mereka tunduk kepada kedaulatan negaranya sebagai suatu ke-kuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam. Bangsa dalam arti politik diikat oleh sebuah organisasi kekuasaan/politik, yaitu negara beserta pemrintahnya. Mereka diikat oleh satu kesatuan wilayah nasional, hukum, dan perundang-undangan yang berlaku.

Pengertian Bahasa Secara Bahasa

Pengertian bangsa sebenarnya mempunyai makna yang berbeda-beda namun tetap mempunyai tujuan yang sama. contoh Pengertian bangsa menurut bahasa. kata bangsa berasal dari bahasa Inggris nation yang berarti keturunan. Jadi dapat disimpulkan pengertian bahasa menurut bahasa adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan berdasarkan garis keturunannya.


Pengertian Bangsa Secara Istilah

Pengertian bangsa secara istilah adalah sebuah kelompok manusia yang memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya dan sebuah sejarah. jadi sebuah bangsa haruslah memiliki keturunan yang sama untuk mencapai tujuan.

Pengertian Bangsa Secara Sosiologis dan Antropologis

Pengertian bangsa menurut sosiologis dan antropologis adalah sebuah kekuatan sekelompok  manusia yang mempunyai kesamaan baik dari segi keturunannya, ciri jasmani, ras dan sebuah budaya yang menetap dalam suatu wilayah tertentu.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

  1. Hans Kohn
Menurut Hans Kohn, bangsa terjadi sebagai dampak adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat, dan agama yang menjadi pembeda antara satu bangsa dengan bangsa lainnya.
  1. Otto Bauer
Menurut Otto Bauer, pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter, yang disebabkan oleh persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh dan berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.
  1. Ben Anderson
Menurut Ben Anderson, bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang sudah jelas batas – batasnya dan sudah diakui atau pun berdaulat.
  1. Ernest Renan
Menurut Ernest Renan, pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita – cita atau pun tujuan yang sama.



Ciri-Ciri Bangsa

Suatu bangsa memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan bentuk komunitas lainnya. Mengacu pada pengertian bangsa, adapun beberapa ciri-ciri bangsa adalah sebagai berikut:
  1. Suatu bangsa terdiri dari sekelompok manusia yang memiliki rasa kebersamaan.
  2. Suatu bangsa memiliki keanggotaan yang sifatnya nasionalitas atau kebangsaan.
  3. Suatu bangsa memiliki wilayah tertentu namun belum terdapat pemerintahan sendiri di dalamnya.
  4. Dalam suatu bangsa terdapat kehendak bersama untuk membentuk dan menjalankan pemerintahan sendiri.
  5. Suatu bangsa tidak dapat ditentukan secara pasti waktu kelahirannya. Misalnya, suku batak tidak diketahui dengan pasti sejak kapan mulai ada di nusantara.

Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa

Berikut Ini Merupakan Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa
  1. Persamaan nasib kesejarahan, baik pada masa kejayaan kerajaan besar seperti Sriwijaya dan Majapahit ataupun penderitaan bersama di bawah penjajahan negara lain.
  2. Persamaan pola kebudayaan, terutama cara hidup sebagai suku bangsa pelaut dan petani dengan segala adat istiadat dan lembaga sosialnya, yang manifestasinya adalah adanya persamaan kebudayaan antara satu daerah dengan daerah yang lain.
  3. Persamaan asal keturunan bangsa (etnis) merupakan bangsa Indonesia berasal dari rumpun bangsa Melayu yang kemudian diperkaya oleh variasi percampuran daerah-daerah.
  4. Persamaan tempat tinggal yang disebut dengan tanah air yang meliputi sabang sampai merauke.
  5. Persamaan cita-cita ialah persamaan cita-cita hidup bersama sebagai bagsa yang merdeka dan berdaulat.

Faktor-faktor Terbentuknya Bangsa

  • Tokoh

Faktor terbentuknya sebuah bangsa yang pertama bangsa haruslah memiliki sebuah tokoh. Istilah tokoh disini mengarah kepada seorang yang mempunyai kekuasaan dalam sebuah lingkungan masyarakat.
Tokoh masyarakat yang biasanya dihormati karena memiliki sebuah jasa, tingkah lakunya dan perannya dalam sebuah lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Pendapat dari tokoh masyarakat biasanya dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan sebuah bangsa.
  • Sejarah

Faktor terbentuknya bangsa yang kedua adalah sejarah. Sejarah merupakan sebuah kejadian yang terjadi pada masa lalu atau lampau yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Contoh sejarah yang bisa membentuk bangsa adalah sejarah pahit seperti penderitaan atau sejarah kebahagiaan kemenangan saat terjadinya perang yang bisa menciptakan rasa solidaritas dan rasa kesatuan dalam lingkungan masyarakat.
  • Primordial

Sebuah bangsa bisa terbentuk karena adanya pandangan hidup dalam masyarakat  memiliki sebuah ikatan tradisi, adat istiadat dan budaya yang dianut di dalamnya, ini semua adalah sebuah faktor terbentuknya bangsa atau biasa disebut dengan primordial.
  • Sakral

Faktor terbentuknya sebuah bangsa selanjutnya adalah faktor sakral. Sakral yang dimaksud disini adalah sebuah faktor yang berhubungan dengan keadaan spiritual atau sebuah kepercayaan yang dianutnya. Biasanya kata sakral dikaitkan dengan agama atau kepercayaan. Dalam sebuah wilayah yang di dalamnya terdapat masyarakat yang tinggal pastilah memerlukan sebuah agama untuk membentuk pandangan hidup yang digunakan sebagai ideologi dalam masyarakat. Inilah yang menjadikan sebuah bangsa terbentuk dengan baik.
  • Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi adalah salah satu faktor terbentuknya sebuah bangsa. Karena perkembangan ekonomi dalam sebuah lingkungan akan menjadikan masyarakat yang menetap dalam lingkungan tersebut semakin tentram dan nyaman. Inilah yang menjadikan masyarakat satu sama lain saling membutuhkan dan menjadikan hubungan antar masyarakat menjadi semakin erat.



Pembentukan Bangsa Indonesia

Berikut ini merupakan faktor-faktor penting bagi pembentukan bangsa Indonesia.
  1. Persamaan asal keturunan etnis.
  2. Persamaan pola kebudayaan.
  3. Persamaan tempat tinggal yang disebut dengan khas tanah air.
  4. Persamaan sejarah.
  5. Persamaan cita-cita.


Demikianlah tulisan mengenai pengertian bangsa yang bisa kami sampaikan untuk Anda. semoga bermanfaat!


Penelusuran terkait
  • Pengertian bangsa Indonesia
  • Pengertian Bangsa Menurut para Ahli
  • Pengertian bangsa menurut Otto Bauer
  • Pengertian bangsa secara umum
  • Pengertian bangsa Menurut Ben Anderson
  • Pengertian bangsa menurut Ernest Renan
  • Faktor pembentuk bangsa
  • Pengertian bangsa dan Negara

Post a Comment for "Bangsa Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Arti, Ciri-Ciri, Unsur, dan Faktor Pembentuk Bangsa Secara Lengkap"