Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli, Jenis, Kegunaannya Dan Contohnya

Pengertian Rehabilitasi Dan Fungsinya


Ada beberapa jenis rehabilitasi yang dapat dijabarkan, seperti misalnya rehabilitasi fisik. Rehabilitasi fisik berarti melatih fisik kembali ke kondisi awal ataupun melatih fisik menyesuaikan dengan kondisi fisik sekarang. Contohnya bagi orang yang mengalami kecelakaan dan harus melakukan operasi seperti gips ataupun memasang pen, maka diperlukan rehabilitasi anggota tubuh yang dioperasi supaya dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Namun ada juga contoh orang yang mengalami kecelakaan dan kemudian salah satu anggota tubuh harus diamputasi, maka akan dilakukan rehabilitasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi fisik yang mana salah satu anggota tubuh telah hilang. Dalam hal ini jelas rehabilitasi berfungsi untuk membantu mengembalikan kondisi fisik kembali normal.

Selain itu ada juga rehabilitasi mental yang mana dapat diartikan sebagai suatu upaya perbaikan kejiwaan dari seseorang yang mungkin mengalami gangguan karena adanya permasalahan yang sangat berat dan mempengaruhi sistem kerja otak dari manusia tersebut. Pengertian rehabilitasi mental sendiri dapat diartikan sebagai pengobatan orang-orang yang otaknya terganggu karena adanya permasalahan yang sangat berat dan mempengaruhi mental dari orang tersebut. Rehabilitasi mental sendiri sering kita dengar terdapat di rumah sakit jiwa, karena rumah sakit jiwa sendiri bertujuan untuk mengobati orang-orang yang mengalami gangguan mental dan otaknya sudah tidak dapat bekerja dengan normal dan sebagaimana mestinya.



Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adlah definisi dari rehabilitasi menurut ahlinya.
  • KBBI
Rehabilitasi menurut KBBI ialah pemulihan kepada kedudukan (keadaan, nama baik) yang dahulu (semula); perbaikan anggota tubuh yang cacat dan sebagainya atas individu (misalnya pasien rumah sakit, korban bencana) supaya menjadi manusia yang berguna dan memiliki tempat dalam masyarakat.
  • Wikipedia
Rehabilitasi menurut Wikipedia ialah sebuah kegiatan ataupun proses untuk membantu para penderita yang memiliki penyakit serius atau cacat yang membutuhkan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik secara psikologi maupun fisik dan sosial yang maksimal.
Baca Juga:  √ Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
  • Undan-Undang
Rehabilitasi menurut Undang-Undang ialah pemulihan hak seseorang dalam kemampuan atau posisi semula yang diberikan oleh pengadilan. Menurut Pasal 1 ayat 22 KUHAP, rehabilitasi ialah hak seseorang untuk mendapatkan pemulihan haknya dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabatnya yang diberikan pada tingkat penyidikan, penuntutan atau peradilan karena ditangkap, ditahan, dituntut atau diadili tanpa alasan berdasarkan Undang-Undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam Undang-Undang ini.
  • Departemen Sosial
Rehabilitasi menurut Departemen Sosial ialah suatu proses refungsionalisasi dan pengembangan untuk memungkinkan penderita cacat mampu melakukan fungsi-fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.
  •  Banja
Rehabilitasi menurut Banja ialah suatu program holistik dan terpadu atas intervensi-intervensi medis, fisik, psiko-sosial dan vokasional yang memberdayakan seorang (individu penyandang cacat) untuk meraih pencapaian pribadi kebermaknaan sosial dan interaksi efektif yang fungsional dengan dunia.
  • Soewito
Rehabilitasi menurut Soewito ialah segala upaya, baik dalam bidang kesehatan, kejiwaan, sosial, pendidikan, ekonomi, maupun bidang lainnya yang di koordinir menjadi continous process yang bertujuan untuk memulihkan tenaga penderita cacat baik jasmani maupun rohani, untuk menduduki kembali tempat di masyarakat sebagai anggota penuh yang swasembada, produktif dan berguna bagi masyarakat (rehabilitasi penderita cacat).
  • Renwick & Friefeld
Rehabilitasi menurut Renwick & Friefeld ialah suatu kegiatan multidisipliner yang memfungsikan kembali aspek-aspek fisik, emosi, kognisi, dan sosial sepanjang kehidupan individu sehingga mampu melakukan mobilitas, komunikasi, aktivitas harian, pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan di waktu luang.
  • Waddell & Burton
Rehabilitasi menurut Waddell & Burton merupakan identifikasi dan pengatasan masalah terkait masalah kesehatan, pekerjaan, hambatan personal psikologis ataupun sosial.
  • Dr. Rusk
Rehabilitasi menurut Dr. Rusk yang merupakan seorang dokter ahli rehabilitasi mengatakan bahwa pada dasarnya rehabilitasi adalah self rehabilitation yang artinya keberhasilan dari rehabilitasi itu tergantung dari motivasi sang penderita dalam mengembangkan potensinya seoptimal mungkin, karena para ahli hanya dapat memberikan petunjuk, bimbingan, kemudahan fasilitas dan mendorong penderita untuk keberhasilan program rehabilitasi yang sedang dijalaninya.


Jenis – Jenis Rehabilitasi

Untuk membedakannya dalam rehabilitasi memiliki beberapa jenis diantaranya ialah:
  1. Rehabilitasi pendidikan merupakan sebuah layanan untuk orang-orang yang membutuhkan layanan pendidikan khusus yakni pra-akademik seperti menulis, membaca, dan berhitung.Lembaga pendidikan yang mengelola layanan pendidikan untuk orang-orang yang membutuhkan layanan khusus termasuk rehabilitasi pendidikan. Lembaga ini biasanya dipegang dengan sektor pemerintah dan swasta di bawah arahan Kementerian Pendidikan Nasional.
  2. Rehabilitasi Medis Layanan rehabilitasi medis untuk orang yang mengalami gangguan koordinasi komunikasi, gerakan, persepsi motorik dan adaptasi sosial. Rehabilitasi medis meliputi terapi wicara, fisioterapi, terapi okupasi dan layanan protes ortopedi.
  3. Rehabilitasi non-medis adalah dalam pendamping untuk rehabilitasi dalam jenis medis. Karena definisi rehabilitasi medis hampir identik dengan perawatan medis, rehabilitasi non-medis merupakan sebuah proses pemulihan dengan tidak menggunakan bahan dan alat, baik yang dilakukan oleh dokter, jamu, orang sakti, dokter, atau nama terkait lainnya.
  4. Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) merupakan sebuah layanan dalam rehabilitasi yang dapat memanfaatkan potensi sumber daya pada masyarakat. Strategi ini dapat dilaksanakan dengan tujuan yakni menyediakan layanan rehabilitasi sedini mungkin dan setara bagi semua yang membutuhkannya.
  5. Rehabilitasi Sosial Program Layanan Sosial mencakup program rehabilitasi sosial, seperti rehabilitasi sosial dengan kendaraan bergerak yang menyediakan layanan kepada masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Rehabilitasi sosial memiliki sebuah tujuan yakni menyosialisasikan kemampuan sebagai mencegah adanya penurunan dalam keterampilan atau kondisi sosial yang lebih serius dari kondisi sosial sebelumnya.
  6. Rehabilitasi dalam Keluarga - Rehabilitasi dalam keluarga adalah sebuah model untuk layanan rehabilitasi yang dilakukan pada orang tua dari anak-anak mereka yang akan menderita kelainan. Para orang tua yang disebutkan di atas dilatih untuk memberikan layanan terhadap keluarga dan anak-anak mereka yang akan membutuhkan dalam layanan khusus.
  7. Rehabilitasi Vokasional - Rehabilitasi kejuruan harus menyediakan layanan khusus di bidang kualifikasi profesional dan kejuruan. Kemampuan yang ditawarkan kepada mereka secara inheren individu, sesuai dengan kemampuan yang masih mereka miliki dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan individu.

Contoh Rehabilitasi

Tragedi tsunami yang melanda Sundastrasse kemarin pada 22 Desember 2018, melaporkan kematian sedikitnya 430 orang. Ini tidak berlaku untuk korban yang telah hilang, terluka dan berbagai bangunan hancur.
Namun, komunitas dan daerah yang terkena bencana harus segera dipulihkan dan dibangun kembali. Daripada menyediakan tempat penampungan di kamp-kamp pengungsi, orang-orang yang menjadi korban bencana, terutama mereka yang kehilangan aset properti dan produksi, tentu saja membutuhkan uluran tangan dari pemerintah untuk memastikan kesempatan untuk pulih dari keterpurukan.
Korban bencana, yang perahunya hilang dalam tsunami, yang rumahnya hancur oleh air laut yang naik, yang ladangnya rusak oleh banjir, yang toko-toko atau kios-kiosnya tidak lagi dikeroyok oleh laut meluap, dll. Dapatkan bantuan dari pemerintah.

Pada saat itu, langkah-langkah rehabilitasi selalu dilakukan untuk menyambut para penyintas. Kegiatan-kegiatan ini memberikan perlindungan bagi orang-orang yang tidak bisa tinggal di rumah lama mereka, di mana langkah-langkah rehabilitasi menyediakan fasilitas untuk masyarakat yang terkena dampak. Seperti tenda sementara / tempat berteduh, makanan, minuman, pakaian, obat-obatan dan banyak lainnya
Langkah-langkah rehabilitasi pasca bencana tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk perbaikan lingkungan, tetapi juga dalam bentuk perbaikan di rumah-rumah para korban bencana, kegiatan rekreasi sosial-ekonomi-budaya, pemulihan pelayanan publik, pengembalian anak-anak ke sekolah, dll. Dengan tujuan agar masyarakat segera kembali dapat melakukan aktivitas normal sehari-hari.





Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Rehabilitasi
  • pengertian rehabilitasi narkoba
  • pengertian rehabilitasi psikologis
  • pengertian rehabilitasi dalam hukum
  • rehabilitasi narkoba adalah
  • pengertian rehabilitasi bangunan
  • apa yang dimaksud dengan rehabilitasi
  • rehabilitasi caranya
  • pengertian rehabilitasi vokasional

Post a Comment for "Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli, Jenis, Kegunaannya Dan Contohnya"