Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gerak Meliputi Menurut Para Ahli dan Macam-macam Gerak Secara Lengkap

Pengertian Gerak dan Beberapa Macam Gerak

Pengertian Gerak

Gerak yaitu sebuah perubahan keadaan atau tempat dari suatu benda pada titik keseimbangan awal. Benda yang dikatakan bergerak jika benda tersebut berpindah kedudukan pada benda lainnya baik pada perubahan yang mendekat ataupun yang menjauh. Secara sederhana gerak bisa berarti perpindahan posisi. Adapun faktor yang bisa mempengaruhi benda bergerakyaitu luas area, bentuk bnda, berat benda, kondisi benda yang dilalui. Selain pada pengertian gerak diatas, kita bisa memahami pengertian lain tentang gerak menurut para ahli, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Pengertian Kultur Jaringan Meliputi Teknik, Tahapan Proses, Manfaatnya dan Contohnya

Pengertian Gerak Menurut Para Ahli

  1. Kamajaya
Menurut Kamajaya, gerak merupakan sebuah kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.
  1. Ruslan Tri S & Cahyo W
Menurut Ruslan Tri S & Cahyo W. Pengertian gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau pun terhadap titik acuan tertentu.
  1. KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gerak merupakan suatu peralihatn tempat atau pun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali.
  1. Ilmu Biologi
Dalam ilmu Biologi, gerak merpakan salah satu cara merespon rangsangan yang diterima. Gerak merupakan salah satu karakteristik atau pun ciri makhluk hidup yang akan tampak ketika makhluk hidup tersebut diberi rangsangan.
  1. Ilmu Fisika
Dalam Ilmu Fisika, gerak merupakan proses perpindahan suatu benda terhadap benda lainnya dari satu tempat acuan ke tempat lainnya.
  1. Sri Murtono
Menurut Sri Murtono, pengertian gerak adalah berpindahnya tempat atau pun posisi dari satu posisi ke posisi yang lain.
  1. Efrizon Umar
Menurut Efrizon Umar, gerak merupakan perubahan keudukan atau pun posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.
  1. J. Untoro
Menurut J. Untoro, gerak merupakan suatu perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.


Macam-macam Gerak

Ada banyak jenis atau macam gerak antara lain sebagai berikut:

1.Gerak Semu atau Relatif

Yaitu gerak yang bersifat seakan-akan bergerak atau tidak sebenarnya (gambaran atau ilusi).
Misalnya: Semua benda yang ada diluar kendaraan kita seperti didalam mobil seakan bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak, bukan benda yang diluar yang bergerak. Dan bumi yang berputar pada porosnya mengelilingi matahari, tetapi seakan kita melihat mataharilah yang bergerak dari arah timur ke arah barat.

2.Gerak Ganda

Yaitu gerak yang terjadi bersamaan dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Misalnya: Seorang anak kecil yang berbadan kurus melempar kulit kacang dari atas kereta rangkaian listrik pada saat berjalan di atap krlnya. Maka akan terjadi gerak kulit kacang diantara tiga benda disekelilingnya yakni: Gerak terhadap kereta krl, gerak terhadapanak kecil yang berbadan kurus dan gerak terhadap bumi atau tanah.

3.Gerak Lurus

Yaitu gerak pada suatu benda yang melalui lintasan garis lurus. Misalnya: gerak jatuhnya buah pada pohonnya, gerak rotasi bumi dll. Gerak lurus terbagi menjadi dua, yakni:
  • Gerak lurus beraturan: yang bergerak secara lurus dan beraturan dengan kecepatan yang stabil. Contohnya: Kereta melaju dengan kecepatan yang sama pada jalur rel kereta yang lurus.
  • Gerak lurus berubah beraturan: gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang tidak stabil atau berubah-ubah pada setiap waktunya. Contohnya: Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap rumah ke lantai.

Baca Juga: Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli Meliputi Ciri-Ciri, Manfaat dan Tujuannya


Itulah ulasan tentang  Macam-Macam Gerak : Pengertian Menurut Para Ahli & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Penelusuran terkait
  • Pengertian gerak dalam Biologi
  • Pengertian Gerak Menurut Para Ahli
  • Pengertian gerak brainly
  • Pengertian gerak dalam tari
  • Pengertian gerak dalam olahraga
  • Gerak adalah
  • Contoh gerak
  • Contoh gerak benda

Post a Comment for "Pengertian Gerak Meliputi Menurut Para Ahli dan Macam-macam Gerak Secara Lengkap"